Bumi Kayom - Salatiga, Ngopi di Bangunan Industrial Modern yang Super Asri dan Alami

 

Review Langit Senja Coffeshop Bumi Kayom Salatiga

"This would be one of my beautiful memory with my lovely grandmas and grandpas." Senang banget rasanya bisa mengajak keluarga besar bersama 4 eyang, kakek, nenek, dan orang tua untuk menikmati segarnya suasana Bumi Kayom dengan taman super besarnya, dekorasi industrial modern, woody dan naturenya yang bener bener bikin betah berlama lama di sini plus menjamu mereka dengan makanan lezat di Restoran Tanah Air.

Ya, ini menjadi kenangan berharga banget karena salah satu dari Eyangku yang aku ajak ke sini sekarang sudah tiada. Bahagia banget rasanya bisa memberikan mereka pengalaman yang menyenangkan di tempat ini. Bagaimana nggak menyenangkan? Restorannya terasa eksklusif. Berjalan sedikit melewati restoran itu, kita juga bisa menikmati taman semacam terasering sampai ke bawah dengan kursi kursi tamannya. Ambiencenya santai dan teduh, selaras dengan nama tempatnya; Bumi Kayom. Kayom sendiri dalam Bahasa Jawa artinya ternaungi - karena memang masih banyak pohon besar di area BumiKayom ini dengan banyak area outdoor yang ternaungi oleh pohon pohon itu. 

Ngipi juga di :

Quality Time Seru dan Makan Enak di Teaktree Eatery and Living, Salatiga. Yuk Cobain!

Kampoeng Banyumili Tuntang - Kab Semarang, Sensasi Piknik Keluarga di Alam Terbuka

Istana Kuliner Restaurant, Sensasi Makan di Istana Bergaya Eropa Klasik


KONSEP INDUTRIAL MODERN, WOODY DAN NATURE 

Suasana di Kafe Langit Senja, Bumi Kayom Salatiga


Well, di Bumi Kayom ini ada tiga area sekaligus, Mans. Ada Restoran Tanah Air, Langit Senja Coffee Shop dan Arun Daya. Macem mana itu?

Review jujur restoran tanah air, kafe langit senja dan arun daya

Saat teman teman mengunjungi tempat ini, teman teman akan masuk dulu di sebuah restoran yang bernama Restoran Tanah Air. Restoran ini mengusung konsep casual dining. Beberapa kursi kayu dan sofa ada di beberapa pojok restoran ini, ditambah dengan beberapa furniture kayu seperti hiasan congklak dan beberapa patung seperti patung Semar dan kawan kawannya membuat tempat ini terkesan modern dengan sentuhan tradisional. Teman teman bisa memilih makan di indoor seating atau lebih santai di outdoor seatingnya sambil menikmati angin sepoi sepoi dan pemandangan teduh di belakang. 

Review makan di Restoran Tanah Air, Bumi Kayom Salatiga
Julio berpose di depan congklak raksasa


Nah, begitu kita keluar dari restoran menuju ke area belakang Bumi Kayom ini, kita bisa melihat area outdoor atau pun semi outdoor dengan bangunan kaca di segala sisinya. Yup, itulah yang orang orang kenal dengan Langit Senja coffee shop atau kafe Langit Senja. Bahkan, kita bisa melihat secara langsung para barista meracik kopi Langit Senja dari balik kacanya. Sedikit menengok ke kanan dan ke kiri, kita bisa melihat banyak bangku taman berbahan kayu, selaras banget dengan pemandangan alam dan hehijauan yang ada di sekitarnya.

FYO, langit senja adalah coffee shop yang memiliki konsep brewed in nature, menyajikan berbagai jenis minuman kopi dan non-kopi, dan aneka sorbet, hingga mocktail yang menyegarkan. Bangunan cafe ini memiliki arsitektur yang unik dengan konsep menyatu dengan alam yang dirancang oleh Ady Putra.

