Featured Slider

Papua, Surga Kecil di Ujung Timur Indonesia



Papua. Apa yang muncul di benak kalian saat mendengar kata Papua? Raja Ampat? Pulau paling timur Indonesia? Hutan belantara? 

Ya, saat saya bertanya ke beberapa orang, mayoritas jawaban mereka mengarah pada tiga hal itu. Tidak salah, memang. Tetapi, begitu saya berkunjung ke sana sebulan yang lalu, saya tahu Papua ternyata lebih dari itu.

Ada sejuta keindahan yang tersembunyi di pulau paling Timur itu. Kalian akan ternganga dengan kota Jayapura yang terlihat begitu mewah terlindung di balik jajaran pegunungan menjulang, atau terkesima melihat rumah semut bernama Musamus yang kokoh berdiri tinggi hingga mencapai empat meter yang hanya ada di Merauke, atau terkagum kagum menyaksikan asri dan eksotisnya hutan lebat dengan padang rumput dan rawa rawa berisikan berjuta jenis flora fauna di dalamnya, atau kecantikan pantai seisinya yang bahkan sudah diakui dunia. Ditambah dengan budaya yang unik, nyentrik dan tak ada duanya. Papua bak destinasi paket komplit yang selama ini masih luput dari perhatian kita. Tak heran jika Papua berjuluk surga kecil karena keindahannya yang tak terbatas. So, let me tell you about the beauty of Papua.

Pulau yang bentuknya menyerupai burung Cenderawasih ini merupakan pulau terluas kedua di dunia. Seperti yang kita tahu, pulau Papua dibagi menjadi dua bagian; bagian barat dikuasai oleh Indonesia dan bagian timur merupakan wilayah Papua Nugini. Di pulau inilah terdapat gunung tertinggi di Indonesia ; Puncak Jaya (4.884 m). Tak hanya memiliki gunung tertinggi saja, Papua juga hadir dengan sumber daya alam yang melimpah, kebudayaan yang kaya dan eksotis, serta berjuta destinasi wisata yang memikat. Jika kalian hanya mengenal Papua dari Raja Ampatnya saja, yuk berkenalan juga dengan empat destinasi wisata hijau di Papua yang tak kalah indahnya.

Apa itu Connex Evo?


Apa itu Connex Evo? Anda yang sudah berlangganan lama dengan Smartfren pasti tidak akan asing dengan Connex Evo dari Smartfren. Dengan layanan Connex evo ini, para pengguna setia Smartfren akan lebih dimudahkan dalam mengisi kuota internet dan pengguna akan jauh lebih hemat berselancar. Anda hanya perlu mengisi pulsa dan pulsa tersebut akan otomatis berubah menjadi kuota internet tanpa perlu mendaftarkan dengan susah-susah.
Wah, asyik sekali ya sepertinya berlangganan dengan layanan Connex Evo dari Smartfren ini? Mau tahu seperti apa fitur-fitur lain yang dimiliki oleh Connex Evo dari Smartfren? Cari tahu jawaban lengkap mengenai Connex Evo di bawah ini, yuk.

Apa ya Bahasa Inggrisnya? #1



“Bisa nggak kamu beliin aku cemilan mumpung kamu lagi di supermarket?”


“Can you buy me a snack ehm...ehm...mumpung apa yak?”

Pernah nggak sih suka bingung kalau lagi mau belajar daily conversation gitu tapi ada kata kata yang susah dibahasa Inggrisin? Sama. Saya pun juga kadang harus mikir keras gitu buat cari kata Bahasa Inggris yang at least mendekati makna kata yang saya maksut. Eh tapi jangan khawatir. Kali ini kita akan mengenal kata kata yang sebenarnya sering kita gunakan dalam Bahasa Indonesia tapi kok susah kalau diterjemahin dalam Bahasa Inggris. So, let’s check this out!

Baca juga :

10 Tips Mengajak Balita Naik Pesawat Minim Drama


Pas tahu kalau penerbangan dari Jakarta ke Merauke itu pakai transit dua kali di Makassar dan Jayapura dengan durasi penerbangan sekitar 8 jam, saya mulai panik dong karena harus mengajak bayik kicik 16 bulan ikut serta. Rencananya kami akan berangkat dari Bandara Soekarno Hatta pukul 10 malam waktu Indonesia Barat dan sampai di Bandara Mopah, Merauke pukul 9 pagi Waktu Indonesia Timur. 

Yes, awal bulan Januari lalu saya dan Julio berlibur ke Merauke untuk mengunjungi kampung halaman Ayah Julio. Saya yang terbang dari Semarang, menginap dua hari dulu di rumah tante yang ada di Jakarta. Lalu tanggal 4 Januari, saya dan Julio bertemu Ayah Julio di Bandara Soekarno Hatta yang saat itu terbang langsung dari Adelaide, Australia. Setelah 11 bulan berpisah, akhirnya kami bertemu lagi dan langsung berlibur ke Merauke. Dan ini adalah momen yang paling kami takutkan. Ketakutan kami hanya satu; Julio rewel. 

