MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

4 Ide Bermain Menggunakan Playdough/Saltdough Untuk Balita

4 Ide Bermain Menggunakan Playdough/Saltdough Untuk Balita
Add Comments
Rabu, 21 Oktober 2020


Hola Moms! Sudah kehabisan ngajakin anak bermain di rumah belum? Khususnya Moms yang punya anak balita. Pasti suka mikir keras tentang hari ini mau makan apa ya? Hari ini aku ajarin apa ya? Pas banget nih aku mau sharing tentang 3 ide bermain menggunakan playdough/saltdough untuk balita.

Ide ide bermain ini sudah dipakai oleh Julio. Ada yang dia suka banget, tapi ada juga yang cuma dia mainkan sekenanya saja. Hihi. Tapi, dari bermain bersama anak ini kita bisa jadi lebih tahu apa yang dia suka, dia anak dengan type belajar visual, audio sensory, kinestetik atau yang lainnya, plus mengajarkan adab adab yang baik. Dengan lebih memahami anak, kelak kita bisa tahu cara belajar apa yang terbaik dan paling sesuai untuknya. 

Sebelum aku sharing tentang 3 ide bermain ini, alangkah baiknya kalau kita bikin playdough sendiri, Moms. Bahannya sangat mudah dan bikinnya pun simple banget. Kita menyebutnya saltdough karena memang ada garam juga di dalamnya.

Nah, berikut bahan bahan dan cara membuatnya ya.

Intip juga artikel seputar bermain lainnya!

5 Kegiatan Bermain Anak Menggunakan Air

10 Tips Jitu Mendongeng / Membaca Nyaring untuk Anak

6 Cara Mengenalkan Konsep Waktu Pada Anak


Cara Membuat Saltdough/Playdough

Mudah banget khan? Sambil liat drama Korea nggak sampai 1 episode pasti sudah kelar kok Moms nguleninnya. Nah, sekarang karena anak anak mudah bosan dengan mainan mereka, kita bisa menciptakan banyak ide mainan walau dari bahan yang sama, yaitu saltdough.

4 Ide Bermain Menggunakan Playdough/Saltdough Untuk Balita

1. Bermain saltdough dengan cetakan/mainan yang ada

4 ide bermain menggunakan playdough/saltdough untuk balita

Kalau ini sih jenis mainan yang paling biasa. Karena kemarin Julio juga dibelikan cetakan platdough seperti cetakan membuat macam macam mie, cetakan bintang dan berbagai bentuk lainnya plus mainan seperti sendok, garpu, piring, pertama kali Julio main playdough ya dengan alat alat ini.

Suka banget dia! Dia suka membagi saltdough ke dalam mangkuk mangkuk atau mengiris saltdough. Dengan alat alat ini pun kita bisa mengajari anak berbagai kegiatan untuk melatih saraf motorik halusnya. Kegiatan melatih saraf motorik halus ini sangat berguna nantinya saat anak akan diajarkan menulis. Dengan berbagai kegiatan ini, tangan anak jadi lebih kuat dengan koordinasi tangan dan mata yang lebih baik.

  • Mengiris saltdough
  • Menggunting saltdough dengan menggunakan gunting khusus anak
  • Menyendok, menusuk saltdough memakai garpu dan memindahkannya.
  • Menyapit saltdough menggunakan tweezer plastik ( Jadi nggak cuma bermain tweezer pakai pom pom, tapi bisa memakai saltdough juga)

2. Bermain mencari harta karun di dalam saltdough



Permainan ini justru Julio sendiri malah yang punya ide karena dia pernah melihat video di Youtube tentang menyembunyikan mainan kecil di dalam saltdough lalu dicari lagi. 

Jadi, cara bermain ini mudah. Aku akan menyembunyikan mainan kecil macam lego lego gitu di dalam playdough. Tugasnya Julio adalah mencari lego lego yang tersembunyi. Dan ternyata untuk balita, permainan ini sangat seru lho! Julio harus menyibak saltdough yang agak keras, lalu masih harus mencari cari, mencabutnya pun bagi balita butuh perjuangan. 

Julio sukanya bilang gini sambil cari, 
"Abreee...abre....." Terus kalau udah ketemu, "Sorpresaaaa..." Karena Julio lihat video dari Spanyol di Youtube Kids kayak gitu. Mainan ini pun bisa lama banget lho, Moms. Alias membunuh waktu. Hehehe

3. Membentuk dan menempel Saltdough di gambar printable.



Ide bermain ini alhamdulillah aku dapatkan dari salah satu Mom Influencer juga. Pasti Moms juga udah pada tahu, yaitu Mba Grace  Melia di blognya. Pas banget pas Julio udah mulai bosan dengan kedua ide bermain di atas, aku cari cari ide bermain yang printable di Blog Mba Grace, dan nemu dong printable kayak gini di sana. Kita tinggal download, print, dan dilaminating supaya awet dan bisa untuk bermain berulang kali.

