Tuesday, 31 December 2013

RESOLUSI 2013 : UNTUNG ATO RUGI???

Tak terasa tahun 2013 tinggal menghitung jam dan akan digantikan oleh tahun selanjutnya. Dan bila melayangkan memori ke belakang, di sepanjang tahun 2013, banyak sekali hal yang terjadi. Dan seperti yang gue bilang di sini, dibandingkan tahun apapun, tahun ini adalah tahun penuh berkah dan tahun dimana 2 mimpi raksasaku gue akhirnya menjadi nyata. Gue masih ingat resolusi yang gue tulis di awal tahun 2013, dan kali ini akan gue buka lagi dan akan gue evaluasi.

Sampai mana gue bisa melangkah dan menggenggam mimpi mimpi yang gue rancang di awal tahun, di SINI.

1. MENJADI SOLEHAH YANG SEBENARNYA

GAGAL. Bayangan gue untuk bisa disebut menjadi solehah yang sebenarnya adalah memakai jilbab dengan memenuhi syarat syari’i serupa ukhti Oki Setiana Dewi. Dan well, gue gagal. Gue masih dalam tahap ‘sholehah belajar’. Toh pada kenyataannya, untuk bisa memenuhi syarat syari’i adalah pekerjaan yang berat. Kita harus konsisten seperti itu sepanjang masa. Tapi gue yakin, one day gue akan memakai jilbab yang terjulur sampai dada dengan baju longgar tak berlekuk. Dan menjadi solehah gue pikir tidak melulu soal baju, kita juga harus menjilbapi hati, dan pikiran dari hal hal negatif dan hal hal yang bisa merusak, juga selalu menaati apa yang Alloh perintahkan. Dan lagi lagi, gue masih dalam taraf belajar.

2. LULUS DAN WISUDA BULAN JULI

BERHASIL. Ini adalah hal yang luar biasa buat gue. Kalau lu liat di sini, gue juga menargetkan IPK untuk kelulusan gue. Dan percaya atau tidak, gue lulus dengan IPK yang SAMA seperti yang gue tuliskan sebelumnya!!! Exactly 3,52! Padahal gue nulis tuh angka di awal tahun! Dan seperti yang gue mimpikan, gue bisa lulus dengan predikat cumlaude! Bagi gue, ini adalah fase paling bersejarah dalam hidup gue karena sarjana adalah sesuatu yang gue impikan sejak gue kecil. Kilahan kebahagiaan gue, gue amankan di SINI




3. KERJA KANTORAN DI KOTA BESAR

GAGAL TAPI BERHASIL.

Ini yang lucu. Gue tulis di sini, gue akan menjadi pekerja kantoran walopun gue belum tahu mau kerja di bidang apa. Gue juga bilang, gue nggak mau jadi guru. Tapi, Alloh pada akhirnya menuntun gue sampai di sini. Gue menjadi guru. Tetapi, kenapa lu bilang gagal tapi berhasil?

Karena gue berhasil melakukan proses go out of the safe zone, go out of my box!! Gue bisa mengajar di kota besar yang gue tulis pertama kalinya. Jekardah! Well, bukan di Jekardanya, hanya di perbatasan saja. Tapi, gue bisa menjalani hidup yang gue impikan sebelumnya. Hidup mandiri. Gue pingin ngerasain ngekost, menjalani hidup dengan effort sendiri, bertanggung jawab sepenuhnya terhadap diri sendiri. Dan pengalaman gue ngajar pertama kali ada di SINI



4. MENULIS ARTIKEL DI ACCESS MAGAZINE

BERHASIL. Mimpi gue sewaktu gue kuliah di kampus gue adalah bisa tergabung menjadi member kolumnist di majalah itu dan menelorkan artikel. Dan seperti yang gue ceritain di SINI, gue berhasil! Alhamdulillah! Sayangnya gue nggak dapet sertifikat karena gue nggak bisa memenuhi kewajiban gue untuk menjadi anggota minimal setahun, keburu lulus.



5. POINT TOEFL AB: 586-597

GAGAL. Di akhir kuliah, gue harus mengikuti mata kuliah TOEFL dan di akhir kelas, gue harus test TOEFL. Well, gue gagal karena pada kenyataannya, gue harus puas dengan menggondol point 566 saja dengan nilai B.

6. DIDEKATKAN JODOHNYA

GAGAL. Aduh, gue malu. Hahaha..Kenapa gue nulis kek beginian juga yak. Di awal tahun, gue pernah mencoba untuk bisa berjodoh dengan teman SMA gue yang bagi gue, dia bisa menjadi imam yang baik dan sense of humornya sangat cocok sama gue. Tapi, ternyata Alloh tidak berkata iya. 

Begitu juga dengan nasib percintaan gue yang sudah gue bina dengan seseorang yang seumur umur gue cinta sama bukan muhrim secinta gue sama dia hampir 5 tahun kurang 12 hari di tahun tahun sebelumnya juga beruujung pada kata karam. Dari kedua pengalaman itu, kayaknya gue nggak minta jodoh dulu. 

