6 Cara Mengenalkan Konsep Waktu Pada Anak



Sebagai orang tua baru, jelas banyak sekali yang ingin aku ajarkan pada Julio. Bahkan hampir setiap hari ikutan kulwap walau kadang juga terlewat karena bablas tidur pas kelon Julio. Hmmm...Tapi aku juga selalu mendapat ilmu baru tentang parenting atau metode pengajaran untuk anak. Aku yakin betul, pembelajaran pertama dan utama untuk seorang anak itu adalah dari Ibunya sendiri. Dasar pendidikan berasal dari rumah sendiri. Nah, mumpung Julio masih setahunan aku pingin banget bisa belajar banyak tentang pendidikan anak, salah satunya adalah cara mengenalkan konsep waktu.

Dan alhamdulillah di salah satu kulwap, aku mendapatkan enam cara mudah dan menyenangkan untuk mengenalkan konsep waktu pada anak. Ya walaupun Julio juga belum bisa bicara banyak, tapi beberapa metodenya juga bisa dilakukan untuk memperkaya kosakata si anak, lho.

Baca juga :


1.Menyanyi

Anak anak pasti suka menyanyi ya, moms. Nah, menyanyi ini bisa juga dijadikan sarana untuk mengenalkan konsep waktu atau nama nama hari. Bisa juga untuk mengenalkan konsep pagi, siang dan malam dengan menyanyikan lagu lagu yang menyebutkan nama nama itu. Misalnya, lagu anak anak yang

“Siang makan nasi kalau malam minum susu..”

Atau nama nama hari,

“Senin selasa rabu kamis jumat sabtu minggu itu nama nama hari.”

Bacanya jangan sambil nyanyi ya, moms. Hehehe..
Menyanyi ini emang yang paling efektif untuk mengenalkan konsep hari atau pun untuk mengenalkan kosakata baru kepada buah hati kita. Julio pun tiap kali ada yang nyanyi selalu joget joget. One day kalau dia udah bisa ngomong banyak pasti juga niruin lirik lagu yang kita nyanyikan. So, let’s cherish our moments with our children by singing together

2. Membacakan cerita

Nah, ini adalah kegiatan yang paling aku suka dan Julio suka juga. Dan ternyata, membacakan cerita ini memang jadi kegiatan yang menyenangkan dan sangat efektif untuk mengenalkan konsep waktu atau mengenalkan kosakata pada anak. Ditambah dengan gambar gambar yang menarik, penuh warna dan harus disesuaikan juga dengan usia anak ya, moms.

Kalau Julio sendiri sekarang lagi suka membaca boardbook atau buku dengan kertas tebal gitu yang susah disobek. Kayak gini nih,

Source : Shopee

Dengan buku ini, selain memang buku bisa untuk mengenalkan waktu, buku juga aku gunakan untuk  menanamkan karakter baik untuk Julio. Jadi beberapa koleksi boardbook Julio itu kebanyakan tentang adab adab gitu, misalnya ada buku berjudul ‘Aku Selalu Berdoa dan Bersyukur’. Buku ini mengajarkan untuk selalu berdoa saat akan makan, tidur, lihat Ibu sakit dan lain lain. Nah dari situ nih aku bisa eksplore lagi untuk mengenalkan ayah dan ibu, kegiatan sehari hari dan pengenalan kebiasan yang bagus yaitu berdoa itu tadi. Julio paling suka nih sama buku ini. Ada juga beberapa buku tentang ajaran untuk tenang/tidak berisik yang dibungkus dalam banyak cerita dengan gambar yang sangat menarik. 

Source : Shopee. Buku yang lagi disukai banget sama Julio karena gambarnya besar besar dan colorful!

Jangan lupa juga saat membacakan dengan nyaring, kita juga harus penuh ekspresi dengan permainan intonasi dan gerakan tangan juga karena aku suka mraktekin apa yang ada di buku juga. And it works! Julio tertarik dan suka memperhatikan.

3. Mengobrol seru

“Selamat pagi, Kajo. Hari ini, kita akan pergi ke Ambarawa. Nanti terus siangnya kita pulang deh. Nah, nanti malam Ibu bacakan cerita ya”

Jika diamati, dalam obrolan ini, kita sudah mengenalkan konsep waktu pada anak, bukan. Jadi, sering-sering lah mengobrol yang mengandung unsur waktu seperti ‘hari ini, besok, kemarin, dan lainnya. Aku biasanya ngorbol sama Julio pas mandiin Julio atau pas ngasih nenen sambil elus elus kepalanya. Bisa juga sekalian sounding ke Julio untuk menjadi anak yang soleh, tenang, sabar dan sifat baik lainnya.