Untuk Moms yang tertarik dengan printable ini, bisa download materinya di sini nih. 

Nah, Julio jadi excited lagi deh bermain playdough karena dari printable ini dia bisa bikin tentakelnya gurita, ikan ikan, kaki laba laba dan banyak lainnya. Seruuuu!!

4. Bermain peran/pretending menggunakan playdough




Ini adalah permainan kami yang terbaru, lho. Jadi kemarin ini aku sama Julio lagi main playdough berdua. Eh tiba tiba Ibu ingat masih punya stik es krim. Lalu, Ibu ambillah stik eskrim dan mulai bikin 'sempol ayam' karena yang kepikiran ya cuma itu. Eh, Julio nyeletuk dong.

"Buk, ohon buk. Ohon." Sambil nunjuk nunjuk sempol ayam yang Ibu bikin. Lah malah bisa jadi media pretending gini ya. Plus bisa jadi tebak tebakan juga. Lalu, Julio juga mengambil playdough, dia cetak sedemikian rupa, lalu dia tempel dong di jidat. Dengan mengerutkan dahi dia bilang, "Buk, kakak akik bu. Akak anas." Katanya, "Bu, kakak sakit bu. Kakak panas." Ternyata dia lagi bikin bye bye fever. Hahaha. Playdough emang bener bener bisa mengasah kreativitas ya, Moms. Plus bisa banget menciptakan quality time kami berdua.

Yup! Itu tadi empat ide bermain menggunakan playdough/saltdough yang bisa Moms praktekkin di rumah karena super mudah dan simpel. Plus bikin anak anak betah bermain tanpa gadget. Jadi, kita juga bisa bermain bareng anak dan memperkuat bonding. Julio pun sekarang kalau bermain sudah bisa ngajakin Ibunya.
"Buk, ayo Buk ayo Buk. Aen buk. Ni aen." Sambil memegang tangan Ibunya, dan menyuruh duduk dengannya di lantai buat bermain playdough bersama. Udah sambil dia siapin playdoughnya dan pisau playdoughnya juga suruh Ibu iris iris playdough. MasyaAllah Kajo. 

Jadi, kapan Moms mau bermain playdough bersama si buah hati tercinta?







Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

  1. Wah, makasih Mbak atas sharingnya. Bisa dipraktikin ntar pas main bareng ponakan aku nih. Main playdough bisa jd lebih seru dan menyenangkan.

    BalasHapus
  2. Waaaow...keren nih bisa bikin sendiri. Anak jadi engga bosen, malah bisa pretend play yah. Semoga makin pinter yah...Ayo, ngayal jadi apa lagi nih...

    BalasHapus
  3. Bermain playdough dan warna yang cantik bikin anak senang ya mba, bahannya pun aman jadi gak perlu kawatir kalau bermain tiap hari

    BalasHapus
  4. seru ya main playdough buat anak-anak. Waktu anakku kecil juga suka nih main ini sekaligus bisa stimulasi juga ya.
    Main playdiugh gak hanay bikin bentuk-bentuk tapu banyak ide bisa digunakan

    BalasHapus
  5. buat saya yang sering bingung mo ajak main keponakan, tentunya artikel ini sangat bermanfaat. Belum lagi di tengah pandemi, kadang kala membiarkan si kecil keluar rumah agak ragu-ragu. Permainan ini lebih seru dan bisa nambah pengetahuan si kecil.

    BalasHapus
  6. Oalahh ternyata ini to namanya, su pah aku baru tau. padahal di alun-alun banyak yg nywain ini untuk mainan anak2. Kayaknya seru kl buat si kecil nih.

