MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

3 Cara Tradisional Meredakan Batuk Pilek pada Anak

3 Cara Tradisional Meredakan Batuk Pilek pada Anak
Add Comments
Jumat, 14 Agustus 2020


Sedih. Pakai banget. Tiap kali anak sakit pasti rasanya campur aduk ya, Moms. Ya resah gelisah, galau, khawatir, sedih bahkan sampai menyalahkan diri sendiri. Walaupun anak semisal hanya sakit batuk pilek saja. Eh tapi, batuk pilek pun saat ini nggak boleh diremehkan, karena bisa jadi itu bukan batuk pilek biasa. Tapi, sebagai Ibu aku juga nggak ingin asal asalan ngasih obat atau dikit dikit ngasih obat. Mau ke Rumah Sakit untuk periksa pun saat ini pandemi gini rasanya sangat riskan.

 Jadilah saya selalu menggunakan tiga cara tradisional untuk meredakan batuk pilek pada anak ini sebelum buru buru memberi obat atau datang ke dokter. Kayak kemarin nih, tiba tiba Julio pilek dan sorenya langsung aku balur badannya menggunakan bawang merah dan kencur. Hasilnya, keesokan harinya pilek Julio mereda dan sehari kemudian Julio sudah sembuh. 

Baca juga yuk!

Cara Merawat Gigi dan Gusi yang Baru Tumbuh

Mengenal Diet Keto dan Manfaatnya

Buat Tidur Lebih Nyenyak saat Hamil dengan Cara Berikut

CARA TRADISIONAL MEREDAKAN BATUK PILEK PADA ANAK

Nah, jika teman teman ingin mencoba cara tradisonal ini, aku kasih caranya ya.


1. Bawang merah dan kencur.

Biasanya aku membalurkan Julio dengan campuran bahan ini saat aku lihat tanda tanda mau pilek atau masuk angin. Hasilnya, pilek Julio dengan cepat mereda dan dia sembuh tanpa batuk.

Cara meramunya adalah :

- Ambil bawang merah 2/3 siung lalu bakar/garang sedikit.

- Ambil kencur, bersihkan tanpa mengupas kulitnya

- Parut kedua bahan itu. Jangan lupa dikasih alas plastik. Jadi, air dan sisa parutan tetap di atas plastik itu.

- Saring/peras kedua bahan itu menggunakan plastik alas tadi.

- Tempatkan airnya pada alas dan buang sisa parutan

- Tambahkan minyak kayu putih atau minyak kutus kutus pada air perasan itu

- Gosokkan/balurkan ke beberapa bagian tubuh anak, seperti ubun ubun, belakang telinga, dada dan leher, punggung, dan jari jari kaki.

Setelah dua kali pemakaian dalam sehari, biasanya pilek atau batuk Julio mereda. Bahkan jika dibalurkan tepat sebelum Julio tidur, maka saat tidur hidung Julio lebih lega dan nggak rewel.

2. Bawang Putih

Yup. Memang manfaat bawang putih itu banyak banget ya Moms. Selain untuk mencegah hipertensi, menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kanker, bawang putih ini juga berguna untuk meredakan pilek dan batuk/flu. Aku dulu sering banget pakai ini saat Julio masih bayi dan terkena flu. Alih alih memberikan obat untuk bayi, aku hanya mengandalkan ramuan ramuan tradisional seperti ini untuk meredakan batuk pilek Julio.

Caranya adalah : 

- Kupas beberapa siung bawang putih

- Garang/bakar sedikit bawang putih di atas api

- Tempatkan bawang putih tadi ke dalam plastik bening

- Lubangi plastik tadi ddi beberapa sisi

- Tempatkan plastik berisi bawang itu di dekat anak tidur

Biasanya aku taruh plastik itu di samping bantal Julio. Nah, cara ini lumayan efektif untuk meredakan pilek dan melegakan pernafasan saat Julio tidur. 

3. Bawang merah

Bekerja sama seperti bawang putih tadi, bawang merah ini juga bisa sebagai pengganti diffuser di dalam kamar dan melegakan pernafasan anak yang sedang pilek. Jadi, untuk Moms yang belum punya diffuser, bisa banget pakai cara ini. 

- Kupas beberapa siung bawang merah

- Iris tipis tipis bawang merah

- Letakkan pada piring

- Tetesi minyak kayu putih secukupnya

- Tuangkan air panas secukupnya dan campur.

