Saturday, 21 September 2013

WELCOME TO THE JUNGLE (LAND), SENTUL CITY - BOGOR !!!

“Huaaaaaaaaaaaaaaa........”

“Huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak....”

“Huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk”

Saya tidak pernah berteriak sekencang ini!! Bagaimana tidak??? Yang tadinya berayunan pelan,bandol raksasa ini lalu berayun lebih cepat, lalu lebih cepat, dan cepat sambil berputar putar.. Saya menggapai titik klimaks teratas dengan poros tiang tegak lurus dengan titik awal!! Lebih cepat dan cepat dan cepat, sambil terus berputar putar! Ayunan tak pernah segede ini!!!!

“Happ!!”

Tangan saya menggapai langit, lalu sekonyong konyongnya tubuh saya tertarik gravitasi, lalu turun kembali  hanya dalam hitungan detik dan dengan kecepatan penuh berayun ke sisi yang lain sambil terus berputar, langit kembali mendekati saya, saya bebaskan tangan dan kaki saya,

“Happp!!”

Dan kembali saya ditarik sekuat kuatnya, berayun ayun dan terhempas hempas.

“Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak...”



-----------------------------------


“Welcome to The Jungle!!!” ucap teman teman saya setelah saya lulus kuliah dan akan memasuki kehidupan baru sebagai seorang pekerja. Tapi nehi, ini bukan the jungle yang teman teman saya ucapkan, ini Jungle (Land), taman hiburan tematik berkelas internasional pertama di Indonesia yang baru saja dibuka 7 bulan yang lalu dan sekarang pun masih dalam tahap pembangunan besar besaran dan terletak di daerah Sentul. Kabarnya, Meskipun sekarang baru ada 12 wahana, nantinya di sini ini akan ada 41 wahana seru untuk berpetualang. Meski belum resmi dibuka, taman hiburan seluas 35 hektar ini sudah dikunjungi oleh sekitar 4.500 orang dari berbagai wilayah. Nantinya, akan ada pameran robot raksasa yang akan membuat tempat ini semakin semarak.

Daaaaaaaaaaaaaaaaaan,

15 September 2013 adalah hari yang saya nanti nantikan!

Bersama dengan Tante, Om, dan sepupu saya, kita menyelusuri jalan tol, lalu memasuki sentul, mengarah ke serupa perbukitan dengan pemandangan asri di kanan kiri. Dan sampailah kita di Jungle Land, Sentul City!!



Setelah saya tahu kalau harga tiketnya tidak kurang dari 150ribu, saya membulatkan tekad saya dan Tata.

“Tata, kita harus naik semua wahana. Ini 150 bisa buat makan 10 hari di kost, Tata... tidak boleh mubadzir!!”

Lalu Tata mengangguk penuh mahfum.

“Baik, Mbak Ike...” Lalu kita melangkah masuk bersama sama dengan semangat penuh bara.

Begitu masuk, kita disuguhi pemandangan jungle-wanna be! Sederetan rumah makan dan cafe ternama selevel StarBucks berjejeran anggun dengan dekorasi yang unik. Jadi mereka nggak kayak cafe biasa, tetapi bangunannya menyerupai goa dengan Singa raksasa di atasnya, atau ular raksasa kelaparan, atau monyet yang sedang makan pisang. Soooo wonderful!!!






Begitu membayar dan memasuki area Jungle Land, mata saya langsung menyisir ke segala penjuru.

“Naik itu, terus naik itu, abis itu naik yang itu, oh my God ada itu aku pingin naik ituuuu....” Saya kegirangan. 

Dan jadilah kita naik :

1. CEBLOK CEBLOK

Dudu, ini bukan sawah terus kita mainan lumpur, ceblok ceblok.



Maksutnya buat pemanasan dulu jadilah kita naik wahana ini, karena nantinya saya akan naik yang jauh lebih menantang. Buahahahaha... Ini versi mininya Sarang Burung Berang @.@

2. Kolecer



Kalau saya nggak salah, wahana wahana di sini dinamai dengan bahasa Sunda. Mungkin kalau ini ada Di Jawa Tengah namanya bisa “Ubengan Gedi Saking Gedene”. Jadi ini serupa Kincir Angin raksasa. Kita bisa melihat cantiknya Gunung Pancar dari ketinggian 40 M, sodara sodara. Ruarrr biasaaaa...Dan dari sini kita bisa melihat seantero area Jungle Land macam begini.





