MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

5 Website Keren untuk Mengajar Bahasa Inggris Secara Online

5 Website Keren untuk Mengajar Bahasa Inggris Secara Online
Add Comments
Selasa, 02 Februari 2021

 "Duh, kalau ngajar online gini ngapain  aja ya?"

"Masa iya dikasih tugas melulu pas zoom meeting?"

"Gimana bikin anak anak jadi semangat dan pelajaran online jadi lebih seru ya?"

Hmm..related nggak sih Miss? Mister? Selama pandemi ini memang tidak bisa dipungkiri kalau para guru pun harus berinovasi. Kita harus beradaptasi dengan era pelajaran online dengan segala tantangannya. Ada yang signal buruk, anak anak nggak fokus, masih juga guru yang mati kutu saat ngajar di depan kamera. Macam macam. 

But don't worry! Karena banyak jalan menuju Roma, dan banyak cara untuk membuat kelas online menjadi lebih berwarna. Nah, salah satunya adalah belajar dengan menggunakan games, quiz atau pun worksheet menarik yang bisa kita cari di internet. Dan, kali ini aku akan berbagi 5 website keren yang bisa banget digunakan untuk mengajar Bahasa Inggris secara online. Pssst, beberapa di antaranya juga bisa dipakai untuk mengajar pelajaran lainnya lho.

Sebelum baca lebih lanjut, coba Miss baca juga info ini. Siapa tahu berguna!

Cara Jitu Mengajar Speaking di Kelas

Tiga Aktivitas Penunjang Pembelajaran Aktif, Interaktif dan Menyenangkan di Lab Bahasa Inggris

10 Tips Memenangkan Lomba Story Telling


5 Website Keren Untuk Mengajar Bahasa Inggris Secara Online

1. Quizizz.com

Dari semua website yang aku pakai, Quizizz ini yang paling sering aku gunakan. Kenapa? Karena menurutku games dengan topik yang paling lengkap, mudah dicari berdasarkan dengan level murid yang ingin kita ajar, dan yang pasti ; SERU!

Apa itu Quizizz.com?

Quizziz adalah salah satu 5 Website Keren Untuk Mengajar Bahasa Inggris Secara Online
Tampilan Dashboard Instructornya


Quizizz adalah sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Jadi, dengan web tool ini teman teman bisa membuat soal pilihan yang di-desain seperti game. Pilihannya pun bisa sampai 5, lho. Soal akan dimunculkan satu per satu. Kita juga bisa menyisipkan gambar dan suara di soalnya.

Kalau aku nggak punya waktu bikin game sendiri, gimana? Oh tenang. Di Quizizz ini kita juga bisa cari quiz dengan topik yang kita hendaki dengan mengetik di kolom Search. Nah, nanti akan muncul banyak quiz yang dibuat oleh guru lain lengkap dengan level soal mulai dari untuk TK sampai level universitas. Selain itu, kita juga bisa copy and edit. Jadi, soal milik orang lain bisa kita duplikat dan edit sesuai kebutuhan. Ah mantap.

Kita juga bisa menyuruh murid mengerjakan bersama atau pun sendiri sendiri dengan memberikan link dan kode masuknya. Jadi, mereka ngerjain di perangkat masing masing, dan kita tinggal pantengin aja kolom nilai yang otomatis muncul begitu mereka mengerjakannya. 

Nah, yang paling terbaru kita juga bisa memberikan 'lesson' atau pelajaran menggunakan Quizizz. Jadi, kita bisa membuat semacam slide slide yang berisikan pelajaran yang akan kita ajarkan. Di akhirnya, kita juga bisa sisipkan mini quiz dengan pilihan ataupun isian. Seruuuuu!!!

Bagaimana cara Menggunakan Quizizz.com?

Well, mudah bangettt! Teman teman tinggal ikuti langkah mudah di bawah ini ya.

