Featured Slider

(REVIEW) Pengalaman Melahirkan di RSIA Mutiara Bunda, Salatiga




Sebulan yang lalu adalah momen momen paling bersejarah dalam hidup saya, Bu. Alhamdulillah saya telah dikaruniai seorang bayi laki laki bernama Julio Khairi Quanta dengan cara operasi caesar.  Walaupun saya harus menjalani operasi caesar, kebahagiaan tetap membumbung setelah melihat si buntelan cinta lahir dengan sehat tanpa kekurangan suatu apapun dan terlebih lagi karena pelayanan rumah sakit yang menurut saya tergolong bagus dan memuaskan. Yup! Saya melahirkan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Salatiga.

Memasuki usia kandungan 7 bulan saya harus mengambil cuti dan kembali ke kampung halaman. Nah, otomatis saya juga harus berpindah dokter kandungan. Karena saat itu si buntelan cinta masih sungsang, saya memutuskan untuk memeriksakan kandungan ke Dokter Robby Hernawan Sp.OG (K), RSIA Mutiara Bunda, Salatiga, mengikuti saran teman teman dan juga saudara tentang dokter Robby yang terkenal pro-normal. Bahkan, saudara saya juga berhasil melahirkan normal walaupun sungsang di sana beberapa tahun yang lalu. Bismillah,  saya ditemani keluarga rajin mengunjungi dokter Robby walaupun harus rela berangkat pukul 5.30 pagi plus minta tolong didaftarkan terlebih dahulu oleh saudara atau telpon pagi pagi sekali untuk mengambil nomor dulu. Maklum, saya tinggal di Ambarawa dan harus menempuh jarak kurang lebih 25 kilometer untuk sampai ke Salatiga.

Qadarullah, setelah terjadi indikasi sungsang ditambah lagi air ketuban yang makin berkurang, lilitan satu pada buntelan cinta dan HPL yang terlewatkan, akhirnya dokter harus memutuskan untuk mengambil tindakan operasi. Setelah pemeriksaan rutin, di hari yang sama; 3 September 2018 pukul 12.30 dilakukanlah operasi caesar.



Beruntung, saya bisa merasakan fasilitas dan pelayanan di Rumah Sakit Mutiara Bunda yang menurut saya memuaskan. Kok bisa? Yuk saya sebutkan satu per satu. 

Julio's Diary #0 ; Pertemuan Pertama Dengan Ayah


JULIO


Perkenalan

Assalamualaikum wr wb,

Hallo! Perkenalkan namaku Julio. Panjangnya Juliooooooooooooo. Oh maaf sobat, aku sepertinya suka bercanda. Nama panjangku adalah Julio Khairi Quanta. Ibu sering berceloteh,

“Anak siapa ini??? Ohhh...ini anaknya Ayah Alfrets dan Ibu Meykke ya...”

Nah, dari situ aku tahu kalau aku anak mereka berdua. Kata Ibu, nama ini adalah nama hasil pemikiran Ayah. Semula Ayah menginginkan Khairul dan Ibu merevisinya menjadi Khairi. Julio adalah anak laki laki, Khairi adalah kebaikan sedangkan Quanta adalah cahaya. Ayah ingin aku menjadi anak laki laki yang membawa cahaya kebaikan bagi sesama. Aamiin..

Aku lahir di Rumah Sakit Mutiara Bunda, Salatiga tepat di hari Senin, 3 September 2018 pukul 13.05 WIB. Aku terlahir dengan berat 3.2 kg dan panjang 48 cm. Alhamdulillah, walau pun aku lewat jendela, tetapi aku dan Ibu dinyatakan sehat dan bisa pulang lima hari kemudian.


Fotoku pertama kali, sesaat setelah dilahirkan dan ditetes mata.

Pengalaman Melahirkan Secara Caesar




Pengalaman Melahirkan Secara Caesar - Terlepas dari polemik tentang makna ibu seutuhnya dilihat dari cara mereka melahirkan; pervaginam atau caesar, kali ini saya tidak akan membahas lebih lanjut kontroversi itu, bu ibu. Saya ingin berbagi cerita proses melahirkan secara caesar yang sebelumnya diwarnai drama kehamilan yang penuh liku liku. Terserah bu ibu netijen mau nganggap saya sebagai ibu siluman.

