Cara Kreatif Mengajar Bahasa inggris Edisi 21 : Keywords Chain Game



Good morning chic teachers!!

Akhirnya setelah sekian purnama saya nggak sempat menulis rubrik Teaching Ideas, kini saya hadir kembali! Maklum, setelah cuti hamil dilanjutkan pulang kampung dan melahirkan, rubrik Education/Teaching ideas jadi rubrik yang paling sepi. Terlebih lagi saya harus resign dari Lembaga Les Bahasa Inggris yang selama lima tahun saya melalang buana mengajar di sana. Sedih kali.. But that’s how life works. Untuk mengobati rasa kangen saya ini, saya masih punya stok ide mengajar segudang dari sana dan saya akan membagikannya untuk para pembaca setia rubrik ini. Cihuyyyyy!!!
Permainan kali ini simple sekali ya, Miss. Kita Cuma butuh papan tulis, marker dan satu kallimat pembuka saja untuk nantinya bisa jadi banyak kalimat. Kok bisa?

Ya bisa, Mister! Karena kita akan bermain Keyword Chain Game! Alias permainan menyambung kata kunci. Kayak susah gitu ya diimajinasikan. Kata kunci kok disambung sambung tuh maksutnya gimana gitu.

Nah, game ini idealnya untuk anak anak dari kelas 1 SD sampai 3 SD karena goal/purpose dari permainan ini adalah untuk mengembangkan kosakata dan writing skill. Untuk anak kelas 3 SD bisa dikembangkan lagi menjadi lebih rumit menggunakan grammar yang bervariasi. Jumlah anak untuk permainan ini bisa sampai 20an anak karena nantinya akan dibagi menjadi dua kelompok besar dengan menulis secara bergilir satu per satu. Jadi, semua anak akan mendapatkan bagian bermain dan berpikir.

Well, let’s figure it out!


CARA BERMAIN


  1.          Bagi anak anak menjadi dua kelompok.
  2. .       Tulis satu kalimat di papan tulis dan bagi papan tulis menjadi dua bagian. Misal kalimatnya adalah “I like you”. Yang sederhana saja ya, Miss.. boleh dikondisikan sesuai dengan kemampuan anak anak.
  3. .       Setelah menulis “I like you”, suruh satu anak dari masing masing kelompok untuk maju. Mereka harus menulis kata baru dengan menggunakan satu kata saja dari kalimat contoh. Misalnya group pertama menulis “Does he like me?” dan group satunya menulis “You can do it.”
  4. .       Supaya permainan menjadi seru, satu guru bisa menjadi time keeper dan harus memasang waktu tertentu. Misalkan batas waktu 1 menit. Begitu satu menit sudah berlalu, time keeper akan membunyikan peluit dan penulis harus berganti dengan satu murid yang sudah menunggu di belakangnya untuk menulis kalimat berikutnya dengan aturan yang sama; membuat kalimat baru dengan satu kata yang sama dari kalimat sebelumnya.
  5. .       Di akhir permainan, kita hitung deh berapa kalimat utuh yang bisa ditulis oleh group. Emang ada yang nggak utuh? Ada dong kalau tadi dia baru nulis setengah kalimat eh peluit sudah berbunyi dan harus berganti pemain/penulis. Cemiwiwww!! Mudah dan serrrruuuuu!!
Nah dari kalimat awal I LIKE YOU, anak anak bisa membuat kalimat berikutnya dengan mencomot satu kata dari kalimat sebelumnya. Seperti ituuu..

Range anak anak yang bisa bermain permainan ini sekitar kelas 1 sampai 3 SD ya...

Yapp, tinggal dihitung poinnya dan ditentukan deh yang mana yang menjadi pemenang. Permainan ini bisa dipakai di awal pembelajaran untuk memancing semangat anak anak plus mereka belajar tentang writing/bagaimana menulis kata kata dalam Bahasa Inggris dan kosa kata mereka juga akan bertambah. Ini macam sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, apalagi mendayungnya di Kepulauan Seribu khan banyak ya pulaunya. Hehehe

Baiklah, Miss. Itu tadi ide mengajar kali ini. Semoga berguna yaa... Boleh banget tulis pengalaman mengajar dengan menggunakan metode ini/ metode lainnya di kolom komentar. Sharing is caring! Yuk berbagi, Mister dan Miss kece!



1 comment

  1. Ngajar dimana mba? Salam kenal ya. Aku juga English Teacher mba. Btw, kalau untuk anak2, sebaiknya jgn I like you mba. Contoh kalimat yang dekat dgn kehidupan siswa saja, misalnya, I like English. Semangat terus mba ngajarnya 💪🏻

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)