- Letakkan piring berisi bawang merah tadi di sudut ruangan

Dijamin beberapa menit kemudian, aroma bawang merah bercampur aroma minyak kayu putih akan memenuhi ruangan. Wanginya melegakan banget! Beberapa saat kemudian jika dirasa aromanya sudah berkurang, kita bisa teteskan lagi minyak kayu putih dan tambahkan air panas. Dulu, saat Julio masih bayi, cara ini cukup ampuh untuk melegakan pernafasan tiap kali dia pilek. Dan jangan lupa pintu harus selalu tertutup supaya aromanya awet di dalam ruangan.

PRODUK UNTUK MEREDAKAN PILEK DAN BATUK

Lalu, bagaimana saat aku nggak sempat melakukan cara tradisional, atau saat kehabisan bahan atau saat sedang bepergian? Nah, aku memakai produk produk ini nih, Moms.

TRANSPULMIN DAN PURE KIDS

Sama sama berfungsi untuk meredakan pilek dan melegakan pernafasan, tetapi berbeda cara pemakaiannya. Transpulmin dipakai dengan cara dioleskan di dada, leher ddan punggung, sedangkan pure kids dipakai dengan cara diteteskan di sapu tangan dan diletakkan di dekat kepala anak atau diteteskan di bantal anak. 

Biasanya, aku memakai dua duanya sih saat hidung Julio mampet banget. Transpulmin ini juga bisa untuk menghangatkan dada dan leher. Berdasarkan pengalaman, Pure Kids ini ampuh bikin hidung Julio nggak mampet semalaman dan nggak rewel.

SANMOL

Aku selalu sedia obat ini, bahkan sampai punya satu stok baru. Takut banget jika tiba tiba out of the blue, Julio demam. Setiap kali Julio demam, selain mengonsumsi madu, Julio juga minum sanmol untuk bisa meredakan demamnya dengan cepat. 

PIMTRAKOL

Untuk pilek dan batuk (flu), selama ini Julio pakai Pimtrakol. Obatnya cukup membantu Julio untuk sembuh walaupun butuh waktu beberapa hari untuk bisa sembuh total. 

KONSULTASI DI HALODOC



Terus, kalau anak sakit dan kita bingung mau kasih obat apa dan takut ke Rumah Sakit untuk periksa, kita harus bagaimana? Di era digital yang serba mudah dan canggih ini, kita juga bisa memanfaatkan gadget untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang penyakit anak, walaupun dari rumah saja. Caranya adalah dengan konsultasi via Halodoc.

Apa itu Halodoc?

Halodoc adalah aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kesehatan kita dan keluarga. Melalui aplikasi ini kita bisa mendapatkan banyak pelayanan, seperti konsultasi melalui chat dengan dokter terpercaya yang bisa diakses 24 jam, membuat janji Rumah Sakit sehingga nggak perlu ribet antri, layanan untuk membeli obat, membuat janji untuk Rapid test dan Swap Mandiri, pemeriksaan lab hingga artikel artikel seputar kesehatan. Kurang lengkap apa coba?

Yup, dengan Halodoc solusi kesehatan ada di genggaman tangan.

Sekarang, kalau anak pilek dan batuk atau sakit, waspada boleh, tapi panik jangan ya Moms. Stay healthy, stay happy!

Salam sehat,


Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

  1. Jangankan anak-anak, saya yang sudah berumur gini aja sering banget pakai tumbuh-tumbuhan atau materi herbal untuk pengobatan. Berasa aman dari sentuhan materi kimia.

    BalasHapus
  2. Aku mau coba ah, taruh bawang merah yang ditetesi minyak kayu putih :) Pasti enak aromanya ya..di sudut ruangan bisa tercium juga. Iya, di Halodoc kita bisa tanya2 konsultasi sama dokter2nya yg berkompeten. Malah obatnya juga bisa dikirim ke rumah. Praktis deh.

    BalasHapus
  3. Bawang merah dan kencur. Itu solusi banget kalau masih batuk ringan.
    Tapi yang ringan saja. Setelah itu baru obat atau ke nakes terdekat.
    Oke juga nih kalau cari rekomendasi nakes terdekat melalui aplikasi ini

    BalasHapus
  4. Klo aku biasanya pake kecap dan jeruk mbak,

    Halodoc mempermudah kita menjaga kesehatan ya mbak

    BalasHapus
  5. Aku sudah terapkan cara tradisional yang ketiga, yaitu terapi bawang putih di pojok ruangan. Dan memang sangat manjur bgt. Terbukti bapil cepet reda. Yg alami memang lbh nyaman kl buat keluargaku.