Langit Senja Coffeeshop yang bergaya industrial modern
Kafe Langit Senja dari dekat

Pertama kali kami sampai di tempat ini pun kami makan siang terlebih dulu di dalam restorannya. Sebenarnya kita berencana untuk makan di area semi outdoor. Namun, karena medan yang cukup sulit untuk dilalui kursi roda Ayah, jadilah rencana kami bergeser. 

Setelah puas menyantap hidangan, kini saatnya cuci mata dan jalan jalan. Kami sekeluarga akhirnya berpencar. Ada yang santai menikmati udara sore di bangku kayu, ada juga yang mengantri sholat di mushola yang terletak di sisi kiri area ini, dan ada juga yang jalan jalan mengeksplorasi area ini. Yaitu, aku dan kedua adikku. Sayanglah ya kalau nggak ajak anak jalan jalan dan bermain di alam indah macam ini. 

Jadi Mans, tamannya itu berterasering gitu jadi kita bisa turun sampai ke bawah, yaitu di sebuah lapangan berumput dengan jajaran kursi taman besi berwarna putih. Indah banget dan luas!

Tapi, sebelum kami sampai sana, kami melewati jalan menurun di samping coffee shop. Nah, area balkon ini yang justru paling aku suka! Kesan industrial modernnya lekat banget karena bangunan seperti dibiarkan unfinished dengan lantai semennya dan dinding bata yang terekspos. Ditambah kursi kursi kayu yang beberapa dilengkapi dengan bantalan. Enak banget nggak sih leyeh leyeh di sini, di bawah pohon yang teduh sambil minum kopi dan ngeblog? Atau ngobrol bareng teman atau pasangan? 

Nongkrong enak di Cafe Langit Senja Salatiga
Area ter-favoritku!

Bahkan sebenarnya coffee shop ini berlantai 2 lho, Mans. Kami sempat juga leyeh leyeh di lantai dasar kafe ini sambil gegoleran di beanbag. Kami tetap bisa menikmati pemandangan di luar karena semua dindingnya berbahan kaca.

Bermain di bean bag di bawah Kafe Langit Senja Salatiga
Bermain di bean bag di bawah Kafe Langit Senja Salatiga

Nah, akhirnya kami turun meliuk liuk melewati jalan setapak dan tiba di sebuah lapangan berumput aesthetic itu. Di bawah juga ada semacam pendopo yang biasanya diisi oleh live music. Pas banget lah ya kalau mau resepsi dengan konsep garden party. See? Bisa bayangin kan seluas apa area ini. 

Bahkan Julio dan Maesya puas banget lari lari di area ini sampai menyapa bapak bapak tukang bersih bersih yang sedang membersihkan daun daun Durian. Dan ternyata area ini bernama Arun Daya.

FYI, Arun Daya adalah casual dining restaurant and bar yang  berada di area paling bawah Bumi Kayom. Memiliki konsep bangunan industrial disertai dengan kombinasi lightning yang hangat dan perpaudan warna monokrom pada bangunan. Pas banget lah untuk melepas kepenatan dengan bersantai di sini. Dan area Arun Daya ini memiliki dua area, yaitu area semi outdoor function hall yang memiliki kesan hangat dan santay, dan area outdoor dengan nuansa taman yang memberikan kesan bebas dan santaiii. Area ini biasanya dibooking untuk berbagai acara, seperti ulang tahun, gathering, meeting, pernikahan, dan lainnya.

Arun Daya di Bumi Kayom Salatiga indah
Tempat favorit Julio dan Maesya karena bisa lari larian sesuka hati.

Kami bisa jalan jalan dengan sangat puas di Bumi Kayom ini. Udaranya segar, tempatnya meneduhkan, ambiencenya santay dan menenangkan plus pemandangannya indah. Mana Restorannya juga disability friendly karena ada jalur kursi roda di area masuk restoran.

Tapi, gimana ya makanannya?