Bayangkan, Ayah Julio berangkat ke Australia saat Julio umur 5 bulan dan baru bertemu lagi saat Julio menginjak 16 bulan. Bisa jadi selama perjalanan Julio nggak mau gantian diajak Ayahnya karena belum kenal. Udah gitu, ini akan menjadi perjalanan udara kedua Julio dan memakan waktu tak tanggung tanggung; 8 jam. 

Saking takutnya saya sampai rajin membaca tips di internet tentang mengajak balita naik pesawat, membeli buku hypnoparenting, tanya sana sini, sampai membelikan Julio mainan pesawat.. Apalagi suka denger anak balita nangis terus, rewel rewel di dalam pesawat sampai menganggu penumpang lainnya. Mana nanti kalau nangis terus dia muntah, meraung raung, chaos sana sini. Aduh, Belum belum saya sudah stress duluan.

Lalu, apakah akhirnya Julio rewel selama perjalanan, baik dari Jakarta-Merauke atau Merauke-Jakarta sebulan kemudian?

Baca juga :

Gembira Loka Jogjakarta, Rekreasi Seru Bersama Keluarga




Kak Jo, lihat Kak Jo. Ada gajah! Itu gajah kak Jo! Besar ya! Waaaaah...”

“Eh ada kudanil juga Kak Jo. Babi babi!! Buayaaaaa.....” 

Dengan menggebu gebu saya menyebutkan satu per satu hewan yang kami lihat begitu kami memasuki area satwa dengan menaiki taring; Transportasi Keliling. Memang, menunjukkan pada Julio bahwa di dunia ini begitu banyak hewan adalah salah satu misi kami. Mumpung saat itu kami ada di Jogja, jadilah Gembira Loka kami pilih sebagai kebun binatang pertama yang Julio kunjungi. Walaupun Julio hanya menggelayut manja di dada, tetapi dia tetap excited dengan sekali kali berceloteh, “Waaaaaah....” “Ih ih ih...” sambil menunjuk nunjuk hewan yang kami lihat. 

Lalu, bisa ngapain aja di Gembira Loka ya? Cuma lihat hewan doang? Oh tentu tidak!! Banyak hal yang bisa kita lakukan dan lihat di sana kok.

Jelajahi juga :

10 Kosakata yang Bikin Bahasa Inggrismu Lebih Keren! #1




Salah satu cara Belajar Bahasa Inggris itu apa sih? Dengerin Lagu Barat? Pelajari Grammar biar bisa bikin kalimat? Nonton drama Korea yang pakai subtitle Bahasa Inggris biar kalau ada vocab baru bisa langsung pause, cari artinya dan catat? Atau tulis diary pakai Bahasa Inggris?

Semua bisa dilakukan kok. Yang penting ada niat dan semangat untuk terus belajar. Nah, salah satunya adalah belajar di Belajar Bahasa Inggris bersama Miss Meykke. Kali ini, saya akan mengulas tentang kosakata Bahasa Inggris yang bikin kemampuan Bahasa Inggris kita kian bagus. Plus arti dan contohnya biar next time kita juga bisa pakai kata itu dalam konteks kalimat. Jadi, nggak Cuma accept aja tapi justru belajar ini dikatakan berhasil kalau kita bisa produce kalimat memakai kata itu or bisa use it in our daily conversation. 

Udah siap kan punya kosakata baru biar Bahasa Inggris kita makin keren?

So check this out!
Pelajari juga :

9 Tips Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan
Do VS Make, Apa Bedanya?
Countable Nouns VS Uncountable Noun

ENGGAK TAHU CODING? INI 7 CARA BIKIN WEBSITE YANG BISA KAMU COBA





Jika kamu berpikir hanya ahli coding yang bisa bikin website, maka pikir kembali! Dengan sejumlah fitur menarik dari Sitebeat, impianmu memiliki website kini dapat terwujud.
Buat kamu yang memiliki brand dan ingin “naik kelas” ke level digitalisasi, tentunya website adalah hal yang wajib kamu miliki. Lalu bagaimana caranya? Simak 7 cara bikin websitedari tim Sitebeat berikut ini.

Launching Buku “Meretas Batas Dunia Kertas” oleh Penulis Ambarawa (Penarawa)



“Sudah berkali kali ikutan projek Antologi bersama penulis lain, baru kali ini ada launchingnya Mbak!” Aku seakan takjub sambil berceloteh kepada salah satu anggota Penarawa yang duduk di sampingku. Yes, baru kali ini aku ada di sebuah launching buku dimana aku adalah salah satu penulis bukunya.




Meretas Batas Dunia Kertas” adalah nama buku kami yang juga menjadi penanda kebangkitan Penarawa di tahun ke-tujuh ini. FYI, Penarawa adalah Penulis Ambarawa. Anggotanya adalah penulis penulis dengan latarbelakang bermacam macam yang tinggal di Ambarawa dan sekitanya. Kini diketuai oleh Bu Budiyanti, guru SMP 2 Banyubiru dengan jajaran pengurus yang baru dengan harapan bisa memberikan angin segar untuk perkembangan komunitas ini.