Dan tak lupa, foto foto.



3. Mobil Jegar Jeger


Nah, ini serupa Bom Bom Car, jadi kita bisa menyetir dan menabrak nabrak orang lain gitu. Tapi santai, nggak bikin cidera, aman dan terjamin. Saya bersama Tante dan Tata sampai mencoba 2 kali. Kita gaspol lalu keliling area, lalu menukik ke kanan dan ke kiri demi menghindari tabrakan, lalu di sisi kanan ternyata melaju dengan cepat dan ‘derrrr’ tabrakan tak terelakkan. Di sini keseruannya!

4. Harvest Time


Puas bertabrakan, kita ingin mencoba yang lebih memacu. Saatnya harvest time! Dudu, ini juga bukan di sawah terus kita ani ani memetik padi. Harvest Time adalah wahana serupa Jet Coaster. Hanya saja, karena ini tematik jadinya wahananya dihias serupa di kebun dengan banyak buah dan sayur raksasa di antara relnya.

Ini adalah wahana favorit Tata, kita sampai naik 3 kali! Sensasinya akan terasa setelah gerbong kereta ini menukik ke atas dan sekonyong konyongnya meluncur ke bawah lalu membelok belok sedemikian rupa. Dan sensasinya akan lebih meresap saat duduk paling depan dan mengibarkan kedua tangan ke atas, wussssss......

5.Pontang Panting


Pertama kali saya mengenal ada wahana serupa ini waktu ada mbak mbak cantik naik ini, lalu di tengah tengah dia menyibak nyibakkan rambutnya yang selembut sutra. Eh, begitu turun rambutnya masih berkibar kibar sehalus kain sari yang dipakai Aiswaryarai di film Muhabbatein. Iklan Shampo. Lalu saat itu juga saya mengukuhkan niat saya. Suatu hari, saya juga akan naik itu, walau pun rambut saya tidak mungkin tersibak sibak. Dan Finally!!!

Tapi, karena cuman diputer puterin, sensasinya kurang begitu nendang, nggak yang kayak Titi Kamal bilang.
“Rasanya....nendang baaaanggeeeet!!!

6. CURAM JERAM

Nah, ini modelnya hampir kayak Jet Coaster jadi ada jalannya meliuk liuk gitu, cuman kalau ini relnya ada airnya dan pake serupa perahu kecil. Sensasinya pun tidak seasoy naik Jet Coaster karena pelan, cuman emang ada tanjakannya lalu menukik turun tajam, dan

“Splash!!!”

Air nyiram kemana mana, kalau nggak nunduk, bisa bisa basah. SERUUUU!!!!

Dan karena satu perahu bisa dinaiki satu keluarga terdiri dari Ayah, Ibu, dan 2 anak seperti program pemerintah, wahana ini yang paling panjang antrinyaaa... Naiknya cuman 5 menit, antrinya 20 meniiiit!!!

7. SARANG BURUNG BERANG


Dari dulu saya liat liputan di Trans Studio, saya ngiler. Ketika saya liat ada wahana serupa dinaikin tinggi banget, eh waktu udah naik, dijatuhin deh tu, teriris iris... saya lagi lagi mengukuhkan niat saya.

“One day, saya mau naik itu!!!”

Saya juga pernah liat di salah satu liputan di Dufan kalau tidak salah ada wahana serupa itu, dan niat saya semakin kukuh sampai saya masukan ke salah satu Bucket List saya.

And, nowwww!!!!

Waktu naik gitu, pelan...anggun...sepoi sepoi angin menyapu nyapu wajah saya. Saya lihat di sekitar, perbukitan beralaskan hehijauan, dan saya juga bisa melihat seantero area Jungle Land dari sini. Begitu sudah mentok, sudah tinggi banget gitu ya, cussssss......

Dijatuhin!!! Pada teriak teriak gitu khan ya di sebelah saya. Mana anak kecil semua yang naik. Lalu, naik lagi, udah mau mentok, dijatuhin lagi! Gitu aja terus.

