Sunday, 17 July 2016

MEREKAM KECANTIKAN AMBARAWA DI SUSAN SPA AND RESORT BANDUNGAN, SEMARANG!




Masha’ Allah! Itu adalah kata pertama yang keluar dari mulut gue begitu gue ada di bibir lereng. Tepat di mata gue, dari sisi kanan membentang ke kiri, gue bisa liat kota Ambarawa dalam gambaran mini! Gunung gunung menyundul langit dengan genangan air raksasa di antara kaki kakinya. Itu Rawe Pening, gaes!! Lebih dekat gue bisa liat genteng genteng berjejer secara acak,bersatu dengan pucuk pucuk pohon yang terlihat kerdil. Sawah sawah berceceran, dan jalan jalan mengular. Gue bagai melihat miniatur Ambarawa nyata!! Ditambah lagi dengan udara sepoi sepoi yang menyusup lembut ke celah serat serat jilbab. Terbaca lebayyy, tapi percayalah gaesss.... kecantikan alam yang disuguhkan dari puncak bukit Bandungan, di tepi tebing dengan pagar yang berdiri sejajar ini juga lebayyy! Kereeeeeeeeeeen bangettt!! Gue jadi inget perjalanan gue ke Umbul Sidomukti tempo dulu atau perjalanan meniti gunung Andong bersama teman teman cool gue tiga tahu lalu. Melihat alam nan mempesona dari pucuk begini bikin hidup gue terasa lebih sejuk, serasa segala beban tertiup angin menghilang ditelan lembah, serasa segala persoalan hidup merosot turun melewati tebing dibawah kaki kaki gue. Intinya, SUSAN SPA AND RESORT ITU INDAH BANGET! Itu.

source


Salah satu agenda yang nggak boleh terlupakan saat pulang kampung adalah mencoba tempat wisata baru gaes. Seiring dengan menjamurnya social media sebagai pameran online nan gratis, seiring dengan berjamurnya orang orang yang ingin ngehits dengan berfoto di tempat tempat keren buat diupload, maka semakin berlomba lombalah orang membuka tempat tempat wisata baru yang menyuguhkan keindahan alam Indonesia. Salah satunya adalah Susan Spa and resort yang terletak Di Dusun Piyoto, Bandungan- Semarang. Dan akhirnya gue bisa menuntaskan keinginan gue untuk menjelajah di tempat wisata yang satu ini. Pulang kampung terakhir, saat Tahun Baru sebenarnya gue juga punya rencana buat mampir ke sini. Tapi untung tak bisa diraih malang tak bisa ditolak, wisata gue ke Umbul Ponggok, Klaten berakhir nestapa dan kaki gue harus dijahit dua. Plan mampir ke tempat ini pupus sudah.

Alhamdulillah kali ini gue udah seterong kembali. Sesuai kesepakatan bersama temen temen gue, kita akan melepas rindu kali ini di Susan Spa.

“Gampang Ke, tinggal kamu naik terus ke Bandungan. Begitu kamu sampai di pasar Bandungan, belok kanan sekitar 50 meter, lalu sampai di pos Polisi kamu belok kiri dan naik lagi sampai kamu liat ada petunjuk ke Susan Spa. Dia ada di sebelah kanan.”

“Ah, andai cari arah hidup bisa segampang itu, pak...”

“Apa Ke?”

“Oh, nggak Pak. Ike pergi dulu. Assalamualaikum.”

Berkat Bapak gue, gue nggak perlu Maze atau google Maps. Jam 10 pagi, tertanggal 10 Juli bersama motor milik Bapak gue berangkat. Dan memang gampang banget kok cari Susan Spa.

Begitu motor terparkir dengan aman, gue segera masuk.

Cekling!! 25ribu melayang. Tapi gue sama sekali nggak menyesal, gaes. Kenapa? Karena dibandingkan dengan sajian pesona alam yang akan gue liat, 25ribu itu kelewat murah. Dan yang bikin gue ternganga lagi adalah tiket seharga 25ribu ini bisa ditukar dengan makanan di dalam. Bisa snacks yang dijual di taman, dan juga makanan berat yang dijual di restoran mewah di dalamnya.

source

Begitu gue masuk, gue bisa liat taman luas dengan rumput yang terawat, dikelilingi oleh koridor penuh tumbuhan merambat sebagai kanopinya dan juga beberapa gazebo untuk sekedar bersantai. Bahkan di salah satu sudut taman, gue bisa liat beberapa burung Merak, rusa, dan ayam! Dan liat, si Merak cantik lagi pamerin sayapnya.



Pembangunan Susan Spa dan Resort ini kayaknya penuh perencanaan yang matang. Di bagian paling puncak gue bisa liat hotel bersusun yang terlihat megah, lalu ada juga restoran dan kolam renang air hangat setiap Minggu. Dan yang paling bawah ada ini nih, gaes! Icon paling nge-hits seantero Susan Spa and Resort.

source
LAKANA CHAPEL!

