MASIGNASUKAv102

Menikmati Wajah Baru Bukit Cinta Rawa Pening, Kabupaten Semarang

Add Comments
Kamis, 08 Oktober 2020

Begitu masuk dan membayar 10ribu per orang, tak ada lagi beton beton mangkrak yang jadi pembatas rawa, atau goa berbentuk ular Baru Klinting melegenda yang nggak lagi terawat atau rawa yang dipenuhi eceng gondok dimana mana. Kini, semuanya seakan disulap! Di sebelah kanan aku bisa melihat jembatan yang menjulur ke rawa, berkelok kelok. Bahkan ada semacam gazebo di antaranya. Jauh di depan sana, bahkan ada gazebo utama dengan atap bolong nan artistik. Goa ular Baru Klinting tampak ayu melingkari bukit Cinta yang juga sekarang tampak asri dan bersih. Bahkan, kita bisa melihat icon wayang Baruklinting raksasa berwarna putih berdiri tegak tepat setelah pintu masuk destinasi wisata ini. Yup, inilah wajah baru Bukti Cinta Rawa Pening; salah satu destinasi wisata terbaru dan unggulan di Kabupaten Semarang. Yuk, aku ajak jalan jalan menyusuri destinasi ini dari ujung ke ujung! Alhamdulillah juga bisa mengajak seluruh keluarga ikut serta.

Baca ceritaku di Bukit Cinta Rawa Pening sebelum direnovasi di sini. Tragis sih.

Destinasi ini cocok sekali untuk teman teman yang ; menyukai alam, suka jalan jalan, suka tempat yang sepi dan tenang. Yup! Bukti Cinta Rawa Pening ini luas, Mans. Kita bisa mengitari jembatannya yang meliuk liuk itu, lalu istirahat sejenak sembari berselfie sana sini di Gazebo dengan atap bolongnya yang supeeer artistik. Lalu kita juga bisa berjalan memutar sampai teman teman bertemu playground di bagian paling belakang. Sebelumnya, teman teman juga bisa nih foto ala ala Korea. Lah kok bisa? Di salah satu spotnya juga ada gembok cinta. Teman teman yang berpasangan dan membawa gembok yang sudah dikasih nama plus kata kata cinta dari rumah, bisa banget disematkan di sini nih. Ketje ya! Bagi yang masih jomblo berarti yang sabar aja. Hehehe..Setelah itu, kita bisa naik ke atas dan merasakan sejuknya berada di antara pohon pohon super rindang super besar dengan beberapa tempat duduk yang disediakan. Jangan lupa juga lihat keindahan rawa pening dengan gunung gunung yang menyembul di belakangnya dari gardu pandang di atas bukitnya. Last but not least, kita bisa mengitari bukit Cinta via goa Ular Baru Klinting yang dibangun mengitari bukitnya. Ciamik ya!

Intip juga destinasi di Kabupaten Semarang lainnya!

Mampir Yuk ke Sam Po Kong, Semarang

Kampung Rawa Ambarawa, Wisata Air yang Mempesona

Menikmati Ambarawa dari Ketinggian, Susan Spa and Resort

7 Spot Menarik di Bukit Cinta Rawa Pening

1. Jembatan

Jembatan Bukit Cinta Rawa Pening di Banyubiru Kab Semarang
Jika berkunjung ke sini, jangan lupa berpose di sini ya! Indaaaah!

Ini adalah spot utama plus andalan yang ditawarkan oleh destinasi ini. Dengan jembatan yang bercabang dan menjulur ke arah rawa ini kita serasa jalan jalan di tengah rawa. Duh panas, jangan khawatir. Kita bisa kok rehat sejenak dan berteduh di gazebo yang dibangun di antaranya, atau sebagai penyambung jembatan satu dengan jembatan lainnya. Jika kalian ke sini pokoknya harus banget foto di spot ini. Ketje abis!

2. Gazebo

gazebo atap berlubang di bukit cinta rawa pening ambarawa
Gazebo dengan atap bolong nan indah

Spot utama lainnya yang juga nggak kalah ciamik dan indahnya adalah gazebo besar yang dibangun tepat di tepi rawa, menyambung dengan jembatan. Yang bikin ciamik gazebo ini adalah arsitekturnya, Mans. Atapnya bolong gitu. Bayangin pas hujan pasti bagus banget ya. Hehe..Atau pas sinar mentari turun gitu jadi kelihatan semburatnya turun di bolongan itu. Dari gazebo ini juga kita bisa menikmati pemandangan rawa yang membentang dari ujung ke ujung, plus memandang perahu yang hilir mudik seperti ini. Tenang bangetttttt!

