MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

SUNSET ROMANTIS DI PRANGTRITIS, JOGJAKARTA

SUNSET ROMANTIS DI PRANGTRITIS, JOGJAKARTA
Add Comments
Minggu, 19 Februari 2023

Memandang kilatan sinar mentari senja yang terpantul air laut dan meninggalkan cahaya kecoklatan yang membias sedemikian rupa. Anak anak ombak menjilat kaki lalu pergi. Tapi kenangan menatap cahaya senja nan romantis di pantai Parangtritis tak akan bisa lekang dari hati. Iya, aku dekap erat erat di sanubari, lalu aku tuliskan di sini. Siapa tahu bisa menjadi oleh oleh kelak saat yang senja bukan hanya hari.

Siapa orang Jawa yang nggak kenal dengan Parangtritis? Kayaknya semua pasti tahu Parangtritis ya wak. Tapi nggak semua tahu bahwa Parang Tritis semakin hari semakin berubah dan berkembang. Duluuuu waktu buibu ini masih balita, kami sering kali ke Parangtritis setelah Lebaran macam ini.

Parangtritis, 1995

Dulu, pantai ini masih kosong tanpa wahana dan minim fasilitas. Masih asri dan natural begitu. Tapi, pastinya sangat berbeda dengan sekarang. Parang Tritis nowadays menawarkan banyak wahana dan fasilitas yang oke punya. Let's say dokar, kuda, ATV, payung pantai berikut tikar, bahkan kolam renang air tawar!! Woww!!

Tak hanya itu, pantai ini juga menyimpan cerita mistis yang semua orang mungkin sudah dengar, yaitu legenda tentang penguasa laut selatan, Nyai Roro Kidul. Hingga saat ini pun, banyak sekali warga sekitar sampai wisatawan dari berbagai daerah percaya bahwa Pantai Parangtritis merupakan pintu gerbang Istana Kerajaan Laut Selatan.

Cerita di pantai Jogja lainnya :

Liburan Seru di Acala Ayu Resort, Jogja

Berburu Sunset di Pantai Baru, Jogjakarta

Keelokan Pantai Goa Cemara, Jogjakarta


PERJALANAN MENUJU PARANGTRITIS

Dengan membawa misi mengantar kami bertiga ke Jakarta yang kemudian Pace akan merantau ke benua seberang, kami sekeluarga besar ke Jogjakarta. Karena jika ke pantai lainnya di Gunung Kidul terasa sangat jauh, jadilah kami ke Parang Tritis untuk meluapkan kerinduan pada ombak yang berkilah kilah itu.

Sebelumnya kami sempat makan siang di daerah Magelang, lalu langsung melanjutkan perjalanan ke Pantai.



BISA NGAPAIN AJA DI PARANGTRITIS?

BANYAK! Kita bisa melakukan banyak hal di sini karena memang wahananya sudah selengkap itu dibandingkan dengan pantai pantai lainnya. Sepertinya ini memang pantai dengan fasilitas terlengkap di Jogja ya, gengs.

1. Naik dokar

Sayang rasanya kalau liburan ke sini tetapi nggak sempat berkeliling naik dokar. Apalagi ke sininya mendekati sore jadi suasana nggak terlalu panas dan sumuk. Daaaan, akhirnya kami naik dokar dari ujung ke ujung sambil menikmati pemandangan air laut berikut langit cerah di sebelah kiri dan suasana orang orang berkumpul dengan segala kegiatan yang ditawarkan di sebelah kanan. Sembari merasakan angin sepoi sepoi. Syahdu!

2. Main ombak

Kalau ke sini jangan lupa membawa baju ganti ya, bun. Karena kayaknya kalau nggak basah basahan itu ada yang kurang gitu. Julio dan Maesya berikut tantenya juga terpantau terlampau girang karena bisa menangkap ombak, berlari mengejar dan dikejar ombak, dilanjutkan dengan bermain pasir di pinggiran pantai. 

3. Berfoto Ria

Pokoknya ini wajib! Apalagi dengan latar belakang ombak landai dengan langit keemasan. Walaupun sebenarnya pantai ini ramai bangettt, tapi karena berenang di sini itu dilarang, jadinya jika kita berfoto di pinggir pantai, keliatan pantainya eksklusif ini. Nggak banyak bocor ya, genks.

4. Piknik

Itu sebabnya di sini banyak payung pantai mengembang. Kita bisa lho menyewa tikar, yang mungkin harganya 50k kali ya, wak. Nah, di sini kita bisa buka bekal kita sembari melihat pemandangan laut dan makan. Enak banget kali ya rebahan di pinggir pantai sore sore..

5. Naik kuda

Kalau pingin lebih menantang, kita bisa naik kuda. Jadi bayangin aku naik kuda pakai gamis hitam yang bahannya jatuh gitu terus ngebut. Wah, keren bangett kali ya bisa berkuda di pinggir pantai macam Shireen Sungkar.

6. Naik ATV

Wahana challenging lainnya adalah naik ATV, cocok untuk para jiwa petualang. Buat siapa saja yang suka sport sambil menikmati senja, bisa banget naik ATV untuk mengeksplorasi pantai dari ujung ke ujung. Tarifnya 50k sampai 100k per setengah jam.

7. Berenang air tawar hangat

Ternyata, ada juga lho kolam renang semi permanen di pantai ini. Jadi, teman teman yang setelah berenang di pantai, bisa banget berenang di sini sekalian bilas dan menghangatkan badan karena airnya hangat suam suam kuku. Nah, setelah berenang atau main air di sini, bisa bilas lagi di kamar bilas/toilet yang sudah disediakan. Jangan takut pasir akan mengotori kolam ini karena sebelum nyemplung kita harus bilas dulu di samping kolam renang. Seru khan!

HARGA TIKET DAN JAM OPERASIONAL

Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pk 17.00 maupun kendaraan pribadi.

Harga tiket masuk pantai ini Rp 10.000 per orang dimana sudah termasuk tiket masuk Pantai Parangtritis dan Gumuk Pasir Parangkusumo. Pantai ini buka setiap hari dari pagi hingga malam.

Jadi, kapan nih ngajak keluarga ke sini?

GALERI PERJALANAN





Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)