Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris #25 : Remember The Missing Parts



Assalamualaikum wr wb teman teman guru,

MasyaAllah setelah entah berapa purnama saya nggak share tentang ide mengajar, hari ini akhirnya saya share lagi! FYI, kini saya sudah resign dari profesi saya menjadi guru karena harus menjadi full-time mom, tetapi semangat mengajar saya masih sangat menggebu gebu.

Nah oleh karena itu, saya mau share ide mengajar yang pernah saya dan teman teman pengajar saya lakukan. Kali ini idenya nggak butuh persiapan, bisa diterapkan untuk semua usia/level/kelas, tinggal disesuaikan saja vocabularynya plus bisa bikin semangat anak anak menjadi menggelora untuk belajar.

Jadi, game ini pas banget untuk kegiatan pembuka belajar mengajar atau pun ice-breaking.


Baca juga :

Nggak perlu per individu atau kelompok karena semuanya bisa ikutan. Plus bisa nambah kosakata dan daya ingat especially mengingat kosa kata Bahasa Inggris dan susunan kata dalam satu kalimat. Ciamik banget khan?

Yes!! Here you go! Remember the missing words! Sesuai dengan judulnya, game ini tentang mengingat kata kata yang semula utuh satu kalimat menjadi kalimat rumpang yang dihapus katanya satu per satu. Dari sini sudah agak paham ya?

Biar lebih paham, yuk amati langkah langkah berikut! Oiya, kenalin nih Mr T; workmate dengan buanyak ide game/permainan edukatif yang bikin kelas jadi nggak membosankan gitu.

1.Mr T menulis semua kalimat di papan tulis.


2. Mr T menyuruh murid murid untuk membaca. Bisa juga guru membaca terlebih dulu dengan pronunciation yang benar dan diikuti oleh murid murid.


3. Mr T mulai menghapus satu per satu kata, tetapi murid harus membaca dengan kalimat utuh. Ini dia saatnya anak anak mengingat kata kata rumpang yang ada di kalimat.

4. Hingga pada akhirnya semua kalimat hilang tetapi anak anak masih harus menyebutkan kalimat utuh seakan akan tulisan kalimat utuh masih ada di papan tulis. Mr T tinggal tunjuk tunjuk papan tulis kosong aja. 



Ih, emang bisa mereka ingat semua?

Kalau murid murid kami aja bisa, pasti murid murid miss dan mister sekalian juga bisa! Dan ini dia contekan kami. Hehe..



Kalimatnya bisa banget diganti dengan vocabulary yang sesuai dengan kemampuan murid murid. Bisa juga menjadi sarana review kosakata yang baru saja mereka pelajari.

Bagaimana? Mudah, murah dan menyenangkan bukan?

Sampai jumpa di ide mengajar lainnya ya!

Salam mencerdaskan kehidupan anak bangsa!


No comments

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)