3. Gembok Cinta

Gembok Cinta bukit cinta rawa pening Ambarawa
Nah ini dia gembok cinta yang nantinya bakalan penuh dengan gembok gembok para pasangan

Sukanya lagi dengan tempat ini adalah kita bisa menikmati pemandangan alias duduk di banyak spot karena memang banyak disediakan kursi taman atau sekedar duduk duduk aja di tepi tepiannya. Nah, jika teman teman jalan mengitari destinasi ini, teman teman akan menemukan gembok cinta. Di gembok cinta ini teman teman bisa mengukir keabadian cinta ( halah ) lewat gembok yang ditulis nama dan nama pasangan plus pesan cinta, kemudian digembokkan deh ke pagar gembok cinta ini. Kebayang nggak sih bakalan bagus banget foto lagi di sini pas gemboknya udah penuh yang warna warni gitu. Ada aja idenya ya, kreatif!

4. Playground

Playground bukit cinta rawa pening Ambarawa
Playground Bukit Cinta Rawa Pening yang ada di bagian belakang

Yang aku suka dari tempat ini adalah menurutku destinasi ini juga children-friendly. Bagi mamak mamak macam kita memilih destinasi yang nggak takut ngelepas anak sendiri jalan ke sana ke sini itu wajhibb! Nah, di tempat ini, Julio seneng banget bisa jalan jalan di sepanjang jembatannya, terus jalan jalan di tepian rawa yang aman karena ada pagarnya, plus bisa juga mencoba permainan seperti jungkat jungkit dan ayunan di playground yang terletak di bagian belakang Bukit Cinta.

Kami juga sempat rehat sejenak di sana sambil nyenengin anak deh. Mana teduh banget karena memang area ini banyak banget pohon pohon yang tumbuh rindang dan besar.

5. Taman Bukit Cinta

Pendopo di bukit Cinta Rawa Pening Ambarawa
Di atas bukit cinta ini tamannya luas dan sejuk karena banyak pohon besarnya. Plus banyak bangku taman dan ada pendoponya. Seru!

Setelah bermain di playground, kami juga suka banget jalan jalan di atas bukit cintanya. Jangan salah ya, bukit ini bukan bukit yang harus mendaki untuk bisa sampai ke puncaknya. Cukup meniti beberapa tangganya saja kita sudah bisa sampai ke puncak dan lagi lagi, Julio dan Maesya bisa dengan leluasa jalan ke sana ke mari karena sudah disediakan area pejalan kaki.

Di atas bukit cinta juga disediakan pendopo untuk pertemuan, beberapa kursi taman untuk pacaran (eh?) dan gardu pandang untuk bisa melihat pemandangan dengan lebih leluasa dari atas bukit. Jangan takut kepanasan karena yang ada kita bisa santai santai sambil merasakan angin sepoi sepoi.

6. Gardu Pandang

Ibu dan Nicken berpose di gardu pandang.

Ini juga salah satu spot yang wajib banget buat foto foto. Why? Background rawa yang terbentang di kejauhan bikin foto jadi ciamik! Kita juga bisa menikmati pemandangan rawa beserta gunung gunungnya dengan lebih leluasa dari sini. Jadi, habis jalan jalan mengitari bukit cinta, kita bisa rehat sembari melihat pemandangan di sini deh.

7. Goa Ular Baru Klinting

Goa Baru Klinting Bukit Cinta Rawa Pening Ambarawa
Goa Baru Klinting yang mengitari bukit cinta

Nah, ini nih bangunan yang sudah ada sejak pertama kali Bukit Cinta dibuka sebagai destinasi wisata. Teman teman juga bisa lihat di artikelku yang lama saat aku berpose di salah satu punggung ularnya. Unik banget memang? Goa ini dibangun seakan mengitari bukit cinta. Jadi, saat kita di depan destinasi ini, kita bisa melihat kepala dan ekornya yang hampir menyatu, sejalan dengan legenda Baru Klinting yang sangat terkenal itu. Eh, sudah ada yang pernah dengar legenda ini belum?

Nah, tau nggak sih kalau Goa ini juga bisa dimasuki? Sayangnya, saat kemarin kami berkunjung ke sana, goa ini ditutup untuk umum. Mungkin, masih dalam tahap perbaikan kali ya. Jadi, kami harus berpuas diri untuk berpose di depannya saja deh.

