8 Peran Blog untuk Ibu Rumah Tangga




8 Peran Blog Untuk Ibu Rumah Tangga- Apa sih peran blog untuk ibu rumah tangga macam saya? Sudah empat bulan ini saya pulang kampung dan meninggalkan kehidupan di Jakarta demi mengasuh anak pertama yang Alhamdulillah lahir tanggal 3 September kemarin. Bersyukur? Alhamdulillah, Sudah tentu rasa syukur memuncah muncah tiap saat. Melihat anak pulas tidur di pangkuan saja rasanya terharu tak berkesudahan. Tapi namanya manusia ya, yang namanya bosan tetap saja hinggap. Bosan berkegiatan hanya di rumah saja, bosan hanya bertemu dengan itu itu saja, bosan dengan rutinitas yang ada, bosan Cuma pakai daster tanpa make up. Kadang bosan menjalar sampai ubun ubun! Untungnya ada satu kegiatan yang bisa mengalihkan kebosanan sekaligus mendapatkan benefit plus plus untuk ibu rumah tangga pemula macam saya.

Dalam memperingati hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2018, saya terpatik untuk menulis apa saja sih peran Blog untuk ibu rumah tangga versi saya?


1. TERAPI STRESS

Ya, blogging adalah salah satu cara saya untuk menghalau stress.

Selama lima tahun saya bergelut dengan rutinitas padat dari pagi sampai malam, mulai dari mengajar sampai jalan ke mall bersama teman teman, di Jakarta. Dan sekarang sekonyong konyongnya saya menyepi di salah satu kota kecil di Semarang bernama Ambarawa. Yang biasanya fungsi rumah hanya untuk tempat tidur sekarang dari bangun tidur sampai mau tidur lagi hampir seluruh kegiatan saya lakukan di rumah. Saya sedang mengemban suatu misi maha penting; mengasuh anak sekaligus sebagai madrasah pertama sang anak.

Manusiawi,  segala rasa penat, capai dan bosan terkadang memenuhi otak saya. Pola kegiatan yang itu itu saja dan hanya berkegiatan di dalam rumah membuat saya suntuk dan mengalami mood swing.

Nah, begitu saya dihadapkan dengan laptop dan internet, saya bisa menulis dan menumpahkan beban yang selama ini bersarang di benak saya. Saya bisa menuliskan apa yang saya rasakan, apa penyebabnya, lalu langkah yang saya lakukan selanjutnya. Peran blog yang pertama ini maha penting untuk ibu rumah tangga macam saya.


Terlebih lagi setelah membaca komen komen positif dari teman teman blogger atau teman teman yang membaca post saya. Dukungan dan motivasi mereka langsung mematik semangat saya kembali. Words are powerful!

2. MENGGALI ILMU DAN INFORMASI


Selain mengusir stress, peran blogging untuk ibu rumah tangga juga bisa banget sebagai ladang ilmu dan informasi. Informasi apa saja sih yang saya butuhkan? BANYAK. Saya suka membaca blog yang mengupas tentang parenting, traveling, gaya hidup hingga review produk. Apa saja yang saya ingin tahu, bisa banget saya cari tahu melalui blog walking.

Terakhir saya membaca tentang review produk Nature Pacific Toner sebelum membeli secara online. Begitu saya kenyang membaca review dari beberapa blog, saya akhirnya mantap membeli deh. Pokoknya blog itu penting banget untuk orang minim pengetahuan macam saya.

Saya juga tahu tentang SEO On Page lewat apa? Blog walking tentunya. Tinggal dicatat apa apa saja yang bisa diusahakan biar DA dan PA nya terus mencuat dan siap dipraktekkan. Semoga DA dan PA saya bisa segera naik ya, yuk aminkan bersamaa...

3. MENGABADIKAN KENANGAN

Ini dia salah satu yang paling saya suka dari blogging, apalagi sebagai ibu rumah tangga macam ini. Blog bisa jadi album digital yang bisa diakses dimana dan kapan saja! Saya bisa share milestone/perkembangan Julio dari waktu ke waktu plus sebagai rekam jejak perjalanan kami; saat Julio satu bulan, dua bulan, satu tahun dan momen momen indah lainnya. Berbeda dengan instagram, saya bisa lebih bebas menceritakan tentang keseharian Julio di blog berikut foto fotonya yang menggemaskan!


Rencananya, saya akan menulis perkembangan Julio dan share di tanggal 3 setiap bulannya. Nah, nanti bisa kita baca baca dan lihat lagi deh foto fotonya yang lucu dari waktu ke waktu saat dia sudah beranjak besar. Can’t wait to read it together with my lovely son!

4. BERBAGI CERITA DAN INFORMASI


Selain mendapatkan cerita dan informasi, kita juga bisa banget berbagi cerita dan informasi. Sebagian besar dari blog saya juga berisi cerita mulai dari cerita masa SMA saat saya berpacaran selama 5 tahun dan kandas, cerita perjalanan cinta saya dan suami yang hanya butuh tiga kali bertemu ( ceileh..), cerita traveling, cerita mengajar dan banyak cerita cerita lainnya.

Saya juga gemar menyisipkan tips tips di dalamnya. Lengkap deh, kita bisa bercerita sekalian memberikan informasi bahkan inspirasi.


Sharing is Caring!

