Sky View Banaran, Sensasi Ngopi Sambil Menikmati Pemandangan dari Ketinggian

 "Dine in The Sky"

Slogan yang memang pantas disematkan untuk Sky View Banaran Cafe ini. Begitu kami masuk ke area restoran berikut anjungan terbuka yang langsung mengarah ke pemandangan Rawa Pening yang super spektakuler dan hamparan kebun kopi dengan semerbak aromanya yang khas, semua beban beban hidup terasa ringan, lalu hilang. MasyaAllah, indah banget bro!!

Pemandangan indah di Sky View Banaran

Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu kami menyempatkan diri untuk jalan jalan tipis ke salah satu destinasi kuliner dan wisata yang terbilang baru, Sky View Banaran Cafe di Kampoeng Kopi Banaran. FYI, Destinasi ini resmi dibuka sejak tahun 2020 dan dibangun oleh PTPN IX.  Salah satu bisnis yang merupakan pengembangan usaha setelah bisnis perkebunanan kopi dan penjualan biji kopi ini diharapkan menarik pengunjung anak muda dan keluarga yang mencintai kopi sebagai gaya hidup. Tak hanya itu, bakal disediakan live music dari home band kafe. Ah, malam Minggu bisa syahdu bin romantis ya kalau ke sini bersama pasangan.

Baca juga piknik kami tipis tipis 

Sky Garden Cafe and Resto by Susan Spa, Bandungan

Banaran 9 Resto Cafe and Tea, Sensasi Ngopi di Alam Terbuka

Rummi Kopi Lan Tresna - Kampung Banyumili, Sensasi Ngopi di Tengah Taman


PEMANDANGAN SEBAGAI DAYA TARIK UTAMA

Pemandangan di Sky View Banaran Cafe

Jika ditanya 'kenapa kok pingin ke sana?" Sebenarnya bukan karena penasaran akan makanannya atau pingin nyobain kopinya karena toh paling rasanya 11 12 sama kopi di Banaran Cafe yang terletak di bawahnya. Tapi, alasan utama pingin dan penasaran banget ke sini adalah karena pingin lihat pemandangannya!

Yup, jadi letak dari Cafe/Resto ini tuh ada di dataran tinggi semacam perbukitan kopi gitu. Nah, ditambah dengan model restorannya yang berupa anjungan terbuka, walaupun area makan in-door dan semi in-doornya pun juga ada. Bahkan cafe ini juga mempunyai satu area makan bertingkat dimana kita bisa makan di lantai duanya yang pasti bisa melihat pemandangan dari tempat yang lebih tinggi lagi. Dan emang gokil, kemarin saat Julio dan Ayahnya sedang makan, aku sengaja ke lantai duanya untuk melihat dan pemandangan and I've got this! Di bawah lantai dua ini ada area bartender jadi kalau mau lihat cara bikin kopinya bisa langsung ke sini aja.

Pemandangan anjungan dilihat dari cafe lantai 2
Pemandangan anjungan dilihat dari Cafe Lantai 2
Lantai dua cafe yang terletak di atas area bartender
Lantai dua cafe yang terletak di atas area bartender

Serunya lagi, anjungan atau teras cafenya pun luas banget dilengkapi dengan lampu bolam kuning yang menggantung. Syahdu! Ada yang memang sama sekali nggak pake atap/out-door, dan ada juga jajaran sofa dengan dilengkapi atap dengan dinding yang terbuka. Furniture yang didominasi kayu pun semakin menambah kesan natural dan bersatu dengan alam. Ditambah lagi dengan beberapa mural yang tersebar di beberapa titik bikin suasana jadi ceria dan segar. Nah, karena tempat makannya pun luas dan beragam, kita bisa banget pilih mau makan bersama keluarga di mana. Sayangnya, saat kami ke sana itu area semi in-doornya sedang direservasi untuk acara keluarga. Jadi, kami harus berpuas diri dengan makan di restonya saja.

Suasana resto

Area semi in-door lengkap dengan sofa sofa

Area out-door atau anjungan terbuka dengan furniture dominasi kayu dan besi


Sebenarnya kami juga ingin makan di out-doornya, tapi kalau siang begini jelas sinar matahari langsung menyengat. Jadi, area out-door ini cocoknya memang untuk saat sore atau malam. Kita bisa nih menyantap kudapan dan menyeruput kopi sambil menikmati pemandangan alam dari ketinggian. MasyaAllah.

But, Julio jelas puas banget karena dia bisa jalan jalan ke seantero anjungannya dan menikmati pemandangan yang ada. Jangan lupa foto foto berlatar belakang Gunung Merbabu dan Telomoyo yang menyembul tinggi bersanding dengan hamparan Rawa Pening yang mempesona ya!