    BalasHapus
  7. Ponakanku yang mau 3 tahun pas banget nih, anaknya aktif banget dan perlu dikasih aktivitas yang positif kayak playdough ini. Yang pakai cetakan itu asyik banget, duplikasi bentuk selalu disukai anak-anak. Makasih idenya ya Miss :)

    BalasHapus
  8. Ponakanku yang mau 3 tahun pas banget nih, anaknya aktif banget dan perlu dikasih aktivitas yang positif kayak playdough ini. Yang pakai cetakan itu asyik banget, duplikasi bentuk selalu disukai anak-anak. Makasih idenya ya Miss :)

    BalasHapus
  9. Ponakanku yang mau 3 tahun pas banget nih, anaknya aktif banget dan perlu dikasih aktivitas yang positif kayak playdough ini. Yang pakai cetakan itu asyik banget, duplikasi bentuk selalu disukai anak-anak. Makasih idenya ya Miss :)

    BalasHapus
  10. Wah, jadi inget jaman anak-anak masih balita. Masih seneng banget diajak main beginian. Sekarang maunya ngadon tepung tapi buat roti atau enggak donat. Sama-sama berantakan sih, cuma ujung2nya dimakan, hehe.

    BalasHapus
  11. ide keren banget mba.. kadang aku biarin anak main sesuka hati. Apdahal anak juga butuh bimbingan kita ya. hehe

    3 ide ini pas sekali biar anak aku ngga ngambil mainan playdough terus ditinggal gara-gara bingung mau diapain.

    BalasHapus
  12. Teetap harus hatihati
    Jangan sampai doughnya dikira makanan
    Dimasuki mulut
    Bahaya

    BalasHapus
  13. Hihihihi lucu, anak-anak saya belum pernah nih main playdough, karena mereka laki dan mamaknya sok sibuk terooosss buat ne,anin mereka mainan kayak gini hihihi.

    Menarik banget ya padahal :)

    BalasHapus
  14. Seru juga ya. Bermain dengan playdough ini. Anak-anak makin kreatif.

    Selain itu, cara bikinnya mudah. Boleh juga nih aku coba di rumah.

    BalasHapus
  15. Beberapa minggu terakhir saya juga sering bikin playdough sendiri bersama Azzam, sekalian ajarkan anak prihatin kalau mainan itu ga selalu harus beli, bisa kita bikin sendiri rumah dengan bahan yang ada di dapur

    BalasHapus
  16. banyak sekali kreatifitas yang bisa dihasilkan. Apalagi kalau bahannya dibuat sendiri pasti jauh lebih aman dan kita juga tenang. Seru jugaaaa nih maen playdough sama anak melatih imajinasi

    BalasHapus
  17. dulu playdough jadi mainan kegemaran anak-anakku nih

    (saya juga ikutan) :D

    jeleknya kalo berhasil bikin sesuatu yang bagus, suka sayang untuk dibongkar :D

    BalasHapus
  18. Wah, lucu ya. Kreatif nih. Penting banget emang nemenin anak kek gini. Aku biasanya malah tak liatin doang eh, anaknya sdr yg bikin2 apa gitu. Haha..

    BalasHapus
  19. Daku pengen mainin ini sama Ponakan yang paling kecil, tapi kek nya belum sesuai sama umurnya. Nanti dah kalau udah gedean bisa main saltdough

    BalasHapus
  20. Seru memang playdough ini. Selain memang bagus untuk perkembangan motorik anak, permainan ini mengajak anak untuk berimajinasi.

    Bagus juga itu ya kalau bisa bikin sendiri. Produknya dijamin lebih aman buat anak.

    BalasHapus
  21. Pas anak masih 3 bebikinan playdough juga kami Mbak... pas udah 4 n kerjaan tambah banyak kok makin ke sini makin gak sempet, huhuuu.. paling ngajak baca buku aja deh sebelum bobo

    BalasHapus
  22. Yihaaa!! Menyenangkan bangeettt kalo main playdough gini.
    Jangankan anak2, daku aja demen kok qkqkqq

    Ide mainnya cethaarr mba

    BalasHapus
  23. Idenya bisa diaplikasikan nantinya nih ke keponakan. Bermain sambil tetap berkreatifitas ya. Anak-anak diberi beginian memang happy bener apalagi sambil dipenyetnyet itu saltdough nya.

    BalasHapus
  24. Gampang banget ya mbak bahan dan cara bikinnya ternyata. Wah bisa aku praktekan sama ponakan-ponakan aku nih di rumah biar makin seru mainnya. Mereka juga senang biasanya main playdough ini, karena warnanya juga colorful.

    BalasHapus
  25. Wow! Menyenangkan sekali.... Saya tak sabar bikin play dough gini untuk Gi. Usia berapa ya Mba, baru bisa? Dia masih 22 bulan. Rawan dimakan.

    BalasHapus
  26. Makasih sharingnya mbak..ternyata banyak ide bermain yang bisa dilakukan dengan menggunakan playdough yaa. Mainan favorit anak-anak nih

    BalasHapus