Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris #28 : Find The Category!



“Miss, run itu kata kerja bukan?”
“Kalau kata benda itu yang kayak apa Miss?”
“Kalau beautiful itu adjective khan ya Miss?”

Belajar tentang noun, verb, adjective, dan kategori lainnya seperti negara, hewan, makanan dan lainnya bisa jadi menjadi materi yang membosankan dan menguras banyak tenaga untuk anak didik kita ya, Miss. Mereka harus menghafal lalu membedakan, terus menentukan. Padahal kemampuan mengkategorikan kata ini sangat penting, terlebih untuk materi Grammar; membedakan noun, verb dan adjective jelas sangat penting untuk membentuk kalimat, bukan?

Tapi jangan resah, tak perlu gelisah karena belajar mengkategorikan kata kata plus menambah kosa kata baru pun bisa kita sulap menjadi momen belajar yang menyenangkan.

Baca ide lainnya juga :


Belajar dari pengalaman, anak anak akan lebih giat dan mudah menyerap saat mereka belajar sambil bermain, atau bermain eh yang ternyata belajar. Jadilah kami, para tutor di Steps2Success (saat saya mengajar di sana dulu) membuat ‘game’ ini. Game ini menurut saya paling cocok diberikan oleh anak kelas 3 atau 4 SD ke atas saat mereka sudah mempunyai kosa kata yang cukup banyak. Tetapi boleh dicoba juga untuk kelas rendah dengan penyesuaian, semisal hanya memberi tiga kategori saja; nama hewan, nama negara dan nama makanan.

Pokoknya intinya supaya game tampak menarik adalah disesuaikan dengan kemampuan murid; tidak terlalu mudah dan tidak terlalu susah.

So, check this out!

Langkah bermain :

1.Buatlah kata yang diacak baik arah dan posisinya seperti ini yang terdiri dari banyak kategori serupa; nama hewan, negara, kata kerja, kata benda, kata sifat, makanan, minuman, dan lain sebagainya. Kata katanya bisa disesuaikan sesuai dengan kemampuan Bahasa Inggris mereka ya.
contoh kata kata acaknya di worksheet


2.Bagikan kepada murid murid; bisa berkelompok atau perorangan. Jika berkelompok, bisa bagi dulu murid murid ke dalam beberapa kelompok. Satu kelompok bisa terdirii dari 2-3 murid supaya bisa saling bekerjasama secara maksimal ya dan dibuat semacam lomba dengan mengatur durasi game. Kalau individu pun bisa set up the timer. 


Bisa individu

Bisa berkelompok/in pairs


3. Job mereka adalah 
1. Menentukan kategori sendiri semisal food, country, sports, etc.
2. Mengelompokkan kata kata yang mereka temukan di dalam kata acak ke dalam kategori tertentu yang mereka sudah buat.

Salah satu hasilnya

Setelah waktu habis (bisa 10 atau 15 menit, disesuaikan dengan kemampuan mereka dan apakah mereka individu atau kelompok), kertas dikumpulkan dan mulai kita beri skor.

4. Yes, kita beri skor dan hitung satu satu. Memang lebih enak kalau mereka mengerjakan secara berkelompok karena kita kasih nilainya juga cepat, tetapi proses belajar akan lebih maksimal ssaat mereka mengerjakan secara individu.

5. Yang menang jelas yang mempunyai skor paling banyak.

Contoh penghitungan skor

6. Cocokkan bersama atau beri mereka waktu untuk bertanya tentang kata kata yang mereka belum mengerti.

Done. Game selesai!

Dengan permainan ini diharapkan mereka akan lebih termotivasi untuk belajar karena ada kompetisi di dalamnya. Mereka juga recall memory tentang banyak kosa kata yang pernah dipelajari plus menambah kosakata baru karena di akhir pembelajaran, kita mengartikan kata kata susah.
Super mudah dan nggak perlu drama persiapan kelas, khan Mister?

Yuk kapan cobain.

Keep teaching, keep inspiring!



10 comments

  1. semacam game gitu ya kak mey, jadi pertama di bikin teka teki, dan mengumpulkan masing-masing kata yang harus digolongan baik benda dan verb nya ehe, sepertinya menarik

    ReplyDelete
  2. Waah idenya bagus mbak, karena secara gak sadar para murid harus mengingat kosa katanya dan pastinya merasa tertantang buat ngedapetin kata terbanyak biar menang

    ReplyDelete
  3. Wah jadi asyik belajar bahasa Inggrisnya. Memang sebaiknya siswa yang mencoba dulu mengelompokkan berdasarkan pengetahuan yang dimiliki. Baru setelah itu guru yang meluruskan jika masih ada yg kurang tepat

    ReplyDelete
  4. Wah kreatif nih Mey.... Boleh juga cara belajarnya, nanti coba tak tunjukin ke guru bahasa Inggris di sekolahku.

    Kayaknya emang lebih afdol yang ngerjain sendiri ya.jadi lebih bener2 tau seberapa jauh kemampuan anak...

    ReplyDelete
  5. Aku kalau kak Meykke yang ajarin bahasa inggris, mungkin sekarang udah jadi anak pinter. hehehe.


    Soalnya, ide permainan dan ide lainnya supaya membuat belajar bahasa inggris jadi menyenangkan itu dapet banget.

    Malah kadang aku sendiri mikir Andai saja guruku dulu seperti kak meykke.

    Aku jadi pengen nyoba juga, ni kak. Buat ponakan. Terimakasih sharingnya.

    ReplyDelete
  6. Bu guru yang satu ini memang luar biasa.

    Untuk hal bermain dalam belajar, memang sepertinya paling cocok untuk diberikan ke anak sd. Tapi, masalahnya, bagaimana memberikan permainan yang sebenarnya ada sebuah pelajaran, tapi juga tetap menyenangkan. Itu pr nya mngkin.

    Gue emang bukan seorang guru, tapi rasanya skill ini penting juga untuk dimiliki.

    ReplyDelete
  7. Ah, jadi ingat waktu SD, cara ngajar guruku juga seasik Kak Mey. Jadi, kita dikasih games ngumpulin kata. Misalnya, kata kuncinya adalah hewan, kita ngumpulin nama-nama hewan dalam jangka waktu tertentu. Seru..

    ReplyDelete
  8. Wah jadi inget pas ikut les di guru smp dulu, kalau disuruh hafalin kosakata b.inggris baru sering dibikinin ginian. Pas gerjain, rasanya kayak main game, jadi gak bikin bosen

    ReplyDelete
  9. Belajar sambil bermain memang menyenangkan ya Mbak. Apalagi pelajaran bahasa inggris. Nah, permainannya boleh juga nih; keliatan mudah juga dan tentunya anak2 bisa lebih memahami ketika mereka sendiri dilibatkan/diberi job untuk mengkatagorikan mana yang merupakan kata benda dan mana yang nerupakan kata sifat.

    ReplyDelete
  10. Kok aku jadi tertarik pakai metode ini untuk ngajarin anak kosakata-kosakata baru ya. Tapi mungkin coba dengan bahasa indonesia.

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)