4. Gunakan Kalender Spesial

Apa sih kalender spesial? Kita bisa bikin sendiri kok. Misal kalender biasa, kta tandai dengan ornamen-ornamen lucu atau stiker di hari-hari spesial anak. Misal hari lahir anak ditandai dengan stiker besar kartun favorit anak, dan hari-hari sebelumnya, gunakan stiker yang lebih kecil. Tiap berkurang satu hati, minta anak untuk  mengambil stiker di hari yang telah terlewati. Maka dengan perlahan, anak akan paham konsep waktu.

Kayaknya seru ya, moms. Aku belum pernah ngelakuin ini sama Julio sih. Tapi nanti beberapa bulan lagi aku juga mau praktek deh sama Julio sekalian mengajarkan dia angka juga di kalender itu.


5. Gunting Rantai

Kita bisa membuat rantai panjang yang terbuat dari kertas. Setiap satu ruas, diberi warna berbeda atau sebuah tanda. Saat hari berganti, gunting satu ruas. Jangan lupa di hari sepesial anak, beri warna yang mencolok agar anak menantikan habisnya ruas-ruas  lain dan bertemu warna yang menandakan hari spesial anak. Maka anak akan antusias menggunting satu demi satu ruas rantai itu.

Duh, nggak sabar banget pingin praktek kayak gini juga sama Julio. Bisa juga nih sembari belajar menggunting alias mengasah kemampuan motoriknya. Kayak gini tu sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui ya, moms. Suka deh!

6. Berkenalan Dengan Jam

Masa batita udah dikasih tahu soal jam? Ternyata sederhana kok,moms. Kita hanya perlu memberikan mainan atau kalau punya Julio itu kayak busy book yang bentuknya buku bantal gitu dan di dalamnya ada mainan bentuk jam. Nah jarumnya bisa dimainin nih, moms. Dan aku baru tahu kalau ternyata bisa banget kita memperkenalkan jam pada batita.



Caranya adalah ajari mereka berhitung dari satu sampai dua belas. Pelan-pelan saja, moms. Ajarkan pada mereka, jika jarum jam menunjuk angka 1, maka sekarang jam satu. Jika jarum menunjuk angka 2, maka sekarang jam dua. Dan seterusnya.

Ternyata banyak juga ide kegiatan seru yang bisa digunakan untuk memperkenalkan konsep waktu pada anak ya, moms. Jadi mau mulai dari kegiatan apa dulu ya? Yuk bersamai anak dengan kegiatan kegiatan edukatif!

Keep learning, keep shining! Terus belajar yuk, Moms!



29 comments

  1. Makasih kak ilmunya, kelak saya punya anak bisa di praktekkan hehe

    ReplyDelete
  2. Ternyata ada banyak cara seru ya ketika kita ingin mengajarkan anak mengenal konsep waktu. Tidak hanya dengan cara monoton saja , tapi bisa kita lakukan dengan menyanyi, membacakan cerita, dsb. Noted banget nih mbak, mau saya praktikkan juga sama si kakak dan adeknya.

    ReplyDelete
  3. Wah, iya ya kita juga harus bisa mengenalkan waktu2 / jam pada anak dengan cara yang menyenangkan dan mudah diingat. Ada waktu ketika bangun tidur kemudian sholat, mandi, sarapan, bermain, sekolah, dan seterusnya sampai bobo malam hehehe. Bagus2 banget nih buku2nya. Anak2 pasti suka :)

    ReplyDelete
  4. Iya bener sekali tuh. Putra saya Fahmi pun belajar mengenal nama hari dari lagu nama nama hari itu. Jadi urutan hari nya hafal benar.

    ReplyDelete
  5. Wah...rekomended ba get ini tipsnya.
    Aku ydah kelewat mau ngajarin begini, karena anakku baru saja ultah 5th di mana dia skrg yg lbh aktif nanya2 ttg waktu. Belum ngerti hari dia. Hanya menghafal kalau ayahnya libur itu bersrti minggu dan sabtu tapi suka ketuker karena bapaknya sebulan yg libur sabtu hanya 2kali kdg juga dituker hari Senin, heheye.

    ReplyDelete
  6. Hihihi ternyata banyak cara memperkenalkan waktu pada anak ya?