Cuman, saya pikir setelah naik sampai mentok, jatuhinnya sampai mau dasar, tapi ternyata cuman mencapai setengah tiang saja, lalu naik lagi. Mungkin kalau bisa dari atas langsung turun hampir mentok, sensasi sirnya mungkin jauh lebih terasa.

But, for me it is more than enough! How beautiful!!!!

Saking sukanya dan saking mendarah daging prinsip “MUMPUNG” di batin saya, saya naik dua kali berturut turut!! Dan yang keduanya, karena di sebelah kanan dan kiri saya kosong, saya bisa membuka lebar lebar tangan saya, kayak Rose di ujung kapal Titanic!! Dahsyaaaaat!!!!



8. LOLONCATAN, IBER IBER, JEEP TOUR

Setelah istirahat sejenak setelah dihempas hempaskan dalam arti harafiah tanpa lagu Butiran Debu, saya dan Tata ingin mencoba yang lain lagi. Mumpung banget niiiih!!

Dan karena Tata masih termasuk anak kecil, dan saya adalah anak kecil yang terjebak di tubuh orang dewasa, wahana wahana ini kiranya cocok untuk kita berduah! Oke sip let's go!!

Loloncatan itu serupa wahana type putaran hanya saja karena loloncatan mengandung kata dasar loncat, jadi ini muter muter sambil loncat terus tiap loncat ada bunyinya ‘tuing!’, ‘tuing!’, ‘tuing’. Udah, gitu aja terus.

Kalau Iber Iber, prinsip dasarnya sama dengan loloncatan hanya saja sembari muter, kita harus menggenjot tuh, jadi ada pedalnya kayak sepeda. Nah, barang siapa ngayuhnya cepat, niscaya dia bisa naik. Kalau udah nggak dikayuh, ya turun lagi. Tergantung usahanya aja gitu. Kayak hidup.


Nah, Jeep tour ini cuman kita perlu duduk manis udah deh tu jeep mini jalan sendiri ngikutin jalan yang Cuma sepetak. Tapi, kalau buat anak kecil seru banget nih!


Jadi, di sini memang disiapkan wahana wahana mini yang memang diperuntukkan untuk balita sampai anak anak. Komplit pokoknya!

9. HIHIBEURAN


Naaah, ini nih....pernah liat khan film yang scenenya itu ada pilot mengendarai pesawat olak alik atau pesawat tempur yang menukik ke atas, lalu, awas! Di depan ada celah tebing, lalu wiiiiinggg....badan pesawat miring 90 derajat, lalu menukik nukik sambil berputar dengan poros putaran badan pesawat.


Sensasinya dapaaaat banget nih!!! Pertama kali naik cuman miring kekanan...lalu miring ke kiri..lah lama lama..langsung diputar ke atas sampai 180 derajat!! Putar lagi sambil memutari poros utama begitu. Jadi kayak bumi yang mengalami rotasi dan revolusi!!

Dari semua wahana, ini salah satu wahana yang paling RECOMMENDED!! Sumpah sensasinya dibalik badannya, lalu diputerin, dibalik lagi, muter lagi itu mewaaah bangeeeettt!!! Ini kali pertama saya naik wahana sampai kepala jadi kaki, kaki jadi kepala.

Indah bangeeet!!!

“Gimanaaa??? Lagiiiiii????” ucap operator dengan senyum merekah.

“Lagiiii....” saya bercanda.

“One more??” ucap yang satunyaaa...

“One more timeeee...” ucap saya dengan sok. Tapi sumpah, saya cuman bercandaaa....

Dan werrrrr...mesin mulai berjalan dan kita mulai menukik dan berputar, lagiiiiii!!!!!

Sumpah kali kedua, jilbab saya rasanya mau copot saking dahsyatnya! Saya mau liat aja susah, jilbab kemana mana! Udah gitu karena ini kali kedua, waktu dijungkir balik gitu, saya rasa saya mulai ada yang salah...

Saya jerit jerit ya, mumpung ada sarananya...

“Aduuuuuuuh.....Aaaaaaaaaak....MasyaAllooooooooh......” ucap saya kompakan dengan mbak berjilbab di sebelah saya.

Jadi, saya naik ini dua kali tanpa turun!! Saking pusingnya, waktu saya sudah turun saya bingung. Ini jalan keluarnya manaaa...

