Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris #28 : Find The Category!



“Miss, run itu kata kerja bukan?”
“Kalau kata benda itu yang kayak apa Miss?”
“Kalau beautiful itu adjective khan ya Miss?”

Belajar tentang noun, verb, adjective, dan kategori lainnya seperti negara, hewan, makanan dan lainnya bisa jadi menjadi materi yang membosankan dan menguras banyak tenaga untuk anak didik kita ya, Miss. Mereka harus menghafal lalu membedakan, terus menentukan. Padahal kemampuan mengkategorikan kata ini sangat penting, terlebih untuk materi Grammar; membedakan noun, verb dan adjective jelas sangat penting untuk membentuk kalimat, bukan?

Tapi jangan resah, tak perlu gelisah karena belajar mengkategorikan kata kata plus menambah kosa kata baru pun bisa kita sulap menjadi momen belajar yang menyenangkan.

Baca ide lainnya juga :


Belajar dari pengalaman, anak anak akan lebih giat dan mudah menyerap saat mereka belajar sambil bermain, atau bermain eh yang ternyata belajar. Jadilah kami, para tutor di Steps2Success (saat saya mengajar di sana dulu) membuat ‘game’ ini. Game ini menurut saya paling cocok diberikan oleh anak kelas 3 atau 4 SD ke atas saat mereka sudah mempunyai kosa kata yang cukup banyak. Tetapi boleh dicoba juga untuk kelas rendah dengan penyesuaian, semisal hanya memberi tiga kategori saja; nama hewan, nama negara dan nama makanan.

Pokoknya intinya supaya game tampak menarik adalah disesuaikan dengan kemampuan murid; tidak terlalu mudah dan tidak terlalu susah.

So, check this out!

Langkah bermain :

1.Buatlah kata yang diacak baik arah dan posisinya seperti ini yang terdiri dari banyak kategori serupa; nama hewan, negara, kata kerja, kata benda, kata sifat, makanan, minuman, dan lain sebagainya. Kata katanya bisa disesuaikan sesuai dengan kemampuan Bahasa Inggris mereka ya.
contoh kata kata acaknya di worksheet


2.Bagikan kepada murid murid; bisa berkelompok atau perorangan. Jika berkelompok, bisa bagi dulu murid murid ke dalam beberapa kelompok. Satu kelompok bisa terdirii dari 2-3 murid supaya bisa saling bekerjasama secara maksimal ya dan dibuat semacam lomba dengan mengatur durasi game. Kalau individu pun bisa set up the timer. 


Bisa individu

Bisa berkelompok/in pairs


3. Job mereka adalah 
1. Menentukan kategori sendiri semisal food, country, sports, etc.
2. Mengelompokkan kata kata yang mereka temukan di dalam kata acak ke dalam kategori tertentu yang mereka sudah buat.

Salah satu hasilnya

Setelah waktu habis (bisa 10 atau 15 menit, disesuaikan dengan kemampuan mereka dan apakah mereka individu atau kelompok), kertas dikumpulkan dan mulai kita beri skor.

4. Yes, kita beri skor dan hitung satu satu. Memang lebih enak kalau mereka mengerjakan secara berkelompok karena kita kasih nilainya juga cepat, tetapi proses belajar akan lebih maksimal ssaat mereka mengerjakan secara individu.

5. Yang menang jelas yang mempunyai skor paling banyak.

Contoh penghitungan skor

6. Cocokkan bersama atau beri mereka waktu untuk bertanya tentang kata kata yang mereka belum mengerti.

Done. Game selesai!

Dengan permainan ini diharapkan mereka akan lebih termotivasi untuk belajar karena ada kompetisi di dalamnya. Mereka juga recall memory tentang banyak kosa kata yang pernah dipelajari plus menambah kosakata baru karena di akhir pembelajaran, kita mengartikan kata kata susah.
Super mudah dan nggak perlu drama persiapan kelas, khan Mister?

Yuk kapan cobain.

Keep teaching, keep inspiring!



No comments

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)