    BalasHapus
  6. wah iyaa, ini cara manjur bin mantul untuk meredakan batuk dan gejala flu.
    Sekarang kalo ada pertanyaan seputar kesehatan, asik bgt cukup nanya di HaloDoc ya

    BalasHapus
  7. Orang dewasa kalau kena batuk aja gak nyaman apalagi anak-anak. Kalau orang rumah sih sering pakai bawang merah biasanya sama minyak kayu putih. Kalau bawang putih jarang

    BalasHapus
  8. Wah, aku belum juga praktekin menaruh bawang merah dan putih di kamar hehehe :) Tapi aku sedia sanmol biasanya sih dan pereda batuk. Iya bener, kalau mau konsultasi dan tanya2 hal2 penyakit kita bisa tanya ke Halodoc. Dokter2nya berkompeten ya bahkan soal obat pun bisa dikirim ke rumah.

    BalasHapus
  9. Jahe juga bisa meredakan batuk ya. Cara-cara di atas cocok ya ... bisa pula konsultasi di Halodoc.

    BalasHapus
  10. Nanti mau cobain 3 cara diatas ah pas anak lagi batuk pilek. Makasi infonya ya maaaaak

    BalasHapus
  11. Wah, dulu waktu anak2 masih kecil kalau demam suka dibalur pake bawang merah juga sih mbaak. Dan beneran harus punya stok obat demam di rumah yah, buat persediaan.

    Halodoc emang tempat yang terpercaya untuk konsultasi seputar kesehatan yah, biar gak mudah parno dan termakan berita hoax yaaah

    BalasHapus
  12. Waktu anak-anak masih kecil, suka diolesin dengan bawang merah dan minyak kayu putih atau minyak telon. Suka juga dikasih kecap yang dikasih air jeruk nipis. Transpulmin udha pasti tersedia deh di kotak P3K

    BalasHapus
  13. Kalau batuk anak-anak belum parah benar, menggunakan cara-cara tradisional seperti di atas sangat baik. Tubuh mereka tidak perlu menerima bahan kimia. Disamping kalau biasa menggunakan bahan-bahan alami, reaksi tubuh tidak memerlukan obat yang lebih keras

    BalasHapus
  14. Makasih Mbak untuk resepnya. Aku mau nyoba juga ah. Biasanya bawang merah cuma tak rajang-rajang terus taruh di sudut kamar. Ternyata lebih ampuh kalau ditetesi minyak kayu putih dan air panas ya

    BalasHapus
  15. anakku dari usia 6 bulan sampai 5 tahun sering banget batuk flu, dari awal panik sampai akhirnya aku udah nemuin resep meredakan batuk di rumah dengan bahan alami

    BalasHapus
  16. Biasanya andalan saya juga kencur sama madu. Kadang jeruk nipis sama madu. Tapi kalau udah parah tak bawa ke dokter sih, karena dokterku ini modelnya yg gak main obat jadi lebih konsultasi. Soalnya agak takut kalau beli obat sendiri. Nah, kalau skrg suka konsultasi di aplikasi kesehatan kayak halodoc gini. Lumayan membantu banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, kapan hari saya coba konsultasi Halodoc karena ada gangguan tenggorokan. ALhamdulillah terbantu juga dengan hasil konsultasinya. Awalnya sempat deg-degan lagi musim corona begini.

      Hapus
  17. Saya belum coba nih pure kids sama pimtrakol. Kemarin sempat nyari pimtrakol di halodoc, tapi anaknya keburu sembuh...

    BalasHapus
  18. bener banget namanya anak kalau lagi sakit batuk pilek apa lagi di kondisi pandemi Corona kayak gini aduh itu kan khawatir banget Untung ada halodoc

    BalasHapus
  19. Langkah pertolongan pertama untuk anak nih oke banget. Dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah, kita bisa meredakan batuk pilek anak yaaa.. Jika sakit berlanjut, bisa mencoba menggunakan Halodoc agar tak perlu pergi ke klinik atau rumah sakit.