Berpose di Sky View Banaran
Kayak gini nih


Tapi, jika mengajak balita atau anak anak harus banget diikutin kemana dia pergi karena anjungan ini hanya berpagar besi dan sangat rawan untuk balita.

MENU MAKANAN DAN HARGA

Menu makanan dan minuman di sky view banaran

Kalau review tempat makan gini pasti nggak bakal jauh jauh dari menu dan harga makanannya dong ya. Karena memang ini penting. Kayak, enak nggak sih? Terjangkau nggak sih? Kalaupun mahal, harganya sesuai dengan rasanya nggak sih? Lalu, menunya variatif nggak sih?

Well, menu makanan di Sky View ini rasa rasanya nggak jauh beda dengan menu Banaran Cafe. Menu yang ditawarkan mulai dari menu tradisional hingga ala Barat. Let' say sop buntut, nasi goreng, rice bowl, salad, burger, spaghetti, chicken cordon blew sampai aneka snack kayak pisang goreng, ketela goreng yang pas sebagai teman ngopi. Minumannya pun beragam dari macam macam dalgona, smoothies, green tea, dan berbagai varian kopi khas Banaran.

Kami sendiri memilih burger, fish and chips untuk Julio berikut dengan es green tea yang pas dinikmati di kala siang hari.

Oiya, harga makanan di sini dibandrol mulai dari 3oribu per porsi. I can say, lebih mahal dibandingkan makanan di Banaran Cafe. Tapi, sangat worthy dengan pemandangan dan ambience yang super nyaman di sini.

LOKASI DAN JAM BUKA

Lantai dua cafe Sky View Banaran
Lantai dua Cafe Sky View


Destinasi superb ini ada di Jl. Raya Bawen – Solo KM. 1,5  Bawen, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Tepatnya masih di Kawasan Kampoeng Kopi Banaran. Begitu masuk ke kawasan itu, kita bisa tanya satpam atau langsung mengikuti petunjuk jalan yang mengarah ke atas bukit kebun kopi. Destinasi ini juga ada di samping penginapan/villa Kampoeng Banaran. 

Siapa tahu ada yang mau ngopi sampai malam terus sekalian nginap deh di antara kebun kopi. 

Jam operasionalnya sendiri mulai dari jam 9 pagi sampai 9 malam. Yang penting jangan ke sini saat weekend karena biasanya penuh dan dikenakan sistem waiting list mengingat kita masih dalam masa pandemi. Dan yang pasti, patuhi protokol kesehatan ya, Mans. Seneng seneng boleh, kesehatan dan keselamatan juga penting!

Sayangnya nih, baby chair yang disediakan hanya berjumlah dua. Padahal baby chair ini sangat sangat berarti untuk pengunjung yang membawa balita seperti kita ini. Jadilah sepanjang makan kami juga harus gantian memangku Julio. But it's okay lah semoga next time baby chair di Sky View bisa ditambah lagi ya.

Well, senang banget bisa jalan jalan tipis bersama keluarga kecilku. Nikmati kebersamaan yang ada selagi bisa bersama keluarga ya, Mans. Toh waktu nggak bisa diulang dan semua momen yang bergulir akan menjadi kenangan. Semua ada di kendali kita, whether mau dijadikan kenangan buruk atau kenangan baik. 

GALERI PERJALANAN KAMI

pose di Sky View Banaran
Anak Ibu yang seneng kalau diajak jalan jalan

makan siang bersama di sky view banaran
Makan siang bersama


Julio puas jalan jalan di sini


Berpose di sky view Banaran


Selagi bisa dan ada, jalan jalan bersama keluarga juga penting. Yuk, nikmati momen keluarga selagi bisa. :)

Terimakasih jalan jalannya, Ayah Julio.




21 komentar

  1. Destinasi kuliner yang keren dan seru. Penyajian penulisan deskripsi yang mantap, serasa hadir ikut ngopi di Banaran.

    BalasHapus
  2. Ini Banaran yang di pinggir jalan ke arah Solo mbak? Bukan yang ke arah Magelang ya? Aku baru tahu ada Sky View, udah lama banget sih udah nggak ke Banaran. Cakep juga ya viewnya, kapan-kapan mampir aah.