Baca juga "Trimester Pertama Penuh Drama"

Penyebab saya harus melahirkan secara caesar adalah bayi saya sungsang, terdapat lilitan satu kali, dan HPL yang terlewat. Jadi, saya belum sempat merasakan kontraksi. Saya disarankan untuk operasi caesar di hari yang sama saat saya konsultasi rutin seminggu sekali. 

Well, di hari itu juga saya sudah siap sedia membawa tas berisi baju dan akhirnya operasi dijadwalkan setelah Dhuhur. Alhamdulillah semua keluarga besar mengantar, mulai dari Ibu, Bapak, kakek dan nenek. Selama operasi pun mereka sudah berjaga di luar dengan banyak banyak membumbungkan doa demi keselamatan saya.
----

PROSES OPERASI


“Baca doa ya bu...Sekarang saya mulai.” Dokter Robby; dokter kandungan yang menangani saya sejak saya pindah dari Jakarta sampai saat saya melahirkan secara caesar memberi aba aba.

Jangan kau tanyakan bagaimana perasaan saya saat itu, bu. Andaikata perasaan takut, was was gundah gulana dan segala perasaan yang campur aduk itu dikonversi menjadi tingkatan angka dari 1 sampai 10, mungkin punya saya ada di angka 11. Alhamdulillah sejak lahir sampai sekarang saya belum pernah dirawat di Rumah Sakit, menerima sodetan jarum infus atau menjalani operasi. Sekalinya terluka adalah saat kaki saya sobek terkena ujung kail pasca menyelam di UmbuL Ponggok beberapa tahun lalu dan harus dijahit dua. Itu saja dibumbui drama alergi antibiotik dan infeksi luka sampai saya menangis tersedu sedu di kamar kost. Ah, masa muda masa yang berapi api.

Enam Waterpark Seru di Bali yang Wajib Dikunjungi


Siapa yang nggak kenal Bali? Tak hanya orang Indonesia, Bali juga terdengar sampai mancanegara hingga artis artis Hollywood. Dan yang paling terkenal dari Bali adalah pantainya! Tapi, ternyata ada objek wisata lain dan menawarkan aktivitas seru yang bisa kamu nikmati di sini lho. Salah satunya adalah wahana rekreasi air alias waterpark yang terletak di Kabupaten Badung.
Bukan hanya satu, ternyata ada beberapa waterpark di kawasan Badung yang bisa kamu kunjungi. Tentu saja menawarkan wahana air yang membuat liburanmu semakin seru? Mau tahu apa saja nama objek wisata air di Bali ini? 

Belajar Bahasa Inggris Yuk! #5 "Preposition of Place : IN, ON, AT"


Good morning, Good people!

Kemarin teman satu komunitas Blogger saya bertanya,

“Suami tinggal dimana mbak?”

Di Adelaide, Australia Mbak..”

“Wah jauh kali mbak. Di Adelaide bagian mana?”

Di Bedford Park.”

“Alamat lengkap universitasnya mbak?”

Di Sturt Rd, Bedford Park SA 5042, Australia”

Nah khan, kalau Bahasa Indonesia mau nama negara, kota, nama jalan atau pun alamat lengkap semuanya tinggal pakai “DI”. Beda cerita kalau kita berbicara dalam bahasa Inggris. Sama seperti materi minggu lalu, semua nama tempat itu memiliki preposisi yang berbeda, baik “IN”, “ON”, ataupun “AT”.

Shopee 9.9 Super Shopping Day, Pesta Belanja Online dengan Diskon hingga 99%!


 

Sebagai penggila belanja online, saya sangat suka mencari apapun melalui online. Bahkan, dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga biasa saja, saya mencarinya di toko online. Ini bukan masalah gaya atau apa sih, tapi lebih ke mencari keuntungan. Biasa lah, namanya wanita pasti cari untung kan meskipun hanya seribu perak :D. Apalagi, sejak kenal dengan shopee, kegemaran belanja online saya makin menggila saja. Shopee itu beda dari yang lain, dia ngasih gratis ongkos kirim yang gak kira-kira kepada customernya. Kadang saya juga mikir, dari mana uang yang dipake shopee buat bayarin ongkirnya orang-orang se-indonesia.

Dan mungkin, kamu yang sedang baca artikel ini belum tau, apa sih kelebihan berbelanja di shopee dari pada di toko online lain.

Trimester Ketiga, Sarat Makna


PULANG KAMPUNG


11 Juni 2018...

Saya tatap lekat lekat segala sisi kamar kost. Bertahun tahun saya menghuni tempat ini, menorehkan banyak kenangan; suka dan lara di sini. Bahkan jejak Pace ada di beberapa sudutnya, di lantai depan TV, di pinggir kasur, duduk di meja belajar, menyeruput kopi mengepul sambil berdiskusi ringan di balkon sampai kucek kucek bilas bilas di tempat cucian yang ada tepat di belakang kamar. 

