MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

Istana Kuliner Restaurant, Sensasi Makan di Istana Bergaya Eropa Klasik

Istana Kuliner Restaurant, Sensasi Makan di Istana Bergaya Eropa Klasik
Add Comments
Sabtu, 08 Mei 2021


Menyantap hidangan di istana bergaya Eropa klasik dengan chandelier dan lampu gantung kristal, ditambah arsitektur bernuansa putih dengan jendela jendela tinggi, bukanlah mimpi. Bahkan kita bisa menunggang kereta labu bak Cinderella atau menempati kursi singgasana berbahu tinggi ala ratu di kerajaan. Pengalaman makan mewah ala princess di istana ini bisa kita dapatkan di sini, di Istana Kuliner - Bandungan.

Makan juga yuk di :

Menikmati Tempo Gelato di Prawirotaman, Jogjakarta

Cafe Soklatok, Tempat Ngopi Anak Muda Salatiga

Bubur dan Mie Ayam Mandala, Merauke ; Sensasi Menyantap Bubur di Cafe Bergaya Scandinavia


RESTORAN BERGAYA EROPA KLASIK NAN MENARIK

Lantai underground di istana kuliner restaurant, bandungan
Berbagai ornamen bergaya istana Eropa klasik, juga penampakan lantai underground yang lebih santai dan homey dengan lampu lampu bergelantungan

Seperti biasa, kami gemar jalan tanpa tujuan. Lalu tujuan sebenarnya barulah dipikirkan sambil jalan. Begitu juga saat kami tidak sengaja menyambangi tempat makan unik ini. Kami sebelumnya hanya ingin jalan jalan melihat bunga sambil menikmati angin sepoi nan sejuk di daerah Bandungan - semacam daerah puncaknya Kabupaten Semarang. Lalu kemudian kami mengubah arah menuju ke Istana Kuliner setelah melewati Pasar Bandungan. And here we are!

Begitu masuk di tempat parkir, kami disambut oleh bangunan asimetris bernuansa putih dengan jendela jendela tinggi yang terlihat megah. Well, kata istana pun sudah menggambarkan bagaimana konsep restoran ini, at the very first place.

Dan betul saja, begitu kami masuk, tepat di samping resepsionis, kami langsung terpana oleh sebuah kereta labu besar nan tinggi berikut ornamen berbentuk istana sebagai backgroundnya. Menengok sedikit, kami mendapati kursi singgasana berbahu tinggi ala kerajaan yang berjejer rapi sebanyak dua pasang. Masuk sedikit lagi, kami berasa seperti sedang berada di restoran istana dengan jajaran kursi meja bernuansa putih dengan ornamen bunga bunga sebagai penghias di antaranya. Tampak chandelier dan lampu gantung kristal yang menambah kesan megah nan mewah ala istana kerajaan. Feed instagram bisa lebih seru dengan foto foto di sini nih. 

Kereta labu berselimut bunga bunga dengan background ornamen istana bernuansa putih. 

Namun, kami memilih lantai UG ( underground ) yang ada di sisi kanan ruangan ini. Begitu turun satu lantai, suasana yang lebih homey dan santai menyambut kami. Sofa sofa berikut meja berjejeran dengan meja bartender di sebelah pojok kanan dipermanis dengan lampu lampu bergelantungan. Sembari menyantap makanan, kami bisa sambil menikmati pemandangan luar melalui jendela kaca tingginya.

underground floor di istana kuliner restaurant bandungan
Underground floor dengan nuansa lebih homey dan santay

Well, ternyata restoran ini terdiri dari empat lantai, Mans. Lantai dua dan tiganya juga lebih homey dan santay dengan menampilkan gaya minimalis dan bersih. Seru banget buat ngobrol dan menikmati quality time bersama keluarga. Hanya saja saat itu, saya hanya menyisir lantai satu dan Under groundnya saja. 

MENU MAKANAN DAN HARGA YANG BERAGAM

Menu makanan di istana kuliner restaurant, bandungan
Menu makanan yang kami pesan. Yummy!

Found thousand taste in one place; Slogan yang cocok sekali disematkan untuk venue ini. Selain tempat makan bergaya istana Eropa klasik, makanannya pun hadir dengan menu dan harga yang beragam. For your information, makanan dibandrol mulai harga Rp. 11.000 hingga Rp. 70.000, sedangkan minuman mulai harga Rp. 6000 sampai Rp. 40000.