Tapi ini belum selesai, sodara sodaraaaa...karena wahana paling the most recommended menanti di pucuk mata!!! Pucuk ! Pucuk ! Pucuuuuk!!!

10. PETIR


Ini adalah.... bandul raksasa!!! Sensasinya Titi Kamal banget, nendyaaaaang!!!

Jadi nanti akan berputar putar dan juga berayunan! Nggak nanggung nanggung, ngayunnya niat banget, sampai 105 derajat sambil berputar . Sensasinya pecaaaaah!!!

Jadi yang saya lakukan waktu itu adalah......nggak usah pegangan. Orang udah pasti aman InsyaAlloh, jadi kalau naik kayak gini jangan pegangan.

Rentangkan kaki dan tangan ke udara, dan setiap ada di batas klimaks dengan kamu di ujungnya, gapai langit!!! Gapai seolah olah kamu bisa menjangkau langit!! Lalu kamu akan tertarik ke bawah dan berputar lagi, lalu ke atas lagi di sisi satunya, dan gapai lagi sambil terus melengking lengking. Dan rasakan sensasinyaaa!!! Lega bangeeeeeeeeeeeeetttttt!!!!

Dapet bangeeeeet!! Saking dapetnya saya sampai bersendawa berkali kali. Saya mulai tidak beres. Begitu turun, kepala saya rasanya berputar putar dan seperti ada gumpalan akan keluar dari dalam perut saya. Saya terserang.....mabok!

Saya duduk dan mulai mengatur pernafasan. Masih ada yang ingin saya jelajahiiii, maboknya nanti aja pelissss... Sekitar 30 menit saya Cuma duduk duduk saja. Sekarang liat orang orang naik Petir di depan saya pun perut saya meronta ronta.


Dan saya gagal naik ini, sodara sodara...

Saya tidak naik ini.



Saya tidak kuat. Lain kali saya pasti naik ini.

11. KEBUT KEBUTAN



Setelah melahap dua buah roti dan minum air, saya kembali pulih. I started the game again!!!

Kali ini saya bersama sepupu dan tante mencoba wahana Kebut Kebutan!!

Prinsipnya sama dengan Mobil Jeger Jeger hanya saja ini di trek, tidak asal jalan. Kita juga wajib mengenakan helm demi keamanan. Jadi kayak balapan beneran gitu nginjak gas sama ngontrol setir. Nah, untuk keamanan juga ada  semacam pembatas di tengah jalan biar mobil nggak keluar dari treknya. Berasa kek pembalap deh pokoknya. Sayangnya, waktu itu saya nggak ada yang motoin. Saya difoto sama masnya potograper disuruh ambil di bagian informasi gitu, hanya saja denger denger satu foto dibandrol dengan harga 90ribu rupiah. Nggak saya ambil tapinya, secara....90ribu -.-

12. SCIENCE CENTER

Naaaah, sebelum pulang belajar dulu. Jadi, bagaimana nggak lengkap banget nih?? Wahana wahana ada, ini buat belajar pun juga ada. Jungle Land ini bekerjasama dengan Science Center di Singapura. Isinya pun lengkap banget!! Dari mulai alat peraga biologi, fisika, kimia semua adaaa... Juga, ada semacam dunia Dino. Banyak sekali robot serupa Dinosaurus, Ular, dan teman temannya yang bisa bergeraaak!! Banyak juga robot robot lainnya. Ada satu spot yang menarik perhatian saya. Dan karena urat malu sudah minimalis,

“tata, potoin mbak Ike..”

Saya dengan sigap memakai jubah hitam lalu topi ala nenek sihir saya lekatkan di atas kepala. Hap!! Saya duduk dengan penuh..

“Ta, sekarang Ta..” Masa bodohlah diliatin orang, ini khan emang buat dicobaaak.

Tata dengan tatapan ‘aku ra kenal, aku ra kenal, aku ra kenal..’ dengan setengah hati memotret saya.


Mission completed!!!

Sebenarnya masih buanyaaak wahana seru yang tak sempat dicoba. Nah, kalau mau tau, baik mau tau aja apa mau tau banget, bisa nih klik ke sini, Jungle Land!!