MENU DAN HARGA MAKANAN DI RESTORAN TANAH AIR

Source : @bumikayom

Well, dibandingkan dengan cafe cafe yang pernah aku coba di Salatiga, so far ini yang termahal. Satu porsi makanan rata rata dibandrol dengan harga lebih dari 40 ke atas. Let's say makanan seperti Indonesia seperti nasi rawon, nasi gila, iga sapi bakar, sop iga, dan lainnya ada di harga 40k sampai 72k. Berbagai salad bisa dinikmati dengan harga mulai 32k sampai 48k. 

Tidak hanya makanan nusantara, kita juga bisa mencicipi makanan ala Barat seperti half chicken grill, grilled chicken breast, chicken cordon blue dan lainnya mulai dari harga 44k sampai 55k. Pasta pun ada lho, seperti aglio olio, carbonara, bolognese dan lainnya yang bisa dinikmati dari harga 42k sampai 49k. Snackpun juga tersedia seperti mendoan, cireng crispy, onion ring dengan harga mulai 25k sampai 41k.

Mau yang manis manis? Pesan dessertlah. Let's say Langit Senja Pancake, Langit Senja Toast, Tropical Waffle dan lainnya yang dibandrol dari harga 33k sampai 50k. 

Tak hanya itu, minumannya juga beragam lho. Ada classic coffee, coffee twist, Manual Brew, Signature Coffee seperti Uncle Kopi Susu Shake, Kopi Pencerita Senja, dan lainnya, Chocolate dan berbagai varian Mocktail. Semua minuman ada di harga mulai dari 20k sampai 60k.

berbagai menu dan harga makanan restoran tanah air bumi kayom salatiga
Menu dan Harga berbagai varian kopi

berbagai menu dan harga makanan restoran tanah air bumi kayom salatiga
Berbagai macam salad

berbagai menu dan harga makanan restoran tanah air bumi kayom salatiga
Menu pasta

Sayang seribu sayang, aku nggak sempat nyobain kopi Langit Senja yang dijual di coffeeshop berdinding kaca itu. Kapan kapan harus nyobain nih.

Uhm, untuk rasanya sendiri sih menurut aku nggak ada yang special. Memang, penyajiannya clean dan porsinya pun hmm..besar! Sayang sekali saat makanan datang aku belum sempat memfotonya satu per satu. Dan hanya memfoto segelas kopi ini saja. Saking laparnya jadi lupa! Tapi puas banget bisa makan di sini sekaligus mengajak keluarga ikut serta. Kenyangnya berkali kali lipat melihat mereka semua kenyang dan happy. Bonusnya bisa jalan jalan dan merasakan angin sepoi sepoi di area Langit Senja Coffeeshop dan Arun Daya. Alhamdulillah.

LOKASI DAN JAM BUKA BUMI KAYOM SALATIGA

Lokasi dan jam buka Kafe Langit Senja Bumi Kayom Salatiga

Lokasi Bumi Kayom ini ada di pinggiran kota Salatiga ya, Mans. Bisa banget pake GPS untuk sampai ke sini. Apa sih sekarang yang susah, cari alamat juga tinggal ikutin denah kanan dan kiri. 

Alamat Bumi Kayom ada di Jln Nusantara No. 18 Kelurahan Kutowinangun Lor Kecamatan Tingkir - Salatiga

Teman teman juga bisa reservasi atau tanya tentang jadwal buka selama pandemi di nomor WA 081259946566 dan 082223753336 atau nomor telepon 0298 326 576.

Seperti yang tertera di instagramnya, selama PPKM Bumi Kayom ini beroperasi mulai pukul 12 siang sampai jam 8 malam. Ingat, close order jam 7 malam ya.

Bisa juga teman teman kepoin instagramnya @bumikayom

Selamat ngopi di taman teduh!

GALERI PERJALANAN KAMI



Ngopi dulu


Bermain di bean bag di bawah Kafe Langit Senja Salatiga
Main bareng Eyang
Area bawah Kafe Langit Senja Salatiga
Eyang

Bermain di area Arun Daya untuk wedding party di Bumi Kayom Salatiga
Area Arun Daya ini lapangan rumput luas dan biasanya buat wedding party

Bermain kejar kejaran di area Arun Daya Bumi Kayom, Salatiga
Kejar kejaran dulu yaaa

Makan bersama di Restoran Tanah Air Bumi Kayom, Salatiga
A happy child, MasyaAllah.