Untuk para penggemar kopi, jangan kuatir. Teman teman bisa menikmati berbagai macam kopi dari afogato, macchiato, espresso, sampai hot americano yang dihargai mulai Rp. 20000 hingga Rp. 35000. Enak banget ya kalau minum kopi ditemani dengan berbagai snack hangat macam pisang goreng dengan toping bervariasi, tempe mendoan, tahu serasi hingga berbagai macam singkong goreng, onion ring, french fries, potato wedges, brocoli crispy dengan harga mulai Rp. 15000 hingga Rp. 2000 per porsi. 

Yang menarik perhatian adalah ada Menu Bancakan di sini, Mans. Tahu kan nasi bancakan dengan berbagai lauk pauk dan sayur yang dijadikan satu nampan. Satu porsi besar dihargai Rp. 375.000 dan bisa disantap oleh seluruh anggota keluarga. Lebih enak lagi makan pakai tangan langsung.

Menu bancakan di istana kuliner restaurant

Dan untuk makanan utamanya sendiri, kita bisa memilih makanan ala tradisional, oriental, japanese, hingga western. Jangan ragu jangan panik dulu jika ingin makan di sini, karena teman teman bahkan bisa mengintip menu berikut harganya di Website resmi Istana Kuliner ini.

Kami sendiri memilih menu sup buntut, french fries, ayam goreng mentega, kopi, es teh dan banana split sebagai makanan penutupnya untuk Julio. Menurut kami, makanannya pun cukup enak walau memang harganya di atas rata rata tempat makan di daerah kami. 

BERMAIN DI PLAYGROUND OUTDOOR

playground di istana kuliner restaurant bandungan
Playground di sisi luar 

Selain menyantap makanan bersama keluarga, kami juga sempat mengajak Julio bermain di playground outdoor, di samping parkit motor. Julio yang kala itu sedang suka jalan jelas suka sekali melihat ayunan dan teman temannya. 

Yup, spot berfoto kedua selain kereta labu, singgasana dan ornamen istana di dalam restoran adalah playground ini. Berlatar belakang bangunan tinggi nan megah Istana Kuliner, kita bisa mengambil foto di sini. Bisa juga duduk di setengah sangkar burung besi yang tetap semuanya bernuansa putih macam ini.

Berfoto di istana kuliner restaurant bandungan
Bagus deh foto di sini.

Parkiran yang luas juga bisa memudahkan kami untuk jalan jalan sejenak bersama Julio.

LOKASI DAN JADWAL BUKA

Istana Kuliner Restaurant, bandungan tampak depan

Cukup mudah mencari restoran ini walau medan untuk bisa sampai ke sini tergolong agak susah mengingat jalannya yang menanjak. Tapi, worthy kok, mans.


Lokasi restoran ini tepatnya ada di Jl. Gintungan Utara No.18 – 22, Jetis, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang.

Jam buka :

Senin – Sabtu : 10:00 – 22:00

Minggu : 10:00 – 22:00

GALERI PERJALANAN KAMI

bermain di playground istana kuliner restaurant bandungan

Julio dan Pace lagi makan bersama di Underground floor.

Lantai underground di istana kuliner restaurant bandungan
Julio memandang playground di luar

playground di istana kuliner restaurant bandungan
Bahagianya Julio bisa gelantungan

Berpose bersama di istana kuliner restaurant, Bandungan
Terimakasih Ayah Julio sudah ngajakin ke sini :)


Jadi, kapan nih makan di istana sambil naik kereta labu buat feed Instagram?




Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

  1. Underground nya aja udah nyaman seperti itu ya mbak, eh ada playground nya yang membuat betah pengunjung apalagi yang bawa anak-anak pastinya

    BalasHapus
  2. Wah serunya ya kak halan-halan ke istana kuliner-bandungan. Emang dari gedungnya seperti konsep gedung2 eropa. Tempatnya juga bersih ya kak, tentu nyaman untuk konsumsi makanan. Rame dan harganya juga terjangkau pastinya menjangkau semua kalangan ya kak. Thanks sudah kubaca sampe ngiler kak lihat foto2 food-nya :D

    BalasHapus
  3. Waduh, saya baru dari bandungan tapi enggak tau ada istana kuliner. Kayaknya sempet liat tapi enggak ngeh, ya. Kapan2 coba mampir, deh

