MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

BELANJA SERU DI BRIGHTON SUNDAY MARKET, ADELAIDE - AUSTRALIA SELATAN

BELANJA SERU DI BRIGHTON SUNDAY MARKET, ADELAIDE - AUSTRALIA SELATAN
Add Comments
Minggu, 25 Februari 2024

Siapa yang pernah ke pasar kaget? Itu lho, pasar musiman gitu yang biasanya cuman hari tertentu di pagi hari gitu, yang jual macam macam? Dari sayur, makanan, kerajinan, sampai baju baju second-hand yang murah murah harganya?

Nah, di Australia juga ada lho, bund! Seperti hari ini, pagi pagi kami pergi ke Brighton Sunday Market. Selaras dengan namanya, pasar dadakan ini ada di area Brighton yang dekat dengan pantai Brighton dan adanya cuman setiap minggu pagi per dua minggu sekali gitu. Bukanya dari jam 07.30 sampai 12.00 pagi.

Wah, ada apa aja ya di sini? Mari kita lihaaaat...

Cerita lainnya di Australia :

MAIN ASIK DI SAMPING DERMAGA, WIGLEY RESERVE PLAYGROUND GLENELG - ADELAIDE, SOUTH AUSTRALIA

BERPIKNIK DENGAN ROMBONGAN BURUNG DI ALDINGA BEACH, ADELAIDE - SOUTH AUSTRALIA

MAKAN CANTIK SAMBIL LIHAT LAUT DI THE BOATSHED HALLET COVE, ADELAIDE - SOUTH AUSTRALIA


ON THE WAY

Kali ini, aku dan Julio diajakin Mba Vivi ke sini nih. Lalu, bersama dengan Mba Citra dan Mba Meri sekeluarga akhirnya kami bisa melihat lihat produk yang ditawarkan plus menggelar karpet ala piknik di bawah pohon, di sisi lapangan berumput yang memang ada di mana mana di berbagai spot belahan Adelaide ini.

Janjian jam 10, akhirnya kami tiba di spot sekitar 10.30 waktu setempat. Setelah membayar parkir 2 dollar, akhirnya kami siap nih untuk berburu makanan dan produk produk diskonan.

SEGALA YANG DIJUAL

Apa aja ya yang dijual di sini? Wah banyaaakkkk bangett dan beragam. Setelah parkir mobil, kami langsung meluncur ke kumpulan stalls yang berjejer rapi sesuai dengan zonanya, ada yang outdoor dan juga indoor. Nah, sayangnya kami lupa nih untuk ngintip jualan di indoornya, jadi kami hanya berkeliling sepanjang lapangan rumput dari ujung ke ujung.

As I said, barang dagangannya bener bener beragam lho, bund. Aku pikir kan karena Sunday Market, jadi barang yang dijual kebanyakan adalah sayur sayuran dan buah gitu, khan. Ternyata kebanyakan malah bukan itu. Ada yang jual makanan turki, segala macam cake dan pastry, tananan dalam pot, hasil pertanian macam cabe dan teman temannya.

Ada juga nih salah satu stall yang jualan buahnya lumayan lengkap dan yang pastinya lebih murah dari Coles ataupun Woolsworth. Dia ada jual segala semangka yang dari gede seberat 10kilo yang dihargai hanya 10 dollar saja atau sekitar 100ribu, lalu ada anggur, lime, jeruk, apel, pear, mangga, hingga buah buahan yang sudah dikeringkan dengan harga yang lebih mahal dari buah segarnya. Contohnya, ada dried peaches, dried aprocots, dried peaches, masing masing seharga 10 dollar. 

Ada juga satu stall yang berjualan aneka macam olahan madu yang katanya memang dari bisnis pribadi gitu. Alias asli dari petaninya. Tak lupa juga beraneka baju baju second-hand yang dijual mulai dari 50cents alias setengah dollar. Kayak stall yang satu ini nih!

Unik banget! Semua yang dia jual harganya setengah cents aja. Ada handuk, baju, jaket, dan beragam barang barang random gini. Bahkan, Julio dan Khaleefa digratisin lilin bentuk kaktus dan manik manik untuk kalung lho. 

Ada juga mama mama yang jualan barang barang etnik macam khas Papua begitu kayak tas rajut, klalung kalung dan pernik manik manik lainnya. Selain itu, ada juga buku dan novel, aksesories macam gelang dan kalung, tempat make-up, sampai mainan juga.

Nah, pas banget nih si penyuka lego bisa dapat lego di sana dengan harga 15 dollar. Oiya, Ibu Ibu juga pasti suka karena produk alat rumah tangga macam gelas, mangkok, jar dan sendok sendok dijual mulai dari 1 dolaran saja. 

Bahkan, Mba Vivi hampir mau beli sepatu roda seharga 20 dollar saja yang kalau beli di market lain itu bisa 50an dollar. Sayang, sizenya kekecilan. Huhu..

Oiya ada juga produk produk rumahan yang imut imut lucu lucuuu lho, kayak baju rajut untuk bayi, segala anting anting yang cantik, boneka boneka rajut, dan masih banyak lagi. 

Pokoknya, barang barang yang ditawarkan itu random banget deh dan beragam gitu. Senangnya, cuaca tadi pagi nggak terlalu panas malah cenderung sejuk jadi kami bisa betah betah berkeliling sambil memfilter produk apa aja yang sekiranya butuh dibeli.

GIMANA NIH KALAU MAU JUALAN?

Ini nih, yang lalu menjadi pertanyaanku. Kalau mau jualan juga di sini gimana caranya ya? Lalu, bertemulah kita dengan seorang kenalan yang juga membuka stall di sini. Katanya, kita harus membayar 25 dollar untuk sekali jualan nih, bund. Prosesnya bisa dilakukan secara online di website ini 

https://www.brightonsundaymarket.org/

Dan setelah aku cek, memang benar. Kita yang ingin berjualan di sini, bisa banget membayar mulai dari 25 dollar sampai 40 dollar tergantung di zona mana kita akan berjualan. Zona paling mahal adalah indoor ya, bund.

PIKNIK DULU...

Puas melihat lihat walau aku cuman beli mainan untuk Julio saja, akhirnya kami menggelar tikar di bawah pohon, di pinggir lapangan berumput. Anak anak juga bisa bermain dan berlarian di sana. Pas bangett angin silir dan udara nggak terlalu panas. 

Setelah Kami puas duduk sambil cerita sana sini ala ibu ibu rumah tangga, ini lah saatnya kami melanjutkan destinasi kedua yaitu ke Brighton Beach!

Tunggu cerita kami selanjutnya ya, kami berenang di Brighton Beach!

Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)