Di sana, permainan dibagi menjadi 4 zona yang berbeda, dan masih akan terus berkembang!
Magrib mulai berkumandang dan saatnya bilang “Good Bye!”

Dan dengan wajah capek tetapi girang, kita melangkah pulaaang. Kita sampai tadi pagi siang pukul 11 nih ya, dan beranjak pulang pukul 6. Dan bila ditotal, kita menjelajah Jungle Land selama 7 jam, sodara sodaraaa!! Ini cucok banget! Secara...150ribu. Mumpung bangeeet!!!



Dengan begini, saya bisa mencentang salah satu Bucket List saya!! Tidak di Trans Studio, di Jungle Land pun jadi. Dan bahkan, nantinya akan lebih seruuu karena ini masih dalam tahap pembangunan.

“This is gonna be HUGE!” seperti kata Agnes Monica.

Dan final destination saya adalaaaaaaaaaaaaaaaah....jreng jreng jreng!!!


Dan melakukan iniiiiiii !!!!!



Macao Tower-Hongkong , ngimpi amirrrr....Berhubung mimpi itu gratis, ndak papa...mimpi sepuasnyaaa...

And one day if I can do bungee jumping there, how wonderful!!!!! Can’t wait, surely GO!!! Aamiin ya robbal alamiin...

References :



43 comments:

  1. wowww mey..wowww...
    kalo gue yang naik itu sudah bisa dipastikan..
    gue bakalan mabok 3 hari 3 malam..
    naik komedi putar dipasar malam aja gue mabok, gimana kalo naik wahana yang menantang kayak gitu.. :D

    lagi2 gue harus bilang kalo ditempat gue gak ada yang begituan mey.. jadi serasa ngiri pengen tinggal ditempat yang banyak tempat hiburannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah....ini enak Rita...sensasi teriaknya tu dapet bangeeettt, penghilang stress gitu Taaa..hehehehe

      ayo nyebrang laut aja terus kesini deh Kaaa...behehehehehe

      Delete
  2. Yang ceblok-ceblok itu namanya nggak enak banget xD
    eh, yang lain juga deng, namanya kocak-kocak beudt :'D

    tuhkan! Kak mey udah posting jalan-jalan lagi >< aku yang di bogor aja belum pernah ke sana ._.
    Dan dokumentasinya... Bikin.... (...) sudahlah --"
    Haha heu -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, iya namanya unik unik tapi Indonesia bangeeeeeeeeeet...

      behehehe ayo Aini kesini seru looooooooooh :D

      Delete
  3. wah mbak, masih bisa foto2 ya di wahana sarang burung berang? kalo itu saya sih, mungkin saya lebih fokus teriak ketakutan dibandingin foto2nya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, iya itu pas naiknya aaja, turunnya ya ekspresinya ya....seneeeeeng..wuss wusss...mak sirrr gitu tpi nyenengiiiin :D

      Delete
  4. sumpah gw ngiler liat foto2 nya.. sumpah!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuuuuuuuh, dilap mas, dilaaaaaaaaaap cepetaaaaaaaaan

      Delete
  5. jadi ini semacam universal studio versi hutan2an. Namanya juga lucu2 haha XD
    Harganya juga terjangkau. Keren mey :D

    ReplyDelete
  6. Wahhaaaaa senengnya bisa maen ke sana :)
    kkayak di dufan ya wahananya?
    150rb murahlah kan bisa nikmatin semua permainannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kek dufan cuman ini belum jadi mbak Meiii...coba kalo udah jadi widiiihhh pasti bagus bangeeeeettt!!!!

      Delete
  7. Mei seru mei. 150 udah bisa ngerasain semua. Gue kira kayak dupan mei jadi member. E ternyata cuma sehari itu aja to. Mumpung skg kerja di jabodetabek. Buat aja membernya dupan cuma 350 rb bisaa buat berkali kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuuuuuuuuuuuuh, aku mauuuk Nem, tau bener lo ya padahal kan lo di makassar yaaak...hebat lo Nem...semoga bisa ke sana n jadi member yak Neeeem

      Delete
  8. “Ubengan Gedi Saking Gedene”.jawa banget haha

    sarang burung berang itu semacam kaya halilintar kalo di dufan sih ya?

