Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris #26 : English Language Race 4.0



Siapa sih yang nggak suka belajar sambil bermain? Belajar sambil bergerak ke sana dan kemari? Belajar sambil main game seru macam mencari harta karun? Dulu saat saya masih menjadi seorang siswa, belajar ala begini ini yang paling saya suka. Jadi, sebagai guru pun saya bahagia rasanya saat bisa memfasilitasi murid murid untuk mempunyai pengalaman belajar yang menyenangkan dan tidak terlupakan, salah satunya adalah dengan permainan ini.

Digagas oleh salah satu guru di les Bahasa Inggris di Jakarta, Miss Ivy.

FYI, permainan ini sangat baik untuk recall vocabulary mereka. Jadi, bagi teman teman yang ingin review vocabulary atau ngajar vocabulary pas banget pakai game ini. Selain vocabulary, game ini juga bisa untuk writing skill. Kalau dikerjakan secara berkelompok juga bisa melatih kekompakan. Sebagai guru khan kita tidak hanya dituntut untuk mentransfer knowledge saja tetapi juga mengajarkan tentang pendidikan karakter. Wah, udah dapat semua ini.

Bernama English Language Race 4.0 karena nantinya mereka harus mencari 15 check point yang ditempel secara acak seantero tempat les yang terdiri dari dua lantai dan mereka harus menjawab soal yang ada, yang semuanya menyuruh mereka untuk menyebutkan empat jawaban per check point. Seru khan tuh?

Baca juga :


CARA BERMAIN

1.Permainan ini bisa dilakukan secara kelompok jika dalam satu kelas muridnya berjumlah banyak ( kelas di sekolah) dan bisa dilakukan secara individu kalau hanya 3-6 orang saja sekelas (kelas les). So, game ini cocok dilakukan untuk kelas besar maupun kecil ya dengan penyesuaian jumlah anggota per kelompoknya.

2. Persiapan sebelum kelas dimulai : lembar jawaban yang nantinya akan dibagikan per murid/per kelompok. Bisa juga dibagikan untuk seluruh anggota dalam kelompok biar mereka semuanya punya kerjaan dan sama sama belajar walau satu kelompok jawabannya harus sama. 

Lembar jawabannya.


Yang kedua adalah 15 soal yang ditempel secara acak di tempat yang sudah ditentukan.

“Well, now Miss will let you to go around this building, from the first floor up to the second one because we’ve spread all around here.”

Nah, ini salah satu contoh intruksi untuk menyuruh mereka cari check point/soal soalnya.

Bagaimana sih bentuk soalnya? Seperti  ini.

Soal soal sebelum digunting. Nanti soal ini bisa ditempel dimana saja secara acak

Jadi, kita harus menulis 15 soal/check point yang sesuai dengan level murid kita. Bisa macam macam soalnya, boleh tentang grammar, atau kosakata yang berkaitan dengan ciri tertentu.

WRITE FOUR WORDS ON YOUR ANSWER CARD!
1.Animals you can have as a pet
2. Things with a screen
3. Things with wheels
4. Verbs that express movement
5. Phrasal verbs with look
6. Kind of places
7. Irregular verbs
8. Things you can put in the pocket
9. Crowded places
10. Verbs beginning with m
11. Western food
12. Kind of sports
13. Verbs 2
14. Wild animals
15. Round things
And so on..

Ini hanya contoh saja ya, Miss. Semua soal bisa diganti sesuai dengan apa yang sudah dipelajari murid murid.

3. Setelah anak anak dibagi per-kelompok dan dibagikan answer sheets/answer cards, mulai suruh mereka untuk berpencar secara kelompok (jika berkelompok) atau secara individu (jika dikerjakan individu) ke sekitar tempat yang telah disepakati.

Murid murid mulai mencai check point, memikirkan jawabannya dan menuliskannya di lembar jawaban.

Kemarin kami hanya menempelkannya secara acak jadi mereka juga menjawab secara acak. 

Ditulis di depan cermin di dalam ruang guru juga bisa.

Untuk teman teman yang ingin mengembangkannya dengan lebih seru, boleh nih dimodifikasi macam berburu harta karun. Jadi, mulai check point 1 ada guidance untuk bisa menemukan check point 2.

“Please find me behind one of the chair in Corner class.”

Ini contoh intruksi yang bisa ditulis di samping/di kertas check point 1. Jadi, mereka bisa sambil cari cari gitu dan bisa menjawab soal dengan lebih urut mulai dari check point 1 sampai 15.

4. Setelah menemukan soal di masing masing check point, mereka harus menulis masing masing empat (4) jawaban di dalam kolom di answer sheet yang mereka bawa.

5. Of course pemenangnya adalah siapa yang paling duluan dan yang paling banyak menjawab dengan benar.

Hasilnya.

6. In the end of the game, mereka harus bertukar answer sheet untuk dibahas satu satu dan dinilai siapa yang paling cepat plus mempunyai nilai paling banyak.

“So, the winner goes to.....”

Nanti pasti akan banyak kosakata baru yang mereka pelajari. Kita juga bisa ngerjain soal soal dulu untuk nantinya bisa sebagai bahan pembelajaran baru untuk mereka. Hmmm...menarik bukan?

Dan lebih dari itu, murid murid juga mengikuti game dengan riang gembira dan semangat. Mereka berlomba lomba untuk bisa menemukan check point terlebih dulu dan menulis jawabannya. Pengalaman belajar yang menyenangkan seperti inilah yang membuat anak anak belajar Bahasa Inggris dengan mudah. Dan bagi saya, memberikan mereka pengalaman belajar yang menyenangkan memberikan kebahagiaan tersendiri. I love this job a lot. 

Jadi, siapa yang mau nyobain game ini?

Semoga berguna ya miss dan mister,

Semangat mencerdaskan anak bangsa!



2 comments

  1. Wooow terima kasih lho miss untuk idenya. Aku bisa coba nih untuk kelas aku next time. Kebetulan aku ngajar juga dengan class profile yy mirip seperti miss jelaskan di atas.

    Duuh jadi kepingin nulis juga tentang belajar bahasa Inggris di blog tapi kayanya mesti bikin blog baru deh. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Wah keren! Saya nerapin ke adik di rumah, setiap hari nulis dua kata bahasa inggris beserta artinya di kamus buatan dia, untuk memeperkaya vocabnya.

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)