Featured Slider

Resep Nasi Goreng Jawa Pedas untuk Pemula



Yass, setelah kemarin saya kasih resep cara membuat soto ayam kuah bening yang gampang banget untuk di-recook, sekarang saya juga ingin ngasih resep nasi goreng. Siapa sih yang nggak suka nasi goreng orang di negara ini? Kayaknya udah makanan yang wajib banget ya! Apalagi nasi goreng  super pedas! Pasti banyak yang suka. Orang kalau kurang pedas aja masih suka ditambah bon cabe. Hahaha..

Baca juga :

Resep Soto Ayam Semarang untuk Pemula



Bulan Ramadhan begini kita pinginnya berbuka dengan kudapan yang enak, bernutrisi dan mengenyangkan. Setuju apa setujuuu? Nah, kali ini saya ingin mengajak teman teman untuk bikin makanan yang pasti enak dan lezat, segar kali karena berkuah, jelas bernutrisi karena ada sayur, ayam dan kecambahnya juga plus mengenyangkan karena dimana sama nasi. Plusnya lagi adalah bikinnya muda banget.

Teman teman nggak bisa masak? Tenang...SAMA. Saya juga nggak bisa masak. Tapi bikin makanan satu ini nggak dibutuhin skill masak kelas dewa kok, hanya butuh niat, usaha dan bismillah saja. Dan jangan lupa bahan bahannya. Yuk kita mulai!

5 Tips Sukses Sahur Ala Anak Kos



Percayalah, lupa makan sahur di perantauan itu sedih. Tiba tiba bangun udah adzan subuh. Boro boro lihat layar HP ada yang WA "Yang, sudah sahur belum?" Yang ada sambil linglung lihat jam di HP tapi HP nya mati, terus duduk sendirian di kamar yang gelap sambil membayangkan masih harus kerja sampai sore, padahal kerjanya nggak jauh jauh dari aktivitas ngomong, lalu tiba tiba kerongkongan mendadak kering. Haus. Sendirian. Gelap. Jomblo lagi. Duh, sedih banget kalau diingat ingat mah. Makanya karena saya nggak ingin pengalaman pahit ini terjadi sama teman teman, saya kasih tipsnya ya.

Pernah menjadi anak kos selama lima tahun dan melewati lima kali puasa di tanah rantau jelas membuat saya kaya akan pengalaman. Mulai dari pengalaman kelewat sahur, lupa beli makan saat sahur, alarm ngadat saat sahur karena HP mati,  kerjasama bangunin sahur sesama penghuni kos, ngobrol sama teman kos saat sahur biar kuat melek, sampai sahur cuma ngunyah roti tawar dua biji karena mager maksimal dari tempat tidur. Dan dari pengalaman pengalaman itu, saya punya 5 tips jitu yang bisa banget dipraktekkan untuk para pengekos (baca : perantau) supaya sahur anti galau.

Tiga Tempat Berbuka Puasa Ngehits di Ambarawa


Tiga Tempat Berbuka Puasa Ngehits di Ambarawa

Tiga Tempat Berbuka Puasa Ngehits di Ambarawa- Dulu saat tinggal di Ibu Kota, tiap kali mau buka bersama tinggal pilih tempat mana dan makanan apa yang ingin saya santap bersama teman teman atau pasangan. Pastinya, juga disesuaikan dengan budget karena jelas buka bersama di tanggal muda dan tanggal tua terasa agak berbeda. Hehe

Nah, beda cerita saat saya tinggal di desa kecil seperti sekarang. Untungnya tempat saya tinggal sekarang agak dekat dengan kota kecil bernama Ambarawa. Nah, saya biasanya ke Ambarawa tiap kali saya harus belanja bulanan, termasuk buka bersama juga. Kali ini, saya ingin memberikan rekomendasi tiga tempat buka bersama yang enak, nyaman dan pastinya murah di kantong. Eits, siapa tahu teman teman nanti ada yang berkunjung ke Ambarawa dan ingin menikmati salah satu masakan di tiga tempat ini.

5 Adab Berbuka Puasa



Hei genks! Tadi buka puasa sama apa? Kalau saya pribadi buka puasa dengan kolak adalah hal yang wajib. Yes, menu buka puasa pertama yang harus saya cicipi adalah kolak karena rasanya yang manis dan hangat bikin perut jadi enak. Hihi..

Sayangnya, sama seperti tahun sebelumnya, puasa tahun ini saya harus berjauhan dari suami karena suami sedang melanjutkan studi di negara Kangguru. Alhamdulillah, saya masih diberi kesempatan untuk bisa berbuka puasa bersama keluarga besar dan juga anak kicik 8 bulan. Yes, this is his first Ramadhan. InsyaAllah, walaupun sedang menyusui, saya berusaha bisa tetap berpuasa.

Ngomong ngomong soal buka puasa, ternyata buka puasa pun ada adab dan sunahnya yang diajarkan oleh Rosulullah lho sahabat solehah. Supaya puasa dan berbuka puasa makin afdol, yuk kita cari tahu apa aja adab berbuka puasa.