Goa buatan Ular Baru Klinting Rawa Pening Ambarawa
Berpose di mulut Ular Baru Klinting

Tips Berkunjung di Destinasi Bukit Cinta Rawa Pening

Bagi teman teman yang ingin berkunjung ke sini dengan happy, harus banget memperhatikan hal hal berikut ya.

1. Datang sepagi mungkin untuk menghindari keramaian dan hasil foto yang lebih bagus

Tempo hari saat kami ingin berkunjung ke sana, kami udah semangat banget untuk bisa masuk sekitar pukul 7 lebih sedikit. Udah kebayang banget nih gimana bagusnya udara pagi di sana plus pemandangan rawa dan gunung di pagi hari. Yang paling penting, di tengah pandemi macam ini, berkunjung pagi pagi jelas pilihan yang lebih baik karena pengunjung pasti masih sedikit atau bahkan belum ada.

Sayangnya, begitu sampai di tempat parkirnya, yah masih tutup. Alhasil kami harus mencari opsi kedua dan ketiga. Setelah sarapan bersama, kami kembali ke sini dan alhamdulillah sekitar jam 9, tempat ini sudah dibuka. Padahal di jadwal yang tertempel di sini, destinasi ini mulai beroperasi pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB setiap harinya.

2. Datang di hari kerja supaya pengunjung nggak membludak

Ini juga harus banget teman teman perhatikan. Datang atau berkunjung ke sini di weekend jelas bukan pilihan yang baik. Lebih baik teman teman datang di antara hari Senin sampai hari Kamis untuk menghindari keramaian. Apalagi destinasi ini masih ngehits. Pernah kami lewat di sini hari Sabtu pagi dan viola.... parkirannya pun dipenuhi para pesepeda yang hendak menikmati Sabtu pagi di Bukit Cinta ini.

Untungnya kemarin kami datang di hari Senin, and as you see, minim orang. Enaknya lagi kalau minim orang gini foto foto kita jadi bagus khan.

3. Lihat prakiraan cuaca sebelum berkunjung

Ini juga penting karena yang kita cari di sini adalah pemandangannya. Gimana bisa kita menikmati pemandangan plus foto foto dengan background super indah kalau cuaca sedang hujan atau berkabut. Nah, makanya kita harus lihat dulu prakiraan cuacanya dan memastikan kalau cuaca saat itu sedang cerah.

Alhamdulillah, saat kami berkunjung ke sana, cuaca super cerah tetapi sejuk. Jadi, kami bisa bebas jalan jalan mengelilingi Bukit Cinta dan berfoto di spot spot terbaiknya.

4. Selalu mematuhi protokol kesehatan

Selalu cuci tangan, jaga jarak dan memakai masker. Tiga hal ini yang sangat ditekankan saat kita berkunjung ke sini. Sebelum masuk entrancenya, kita harus cuci tangan. Lalu membayar tiket seharga 10ribu/orang dan secara bergiliran diukur suhu tubuhnya. Saat berkeliling di lokasipun kita harus selalu memakai masker. Boleh lah sebentar dibuka untuk foto, lalu kemudian dipakai lagi. Kalau nggak, siap siap nih dihimbau pakai masker dengan menggunakan toa. Jadi, seantero Bukit Cinta tahu kalau kita nggak pakai masker. Khan maluuu...

5. Memakai Outfit yang sesuai

Jika teman teman ingin jalan jalan dengan bebas, teman teman wajib nih memakai outfit yang sesuai, seperti baju yang mudah menyerap keringat, tas yang nggak terlalu besar atau bisa memakai tas punggung, plus alas kaki yang nyaman. Kalau nggak, pasti bakalan capek deh.

Untuk teman teman yang membawa anak pun juga harus diperhatikan baju anaknya. Plus pakai alat gendong yang nggak bikin capek. Alhamdulillah sekarang ini Julio selalu nemplok sama Ayahnya jadi Ibu nggak perlu capek capek gendong sendiri. Hehehe..

Fasilitas dan Pelayanan

Bersih, rapi dan indah. Itulah kesan pertama kali saat aku dan keluarga masuk kemarin. As I told you, destinasi ini masih tergolong baru dipugar/direnovasi jadinya tempatnya juga masih bersih, setiap fasilitas yang ada pun juga masih terlihat baru. Indah banget pokoknya!