Dan ini adalah foto master-piece gue yang berhasil diabadikan oleh Uma selaku fotografer dadakan gue.


Dan di belakang chapel, gue bisa melihat pemandangan sekenyangnya! 

Recommended banget buat penyuka alam dan penyuka foto. Tapi, nggak cuman mengabadikan moment aja, banyak hal yang bisa kita lakukan di sini.

LALU, BISA NGAPAIN AJA YA DI SINI?

1. MENGINAP  
 
Untuk yang ingin berwisata bareng keluarga, tempat ini recommended banget! Dan begitu keluar balkon, kita bisa liat langsung pemandangan spektakuler di bawah chapel putih menjulang. Dibandingkan dengan hotel di Jakarta, penginapan di Susan Spa juga tergolong murah meriah, mulai dari 500ribuan per malam. Wuuu, kapan kapan gue harus nginep ah!


2. MENIKAH

Nah, bagi yang belum menikah, nikah di Susan Spa itu keren bangeeeeetttt. Dan gue rasa emang tempat dan pernak perniknya/dekorasinya itu mendukung banget buat resepsi. Kalo kalian  kebetulan seorang Katolik/Kristen, bisa banget tuh pemberkatan pernikahannya di chapel, dilanjutkan resepsi di taman/parknya. Bayangin aja nikah di pucuk bukit, dengan pemandangan bentangan kota Ambarawa di bawah langit biru berarak putih. Romance!!

source

3.  PACARAN

Gue tengok kanan, tengok kiri, gue hitung. Banyaaak!! Mungkin emang dingin dingin begitu enak kali ya gaes buat pacaran. Gue lalu mengadakan survey. Kebanyakan mereka pacaran di gazebo sambil makan pisang goreng, atau di belakang kapel sambil suap suapan es krim, atau ada juga yang di balkon panjang di sisi kanan sambil foto foto pake tongsis, baju kembaran. Suasana yang romantis dan hawa yang dingin emang kayaknya asik buat pacaran di sini. Tapi, sepertinya lebih enak kalo udah halal, gaes.... Mau dilanjutkan menginap di suite roomnya juga boleh.

sing sabar ya gaes....
Tapi,bagi para jones jones abadi jangan berkecil hati. Kalian tetap bisa ke sini dengan pikiran terbuka dan hati tulus ikhlas, kok..kalian masih bisa melakukan hal hal di bawah ini.

4. MAKAN BARENG

Nah, ini dia yang gue lakuin bersama dengan dua temen gue. Kita makan bareng sekaligus ketemuan. Maklum, kita sudah terpisah jarak. Gue merantau di Jakarta, Uma menyeberangi selat Alor menuju Lombok, sedangkan Dany masih betah di Bandung. Sebenarnya masih ada personil satu lagi yang nggak bisa ketemuan, yakni Ellena yang juga masih betah di Jogjakarta. 
Umami, Dany, Meykke. Ied Gathering 2016. Cucok!
sambil berbincang sambil menikmati pemandangan, gaes...
See?? Pas banget tempat tempat yang menyejukkan hati dan melegakan dompet ini buat kita.

makan siang kita di sini lho. Walau terlihat mewah, tapi makanannya murah!

Dengan uang 25ribu itu gaes gue bisa dapat pisang karamel se-sterofoam penuh! Sampai nggak habis coba. Udah gitu, dengan uang 20ribu saja gue bisa dapat milky cheese toast yang rotinya setebel komik Doraemon gabungan jilid 1 sampai 6! Gue yang liat temen gue yang biasanya beli roti donat kepes kepes gitu aja  dihargai 8ribuan atau kopi yang rasanya kayak kopi sachetan seharga 50ribuan langsung girang! Intinya, selain tempatnya yang romance, makanan di Susan Spa ini juga recommended bangett!!

5. FOTO FOTO

Nah, ini dia! Ini juga salah satu alasan utama kita ketemuan di sini. Foto! Karena emang banyak banget spot yang bisa dieksplorasi buat dijadiin background. Bisa di tepi tebing berpagar, di depan chapel, di lantai atas kapel, di taman Eden, di lorong lorong, di mana aja. It’s just perfect for photoshoot! Dan buat yang mau foto pre-wedding atau post-wedding, tempat ini juga asoy banget! Kalau nggak percaya, nih....




walau usia udah seperempat abad, tapi pose masih anak SMA. Maklumin ya gaes..


kalau foto pas sore hari jadi eksotis.

tembok pun bisa jadi background foto yang ciamik.

ini sebenernya gaya apa ya gaes? Dia sebenernya mau foto apa mau berubah jadi Power Rangers?

pose menikmati pemandangan alam.

