Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris #23 : SCRABBLE


Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris #23 : SCRABBLE

Apa sih yang kita lakukan kalau anak anak lagi capek, nggak mood belajar apalagi  belajar Grammar, tapi kita juga harus ngajarin something ke mereka. Saat saya mengajar dulu, kelas saya mulai di sore hari pukul 16.30. Biasanya anak anak langsung meluncur dari sekolah menuju ke tempat les. Beberapa masih pakai seragam sekolah. Bisa dibayangkan betapa capeknya mereka. Anak sekolah jaman now emang kadang udah kayak orang kerja kantoran ya. Tapi, lupakan tentang kerja kantoran karena kali ini kami akan bermain permainan edukatif. Seharusnya satu alat game dimainkan untuk empat orang. Tetapi karena anaknya lebih dari itu, kami membaginya menjadi berpasangan dalam satu kelompok.

Nah, nama permainan ini adalah SCRABBLE! Siapa yang udah pernah denger? Saya pertama kali bermain SCRABBLE udah dulu banget dears, jaman SMP saat saya mengikuti les Bahasa Inggris di NINDI AMBARAWA. Permainan ini selain mengajak kita untuk berkompetisi juga mengasah kemampuan kita mengingat kosa kata yang pernah kita pelajari plus mendapatkan kosakata baru dari lawan. Asik pokoknya!

Baca permainan yang lain juga yuk!


Cara bermainnya pun mudah. Selama permainan, saya hanya mengontrol kata yang dihasilkan oleh anak anak plus menjadi pencatat nilai. Bagi mereka yang mendapat poin/nilai paling tinggi, dialah pemenangnya.

Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris #23 : SCRABBLE
Lagi serius nih, dears.


Begini cara mainnya :


Setiap huruf memiliki nilai yang berbeda, sehingga  strategi permainan ini adalah memainkan kata-kata dengan kombinasi huruf yang mempunyai nilai yang tinggi.

Papan Scrabble
Sebuah papan permainan Scrabble terbuat dari sel-sel di atas kotak persegi. Lebar papan Scrabble terdiri dari 15 sel, dan tingginya juga 15 sel, sehingga keseluruhan selnya berjumlah 225. Ubin Scrabble dipasang dalam sel-sel ini, masing-masing satu ubin untuk satu sel.

Ubin Scrabble
Scrabble dimainkan dengan 100 ubin. 98 dari ubin-ubin ini terdapat huruf pada salah satu sisinya, dan ada 2 ubin kosong. Ubin kosong berfungsi sebagai wildcard (joker) untuk membantu mempermudah pembentukan kata. Ubin kosong ini bisa digunakan sebagai huruf apa saja.

Masing-masing huruf mempunyai nilai yang berbeda, tergantung pada jarangnya huruf tersebut digunakan dalam kata-kata dan kesulitan dalam memainkannya. Ubin kosong tidak mempunyai nilai apa-apa.

Nilai Huruf
Berikut adalah nilai untuk masing-masing huruf dalam Scrabble.

0 Poin – Ubin kosong, ada dua ubin kosong

1 Point - A, E, I, L, N, O, R, S, T dan U.

2 Points - D dan G.

3 Poin - B, C, M dan P.

4 Poin - F, H, V, W dan Y.

5 Poin - K.

8 Poin - J dan X.

10 Points - Q dan Z.

Poin Ekstra

Beberapa kotak (sel) pada papan Scrabble mempunyai nilai kelipatan. Jika ubin ditempatkan di kotak ini, maka nilai huruf pada ubin tersebut dikalikan dengan sebuah faktor, 2x atau 3x. Beberapa kotak tertentu berfungsi sebagai pengganda nilai kata secara keseuruhan, bukan hanya huruf.

Skor Huruf Dobel (x2)—sel berwarna biru muda yang tempatnya agak terpencil. Jika ubin ditempatkan di kotak ini, maka nilai huruf pada ubin tersebut dikalikan dengan dua.

Skor Huruf Triple (x3)—sel berwarna biru tua. Ubin yang ditempatkan pada kotak ini, nilai hurufnya dikalikan dengan 3.

Skor Kata Dobel—sel berwarna merah muda yang terdapat pada posisi diagonal dari keempat sudut papan. Jika salah satu huruf menyentuh kotak ini, maka nilai keseluruhan kata dikalikan dengan 2.

Skor Kata Tripel—sel berwarna merah tua. Sel berwarna merah tua ini terdapat pada keempat sisi papan dengan jarak yang sama dari masing-masing sudut papan.

Bila kata yang dibuat menyentuh salah satu kotak berwarna merah tua ini, maka poin untuk kata tersebut dikalikan dengan 3.

Hanya Berlaku Satu Kali—poin ekstra ini hanya berlaku satu kali. Jika seorang pemain berikutnya menggunakan kotak-kotak tersebut pula, maka nilainya tidak lagi digandakan.

Memulai Permainan

Masing-masing pemain mengambil salah satu ubin dari dalam kantung atau dari meja di mana ubin-ubin tersebut ditaburkan pada posisi terbaik. Pemain yang mendapat huruf paling dekat dengan “A” berhak memulai permainan. Kemudian huruf-huruf undian tersebut dikembalikan ke dalam kantung. Jika seorang pemain mendapat ubin kosong, maka dia memenangkan undian. Masing-masing pemain mengambil sebanyak tujuh huruf dari dalam kantung, dan menempatkannya pada rak masing-masing. Selama permainan berlangsung, masing-masing pemain mempunyai tiga pilihan: membuat kata, mengatakan “pass”, atau menukar huruf. Namun biasanya kebanyakan pemain memilih membuat kata.

Masing-masing pemain bisa menukar ubin yang ada padanya, sebagian atau seluruhnya. Jika seorang pemain menggunakan kesempatannya untuk menukar ubin, maka dia tidak berhak membuat kata.

Seorang pemain bisa mengatakan “pass” ketika gilirannya. Jika semua pemain mengatakan “pass” dua kali berturut-turut, maka permainan berakhir.

Skor Kata Pertama

Seorang pemain memulai permainan dengan membuat sebuah kata yang salah satu hurufnya menyentuh kotak bertanda bintang yang terdapat di tengah-tengah papan.

Tanda bintang ini sekaligus bertindak sebagai pembuat skor kata dobel (x2). Namun bagi pemain berikutnya, yang juga menggunakan tanda bintang tersebut, skor ini tidak berlaku lagi.

Selanjutnya, giliran pemain berputar searah jarum jam. Nah, begitu seterusnya sampai papan scrabble penuh atau ubin scrabble habis.

Para anak anak dengan jiwa kompetitif biasanya suka nih dengan permainan ini. Permainan ini juga memakan waktu. Pernah juga sepanjang waktu les kita gunakan untuk bermain scrabble ini. Lagi, ini jenis permainan edukatif. Jadi, sembari bermain kita belajar yaaa...

Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris #23 : SCRABBLE
Muka capek tapi puas bermain 

Yuk, kapan main scrabble lagi?

Jangan lupa follow Ig @missmeykke untuk update games terbaru ya :)



Reference : anggasblog.blogspot.com/2014/05/scrabble-adalah-permainan-papan-dan.html

No comments

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)