YANG BERJASA DI JAKARTA (Episode 2)


Banyak orang bilang Ibu Kota itu lebih kejam dari Ibu Tiri. Padahal film tentang Ibu Tiri yang pernah gue lihat film jaman SD tentang kisah Ari yang tewas disiksa ibu tiri; film ngehits era 90an. Gue pikir, lah ibu tiri aja kejamnya kayak gitu apalagi ibu kota yang katanya lebih kejam. Tapi, gue tetap berangkat.

Gue pikir di sana akan serba susah, termasuk susah mencari teman baik. Nyatanya, MasyaAllah. Teman dan orang baik ada dimana manaaa...Selama lima tahun berkiprah di Jakarta, banyak hal yang gue temui, banyak orang yang gue kenal, kejadian yang gue alami, suka duka semuanya. Dan ada juga orang/pihak pihak yang sangat berjasa dalam hidup gue. Dan kini, gue ingin mengabadikan mereka yang berjasa di hidup gue selama di Jakarta.  

Episode Sebelumnya :

YANG BERJASA DI JAKARTA (Episode 1)


Banyak orang bilang Ibu Kota itu lebih kejam dari Ibu Tiri. Padahal film tentang Ibu Tiri yang pernah gue lihat film jaman SD tentang kisah Ari yang tewas disiksa ibu tiri; film ngehits era 90an. Gue pikir, lah ibu tiri aja kejamnya kayak gitu apalagi ibu kota yang katanya lebih kejam. Tapi, gue tetap berangkat.

Gue pikir di sana akan serba susah, termasuk susah mencari teman baik. Nyatanya, MasyaAllah. Teman dan orang baik ada dimana manaaa...Selama lima tahun berkiprah di Jakarta, banyak hal yang gue temui, banyak orang yang gue kenal, kejadian yang gue alami, suka duka semuanya. Dan ada juga orang/pihak pihak yang sangat berjasa dalam hidup gue. Dan kini, gue ingin mengabadikan mereka yang berjasa di hidup gue selama di Jakarta.  

Selamat Anniversary yang kedua, Ayah dan Ibu!

16 April 2017-16 April 2019


Selamat anniversary Ayah dan Ibu, dua tahun sudah Ayah dan Ibu menjadi pasangan halal semenjak dentuman sah berdebam di satu waktu tepat di enam belas April dua ribu tujuh belas. Dan genap tujuh bulan Ayah dan Ibu punya anak lucu macam aku. Karena aku tinggal bersama Ibu dan sudah tahu semua soal Ibu, sekarang aku ingin sampaikan ini pada Ayah yang jauh di benua seberang.


BBI Yuk! #14 : Personality Idioms



“Sudah, jangan dipuji terus. Nanti dia besar kepala lho!”

“Iya benar, lama lama dia jadi tinggi hati lagi..”

“Padahal dulu dia khan orangnya rendah hati ya..”

Hmmm...semua orang Indonesia pasti tahu kalau besar kepala itu bukan berarti literally kepalanya besar atau kalau tinggi hati itu terus bukan berarti hatinya di kepala atau bahkan di paha tiap kali dengar rendah hati. Yes, kalimat kalimat itu menggunakan  makna konotatif, atau bukan makna sebenarnya atau bisa disebut dengan  idiom.

Tidak hanya di Indonesia, ternyata Bahasa Inggris pun memiliki banyak idioms yang menggambarkan sifat/karakteristik seseorang. Sudah siap belajar hari ini? Bismillah dulu jangan lupa biar materi mudah terserap dan nggak lari lari yaa...

Julio's Diary #7 dan #8 : Gigiku ada Empat



Assalamualaikum wr wb kak sekalian..

Alhamdulillah sekarang aku udah 8 bulan nih.

“Lho, kok tiba tiba 8 bulan lha yang 7 bulan mana, Jo?”

Ya gitu, kak. Ibu suka menunda nunda pekerjaan jadi cerita 7 bulanku karena terlalu telat jadilah digabung sama 8 bulan. Semoga setelah ini Ibu segera sadar ya..

Tapi nggak papa, alhamdulillah aku bertumbuh dengan curahan kasih sayang dari orang orang sekitar; dari Uti, Mbak Astrid, sampai Uyut. Yang gendong aku pun sehari harinya bisa bermacam macam. Alhamdulillah tanggal 8 April kemarin di Posyandu berat ku ditimbang dan tinggiku diukur. Lalu, sesampainya di rumah Ibu juga mengukur lingkar kepalaku. Dengan berat 8,5 kilogram dan tinggi 71 cm plus lingkar kepala 43 cm aku sehat dan kuat. Duduk tanpa disangga dan tengkurap lalu ngesot ke depan dengan cepat macam pak tentara adalah keahlianku sekarang. Kalau ketawa, gigiku ada dua! Eh ralat, gigiku ada empat karena sekarang gigi seri atas ada dua lagi otw!!

Baca juga :

Julio's Diary #6 : Drama MPASIku
Julio's Diary #5 : Traveling Pertamaku Bersama Ayah dan Ibu
Manfaat dan Step by Step Cara Memijat Bayi