Alhamdulillah aku didapuk menjadi PJ Harian yang bertugas mengurus artikel harian yang masuk di WhatsApps Group dari semua anggota Penarawa sebagai bukti keaktifan anggota. Nggak hanya harus  menulis harian sesuai dengan tanggal yang bebas dipilih, kami juga punya projek menulis tiga bulanan dengan tema yang ditentukan oleh PJ yang lain. Nantinya, projek menulis ini bisa melahirkan karya Antologi berikutnya. Sounds so interesting!




14 Februari 2020, bertepatan di Perpustakaan Daerah Kab Semarang yang baru saja direnovasi dan terletak di samping terminal Ambarawa, kami mengadakan launching buku ini sekaligus syukuran Ulang Tahun Penarawa yang ketujuh.

Baca juga :

Makan Kenyang Nggak Pakai Boros? Berburu Hidden Gems Treats di Traveloka Eats Yuk!


Jakarta. Semua orang Indonesia pasti tahulah Jakarta itu dimana, lha wong dia Ibu kota kita. Walaupun kata orang kejamnya udah macam ibu tiri, tapi bagiku memberikan arti tersendiri. Hmm, setelah sempat bekerja di sana selama lima tahun dengan segala ups and downs, kucuran keringat, air mata dan banyak tawa plus pelajaran hidup, Jakarta jelas memberikan makna tersendiri. 

Lagian, Jakarta itu komplit! Macam surga dunia karena apa saja ada. Apalagi bagi para pemburu kuliner. Hmmm, apalagi bagi para diskoners. Eh, tapi kalau bagi para kuliner yang suka diskonan? Bisa bangettt!!

Walaupun sekarang aku lagi tinggal di Semarang, tapi tiap kali ada kesempatan aku selalu menyempatkan diri untuk bisa menyambangi Jakarta. Nggak hanya bertemu dengan teman lama atau merasakan suasana lama dulu waktu masih jomblo, tapi juga mencicipi makanan makanan khas kota yang jelas susah didapat di desaku sekarang. Bukannya hedon, bukan. Karena sekarang aku tahu caranya supaya bisa makan enak di Jakarta, tetapi dompet tetap terselamatkan. Kayak kemarin saat aku mampir di rumah tante di Jakarta sepulangnya liburan ke Merauke bersama suami.

Namanya Traveloka Eats; layanan kuliner yang bisa langsung kita akses melalui aplikasi dan Mobile web Traveloka. Lalu apa sih bedanya dengan layanan kuliner dari aplikasi lain? Banyaklah!

Menikmati Sore di Bomisai dan Pantai Lampu Satu, Merauke - Papua


Sepanjang perjalanan kami menuju distrik Sota; distrik di ujung timur Indonesia dimana tugu 0 km Merauke-Sabang berada, kami bisa menyaksikan hutan dengan tanaman yang beraneka ragam, rawa rawa eksotis hingga sabana luas yang terbentang sepanjang mata memandang . Tak jarang juga kami mendapati musamus musamus atau rumah semut yang menjulang tinggi tersebar di banyak titik di sisi kanan dan kiri.

Tak hanya itu, beberapa kali kami menemukan rumah rumah suku pedalaman Papua yang berdiri ala kadarnya di tepian rawa atau pinggiran hutan. Ternyata, sebagian besar kawasan yang kami lintasi masih termasuk dalam kawasan yang dilindungi pemerintah bernama Taman Nasional Wasur.

Source : daftar.co

FYI, seperti dilansir dari antaranews.com, Taman Nasional Wasur memiliki kekayaan dan keunikan luar biasa secara ekologi, sosial dan budaya yang membentang pada kawasan seluas 413.810 hektare (ha). Potensi faunanya tercatat 80 jenis mamalia, di mana 34 spesies telah teridentifikasi dan 32 spesies di antaranya merupakan satwa endemik Papua.

Taman Nasional Wasur juga menjadi surga bagi 403 spesies burung, dengan 74 jenis di antaranya merupakan burung endemik Papua dan 114 spesies termasuk yang dilindungi.

Source : superadventure.co.id

Taman Nasional Wasur di kawasan paling timur Indonesia ini merupakan Ramsar Site (Situs Lahan Basah) yang ditetapkan sejak 2006 berperan untuk melindungi kelestarian dan fungsi lahan basah di dunia, serta telah menjadi anggota East Asian Australian Flyway (EAAF).

No wonder, it’s so remarkable! Ditambah dengan jalan beraspal yang kini sudah direnovasi dan makin mulus.

Beruntung lagi karena Pace mengajak kami turun sejenak untuk melihat balai Taman Nasional Wasur yang bernama Bomisai dari dekat. Jadi, nggak hanya lewat saja, kami juga bisa mengabadikan momen di tanaman pandan Raksasa yang langka dan balai yang juga terlihat unik.

Baca juga :