MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

BPN 30 Day Blog Challenge #1 : MENGAPA HARUS NGEBLOG?

BPN 30 Day Blog Challenge #1 : MENGAPA HARUS NGEBLOG?
Add Comments
Selasa, 20 November 2018


Hari pertama challenge kali ini adalah tentang alasan kenapa saya ngeblog. Jawabannya : BANYAK! Dulu sekali, pertama kali saya mengenal blog adalah saat pelajaran TIK di sekolah semasa SMA.

Wah, keren amat nih blogspot. Aku bisa nulis dan bisa dibaca semua orang!” Jelas, tahun 2008 saat itu saya mengharu biru. Saya suka sekali menulis, tapi hanya sebatas menulis di buku diary dikasih kunci. Nah ini tulisan malah bisa sengaja disebar sebar biar dibaca. Seketika saya bikin. Pertama kali bikin blog isinya tentang curhatan udah kayak nulis diary. Malahan awalnya selalu ada kata,

Dear blog...

Pengganti dear diary.


Banyak kali yang saya tulis dan ceritakan; tentang gebetan, puisi puisi kegalauan, tentang pelajaran Bahasa Indonesia sampai curhat susahnya ngerjain PR Matematika. Mana ganti ganti lagi blognya. Saya punya lima! Yang satu buat puisi, yang satunya lagi buat curhatan si dia, dan tiga lainnya isinya macam macam. Jadi, kala itu alasan saya ngeblog karena pingin curhat!

Tahun beranjak dan saya mulai berkuliah. Nah, kali ini alasan saya ngeblog udah mulai bergeser menjadi wadah untuk mengabadikan momen. Di blog itu, isinya ada kejadian saat saya dilempar telur dan tepung berlanjut dengan dinyanyikan selamat ulang tahun, atau saat saya terpilih ikut serta dalam even lomba Debat di kuliah dan banyak even lainnya berikut dengan foto foto lucunya. Di saat kuliah itu juga muncul salah satu niche blog saya yaitu, TRAVELING. Saya gemar sekali berpetuaang kemana mana dari sok sok solo traveling naik kereta dari Solo ke Jogjakarta sampai sok sok foto underwater di Umbul Ponggok, Solo dan berakhir dengan kaki dijahit 2 karena kena kail pancing. Macam macam sekali. Kala itu, alasan saya ngeblog tidak lain tidak bukan untuk menceritakan hal hal lucu dan kejadian menarik yang terjadi dalam hidup saya.


Beda lagi saat bekerja. Alhamdulillah saya bekerja sebagai guru Bahasa Inggris yang gemar menyisipkan permainan dan selalu yakin kalau belajar itu lebih menyenangkan dan ampuh saat dilakukan dengan bermain . Jadilah blog saya menjadi wadah berbagi ide ide dan gagasan mengajar sampai terlahirlah salah satu niche blog; EDUCATION. Ada tiga sub tema yaitu TEACHING IDEAS;  berisi tentang ide ide/games yang bisa digunakan untuk mengajar dan biasanya saya update hari Senin jam 8 pagi, TEACHING STORIES; berisi tentang cerita cerita mengharu biru hingga lucu yang saya dapatkan dari mengajar dan ENGLISH GRAMMAR SESSION; berisi tentang materi grammar yang saya tulis kembali dengan bahasa sederhana, ringkas dan mudah dimengerti dan biasanya saya update hari Rabu jam 8 pagi.


Nah, hidup terus berjalan dan bimsalabim sekarang saya sudah menjadi Ibu Ibu. Alasan ngeblog pun jadi bermacam macam. Blog bisa menjadi tempat pelepas stress karena kita bisa membuang pikiran pikiran negatif, menulis apa yang kita pikirkan. Dan bisa juga menjadi tempat berbagi ilmu dan informasi, misal tentang mitos mitos perawatan bayi yang saya dapat dari edukasi perawatan bayi dari Rumah Sakit tempat saya melahirkan, sampai jadi tempat bercerita perkembangan si buah hati dari bulan ke bulan.

Blog sudah bukan lagi menjadi kewajiban tapi sudah naik level jadi kebutuhan. Kayaknya kalau nggak ngeblog macam ada yang kurang, terlebih saat menjadi ibu rumah tangga yang daerah kekuasaannya hanya di rumah begini. Blog bisa menjadi jendela untuk melihat dunia luar walau hanya dari layar laptop saja. Dan kemarin baru saja menulis tentang peran blog untuk ibu rumah tangga seperti saya. BANYAK!


Yapp! Itulah alasan saya ngeblog.  Menulis adalah cara saya untuk berbagi dan memberi manfaat pada orang lain. Ingat kalimat sakti guru ngaji saya dulu,

“Sebecik becike manungsa yoiku manungsa kang migunani marang liyan...”
Sebaik baiknya manusia adalah manusia yang memberi manfaat untuk orang lain.

Blog telah mengajarkan saya akan Pelajaran Hidup Nomor 32 ;
"Manusia boleh mati, tapi tulisannya akan abadi."


Tulisan ini diikutsertakan dalam Blogger Perempuan 30 Day Blog Challenge 2018




Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

  1. Senangnya jaman SMA udah tahu blog. Saya udah emak-emak baru tahu xixixi... 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak papa mbak, yg penting skrang sudah tahuu hihi

      Hapus
  2. Keceee mbak.. ! Entah kenapa saya betah diberanda ini.. hahah.. tampilan blognya oke ! Tulisannya oke ! Layout-layoutnya oke ! Ilmunya apalagi.. ! ❤️❤️❤️❤️❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahh..makasih mbak..komennya makin memotivasi sya biar bisa makin ketje!! :)

      Hapus
  3. Wowww blog nya sampe punya 5...gimana itu mengelolanya ya hahaha 1 aja aku punya sering ilang2 an semangat nulisnya. semoga bisa kaya dirimu mba 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu jaman alay dulu mbak..skrang cuma 1 aja nulisnya kadang suka oleeeeng hehehe. Semangatttt ya mbak!

      Hapus
  4. Keren mba. Saya juga guru Bahasa Inggris, mba. Boleh dong mba sharing2 ttg tulisannya seputar pengajaran Bahasa Inggris.

    BalasHapus
  5. Samaaa, dulu juga saya punya beberapa blog. 1 buat curhat dengan bahasa slengean, 1 buat bikin cerpen ala-ala gitu, 1 lagi buat materi sekolah
    dikirain saya doang yang kayak gitu, ternyata ada temennya,hihihi...

    BalasHapus