    BalasHapus
  3. omg bagus banget ya mbak view nya
    emang paling enak menghabiskan waktu bareng keluarga dgn cara makan ditempat yg bagus seperti ini

    BalasHapus
  4. Baby chair-nya cuma dua mungkin dengan pertimbangan "coffee shop bukan untuk anak-anak" kali ya? :D

    BalasHapus
  5. Wah, panoramanya beneran cantik ya Kak, aku ingat terakhir ke Kampoeng Kopi Banaran tahun 2015 atau 2016 ya. Waktu itu belum ada resto cakep kayak gini, plus penginapan yang dijamin betah deh berdekatan ama kebun kopi. Pagi-pagi jadi pengin ngopi, menyeduh langsung di tempatnya, sejuk dan segar deh mata ini. Pikiran jadi benderang, bisa kejar tenggat pekerjaan, hehe. Moga pandemi segera beres jadi bisa ke Semarang lagi.

    BalasHapus
  6. Ini sih, keren sekali, Mbak. Saya juga langsung mupeng hahaha. Bisa nih, mampir kalau pas saya negbolang ke arah Semarang. Dari foto awal saja, pemandangannya keren sekali. Dan memang itulah salah satu hal yang ingin ditawarkan tempat ngopi ini

    BalasHapus
  7. mbaaak
    ini bisa buat sewa nikahan nggak siiiih
    cakep amat looknyaaaa
    aaaah kan jadi pengen nikah di sanaaa, hahaha

    BalasHapus
  8. aku juga paling suka pemandangan alam yang biru dan hijau.... sungguh indah dan menyegarkan. mengobati rasa kangen traveling ya kak

    BalasHapus
  9. Julio keliatan seneng banget tuh di ajak jalan2. Hehe.
    Asyik ya bisa me time bareng keluarga seperti ini. Aku jadi kamgen jalan2 juga nih

    BalasHapus
  10. Subahanllah, tempatnya sungguh luar biasa... Indah!


    Ah, pasti asyik nih buat baca buku, pengen sendiri atau sekedar menikmati waktu tnpa gadget. Very very perlu dicoba

    BalasHapus
  11. Bagus banget viewnya. Kalau tempat hangoutnya begini bisa nih bawa sekeluarga. Selain buat makan atau minum, juga bisa buat refreshing melihat pemandangan yang aduhai indahnya.

    Ya, selama kita masih bisa jalan-jalan bareng keluarga, mesti dimanfaatkan dengan baik.

    BalasHapus
  12. Keren, indah banget pemandangan yang ada. Pasti seru nih ngopi cantik bersama teman-teman maupun pasangan di sini

    BalasHapus
  13. Cakep kak Mey pemandangannya di jepret dengan wide angle jadi dapet semuanya. Apalagi juga cuacanya terbilang cerah. Rekomendasi yang oke nih buat traveling mampir ke sana

    BalasHapus
  14. Bisa coba berkunjung kesini nih kalau ada waktu liburan ke Kampoeng kopi banaran, karena sekarang udah jarang banget bisa liat pemandangan hijau seperti itu di tempat tinggalku yang daerah perkotaan. Cuacanya dan udaranya pun segar bangett.

    BalasHapus
  15. Bagus banget restonya. Mungkin pandemi kali ya, jadi agak sepi. Wah, kalau kondisi normal dan hari libur kayaknya rame. Tempatnya asyik sih...
    Sejuk pula hawanya. Pengen tahu kalau malam kayak apa ya?

    BalasHapus
  16. Mau banget jalan-jalan kesini. Semoga ada rezekinya untuk jalan dan bersantai 😍

    BalasHapus
  17. Aduh view-nya itu loh. Keren banget sumpah. Ayo pandemi lekas usai. Agar aku bisa jalan-jalan lagi. Jadi pingin ke Banaran ini deh.

    BalasHapus
  18. Waaaah cakep banget ya Mbak. Aku pernah ke Banaran tapi ke kedai kopinya yang di depan. Kalau yang sky view aku belum pernah. Kapan-kapan deh kalau pulang kampung sempetin lewat dan mampir

    BalasHapus
  19. wih kece banget nih sky view banaran ini, pasti rasa kopi makin nikmat sambil menikmati pemandangan seindah ini yaaa.. super keren! Jadi pengen mampir ke sky view banaran juga nih!

    BalasHapus
  20. Pemandangan dari ketinggian selalu menarik. walau aku kadang takut ketinggian juga sih. Tapi selalu amaze banget dengan alamNya

    BalasHapus
  21. Artha Nugraha Jonar22 Februari 2021 00.04

    Keren banget tempatnya. Selama pandemi ini belum sempat lagi ke Semarang. Memang Semarang ini tempatnya wisata keren, terutama wisata kulinernya yang mantap.

    BalasHapus

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)