Cara Membuat Soal Latihan di Quizizz

1.Masuk ke www.quizizz.com lalu klik ” Sign Up”

2. Pilih “ sign up with email” atau “ sign up with google”

3. Klik “Teacher” jika ingin login sebagai guru

4. Masukkan identitas ( Username, email, dan password) , lalu pilih Continue

5. Jika sudah masuk, buatlah kuis dengan cara mengklik “ create new quiz” pada bagian kiri atas

6. Akan muncul tampilan Let’s create a quiz : Masukkan nama kuis, bahasa lalu klik “save”

7. Akan muncul tampilan selanjutnya lalu klik “ Create new question”

8. Masukkan pertanyaan pada kolom “ Write your question here” lalu masukkan opsi jawaban ( jika menggunakan pilihan ganda) pada kolom “Answer option 1, answer option 2, dan seterusnya”

9. Beri centang pada bagian kolom jawaban yang benar, atur durasi pengerjaan dalam satu soal, lalu klik “save”

10. Jika sudah menulis semua kuis, klik “ Finish Quiz”

11. Maka akan muncul tampilan Quiz Detail ( atur kelas berapa kuis itu ingin ditujukan dan mata pelajaran apa yang digunakan) lalu klik “save details”

Cara Memberikan PR atau Tugas Masing Masing Kepada Murid

1.Akan muncul tampilan selanjutnya, pilih “Homework” jika ingin digunakan sebagai PR dan pilih “ Play Live” jika ingin digunakan sebagai mulai sekarang.

2. Masukkan deadline pengerjaan (atur tanggal dan jam) lalu klik “ Procced”

3. Akan muncul tampilan selanjutnya yaitu kode yang digunakan untuk masuk dalam pengerjaan kuis.

Nah, begitu mereka sudah masuk dan kita mulai, kita bisa memantau score mereka plus soal soal mana saja yang salah. Di akhir tugas, kita bisa review soal Bersama sama dengan ditunjukkan jawaban yang benar dari masing masing soal.

Itu kalau bikin sendiri, kalau mau tinggal cari ya ketik saja keywords yang kita inginkan di kolom Search. Let’s say “Present Perfect Tense” atau “Speaking”. Nanti akan muncul ‘quiz’ atau pun ‘lesson’ yang berkaitan dengan topik yang kita pilih. Tidak hanya terbatas pada pelajaran Bahasa Inggris, quizizz ini juga bisa dipakai di pelajaran lainnya, lho.

Cobain yuk di sini.

2. Wordwall.net

"The easy way to create your own teaching resources."

Tidak hanya berupa kuis, di sini kita juga mengajak anak anak mengerjakan soal semenarik bermain game! Ada game memasangkan, acak kata, anagram, teka teki silang, pesawat terbang nabrak nabrak awan, maze chase kayak game jaman dulu gitu sampai random wheel. Tidak tanggung tanggung, ada 18 template berbeda yang wajib banget dicoba supaya belajar online bisa semenyenangkan nge-game di gadget. Jadi, Wordwall ini cocok banget buat ngajar anak kelas rendah yang mudah bosan jika belajar online cuma dengerin sama ngerjain soal doang.

Lalu, apa itu Wordwall.net?

Wordwall, 5 Website Keren untuk Ngajar Bahasa Inggris Secara Online

Wordwall.net adalah aplikasi berbasis website yang dapat digunakan untuk media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, anagram, pesawat terbang, cari kata, dan lainnya. Total ada 18 template permainan edukatif yang bisa dicoba di sini. Hebatnya lagi, kita bisa mengunduh dan mencetaknya di kertas lho, Miss.

Guru juga bisa memberikan konten buatannya sebagai tugas dengan memberikan link menuju ke halaman assignment. Atau kita juga bisa copy paste kode embednya dan dimunculkan di website lainnya. Contohnya aku nih, habis bikin random wheel untuk salah satu aktivitas speaking di kelas. 


Lalu, bagaimana cara menggunakannya ya?

Cara Membuat Soal di Wordwall.net

1. Mendaftarkan akun di https://wordwall.net/. Klik Sign Up lalu isikan nama, alamat email, kata sandi dan lokasi Anda.

2. Pilih Create Activity lalu pilih salah satu template aktivitas yang disediakan.

3. Tuliskan judul dan deskripsi permainan.

4. Ketikkan konten Anda sesuai dengan tipe permainannya. Pada beberapa tipe, Anda diperkenankan mengunggah gambar.

5. Klik Done jika telah selesai.

Lalu, bagaimana kalau aku pingin langsung cari soal soal sesuai dengan topik yang sekarang sedang aku ajarkan? Ah, mudah. Sama dengan Quizizz, kita juga tinggal log in dan klik "See Example Resources", lalu ketik deh topik yang kita inginkan di kolom pencarian. Done!