Makan bersama di restoran Tanah Air Bumi Kayom Salatiga
My big family really enjoyed the meal and the place. Thanks to Pace Alfrets and Bumi Kayom

Ngopi di Bumi Kayom Salatiga
Bersama kedua adik

Bermain di Arun Daya Bumi Kayom Salatiga
So happy to be here.

Ngopi di bangunan industrial modern Bumi Kayom, Salatiga
MasyaAllah jalan jalan terakhir kali bersama Eyang. Dan sekarang Eyang sudah bahagia di Syurga Allah.



                                                     


29 komentar

  1. Asri banget tempatnya. Cocok juga buat jaga jarak. Pasti betah, ya, Mbak. Gak mau pulang.

    BalasHapus
  2. Dari tempatnya keren banget ya kayaknya Bumi Kayom ini mbak, kayaknya bisa jadi salah satu tempat buat santai deh nanti kalau ke Salatiga. Sebagai pecinta kopi, tempat pertama yang bakal aku kunjungin pastinya nanti Langit Senja sih, selalu menarik sebelum menikmati secangkir kopi ngeliat barista memproses dari biji menjadi secangkir kopi

    BalasHapus
  3. Wuahh... ini mah konsep industrialnya beneran industrial, bukan kaleng-kaleng...
    Keren banget tempatnya, mbak. Pengen deh ngopi santai di sana.

    BalasHapus
  4. Kayanya nyaman banget buat family time, terus ramah anak lagi karena banyak area outdoor. Yang pasti cocok banget kalau ngajak anak-anak bahkan eyangnya juga akan suka. Jadi pengen nyoba ngopi di sana deh.

    BalasHapus
  5. Bumi Kayom suasananya enak banget. Aku suka nih dengan nuansa alam kaya gini apalagi ada anak-anak kan. Mereka bisa main lari-larian tanpa terganggu. Makanannya juga gak kalah menarik

    BalasHapus
  6. Wiiih kerreeeen banget deh. Jadi pengen juga mampir kesini 😎

    BalasHapus
  7. Tempatnya nyaman banget buat kumpul sama keluarga ya, terus instagramable lagi, pastinya ngumpul keluarga kayak gini meninggalkan banyak kenangan ya mba :)

    BalasHapus
  8. Alfatihah untuk eyangnya kak Meykke. Senang banget kumpul keluarga dengan view mantap dari Kafe Langit Senja. Jepretan yang dari deketnya keren itu kak.

    BalasHapus
  9. wduuhh lumayan jugaaa harganya.. satu keluarga besar udah berapa hehe.. bener2 menjual tempat ya..

    BalasHapus
  10. Jadi kangen ama kakek nenek yang sudah tiada semua. Aku belum sempat membahagiakan mereka.

    Harga makanannya sesuai dengan view lokasinya ya mbak. Keren banget viewnya. Mau indoor ataupun outdoor sangat seru. Apalagi kalo ada anak. Bebas berlarian sana sini tuh. Beda banget ama kafe di kota yang tempatnya ya segitu aja. Tengok kanan kiri udah tembok kaca. Wkwkwk..

    Ntar kalo ke Salatiga wajib mampir nih ke sini. Amiinnn.

    BalasHapus
  11. Semoga saja pandemi berakhir, dan saya bisa jalan-jalan termasuk ke Salatiga. Masih satu provinsi nih. Harusnya bisa nih liburan ke BumiKayom. Mudahnya lagi, bisa banget ya reservasi dulu sebelum datang. Jadi bisa nih booking tempat makannya di lokasi yang kece badai. 😍

    BalasHapus
  12. wahh senangnya bisa liburan sekeluarga seperti ini mbak
    ternyata salatiga juga bisa jadi pilihan destinasi wisata yang menarik ya mbak

    BalasHapus
  13. Kopi Pencerita Senja. Namanya unik. Itu mungkin signature drink-nya ya? Enak banget kalo bisa ngopi sampai menikmati udara terbuka yang sejuk begitu.