    BalasHapus
  20. Anak-anak kalo sakit, terutama batuh emang bikin sedih. Aku awal nya memilih pakai obat herbal asal belum parah juga sembuh. Tapi kalo udah parah memang kudu ke dokter. SEkarang enak ya, bisa konsultasi nanya obat di Halodoc. Kalo aku akses Halodoc untuk baca artikel kesehatan yang memang terpercaya

    BalasHapus
  21. Aku sekarang kembali ke alami, jadi pakai oil-oil gt
    Tapi memang enak ada halodoc bisa konsul tanpa ketemu

    BalasHapus
  22. Batpil ini ganggu sekali dan anak2 sering kena yaa.
    Tapi ku jarang pakai bawang2an krn anak2 sensi kulitnya. Kalau andalanku diminumin air putih sama pakai uap dr EO/ minyak kayu putih gitu :D

    BalasHapus
  23. wah good tips nih, if we have problem about my healty i often ask halodoc too. they have many information and solution

    BalasHapus
  24. Waah...bener banget ya, kak..
    Sebelum konsumsi obat, ikhtiar menggunakan bahan-bahan hrbal yang ada di sekitar kita dahulu.

    BalasHapus
  25. Wah noted nih buat obat alaminya, siapa tahu besok lusa anakku batuk pilek, hihi
    Tp memang ya halodoc ini juara bgt, aku pun merasa terbantu buanget adanya aplikasi ini

    BalasHapus
  26. Kalau anak saya batuk biasanya pake kencur.. Untuk obat apotek biasa pake transpulmin. kebetulan banget ya sama kita. Oh ya Halodoc juga bisa pas bgt di situasi pandemik sekarang ini..

    BalasHapus
  27. Menggunakan bawang merah dan kencur juga kulakukan di rumah kalau anak-anak mulai terserang flu atau masuk angin. Sejak bayi gitu. Alhamdulillah, bisa berhemat biaya ke dokter, hihihi ... Selain itu, bisa meminimalkan penggunaan obat kimia kan, ya? Meski aku tetap sedia misalnya dalam perjalanan butuh kan bisa digunakan.

    Aku juga pakai Halodoc, loh. Lega bisa konsultasi keluhan kesehatan tanpa harus berlama-lama berada di RS.

    BalasHapus
  28. Wah Mantep ini tips nya alami, bisa untuk di praktekan.
    Sekareng ini Batuk dan Pilek menjadi momok, karena takut di kira terinfeksi Virus dan takutnya pergi ke rumah sakit soalnya di sana sarangnya,

    Dengan mengobati secara alami kayaknya efektif di musim Pandemi ini.

    BalasHapus
  29. terima aksih untuk cara tradisionalnya kak, bisa aku terapkan ke anak-anak sodara nanti, ada yang langganan pilek soalnya kalau kena dingin gitu

    BalasHapus
  30. Bener banget, Mbak. Sakit 'umum' tuk anak saya tuh batuk pilek. Sesekali sih tapi bikin khawatir karena pas batuk pasti ada dahaknya.
    Tips ke-3 tuh yang pernah saya coba. Trus saya juga pake pure kuda inhalant itu. Lega deh pernafasannya.
    Btw, Halodoc keren juga ya fitur-fitur nya. Jadi dokter online yang siap siaga tuk kita, nih.

    BalasHapus
  31. Setuju. Jangan sedikit2 pake obat. Bahan tradisional juga bisa menyembuhkan inshaa Allah

    BalasHapus
  32. Terimakasih tipsnya kak, memang lagi musim batuk pilek nih. Aku sedia jahe sama jeruk nipis di rumah. Kemarin terasa sangat gatal. alhamdulillah sudah berkurang.

    BalasHapus
  33. Wahh, yang pake bawang putih ini paling praktis ya mba, alias gak ribet hehe. Lumayan banget nih buat dicoba tipsnya, kan pastinya lebih aman, teruji dan bahannya pun mudah ditemukan di dapur.

    BalasHapus
  34. Menggunakan cara tradisional untuk penanganan pertama pada anak memang terasa lebih aman dan biasanya no satu yang jadi pilihan, ikuti saran orang tua. Hasilnya langsung bisa terlihat, kondisi anak jadi lebih baik dan nyaman lagi deh.

    BalasHapus
  35. Bawang merah dan kencur itu panas gak mbak di kulit? Sekarang gak perlu khawatir lagi, bisa konsul online via halodoc ya. Jadi ada solusi praktis buat konsul aman.

    BalasHapus