Kita bisa memilih soal dengan berbagai jenis permainan. Bahkan kita juga bisa mengganti template dengan mudah dengan soal soal yang sama. Anti ribet dan menyenangkan banget! Both untuk guru dan murid.

As I told you, teman teman bisa menyuruh mereka mengerjakan secara individual di perangkat masing masing dengan cara klik Share di bawah kanan permainan kita yang sudah jadi, lalu pilih Set Assignment. Begitu klik, kita tinggal copy paste link yang muncul. Anak anak klik linknya dan violaaa, mereka siap mengerjakan. Kita juga bisa berbagi permainan dengan guru lainnya. Tinggal pilih yang sebelah kiri; Other Teachers. Klik 'get link', lalu kita tinggal copy paste linknya ke teman kita. 

3. Gamestolearnenglish.com

Apa itu gamestolearnenglish.com?



Berbeda dengan Quizizz dan Wordwall dimana kita bisa menciptakan permainan kita sendiri atau bebas memilih di kolom Search, Gamestolearnenglish.com ini menyediakan template mainan yang sudah jadi dengan berbagai kosakata/topik yang juga sudah ada di situ. Permainannya beragam, mulai dari memasangkan gambar, menyusun kalimat, spelling bee, dan banyak lainnya. Topiknya pun juga beragam mulai dari nama hewan, jenis baju, nama negara, nomor dan lainnya.


Nah, ini adalah salah satu contoh game edukatif yang ada di gamestolearnenglish.com, Mister.


Cara Memberikan Link Game Pada Murid

1. Sign in terlebih dahulu, bisa dengan menggunakan akun Google

2. Pilih "Teacher" di Menu Bar atas

3. Pilih "Embed Page" untuk menyisipkan game di website atau page lainnya. Dan pilih "Link to Page" untuk copy paste game dan share ke murid sesuai dengan topik yang kita inginkan.

4. Pilih template permainan dengan klik salah satu game yang ditampilkan, scroll bawah

5. Pilih konten/topik yang diinginkan, dengan klik salah satu topik yang ditampilkan.

6. Link akan otomatis muncul di bagian paling bawah halaman.

7. Klik copy. Done!

Kita bisa memberikan game langsung pada website kita atau copy paste link ke murid kita untuk mereka kerjakan secara mandiri. Sayangnya, kita tidak bisa memantau score mereka secara live seperti di Quizizz. 

Permainan ini bisa banget digunakan untuk anak kelas bawah ataupun kelas atas karena ada pengaturan 'easy' atau 'difficult' tergantung level murid yang kita ajar. Ada game untuk mengeksplorasi kosa kata, juga grammar dengan cara yang super menyenangkan.

Yuk, cobain di sini.

4. Kids-pages.com

Sesuai dengan namanya, website ini sangat cocok digunakan untuk murid level bawah. 

Apa itu Kids-pages.com?




Nah, sesuai dengan penjelasan dalam home pagenya, kita bisa menemukan banyak sumber kegiatan seperti flashcards, lembar latihan, lembar mewarnai dengan berbagai gambar lucu, dan lainnya. Di sini kita juga bisa membacakan cerita anak anak, bermain games, puzzle, bahkan teka teki/riddle.

Seruuuuu banget emang!
Dulu sering banget aku download flashcard yang ada di sini, lalu di-print dan buat media pembelajaran di kelas. Bisa juga diprint double dan dipakai untuk memory game. Itu lho, permainan yang semua kartu ditutup lalu hanya boleh dibuka 2 lembar bergantian. Tugas kita  adalah menemukan gambar yang sama. Seru banget. Jadi pingin ngajar di kelas lagi. Hehe. 

Oiya, aku juga membagikan banyak ide kegiatan bermain edukatif di kelas di sini ya, Miss.


Teman teman bisa mengeksplorasi sendiri dengan klik masing masing judul yang ada di sini ya.

5. Busyteacher.org

Nah, kalau tadi adalah website website untuk permainan edukasi, website ini adalah gudangnya soal latihan. Wajib banget dibuka dan dieksplorasi untuk guru, khususnya guru kelas atas. Etapi, latihan soal untuk kelas bawah pun juga ada di sini.