    Saya pernah lalai ngga ngajarin Warna ke anak bungsu, dan dia ngga tau warna dong #sedih

    ReplyDelete
  7. jadi gitu ya mom cara cepat biar anak jadi paham. oke deh, aku mau terapkan ke anak aku soalnya samppe sekarang dia belum begitu paham soal jam. maksih infonya mom

    ReplyDelete
  8. Hehe... Saya bacanya sambil nyanyi nih mom. Bagus banget idenya, saya mau coba yang kalender juga, terima kasih mom artikelnya bermanfaat, lho! 😘

    ReplyDelete
  9. Wiih ternyata banyak cara ya mengajarkan konsep waktu. Kalo cara tradisional yang kepikiran hanya liat jam doang :D

    ReplyDelete
  10. Waaahh, kreatif bangeeettt mamak satu ini!
    Julio pasti hepii, bisa belajar sambil bermaiiiinn
    Makasi tips dan sharing nya ya Mak

    ReplyDelete
  11. Kreatif mbak 😍 cara mudah mengenalkan konsep waktu pada anak.. sangat mudah dipahami oleh anak πŸ€— thanks for share mbak..

    ReplyDelete
  12. Parenting ke anak selalu seru dan unik, saya tertarik mengikuti gunting rantai. Seperti seru deh

    ReplyDelete
  13. Keren banget Mbak, cara mengedukasi anak dengan cara-cara kreatif begitu. Aku tuh paling suka membacakan cerita anak dan bermain drama gitu. Anak-anak tuh pasti ketawa-ketiwi gitu deh lihat ibunya bisa berubah-ubah menjadi berbagai macam hewan. Capek sih, apalagi kalau mereka naik ke punggung ibunya lalu kami keliling rumah gitu, ya. Untuuung rumahnya kecil mungil, hahaha ...

    ReplyDelete
  14. Wah twrnyata banyak cara seru untuk bisa mengenalkan waktu pada anak..
    Mau aku coba ah, makasih ya mbak sharingnya

    ReplyDelete
  15. Di masa periode emas hingga balita memang anak mudah sekali menyerap apapun yang kita ajarkan ya Bund, apalagi dengan enam metode yang menyenangkan seperti ini. Diharapkan nantinya anak akan tumbuh menjadi pribadi yang menghargai waktu :)

    ReplyDelete
  16. Ke-6 Tipsnya excellent ka... aku senang sekali baca artikelnya. Apalagi yang no.4 nih kreatif banget, Kalender spesial bisa kucoba terapkan ke anak2 ku yang kecil. Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Waah, nomor 4, 5, dan 6 belum pernah coba nih. Mau segera praktik sama anak ah. Thanks for share, Mbak.

    ReplyDelete
  18. Memberikan cerita pada anak memang sangat menyenangkan, apalagi bila anak interaksi untuk bertanya sehingga motorik anak bekerja dengan baik. Terus berikan literasi pada anak ya mom

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah terimakasih mom, ilmunya sungguh bermanfaat.

    Ngomong2 kebetulan sya lbih sering pakai cara yg pertama dan ketiga karena anak juga lbih menyukai cara itu😊😁

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah terimakasih mom, ilmunya sungguh bermanfaat.

    Ngomong2 kebetulan sya lbih sering pakai cara yg pertama dan ketiga karena anak juga lbih menyukai cara itu😊😁

    ReplyDelete
  21. Terima kasih mom ilmunya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  22. Nanti mau coba bikin kalender spesial bareng anakku ahh 😁

    ReplyDelete
  23. Anakku lagi suka2nya nanya tangal nanya jam hehe. Iya kita kenalkan dengan cara yang mudah dipahami oleh mereka ya mbak, dengan nyanyi, dongeng, dll jd masuk ke ingatan dan pemahaman jg

    ReplyDelete
  24. Bukunya keren bangettt... aku aja suka liatnya apalagi anak2 ya.. Jadi gampang mengenalkan banyak hal ya.. termasuk ttg waktu

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  25. Mbaaa, thanks alot untuk artikelnya, pas banget nih untuk adikku yang masih punya balita. Seru ya mengenalkan konsep waktu dengan cara menyenangkan spt ini, bikin anak2 lebih mudah dan hepi dalam menangkapnya.

    Thank you for sharing, Mba.

    ReplyDelete
  26. Wah terimakasih tips dan info nya mom, bakal aq terapin k anak q ah, aku suka pk cara pertama.

    ReplyDelete
  27. Masya Allah, mantaaap bangeeet mbaaak dengan cara-cara yg menyenangkan pasti anak lebih semangat belajar sambil bermain yaa. Td saya auto nyanyi yg baca nama-nama hari wkwkw. Kalau sama ponakan sukaa nerapin konsep yg bercerita mbaak, sekalian tanya jawab gtu sama ponakan jd bisa main peran dalam cerita jugaa. salam kenaal juga mbaak, blognya mantaap uda saya follow hehehe

    ReplyDelete
  28. banyak hal yang buat ngenalin anak pada konsep waktu, harus rajin aja kitanya.

    ReplyDelete
  29. Metode belajar mengenal waktu yang keren nih. Anakpun jadi HEPI ya mbak.

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)