Selama pandemi ini juga petugas tampak gercep menegur orang orang yang nggak pakai masker. Beberapa spot pun menyediakan tempat cuci tangan.

Jadwal dan Harga

Jadwal yang tertulis di pintu luar destinasi ini adalah mulai beroperasi pukul 07.00-16.00 ya dan buka setiap hari. Harga masuk sebesar 10.000. Hmmm...sangat affordable dan termasuk murah banget jika dihitung dengan apa yang bisa kita lihat dan nikmati di dalamnya bersama keluarga.

Akhirnya, agenda kami untuk bisa jalan jalan di alam terbuka kesampaian juga. Tempat ini, asli! Recommended banget buat teman teman yang sudah bosan di rumah aja tapi takut keramaian. Teman teman bisa eksplorasi tempat ini dengan minim interaksi alias bisa banget jaga jarak. Bahkan, saat kami mengunjungi tempat ini hanya terlihat beberapa orang saja yang juga ikut menikmati udara segar pagi itu.

Jadi, kapan nih teman teman mau ke sini?

Galeri Perjalanan Kami

Bersama keluarga di depan icon wayang ular baru klinting

Gardu pandang bukit cinta rawa pening Ambarawa
Julio di gardu pandang. Nah khan keliatan banget rawa di belakangnya.

Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

1. Beuhhhhhhhhhhhhhhhh birunya membahana... aq taun lalu ke semarang ga sempat ksini mbaaa ^^ kangen liburan lagi nih.. mba semarangnya nya di mana?

BalasHapus
  2. Wah, tahun lalau aku cuma lewat nih ga beneran mampir ke Rawa Pening. Ternyata ada Bukit Cinta. DI sini ada playground segala anak2 bisa main betah deh. Ada gembok cinta juga ya, cocok buat yang romantis2an hihiihi... Bener deh sepertinya enak datang di pagi hari.

Balasan
    1. Wah, kalau gitu kayaknya belum afdol ya kita kesana ga berdiri di Gardu Pandang hehehe :) SPot terbaik buat pepotoan jangan sampai momen hilang :D AKu kok ngeri lihat Gua Ular di sana ya kayak masuk ke dalam mulutnya beneran wkwkwkwk :D

Hapus
  3. Wah wisata murmer dengan spot2 cantik yang instagramable banget ya jadi pengen kesana juga😃

4. waaaaa rawa pening jadi bagus gini
    Keesana ah kalo jalan jalan ke semarang
    semoga anakku mau nganterin :D :D
    Anak-anak yang lahir di jawa barat biasanya ngga bisa ngomong baru klinting dengan benar, mereka kesulitan intonasinya :D :D

5. cantiikkkk bangettt!
    Udah ga sabar buat plesiran nih eikeh.
    destinasi ini kayaknya bakal masuk wish list.
    InsyaAllah aku dataaaanggg!

Balasan
    1. Moga2 thn depan lah bisa k sini
      Thn 2020 udah mau abis soalnya wkwkwkw

Hapus
  6. Aku bolak-balik lewat tapi belum pernah mampir sini. Itu langit birunya bikin mupeng, deh

BalasHapus
  7. Suasananya menyenangkan sekali disana yah mbak. Duh,saat ke Semarang beberapa waktu lalu tidak main ke bukit cinta nih. Pastinya bersama keluarga dan pasangan makin happy deh bisa kesini.

8. Menarik banget ini keliatannya. Pas banget didatengi saat udara cerah. Karena danau yang ada bakal tambah indah jika difoto dengan langit yang biru dan awan putih. Mudah-mudah bisa ke sini saat ke Semarang.

9. Jadi ini masih bangunan baru semua ya, Mbak.. bagus, rapi dan bersih.. semoga masyarakat yang berkunjung ke sana bisa menjaga kondisi ini ke depannya.
    Aku bayangin asyik banget tuh di gazebo sambil liat laut dan kapal. Zzzz... Kayanya bisa ketiduran deh aku, hihi..