    seru juga yahh, jadi pengen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semacam ituuu. iya kesyiniii..ato nunggu pas udah jadi aja Pik, pasti lebih baguuusssss

      Delete
  9. haloo Meyke..lama ya tak jumpa..hehe

    tulisan lo bagus, meskipun cuma lewat tulisan, dari cara lo nulis, gue seakan-akan bisa ngerasain sensasi nya..
    eh tp, Kayaknya lo bener2 ga mau rugi ya...bnyak banget wahana yg lo naikin. hahaha #MentalAnakKost

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Ndal, iya nih kemana aja kmuu..hehehehe

      waaah,makasih nggak sia sia nih nulis 3 hari 3 malam sampe nggak makan.
      iya duong, harus itu, MUMPUNG...hahahaha

      Delete
  10. Cuma 150 ribu bisa nikmatin wahana sebanyak itu??!! jadi pengeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnnnn!! ceritanya keren banget bikin pembaca jadi ikut ngerasain gimana sensasi setiap wahananya! good good :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaaaaaaaah, kesanaaja cepetan Hudaaa...behehehe
      wah makasih lo makasiiiih :D

      Delete
  11. Insya Allah, gue pengen kesana juga. Dan, harganya juga lumayan standar 150rb. Bisa nikmantin semua wahananya, kayak dufan gitu. Tapi, sekilas pemandangan disana lebih keren ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiya ni mirip mirip ke Dufan emang Mat..iya soalnya dia nggak di tengah kota sih Maaat..lebih bagus pemandangan sekitarnya, cuman ya emang belum jadi gituu

      Delete
  12. Wah.. Macau tower-hongkong.. Masuk sebagai "a must destination" saya juga tuh mba'e. hehehe. (penggemar Running Man ya?)

    ReplyDelete
  13. ada harga promo nih,, coba di buka ya.... http://www.kaskus.co.id/post/5327b19738cb1725528b4689#post5327b19738cb1725528b4689

    ReplyDelete
  14. ada tiket murah nih, coba dilihat dulu,, http://www.kaskus.co.id/post/5327b19738cb1725528b4689#post5327b19738cb1725528b4689

    ReplyDelete
  15. mirip kayak dufan ya dalamnya..mau pergi cuma ga berani naik :D

    ReplyDelete


  16. PENIS GETAR GOYANG ELECTRIC, Dildo Wanita
    Alat Bantu Sex Wanita Penis Ini Terbuat Dari Bahan Pilihan Yang Lembut Dan Berkualitas Sehingga Tidak Menimbulkan Penyakit Dan Iritasi Pada Kulit. Berguna Untuk Stimulasi Rangsangan Pada Wanita Dan Peria Dewasa Dalam Berhubungan Intim ( Sex) .

    Bentuk Produk Yang Mungil Dan Cara Pengunaan Yang Mudah Memungkinkan Untuk Di Bawa Kemana-Mana Atau Di Gunakan Kapan Saja.

    Sistim Berkerjanya Produk Ini Megunakan Batre AA/1.5V X 2.
    Sistem Goyangan Dan Getaran Dapat Diatur Melalui Alat Pengaturan Pada Produk Atau Dapat Diatur Sesuai Kebutuhan.

    Dengan Bentuk Yang Sedemikian Bagus Dan Bergengsi Ini Produk Dapat Di Gunakan Sebagai Hadiah ( Kado) Untuk Teman Anda.
    Hindarkan Peminjaman Produk Untuk Mencegah Penyakit Dan Hal-Hal Yang Tidak Di Inginkan.


    Berikut Daftar Produk Penis Getar Goyang
    Silahkan Klik Di GAMBAR Untuk Detail Dan Spesifikasi Produk Penis Getar




    ReplyDelete
  17. Bener banget ternyata, tempat wisata di bogor sentul itu jadi pilihan kita tiap weekend. Sentul emang jago.

    ReplyDelete
  18. Disini juga lagi Promo Gan/sist tiket masuk jungleland

    Ada diskon, beli tiket ga ribet, dapat cashback lagi,, kurang WOW apa cobaaa?? Sikaaaattt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jauh lebih murah gan, mantaff

      Delete
    2. jauh lebih murah gan, mantaff

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...