Pernah juga suatu malam saking nggak ada kerjaannya, kita menggelar tikar di balkon lalu kita tiduran di sana. Rencananya Pace tiduran lalu saya nemplok di bahunya kayak di Drama Korea. Ceritanya mau ngobrol ngobrol romance sambil liat bintang. Bukan bintang yang didapat, tapi nyamuk yang ngang nging dan hawa panas yang justru mengelilingi.

“Pace, kayaknya kita harus pindah aja ke kamar.”

“Itu ide yang brilian mace.”

Drama Koreanya gagal, saudara saudara.

Trimester Kedua, Lancar Dibalut Doa.


It's a BOY!

“ Nih Bun, babynya laki laki ya, itu ada monasnya...”

Dokter Rima; salah satu dokter kandungan di Rumah Sakit Permata, Cibubur menjelaskan tiap tiap organ baby sambil menggerakkan kursor dan berhenti pada bentuk macam pucuk monas kecil nan gagah yang menghadap ke kanan.

“Pucuk itu ya Dok?”

Saya meyakinkan diri dan menerima kejutan selanjutnya. Saya tidak menduga si baby akan menampakkan rahasianya secepat ini.

Perasaan haru dan bahagia seketika merangsek dan menjalar masuk. Ini adalah bulan ke-empat buntelan cinta bertumbuh, dikandung badan. Dan tidak disangka, tanpa malu malu begitu disorot transducer, si baby langsung menyibakkan kaki dan menunjukkan dengan gagah berani, seolah berkata :

“Nih, Ibu.” 

Tercyduk! Pucuk monas mencuat.

English Grammar Session #4 : Preposition of Time (IN, ON, AT)




Good morning!

Ngomong ngomong, kalian lahir tahun berapa?

Kalau aku sih lahir di tahun 1991.

Aku merayakan ulang tahunku di hari Rabu

Tapi, tepatnya aku lahir di tengah malam.

Simple ya kalau ngomongin soal waktu pakai bahasa Indonesia. Mau itu menyatakan tahun, bulan atau pun waktu yang spesifik, semuanya pakai kata “DI” aja. Kelar perkara. Berbeda dengan bahasa Inggris, semua keterangan waktu di atas butuh preposisi yang berbeda. Mari kita lihat,

By the way, When were you born?

I was born in 1991.

I celebrated my birthday on Wednesday.

I was born at midnight, to be exact.

See? Kok bisa berbeda beda begitu? Lalu, bagaimana cara penggunaannya? Cara membedakannya? Apa makna sesungguhnya dari AT, ON, dan IN? Mengapa ribet sekali?

Berpetualang Bersama KOPAMI di Taman Safari Indonesia, Bogor



Menyenangkan, penuh petualangan dan berkesempatan melihat hal hal baru adalah jenis objek wisata yang disukai oleh anak anak. Berbekal dari anggapan itu plus program PROMO sebuah deterjen yang menjanjikan tiket masuk gratis untuk anak anak, akhirnya relawan KOPAMI bahu membahu menggalang dana dan mengumpulkan bungkus deterjen sebagai tiket masuk. Tapi kenyataan tak selalu seindah harapan, teman. Drama adu pendapat di tiket masuk pun sempat mewarnai piknik kami walaupun akhirnya anak anak semua senang dan riang, berpetualang bersama, menyaksikan banyak hewan beserta atraksinya dan menjajal banyak wahana seru di Taman Safari Indonesia, Bogor. Yuk intip petualangan kami!

Sekilas tentang KOPAMI

No automatic alt text available.
Berpetualang Bersama KOPAMI di Taman Safari Indonesia?? Lalu, KOPAMI itu apa ya? Jadi, KOPAMI adalah singkatan dari Komunitas Peduli Anak Marjinal Indonesia. Dulunya bernama KOPAJA (Komunitas Peduli Anak Marjinal). Tetapi, setelah terjadi kebakaran di Lapak kampung pemulung pertengahan tahun 2016 disusul dengan pergantian kepengurusan, komunitas ini berubah nama menjadi KOPAMI yang diketuai oleh Kak Bagus bersama dengan Kak Menu yang mempunyai andil sangat besar untuk komunitas ini.