6. BERENANG

Buat yang suka berenang sambil liat pemandangan, buruan gih ke sini. Harga tiket masuknya sekitar 65an ribu tapi kita bisa berenang dengan air hangat setiap Minggu. Lumayan,khan? Apalagi bonusnya pemandangan yahuuud. Cuman jangan berenang sama pacar ya gaes...Karena itu bahaya.

source

7. NGILANGIN STRESS

Ini gue banget!! Setiap hari di Jakarta gue bergumul dengan kemacetan, jalan berdebu, polusi udara, manusia banyak rupa dan hati yang berbiku biku. Begitu gue sampai sini, lalu gue liat pemandangannya, gue rasakan belaian syahdu angin sepoi sepoi, udara nan sejuk dan mentari menghangatkan, serta teman teman lama, stress gue Cuma tinggal cerita, gaes. Gue juga menemukan banyak inspirasi buat nulis dan melanjutkan kehidupan selanjutnya.


8. SPA, JAKUZI, DAN SAUNA

Nah, bisa banget buat para wanita yang ingin berlibur sembari mempercantik dan memoles diri. Di sini, kita juga bisa spa sekaligus ngerasain berendam di air panas dan berdiam di ruangan bersuhu tinggi demi menghempaskan lemak lemak jahat dan kulit yang lebih sehat. Seperti yang gue baca, spa di sini dibandrol mulai harga 190ribu. Not too expensive dibandingkan dengan salon salon di Jakarta yang biasanya dibandrol seharga 250.000

Gue harus nyobain kalau ke sana lagi!

Dan sebenarnya masih banyak lagi sih kegiatan yang bisa dilakukan di sini, seperti meeting, olahraga/gym, guling guling di rumput, nembak pacar,balikan sama mantan, atau menemukan arti hidup sesungguhnya. Tergantung pribadi masing masing dalam menyikapinya.

Yang pasti, kunjungan gue kali ini sangat mengesankan. Apalagi gue bisa bertemu dengan teman teman lama gue. Perasaan baru kemarin kita nungguin bis SARI/ESTO tiap pagi pagi buta buat berangkat sekolah, sekarang udah pada dewasa.

Sore itu gue pulang dengan hati gegap gempita. That moment has already passed, but this story never lasts!

Dan seperti yang sudah sudah, di tiap tiap kejadian yang terjadi di hidup gue selalu membawa pesan moral/life-lesson tersendiri. Dan yang bisa gue petik dari tempat itu adalah pelajaran hidup
nomor 178,

“Good friends and good place will always bring us to the good life.” Itu.  

Thankyou, friends!!




6 comments:

  1. Aaaaaaaakkkk Bandungan. Aku pernah kesini tapi rada kecewa. Tapi aku nggak ke tempat SPA nya itu. Ternyata tempatnya keren banget ya. Ntar kalo kesana lagi harus nyoba masuk ke situ. Biar bisa dapet view buat foto-foto yang bagus. Ehehehehe.

    ReplyDelete
  2. semarang.....ku kurang paham sama tempat tempat elite kayak gitu :v. pahamnya cuman kayak kfc, pizzahut, mall gede. udah itu doang yang saya tau......muehehehe

    tapi klo dilihat dari tempatnya, itu kayak di ketinggian 50 meter diatas tanah, serem tapi indah saat melihat sunset. kakak juga suka selfie ya??? aku orang yang paling anti selfie :v

    ReplyDelete
  3. Ini di Semarang ya mbk, temenku yang kuliah di Semarang juga juga cerita kalau dia pernah ke sini, wah aku nih yang belum pernah hehe, gak ada yang ngajak soalnya.

    Yang kamu maksud Waze atau Maze mbk? Heee setauku Waze deh.

    Berarti kalo dateng kesitu harus bawa pasangan ya mbk, biar gak baper lihatin orang pacaran, apalagi udaranya dingiin, bisa kedinginan karena kurang kasih sayang nih.

    Mungkin kalo ke sana aku gak akan banyak foto tentang diriku, karena aku gak bisa berpose pas foto, wkwkw meskipun gaya anak SMA juga gak bisa.

    ReplyDelete
  4. Wah keten banget ya mbak mey, aku tadi pikir itu tempat spa ngapain jauh jauh di atas bukit gitu, apa ada yanh mau spa, secara di benakku tempat spa itu ya tempat pijet yang modern hrhehe

    Ternyata ada resortnya juga tempat makan, tempat nikahan dsb. Kece deh. Asik kali ya nikah di situ, wihh ditemani semilir angin dataran agak tinggi. Tapi ini kalo ngomong sama ibuk pasti akan dijawab. Emang kamu punya pacar!
    Antiklimaks

    ReplyDelete
  5. Emang bener tempatnya bisa ngilangin stress. Kerennya kebangetan gitu, ada tempat yang kayak di negeri dongeng. Tempatnya bersih dan rapi juga, bakal betah banget kalau main kesana. Kapan nih kesana lagi? ajak-ajaklah hehe

    ReplyDelete
  6. hahahha ini tempat hits banget, kebetulan semarang cukup deket ama jogja, temen2 aku udh pada kesana, aku belooooom.. pengen bgt :D boleh nih kayaknya buat prewed

    ReplyDelete