5. MENAMBAH TEMAN DAN KOMUNITAS

Peran blog untuk ibu rumah tangga berikutnya adalah menambah teman dan komunitas! Ini dia yang saya suka dari aktivitas blogging. Tidak hanya informasi, saya juga bisa berkenalan dengan banyak blogger dari beraneka ragam latar belakang. Dulu, teman teman blog saya didominasi oleh anak anak pelajar/anak muda yang tergabung dalam Blogger Energy. Tak hanya saling berkunjung ke blog masing masing, kami juga akrab di dunia maya dan aktif di group komunitas. Dari blog, berteman tak mengenal jarak!

Nah, sekarang karena saya sudah tergolong emak emak maka teman teman saya pun didominasi Ibu Ibu keren dan produktif yang tergabung dalam Komunitas Emak Emak Blogger mau pun Blogger Perempuan dan beberapa komunitas blogger lainnya.

Dari sana, saya juga jadi kenal dengan ibu ibu blogger keren yang masih aktif menulis. Selain menambah teman, saya juga bisa menambah semangat dan inspirasi untuk selalu berkarya, walau dari dalam rumah!


6. MENGISI WAKTU KOSONG


Emang masih ada waktu kosong? Ya, sesibuk sibuknya Ibu Rumah Tangga ada lah waktu kosong atau at least me-time, semisal saat anak sedang tidur atau sedang diasuh oleh saudara/kerabat. Daripada waktu terbuang percuma hanya melakukan kegiatan domestik rumah tangga itu itu saja, bisa banget gunakan waktu yang ada untuk mencari informasi, ilmu bahkan koneksi.

Buat saya, koneksi itu teramat penting! Dengan koneksi yang ada, saya tidak merasa hanya melakukan itu itu saja dan bisa mengenyahkan rasa bosan dan penat. Bagaimana tidak? Dengan koneksi, saya jadi terinspirasi untuk terus menulis dan blogging bisa jadi akses keluar ke dunia maya; dunia yang lebih luas daripada sebatas rumah saja.

Dengan blogging, saya bisa mengisi waktu kosong dengan kegiatan produktif nan berfaedah deh.

7. MENGASAH KEMAMPUAN MENULIS

Writing is my passion! Saya suka menulis sejak SD, sejak saya dibelikan sebuah buku diary berikut kuncinya oleh Ibu. Beranjak dewasa, kecintaan saya akan dunia menulis semakin besar hingga akhirnya saya mengenal blog. Nah, dari blogging ini saya bisa mendapatkan inspirasi plus kosa kata dan gaya penulisan kece kece dan terus menulis dengan berbagai tema.

Jadi, kita bisa mengekspresikan ide/gagasan dan belajar cara menyampaikannya melalui kata kata supaya mudah dimengerti, syukur syukur disukai.


8. MENDAPATKAN PENGHASILAN

Jangan ditanya lagi soal yang ini. Blogger blogger senior yang sudah sering menang giveaway sampai kompetisi blog atau yang sering mendapatkan job review maupun content placement dan semacamnya atau yang sering dapat payment dari google adsense pasti sudah tahu betul.

Walau pun statusnya sebagai ibu rumah tangga dan bahkan tidak punya penghasilan tetap macam saya, tapi kita bisa tambah tambah uang jajan atau sampai membantu perekonomian keluarga hanya dari laptop dan tarian jari jemari begini. Kalau saya pribadi baru dapat job review atau content placement saja. Tapi lumayanlah ya, Cuma dari mengisi waktu kosong dan berbagi informasi kita bisa mendapatkan benefit plus plus yaitu transferan.

Dari satu kegiatan saja; BLOGGING, kita bisa mendapatkan banyak manfaat ya, chic people! Walaupun sedang mengemban misi besar dan hanya berkecimpung di rumah dengan pekerjaan domestiknya, tapi kita masih bisa melihat ‘keluar’ dan melakukan kegiatan produktif yang hasilnya bisa bermanfaat untuk orang banyak; blogging.

Jadi, mau blogging apa hari ini?


8 comments

  1. Mantap banget emang peran blog dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita tetep konsisten menulis ya kak. :)

    ReplyDelete
  2. Yang pertama iya banget mbaaak.. hihi.. alat terapi untuk kesehatan mental.. ❤️❤️❤️❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu jadi tujuan utama ku sekarang,biar stress terhempaskan!

      Delete
  3. Kalau saya yes mba 1-7... No 8 nanti akan mengikuti dengan sendirinya hehhehe

    ReplyDelete
  4. Setuju banget bun, kebetulan saya seorang ibu dan baru memiliki 1 anak, memang untuk saat ini agak susah cari waktu buat menulis tp biasanya sy lakukan di malam hari ketika anak sudah tidur dan pekerjaan rumah sudah selesai, ya itung-itung pelepas penat gitu he

    ReplyDelete
  5. Setuju semua dengan peran bloggernya mbak. Aku pertama kali ngeblog juga pengennya cuma untuk mengabdikan kenangan. Sampai sekarang aku tetep menulis dengan fungsi itu, jadi kalau blog aku kurang memberikan informasi ya emang gaya aku bercerita seh, bukan menginformasikan, hahaha.

    Tapi dibalik itu semua, bagi aku, apapun maskud dan tujuan kita ngeblog, yang namanya udah punya blog dan mengisi blognya dengan rutin ya itu tetep namanya blogger, dan dengan jadi blogger poin 5 ini emang bener untuk aku. Aku jadi banyak temen dari daerah lain, padahal aku cuma remahan blogger di kota kecil di kalimantan :D

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)