Tahun 2014 mendatang, gue tidak memasukkan list ini ke dalam daftar resolusi gue. Dan gue nggak minat berpacaran lagi. Toh, apa yang orang lain rasakan saat pacaran juga gue udah pernah. Someday, I wish I can meet someone nice and kind, and we can settle down straightaway. Love doesn’t matter. Bisa dipupuk setelah menikah. Toh, mau cinta sampe kayang lompat harimau ngesot sama orang kalau bukan jodohnya malah bikin hidup nestapa. Bagi gue yang tidak punya bakat move on, itu tidak baik. Yang terpenting, kita bisa membentuk keluarga sakinah, mawaddah, warohmah dan cinta akan tumbuh dan mengalir di dalam prosesnya. Taaruf terlihat lebih baik.

7. BLOGGER SEMAKIN RAMAI DENGAN FOLLOWER MENEMBUS 300

GAGAL. Lah, gagal mulu yak! -.-

Iya, karena follower gue sekarang baru mendekati angka 230 saja. Jadi, ini akan menjadi resolusi gue tahun 2014 dan akan gue usahakan untuk bisa gue raih. Jadi, yang baca ini dan belum follow gue, follow dong please! @.@

8. KE AIR TERJUN

BERHASIL. 30 April 2013. Melalui uluran tangan kedua teman baik gue yang juga seorang traveller dan blogger, Angga dan Yanta, gue bisa meyaksikan jutaan bulir air berjatuhan berjamaah indah sekali. Gue yang paling demen liat air berkilahan begitu girang liat air terjun itu. Cerita nya gue rangkum di sini.



9. NAIK FLYING FOX, JET COASTER, BUNGEE JUMPING.

FLYING FOX : BERHASIL



Malah gue beberapa kali naik flying fox. Yang gue inget waktu gue bersama sahabat gue, Uma dan Ellena pergi ke Taman Pelangi, Jogjakarta dan saat gue bersama sepupu gue bermain air di Serpong, Tangerang, dan juga di D’Ranch, Lembang! Flying fox itu ngangenin!

JET COASTER : BERHASIL





Bahkan, berkat kayuhan mobil sepupu gue, gue nggak cuman naik jet coaster, tapi gue bisa mencoba sensasi ditimang timang oleh bandol raksasa dan juga sensasi dihempaskan dari pucuk atas ke bawah. Semua bisa gue dapatkan di JungleLand, Sentul!

BUNGEE JUMPING : GAGAL

Susah cari theme park yang menyediakan sensasi jatuh bebas terhempas hempas dan menitipkan nyawa hanya dengan seutas tali begini. Setahu gue, bungge jumping ada di Bali, dan juga Macao. Kapan gue bisa ke sanaaaaaaaaaa... Pasti bisa!

10. BERAT BADAN NAIK 5-10 KG

GAGAL. Sewaktu gue bikin nih resolusi, berat gue sekitar 42 dengan tinggi 162, dan gue habis nimbang, berat gue 45,5 kg. Cuman naik 3,5 kg saja. Tapi, kalau dulu sewaktu kuliah, energi gue habis buat bergerak secara gue juga harus mengarungi 25 km setiap hari dan masih gua jalan ke sana dan ke sini buat ngasih jasa les bahasa Inggris. Lah sekarang, gue hanya perlu naik angkot 5 menit udah sampai ke tempat kerja. Gue cuman ngajar maksimal 3 kali dan selebihnya gue nongkrong dan duduk aja gitu. Gue optimis, tahun 2014 berat gue bisa menembus angka 50!

11. PUNYA MOTOR SENDIRI

BERHASIL. SIM udah di genggaman, tante gue sudah berbaik hati untuk merelakan motornya biar gue bisa bergerak dengan leluasa di Jekardah, dan Januari nanti gue sudah bisa bawa pulang motornya. Gue bilang di resolusi itu, beli pake uang sendiri. Iye, gue juga bayar motornya, dan pake perasan keringat gue sendiri. Hanya saja, Alloh memudahkan jalan gue. Gue nggak perlu menempuh jalan berliku untuk punya motor gue. Tante gue menjelma menjadi tangan Alloh.

12. BISA MASAK DAN RAJIN MASAK

GAGAL. Ya iya. Gue di sana cuman nanak nasi dan lauknya beli. Jadi, resolusi ini GAGAL MUTLAK.

13. BELI PRINTER DAN KAMERA

PRINTER : GAGAL

KAMERA : BERHASIL

gue bersama si Nichi yang selalu setia kemana pun gue pergi!


Gue pingin beli printer di tahun 2013 karena gue pingin bisa leluasa ngeprint saat skripsi melanda. Hanya saja, tanpa printer, akhirnya gue bisa mengkatamkannya. Jadi, gue nggak jadi beli printer.

