Featured Slider

Kiat dan Persiapan Mengajar Online untuk Guru Pemula

Kiat dan persiapan Mengajar Online untuk Guru Pemula


Masa pandemi seperti ini, setiap orang memang harus pintar beradaptasi. Tidak terkecuali, guru. Well, justru banyak sekali perubahan dan tantangan yang harus dihadapi guru dalam mengajar. Dari yang tadinya mengajar tatap muka pun sekarang mau nggak mau para guru harus beradaptasi dengan online teaching yang memang menguras tenaga, pikiran dan bahkan mental. Lebih lebih kalau punya murid yang super nan spesial. Let's say that way.

Untuk sebagian orang memang perubahan itu bikin ngilu hati dan harus kerja lebih keras lagi. Namun, untuk sebagian orang, perubahan ini bisa membuka ladang rejeki baru. Yup, seperti aku. Sejak pandemi dan belajar diarahkan menjadi online, dan mau nggak mau murid murid harus tahu bagaimana caranya menggunakan zoom, dan pada akhirnya mereka terbiasa belajar dan tatap muka gurunya di layar laptop, ada beberapa orang tua muridku dulu di Jakarta yang justru memintaku untuk mengajar Bahasa Inggris lagi untuk anaknya. Bismillah, karena Julio juga sudah bisa ditinggal, aku mengiyakan. Violaaaa, terhitung bulan kini muridku dan jadwal makin bertambah. 

Nah, untuk teman teman guru juga yang memang sudah mengajar online atau justru Ibu Rumah Tangga yang ingin menjajaki dunia baru yaitu mengajar online, aku ingin berbagi beberapa tips dan kiat bagaimana mengajar online untuk pemula. Check this out!

Baca juga : 

Cara Jitu Mengajar Speaking di Kelas

Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris #28 : Find The Category

Sky View Banaran, Sensasi Ngopi Sambil Menikmati Pemandangan dari Ketinggian

 "Dine in The Sky"

Slogan yang memang pantas disematkan untuk Sky View Banaran Cafe ini. Begitu kami masuk ke area restoran berikut anjungan terbuka yang langsung mengarah ke pemandangan Rawa Pening yang super spektakuler dan hamparan kebun kopi dengan semerbak aromanya yang khas, semua beban beban hidup terasa ringan, lalu hilang. MasyaAllah, indah banget bro!!

Pemandangan indah di Sky View Banaran

Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu kami menyempatkan diri untuk jalan jalan tipis ke salah satu destinasi kuliner dan wisata yang terbilang baru, Sky View Banaran Cafe di Kampoeng Kopi Banaran. FYI, Destinasi ini resmi dibuka sejak tahun 2020 dan dibangun oleh PTPN IX.  Salah satu bisnis yang merupakan pengembangan usaha setelah bisnis perkebunanan kopi dan penjualan biji kopi ini diharapkan menarik pengunjung anak muda dan keluarga yang mencintai kopi sebagai gaya hidup. Tak hanya itu, bakal disediakan live music dari home band kafe. Ah, malam Minggu bisa syahdu bin romantis ya kalau ke sini bersama pasangan.

Baca juga piknik kami tipis tipis 

Sky Garden Cafe and Resto by Susan Spa, Bandungan

Banaran 9 Resto Cafe and Tea, Sensasi Ngopi di Alam Terbuka

Rummi Kopi Lan Tresna - Kampung Banyumili, Sensasi Ngopi di Tengah Taman

6 Kiat Mengatasi Kulit Kering

Apa saja 6 kiat mengatasi kulit kering


Siapa di sini yang kulitnya cenderung kering dan kadang bahkan sampai bersisik? Yes, kita sama. Kulit wajah saya juga cenderung kering walaupun pernah jadi sangat berminyak gegara salah memakai krim wajah. Atau terkadang juga daerah T di wajah terasa mengkilap di saat saat tertentu. Selebihnya, kulit saya terasa kering dan terasa kasar saat disentuh.


Terus nggak mungkin kan kalau kulit kering dibiarin gitu aja? Jadi, saya mencoba beberapa cara untuk menjadikan wajah saya lembab dan at least nggak bersisik atau terasa kasar gitu. Karena kulit yang kering atau bibir kering misalnya, dipakein bedak atau lipstik pun jadinya nggak bagus ya.
Dan inilah lima cara mengatasi kulit wajah kering yang pernah saya coba.

5 Website Keren untuk Mengajar Bahasa Inggris Secara Online

 "Duh, kalau ngajar online gini ngapain  aja ya?"

"Masa iya dikasih tugas melulu pas zoom meeting?"

"Gimana bikin anak anak jadi semangat dan pelajaran online jadi lebih seru ya?"

Hmm..related nggak sih Miss? Mister? Selama pandemi ini memang tidak bisa dipungkiri kalau para guru pun harus berinovasi. Kita harus beradaptasi dengan era pelajaran online dengan segala tantangannya. Ada yang signal buruk, anak anak nggak fokus, masih juga guru yang mati kutu saat ngajar di depan kamera. Macam macam. 

But don't worry! Karena banyak jalan menuju Roma, dan banyak cara untuk membuat kelas online menjadi lebih berwarna. Nah, salah satunya adalah belajar dengan menggunakan games, quiz atau pun worksheet menarik yang bisa kita cari di internet. Dan, kali ini aku akan berbagi 5 website keren yang bisa banget digunakan untuk mengajar Bahasa Inggris secara online. Pssst, beberapa di antaranya juga bisa dipakai untuk mengajar pelajaran lainnya lho.

Sebelum baca lebih lanjut, coba Miss baca juga info ini. Siapa tahu berguna!

Cara Jitu Mengajar Speaking di Kelas

Tiga Aktivitas Penunjang Pembelajaran Aktif, Interaktif dan Menyenangkan di Lab Bahasa Inggris

10 Tips Memenangkan Lomba Story Telling

Ini Tentang Aku, meykkesantoso.com



Mungkin banyak teman teman yang berpikir atau bertanya tentang alasan aku ngeblog, kenapa aku masih terus bertahan walau sudah rempong ngurusin anak dan suami, apa saja yang aku dapatkan dari ngeblog, kenapa nama blognya meykkesantoso.com, kenapa kok .com, apa saja yang aku tulis selama hampir 10 tahun ini di sini, dan apa yang aku inginkan dari nama meykkesantoso.com.

Baiklah, akan aku jabarkan semua yang berkaitan dengan aku, meykkesantoso.com.

Baca ini juga, yuk!

Literasi Digital, Emang Penting?

8 Alasan Nulis Blog Versi Meykkesantoso.com

Belajar SEO Mudah dan Anti Ribet

MANUSIA BOLEH MATI, TULISAN TETAP ABADI

"Nanti kalau aku mati, orang orang inget aku itu sebagai orang yang kayak gimana ya?"

"Kapan aku mati ya? Terus kalau aku mati, siapa aja yang bakalan ingat aku?"

"Gimana caranya biar anak cucu cicit nanti bisa tahu kalau mereka punya nenek moyang keren yang (ternyata beberapa tahun kemudian) hobi ngajar, nulis, sama traveling kayak aku gini ya?"

Saat SMA, semua pertanyaan itu terus menggelinding satu demi satu, memenuhi pikiran remaja 17 tahun yang sedang mencari jati diri lewat pertanyaan seputar mati. Lalu, seolah Allah menjawab tiap tiap gulanaku, dihadirkanlah seorang guru TIK yang mengajariku diary online yang bisa disimpan hingga bertahun tahun, yang bisa dibaca oleh siapapun, yang tak lekang dimakan jaman. BLOG, namanya.