Tujuh Cara Mencuci Baju Bayi


Mencuci baju newborn adalah tugas pertama dari dunia per-emak-an calon ibu macam saya ini.  Sebulan lagi saya akan resmi menjadi ibu dan otomatis saya sudah sibuk berbelanja keperluan bayi serupa perlengkapan mandi anak, satu set kasur-bantal-guling-selimut, gurita, popok kain, baju atasan pendek dan panjang, celana pendek dan panjang, jumper, selimut, topi sampai sarung kaki dan tangan. Berbekal mengikuti group Ibu hamil, sebagai calon ibu teramat newbie saya jadi tahu banyak sedikit tentang persiapan melahirkan, salah satunya bagaimana cara mencuci baju newborn.


Banyak sekali pendapat mengenai cara mencuci baju newborn di jagad internet. Ada yang menyarankan untuk memakai pewangi dan tidak, atau merendamnya dengan air hangat terlebih dahulu atau tidak sampai harus disetrika dulu atau tidak. Setelah browsing sana sini, akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti langkah langkah berikut ini :

1         1. Pisahkan terlebih dulu baju dewasa dengan baju newborn.
2     2. Rendam baju newborn di dalam baskom berisi air hangat kurang lebih selama 15 menit. Merendam baju dengan air hangat berguna untuk membunuh kuman dan bakteri yang mungkin menempel di baju.
Catatan : Tapi, kita juga harus memperhatikan ‘cara mencuci’ yang ada di baju newborn tertentu seperti yang ada di baju merk “Piteku.”
Kebetulan saya membeli sebagian baju bermerk Piteku karena dibandingkan dengan merk lainnya saat saya membeli, katunnya lebih lembut, dibuat dari bahan khusus anti alergi sehingga aman dan nyaman untuk kulit bayi. Begitu yang tertera di label bajunya.

Di sana juga tertera petunjuk pencucian, seperti :
-          Cuci pakai tangan, dibalik.
-          Cuci mesin cuci, pakai kantong cuci
-          Jangan pakai deterjen dengan pemutih
-          Jangan direndam
-          Gantung dari atas ke bawah
-          Seterika dengan panas sedang

Image result for piteku
Di masing masing baju tertempel petunjuk pencuciannya.

Jadi, khusus baju dari Piteku seperti atasan panjang dan pendek, celana panjang dan pendek serta jumper panjang dan pendek tidak perlu direndam.

3         3. Di baskon yang berbeda, siapkan air hangat dengan dicampur detergen cair. Akan lebih baik lagi kalau deterjennya dilengkapi dengan formula lembut khusus bayi. Kalau tidak ada, deterjen cair saja sudah cukup. Tapi sebaiknya jangan menggunakan deterjen bubuk karena dikhawatirkan bisa terselip di sela sela baju dan menyebabkan alergi pada kulit bayi. Ingat ya bu, kulit bayi sangat sensitif! Lalu, dikucek dengan perlahan dan penuh cinta baju newborn satu per satu.

4           4. Bilas baju newborn dengan air bersih dan peras satu per satu. Untuk tidak merussak serat kain, memerasnya tidak perlu sekuat tenaga ya, Bu. Cukup peras ringan dan dikibas kibas saja. Lalu, keringkan.

5        5. Angkat pakaian setelah benar benar kering karena pakaian yang lembab akan mengundang jamur lebih cepat. 

6           6. Setelah itu, bisa langsung disetrika. Kenapa perlu disetrika? Karena panas yang dihasilkan bisa lebih mensterilkan baju dari kuman kuman yang masih tertinggal. Tapi, setrika dengan
7    panas sedang untuk menjaga serat kain supaya tetap terawat.

8        7. Lalu, masukkan ke dalam lemari khusus milik si kecil atau bisa susun langsung ke dalam tas bayi untuk bekal melahirkan di rumah sakit nanti. Seperti saya!



Agak ribet memang ya bu, tapi jika mesin cuci ibu dilengkapi dengan mode soft atau handwash, Ibu bisa menggunakan mesin cuci. Hanya saja tidak perlu memanfaatkan pengeringnya. Cukup hanya dikebas saja dan dikeringkan di bawah sinar matahari.

Semoga berguna untuk para ibu newbie macam saya ya, bu. Dan semoga lahirannya lancar, ibu dan anak sehat semua. Fighting!!

3 comments

  1. Yg belum punya bayi simpan dulu. Ntar dipraktekin pas udah ada buah hati nya. Ribet dikit gak papa kali ya. Yg penting bersih dan higienis.

    ReplyDelete
  2. iya rada ribet memang ya mey.. tapi demi si buah hati apa sih yang enggak..
    tapi aku kurang faham sih itu pakai kantong cuci gimana ya?
    baunya di masukin kresek dulu baru di masukin mesin cuci gitu?

    wah tas buat lahiran udah di siapin ya mey... kerenn...
    semoga lncar dan sehat-sehat terus ya mey...

    ReplyDelete
  3. Tipsnya bermanfaat banget untuk ku yang mau jadi ibu2 muda :D

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)