BalasHapus
  10. Cantik banget fotonya. Kayaknya next kudu mampir ke sini ya. Kemarin2 ke Semarang cuma numpak lewat stasiun doang mbak. 😂

11. Belum pernah kesini aq mbak tapi dilihat dari tempatnya kayaknya cakep2 banget spot fotonya juga keren2.

12. Woow...
    Cantik foto fotonya..
    Semarang banyak destinasi wisata yg kece ya

BalasHapus
  13. Bagus ya setelah direnovasi Rawa Pening. Insya Allah nanti pas mudik ke Semarang aku mampir ke sini deh. Selalu panas tiap ke sana jadi harus pakai bajuyang nyaman ya

14. Murah banget ya tiket masuknya. Kalau untuk makan dan minum di sana bagaimana? Boleh bawa sendiri atau enggak?

15. MasyaAllah, keren bangeeet. Aku dulu kesini pas anak masih usia belum ada 2 tahun, haha. Sekarang udah 6 tahun dia. Jadi keren banget ya. Kalo mudik, mau ah main kesini lagi sama keluarga

BalasHapus
  16. SLfok ke foto fotonya..
    Kece..
    Bikin pengen ke semarang

BalasHapus
  17. Puluhan tahun yang lalu aku lewat masih berupa rawa yang dipenuhi enceng gondok. Sekarang udah keren banget ya..

18. Wah jadi pengen jalan-jalan aku. Tapi masih belum berani soalnya di sini zona merah. Kayaknya bukit cinta ini cocok banget ya buat liburan keluarga dan anak-anak bebas berlari karena tempatnya luas dan seger ya. Bagus untuk menenangkan diri juga kalau lagi sepi ya

19. Jadi pengen ke Taman Bukit Cinta biar bisa foto-foto seru. Murah ya HTMnya, Mbak.

BalasHapus
  20. Di masa pandemi gini memang kita harus pinter-pinter cari celah kapan enggak rame pengunjung ya, Mbak. Selain buat jaga kesehatan, kita juga enak kalau enggak rame ya, hehehe.
    Btw masih banguanan baru gini dipuas-puasin foto-fotoannya ya, masih bagus semua dan bersih.. :D

21. tempatnya cakeeep banget mba dan memang harus niat datang pagi biar masih sepi ajaa yaa tempatnya

BalasHapus
  22. Bagus nih tempatnya, banyak tempat kece buat foto foto. Banyak juga ruang terbuka hijau nya

23. Wuih, luas dan cantik banget ya tempatnya... Mudah-mudahan kapan-kapan bisa main ke sana...

24. Maasyaallah cantik sekali view di Bukit Cinta Semarang ini, banyak spot cantik bisa buat foto OOTD sendiri walaupun sekeluarga

BalasHapus
  25. Pemandangannya cakep ya pantas banyak yang ulas ternyata benar-benar bersolek nih Bukit Cintaa..mauuu...

26. Wah kalau udah direbranding dan pemdanya mau serius bisa jadi bagus banget ya.. dulu pernah mampir ke sini belum sebagus ini tempatnya... Sukaa

27. Tips berkunjung nomor satu dan dua itu, gue banget!
    Sepertinya memang hampir sama untuk setiap destinasi hits ya.

Datang lebih pagi dan menghindari weekend, demi kenyamanan!

BalasHapus
  28. Aku suka denger Rawang Pening tapi kesannya tu kek horor2 gtu hehe. Ternyata sekarang udah disulap sama pemerintah daerahnya menjadi lokasi wisata ramah keluarga dan juga fasilitasnya makin bagus dan lengkap ya mbak :D

29. Kabupaten Semarang sungguh memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan yaa..
    Aku salut dengan perbaikan dan pengembangan dari sektor wisata, apalagi sudah dilengkapi dengan protokol kesehatan yang ketat.

BalasHapus
  30. I haven't been to Semarang for a long time. cool times can you travel here. may relieve the dizziness too

31. Bagusss banget ya mak asri. Masih terlihat sepi ya mak pandemi. Kalau ke semarang pengen mampir sama keluarga

32. Kalau nggak pagi, ya malah sore sekalian ya kyaknya kalau ke sana. Bagus tempatnya, tapi klo kesiangan bisa panas ngenthak2 tuh. :) Ntar ah kalau pas anak wedokku libur, mau kuajakin ke Bukit Cinta, pasti seneng dia.

BalasHapus
  33. Tenang banget suasana nya.. Mupeng pengen kesana.. hasil foto mba meykke bagus banget,.

34. Seru sekali liburannya mba meykke, jadi mupeng pengen kesana juga. Tenang banget suasana disana . Btw hasil fotonya bagus banget mba, bolak balik aku liatin satu satu.

35. Enak nih tempat wisatanya lenggang krn pandemi kali ya tp jd kita sbg pengunjung jd tenang ya