Dan kamera, akhirnya gue bisa beli karena nggak ada yang minjemin kamera sama gue waktu gue mau interview dan ambil data saat skripsi melanda. Alhamdulillah, gue jadi punya kamera sendiri.

14. BELI ANDROID

BERHASIL. Akhirnya gue bisa beli android dengan bermodalkan gaji kedua gue.


15. NAIK GUNUNG

BERHASIL. Lagi lagi berkat uluran tangan kedua teman baik gue, Angga, Yanta, ditambah teman kuliah gue, Agam, gue bisa meraih mimpi gue untuk bisa menjamah puncak gunung pada 13 April 2013 . Walopun tinggi gunung ini tidak lebih tinggi dari setengah tinggi Merbabu, tapi gunung tetaplah gunung. Dan segala kegirangan gue, gue tumpahkan di sini. Alhamdulillah




That’s it! Semua resolusi dan achievement gue di tahun 2013. Hari ini juga gue akan menulis resolusi untuk tahun 2014. Begitu gue menulis resolusi, semangat gue akan berletupan untuk menjadikannya nyata satu per satu. SEMANGATH!!!

Alloh tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu mengubahnya sendiri.

11 comments:

  1. Yang paling aku kagumi darimu kakak adalah predikat Cumlaude nya itu loh..
    Sumpah, aku ngiri itu...
    Bagaimana caranya ya... IPK-ku berapa ya?
    Sip, masa depanmu cerah...


    ReplyDelete
  2. keren. berarti untung nih banyak yang udah berhasil-berhasilnya daripada gagalnya. Enak, gak ada lagi berhubungan sama skripsi, saya semester depan.

    jadi penulis di artikel majalah paling keren menurut saya dari semuanya

    ReplyDelete
  3. Kalau saya mah mending milih kerja di tempat yg jauh dari kota, tapi duitnya tetep ngalir.

    ReplyDelete
  4. Wuuiiiihhh...... Kren bnget, mey.
    Udh bsa beli brg" yg di inginkan mke duit hsil jrih pyah sndri.
    Gue jga mau dpet 1000 follower d thun ini, smoga brhsil yak. Mnta doanya. Ehehe
    _ _"..... Dpet jdohnya gagal, tpi udh prnah pcran. Lah gue? Gebetan aj blom prnah, apalagi pacaran _ _"
    Bner kta agha. Ipknya gde gtu, kren bget yak.
    Klo, mey mau brt bdannya naik, klo gue mau bget brat bdannya trun _ _". Kebalik kta

    ReplyDelete
  5. Keren bener deh, ya lumayan lah biarpun engga semuanya berhasil seengganya sudah hampir semuanya berhasil deh hehe.. :D oia pasti enak banget pemandangan di atas gunung yah ? hmm jadi pengen, tapi sayang ga kuat sih ke atasnya wkwk -__- #sudahlah

    ReplyDelete
  6. gak ada ruginya kak, untung deh kayknya, hhhmmm subhanallah... cumlade, keren deh, hebat banget, selamat, dari semuanya, aku paling salut sama keberhasilan tekat wisuda kakak, hhmmm kira2 aku bisa gak ya?

    ReplyDelete
  7. itu keren kali udah, dari 15 resolusi 8 udah pasti berhasil, 1/2 antara gagal dan berhasil, ahh kerennn. gue juga followers blog belom nembus 300 nihh, sama. tosss dulu ahhh

    ReplyDelete
  8. keren nih mbak review taun kemaren nya. ada yg kesampean, ada yg enggak, sama kayak gue sih.
    BTw, elu lulus Cumlaude mbak ? subhanallah pinter elo mbak, jadi pengen cepet2 lulus juga. haha #PadahalMaba

    ReplyDelete
  9. Yang paling gue salut elo akhirnya bisa keluar dari zona nyaman dan hidup jauh dari keluarga...

    Gue sesekali pengen begitu, tapi gue lebih banyak malesnya...

    Postingan lo yang bikin gue sadar akan banyak hal tentang harapan, perjuangan dan hasil..

    Keren Meyk..
    Masih ada hari selanjutnya untuk memperjuangkan yang belum sempat didapat... :)

    ReplyDelete
  10. tahun ini aku bikin resolusi sama temen2 segenk trus dimasukin ke dalam botol. rencananya mau dibuka insyaAllah pada malam tahun baru 2015.. trus entar de-cek resolusi apa saja yg berhasil atau gagal maacam punya kak mey ini..smoga lebih banyak berhasilnya deh. aamiin..

    eh tapi salut sama kak mey sih.. sudah lumayan banyak resolusinya yang berhasil.. skg waktunya mengejar resolusi2 yang belum kesampean ya kak.. mangatttt :)

    ReplyDelete
  11. wihh banyak juga ya kak resolusi yang berhasil kal aku.... ga tau ga buat resolusi sih :D , salut deh sama IPK yang cumlaude, aku kapan ya bisa cumlaude -____- ayo kak lebih semangat lagi buat capai resolusi yang belum kesampean,

    ReplyDelete