    BalasHapus
  14. Artha Nugraha Jonar15 Agustus 2021 07.39

    Tempatnya bener-bener cozy banget ini. Cocok untuk menemani udara Salatiga yang adem. Wah jadi kepengen ke Salatiga jadinya.

    BalasHapus
  15. Ingat Salatiga, ingat pernah nginap di rumah teman yang daerahny dingin banget. Sampe ga berani mandi hehe. Bayangin kerja di Bumi Kayom kok asyik banget, duduk di bangku kayu dengan nuansa outdoor yang sejuk bakalan betah deh berlama-lama ngetik. Ditema sop iga dan kopi susu shake, ahay, mantap betul. Moga pandemi cepat usai, biar bisa ke Semarang, lanjut Salatiga.

    BalasHapus
  16. Aiiih ini cocok bangett buat family mba.
    Jadi ngebayangin anakku larilarian di sana. Pasti happy.
    Apalagi udah setahunan deh ngga kita ajakin keluar hikss.
    Andai dekettt ini ke Salatiga

    BalasHapus
  17. Happy banget bisa jalan-jalan bareng keluarga besar ya... Jadi kenangan indha banget nih.. Apalagi tempatya juga mendukung...cocok banget buat acara santai keluarga

    BalasHapus
  18. Wah viewnya menarik nih. Apalagi menunya. Keliatan enak2. Paling asyik ke sini bareng keluarga. Tunggu ppkm berakhir dulu. Hihi

    BalasHapus
  19. Tempatnya nyaman banget ya mbak. Apalagi kalau bawa keluarga dan anak-anak. Makanannya juga enak, sayang jauh dari Madura.

    BalasHapus
  20. Akhirnya ada juga rekomendasi cafe yang benar-benar mumpuni di Salatiga. Selama ini kalau main ke sana Biasanya sih cafe-cafe nya standar, tapi kalau yang ini sepertinya memang buat kelas medium ke atas dan layak untuk dicoba.

    BalasHapus
  21. Area balkon nya emang cozy bngt sih, aku liat aja udah adem dan santuy gitu ya ka, enak banget sambil menikmati angin ples suasana di sana.

    Turut berduka cita ya ka, semoga keluarga diberikan ketabahan dan kekuatan.

    BalasHapus
  22. Ohh nooo.. Ini asri banget tempatnya. Aku sekeluarga juga suka berburu tempat ngopi yang asri dan anak-anak bisa main hehe.

    BalasHapus
  23. look cozy banget ya tempatnya jadi kangen hang out lagi sama teman-teman, pengen ke Salatiga lagi sudah lama ga ke sana, penasaran sama tempat kopinya

    BalasHapus
  24. wah spot tempat nongkrong, ngopi, dan lainnya sangat estetik apalagi terbuka dengan langsung alam hijau, cakep banget bumi kayom salatiga

    BalasHapus
  25. cakep banget tempatnya, pantes saja harganya segitu. Nggak cuma beli makanan kalau di berkunjung ke sini, tapi juga dapet experiencenya...

    BalasHapus
  26. Wah seru banget ini resto dan kafenyaaaaa. Cakep sekali konsepnya, makanan di restonya juga keliatan menggiurkan sekali ituuuu

    BalasHapus
  27. Wah aku baru tahu kak ada tempat seindah ini di Salatiga, happy nya yah bisa ajak keluarga besar jalan bersama 😊

    BalasHapus
  28. Nah, tempat ngopi kayak gini ni yang asyik banget. Jadi ingin kesana juga

    BalasHapus
  29. Zaman sekarang. Banyak banget tempat ngopi yang estetik banget. Mana ini temanya alam banget ya. Pas sekali untuk jadi destinasi kumpul keluarga karena tempatnya memadai

    BalasHapus

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)