    BalasHapus
  4. dari foto-fotonya, kelihatan suasana restorannya nyaman yaa. Bagus pula untuk foto-foto dan yang paling penting harga makanannya gak mencekik dompet, hehehe

    BalasHapus
  5. waaaa.....bikin pengen

    catet ah, usai pandemi saya mau jalan-jalan ke Semarang

    menengok anak saudara sepupu yang menikah dan saya gak bisa datang

    BalasHapus
  6. Lokasinya bagus untuk kunjungan kuliner baik keluarga, kantor atau semacamnya dengan kekhasan Eropa, bangunan tinggi dan taman yang khas

    BalasHapus
  7. wahh kece banget restaurannya mbak
    benar benar gaya klasik eropa
    makanan dan minumnya juga murah meriah
    bisa dapat banyak spot foto ya mbak

    BalasHapus
  8. Dengan kemewahan tempatnya gak nyangka harga makanan dan minumannya masih bersahabat ya mbak. Akku kira harganya bakal gila-gilaan seperti halnya makan di beberapa restoran yang lain.

    BalasHapus
  9. Keren banget restonya. Harga makanan & minumannya juga menurutku masih wajar. Tentunya kalo ada resto yg keren gini pengen berfoto dulu gitu sambil nunggu makanan & minuman disajikan.

    BalasHapus
  10. Bagus banget ya tempat makannya instagenic pula, tfs bund

    BalasHapus
  11. Nasi Bancakan seporsi 375K itu kenyang ya mbak, buat disantao rame2? AKu belum pernah coba kayaknya hahahah :) Meriah juga isi menunya ya. Kalau ke Bandungan Semarang kudu mampir nih ke resto klasik ini. Wah sekali ya tempatnya, nyaman dan betah di sini sekalian foto2 hehehe :D

    BalasHapus
  12. MashaAllah megah banget tempatnya. Ceiling yang tinggi juga bikin adem tuh. Sirkulasi udaranya luas. Apalagi daerah Bandungan juga lumayan tinggi daratannya ya Mbak.

    BalasHapus
  13. Aku sering ke Bandungan tapi belum pernah mampir makan di Istana Kuliner. Masuk destinasi kulineran selanjutnya nih, pengen nyoba nasi Bancakan yang udah lengkap isiannya

    BalasHapus
  14. Wah ini di semarang yaaahhh...
    aku baru tau ada tempat ini, kapan hari ke semarang mainnya kurang jauh berarti, sampe ga tau tempat seindah ini hehe

    BalasHapus
  15. Asyikk yaa, jadi kayak di negeri dongeng. Ada istana dan kereta labunya pula ya.
    Tempatnya Instagramable banget, sayang deh kalau gak dipuas-puasin jepret² an disini :)

    BalasHapus
  16. Design arsitektur nya memang klasik banget, dah gitu di beberapa sudut nya banyak spot yang cukup menarik
    Tempat makan yang lengkap dan tampaknya banyak pilihan makanan

    BalasHapus
  17. Ya ampuuun, itu menu bancakan cocok banget buat 4-5 orang ya. Kebayang saya, suami, ngajakin papa dan mama ke sana. Plus tiga balita yang makannya yaaa nyomot-nyomot doang. Worth it banget harga segitu.

    BalasHapus
  18. Duh keren banget Mbak makan di Istana Kuliner Restaurant ini, bergaya Eropa ya, selain menu-menu makanannya yang enak-enak, gak ketinggalan ada kopinya dong, suami saya bilang hampa banget abis makan gak ada dessert kopinya hehe

    BalasHapus
  19. Jadi rekomendasi nih kalo aku ke Semarang. Jadi kangen Semarang, semoga bisa segera ke sana

    BalasHapus
  20. Seru banget ya kak bisa jalan-jalan kemari. Restaurantnya besar dan mewah, kayak di film tenggelammnya kapal Vanderwick aja suasananya.

    BalasHapus
  21. Aduh kapan ya bisa main ke Bandungan. Asyik banget ya restonya. Pas lihat foto-foto awalnya, udah kebayang herga menu makannya pasti mahal. Ternyata nggak juga ya, masih kisaran puluhan ribu aja.

    Sego bancaannya itu menggiurkan, jadi ingat jaman kecil dulu. Setiap hari weton, pasti dibuatkan sego bancaan sama ibu

    BalasHapus