5 Barang Wajib di Tas Bayi



5 Barang Wajib di Tas Bayi - Duluuuu, kalau mau pergi isi tas Cuma dompet, HP, sama lipen dan bedak udah oke. Pakai tasnya juga yang minimalis cuman diselempang sedemikian rupa. Ringan, tanpa beban. Nah, beda cerita dengan kini dan nanti. Kalau mau pergi harus berpikir keras dulu barang barang apa saja yang wajib ada di tas. Tasnya pun menyesuaikan, besar berisi.

“Apa lagi ya? Diaper sudah, selimut oke, kaos kaki cadangan cek....uhm...apalagi ya?” Semua harus lengkap! Ya, bepergian bersama Julio yang baru dua bulan memang nggak boleh ada yang ketinggalan karena kebutuhan si kecil menjadi prioritas utama. Syukur alhamdulillah, saya bisa ngasih Julio ASI eksklusif jadi nggak perlu repot membawa seperangkat alat susu menyusui. 


Lalu, apa saja ya 5 barang wajib yang harus banget dibawa saat bepergian bersama si kecil versi saya?




1. PERLENGKAPAN BAJU


Baju dan segala perlengkapannya; kaos dalam, baju 2 sampai 3 pasang, kaos kaki, topi, jaket. Baju adalah elemen paling penting yang harus dibawa karena bayi seperti Julio ini rawan gumoh atau diaper merembes. Saya pun biasanya membawa baju lebih dari satu untuk jaga jaga. Apalagi kalau akan bepergian dalam waktu yang agak lama. Duh, jangan sampai waktu pergi si kecil kehabisan baju. Oh iya, Biasanya saya membawa baju pendek dan baju panjang supaya fleksibel pas memakainya sesuai dengan situasi.


2. DIAPERS

Ini juga teramat penting. Khan kasihan kalau diapernya udah penuh atau ternyata Julio BAB, ehh emakny lupa bawa diapers. Kalau nggak diganti pasti dianya risi dan rewel, tapi kalau diganti yang ada habis itu basah semua kalau dia BAK/BAB lagi. Duh, repot kali ya...Biasanya saya bawa 3 diapers buat jaga jaga. Jadi, kalau diapers sudah mulai menipis jangan lupa segera mampir ke minimarket terdekat ya.

3. ALAT GENDONG DAN NURSING CAPE/APRON MENYUSUI


Barang ketiga yang juga tak kalah pentingnya adalah alat gendong, bisa jadi selendang/jarik, airsling/ringsling, baby wrap atau pun ssc (soft structured carrier). Biasanya, walau pun saya sudah memakai alat gendong dari rumah, tetapi saya tetap membawa satu lagi untuk cadangan. Bisa jadi nanti ganti alat gendong sesuai dengan kondisi, misalnya ternyata lebih enak memakai babywrap atau ssc untuk menggendong dengan berjalan agak jauh. 

Nah, nursing cape juga penting banget nih biar kita bisa tetap menyusui dengan mudah dimana pun dan kapanpun kalauuuuu kita nggak memakai nursing clothes yang bukaan samping gitu. Khan kalaupun ada resleting depan/busui friendly kita tetap butuh nursing cape saat proses akan menyusui.

Saya sendiri lebih suka nursing cape dari Cuddle Me karena bentuknya yang menyerupai baju dengan bahan adem jadi anak tidak kegerahan. Tak perlu khawatir ribet karena anak tertutup nursng cape karena di bagian depannya dilengkapi dengan boning pengeras jadi saya bisa intip intip Julio yang lagi nyenyen deh sambil main mata sama dia. Haha..

4. PERLENGKAPAN PERAWATAN BAYI


Dulu, saat saya masih single saya selalu membawa make up case yang isinya rupa rupa lipstik, bedak, eye liner sampai blush on. Kalau sekarang isi case di tas saya lebih bermacam macam. Tapi bukan buat saya, melainkan buat Julio. Satu case itu biasanya saya membawa minyak kutus kutus, minyak telon, baby oil, minyak kelapa, sampai baby cream. Karena saya suka kepraktisan semua minyak minyakan punya Julio saya jadikan dalam satu wadah, terus kalau mau pergi tinggal bawa semuanya deh.

5.  TISSUE BASAH, TISSUE KERING, PLASTIK DAN PAYUNG

Kayaknya ini barang remeh tapi sangat penting juga buat dibawa. Coba kalau semisal Julio harus ganti diapers dan nggak bawa tissue basah dan tissue kering? Pasti repot banget. Atau pas Julio harus ganti baju karena bajunya basah kena keringat. Kalau nggak bawa plastik, yang ada bisa bercampur dengan baju bersih lainnya.

Nah, untungnya di tas yang sering saya bawa itu ada kantong khusus di bagian belakang tas yang kedap air dan bisa dipakai untuk baju baju kotor. Jadi, saat beli tas bayi pun harus yang bisa dimanfaatkan secara maksimal. Saya juga lebih memilih memakai tas bayi model backpack karena lebih mudah dibawa dan praktis. Tas menggelayut di belakang dan Julio mendekap di depan. Cihuyyy!! Dan payung jelas berguna untuk melindungi Julio dari gempuran sinar matahari atau guyuran hujan. Sehat sehat ya Julio...

Semoga semuanya sudah lengkap ya, sekarang saya dan Julio sudah siap buat bepergian dengan tenang dan nyaman. Oh iya, Julio memakai airsling Cuddle Me karena bahannya breathable jadi Julio nggak kepanasan dan bisa didekap dengan nyaman. Jo, pergi yuk!

Julio dan Ibu siap pergi deh..

3 comments

  1. Yuup! Ini kelima barang yang wajib. Banget ada kalau punya bayi.. salam kenal mbak..

    ReplyDelete
  2. hahhaa, samaaa mbaaa, minus selimut sih, soalnya sekarang anak saya udah setahun, diganti jaket aja.
    Dan untungnya si nomer 2 saya ini ASI, dulu kakaknya sufor, ampuuunnn tasnya kayak mau minggat aja, banyaaaakk banget isinya hihihi :D

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)