Apa itu Busyteacher.org?




"Free printable worksheets and lesson plans for every busy teacher"

Sesuai dengan slogannya, kita bisa mencari bahan ajar berupa materi slide atau pun worksheet yang bisa di-print mulai dari kelas SD tingkat bawah sampai perguruan tinggi. Untuk mempermudah para guru sibuk, kita juga bisa memilih worksheet sesuai dengan kategori/skill yang ingin kita ajar, seperti reading, writing, listening, dan lainnya.

Cara Mencari Soal Latihan dan Mendownloadnya 


1. Ketik topik yang kita inginkan di kolom Search bagian atas bawah atau pilih kategori yang ada.

2. Pilih salah satu worksheet/latihan


3. Pilih download the worksheet di bagian kanan. Sebelum download, kita juga bisa ngintip soalnya dulu dengan mengeklik gambar worksheetnya di bagian kiri.

4. Jika sudah yakin, download aja. Done!

5. Jika kurang srek dengan latihan yang kita download, kita juga bisa mencari latihan serupa di bagian Similar Worksheet di bagian kanan.

Maka, hidup seorang guru akan sangatlah terbantu. MasyaAllah.

Jika ngajar online, worksheet ini bisa banget kita download dan tampilkan di kelas online. Ada juga beberapa worksheet yang dilengkapi dengan keywords. Sip lah pokoknya.

Selain materi power point/slide dan latihan yang bisa di-print, di sini juga bisa membaca banyak artikel berkaitan dengan tips dan ide mengajar materi tertentu. Sukak banget dengan website ini. Jadi ingat dulu saat masih ngajar di kelas, selalu pakai worksheet dari website ini sebagai bahan pengayaan biar murid muridku makin pintar. 

Silahkan cari gudangnya worksheet di sini, Mister.

Yup, itu tadi 5 website keren yang paling sering aku gunakan untuk mengajar online, bahkan offline dulu kala. Semoga artikel ini bisa berguna untuk para guru yang terus belajar dan bersemangat mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Semangatttt mencerdaskan kehidupan bangsa di tengah pandemi ya, Bapak dan Ibu Guru.





Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

  1. Wow menarik banget nih, bisa jadi kegiatan positif di rumah saja ya, masih fasih Inggrisnya

    BalasHapus
  2. Seneng ya klu punya guru sekreatif mbak Meykke. Selama daring ini jg anak sy mengalami kendala di zoom, sering putus2 akhirnya anak2 males ikut zoom

    BalasHapus
  3. Ternyata banyak ya kak. Website itu tentu akan membuat anak nggak merasa bosan meski belajar jarak jauh. Pasti asyik banget.

    Bisa saya rekomendasikan website ini ke gurunya adikku nih. Biar ada inovasinya.

    BalasHapus
  4. Busyteacher itu favorit aku banget. Gemesh liat worksheet2nya dan lengkap juga. Selain worksheet ide games sama ide utk creative writing clasa nya juga oke

    BalasHapus
  5. Ternyata guru pun harus kreatif ya memilih website yang bisa digunakan untuk mengajar bahasa secara online. Aku tadi nyobain yang gamestolearn, seru yaa.. kebayang murid-muridnya senang tuh belajar sambil bermain gini.

    BalasHapus
  6. Yeaay asik dapat rekomendasi web2 keren nih, ga bingung lagi klo pas mau ngajarin aku anak2 belajar bahasa Inggris jadinya

    BalasHapus
  7. Guru bahasa Inggris kreatif nih mba Meykke, keren deh. Muridnya pasti senang mendapatkan teacher smart seperti ini.

    BalasHapus
  8. asikkk bisa belajar english dari sini ya rekomendasi website. Makasih banget Mba Mey. Aku masih lemah english nih

    BalasHapus
  9. Iya masa pandemi begini para guru dituntut lebih kreatif mengajar ya agar anak tetap termotivasi belajar walaupun harus online melulu..

    BalasHapus
  10. Wah, menarik nih infonya. Bisa dicoba buat anakku yg TK. Pengin ngajarin bahasa Inggris dgn cara yg fun biar dianya suka.

    BalasHapus
  11. Wah kreatif ya kamu mba, punya guru kreatif gini anak2 pasti seneng dan jd mudah paham pelajaran

    BalasHapus