Liburan Seru di Acala Ayu Resort, Jogjakarta

Liburan seru di Acala Ayu Resort, Jogjakarta

Sambil bergoyang goyang di hammock yang tertambat di dua pohon, aku memandang kilahan air laut di kejauhan, membentang tenang sejauh mata memandang. Biru. Di tepian, ombak susul menyusul, saling menabrak karang lalu terhempas kembali ke tengah lautan, menyisakan suara super menenangkan. Terlebih lagi angin sepoi sepoi sejuk yang menyapu wajah, tangan, kaki. Kolam renang yang langsung menghadap ke lautan menambah indahnya pemandangan. Baiklah, aku nobatkan piknik kali ini sebagai piknik terindah tahun 2022, sekaligus rewards untuk diriku sendiri karena telah bekerja keras, sabar, dan menahan diri. Hehehe...

Hammock di Acala Ayu resort, Jogjakarta

That's why, piknik ku kali ini hanya bersama dua sahabat kerenku, Miss Ivy dan Miss Wulan. Nggak bawa anak, suami jauh tetapi ikhlas memberi restu bahkan uang saku. And this is time for me to enjoy my me-time for the whole 3 days. Cihuyyyy. Bisa dibilang piknik ke Jogja, terutama ke Acala Ayu ini adalah piknik dadakan setelah kedua temanku itu tiba di rumahku. Malam hari Miss Wulan searching beberapa penginapan yang langsung menghadap ke laut karena memang tujuan utama kami pergi ke Jogja adalah untuk stay di tepi pantai. Dan dapatlah Acala Ayu Resort yang ada di tepi Pantai Bluluk, Gunung Kidul, Jogjakarta. Terus gimana Mey? Seru nggak Mey?? 

Jadi begini ceritanya...

Baca cerita lainnya juga soal pantai di

Menikmati Sore di Bomisai dan Pantai Lampu Satu, Merauke

Keelokan Pantai Goa Cemara di Ambang Subuh, Bantul

Bersua Kuta Nan Super Jelita, Lombok


KONSEP, DESAIN DAN FASILITAS ACALA AYU RESORT 

Konsep, desain dan fasilitas Acala Ayu Resort, Jogjakarta

Nggak pernah ngebayangin sebelumnya sih bakalan bisa nginep di resort yang ada di tepi tebing di perbukitan karst dan langsung menghadap ke pantai dan lautan lepas di depannya. Namanya juga tebing, jelas kita harus berdamai dengan banyak anak tangga untuk bisa pulang-pergi pantai. Kamar kamarnya berundak dengan nuansa menyatu dengan alam karena semua material bangunan terdiri dari kayu dan bambu. Yup, Resort yang beroperasi sejak Agustus 2022 ini memang mengusung nuansa back-to-nature.

Masuk ke dalam, nuansa alam semakin terasa dengan karpet rumput, ornamen ornamen kayu, kain dan tali temali serupa resort resort dengan vibe Bali. Ada pula jendela lebar yang bisa dibuka demi sapuan angin sepoi sepoi. Untuk fasilitasnya, di dalam kamar tersedia satu kasur besar, satu ayunan bertali, dan meja, serta kipas angin. Kita juga akan mendapatkan satu set alat mandi gratis.

Tak lupa toilet bersatu dengan alamnya, yaitu toilet semi terbuka tanpa atap di setengah areanya dengan tanaman tanaman di sisi belakang dan batu batuan besarnya. Mandi di sini berasa kayak Nawang Wulan. Tapi santay, keamanan InsyaAllah terjamin dan nggak bakal ada Jaka Tarup berkeliaran. Aku jadi bayangin kalau lagi mau mandi, eh ternyata hujan. Bisalah itu mandi pakai shower sekalian hujan hujanan. Karena memang terbuka gitu atapnya, gaes. Oiya, kita juga bisa kongkow di teras kamar sambil bersantai di bean bag atau bantal lesehan yang tersedia.

Sekarang, kita mau berkeliling Resort nih. Duh, seneng bangetttt memang. Spot yang paling aku suka adalah taman kecil di tengah gazebo gazebo dengan hammock yang menggelayut di antara dua pohon yang langsung menghadap ke Pantai Mbluluk. Bisa banget nih kita leyeh leyeh di hammock sambil ngeliatin laut biru dengan suara ombak tak ada habisnya, dan angin sepoi sepoi yang bikin ngantuk. Nggak takut panas juga karena di sekelilingnya berdiri banyak pohon pohon rindang. 

Bersantai di Acala Ayu resort, Jogjakarta

Selain taman kecil, resort ini juga difasilitasi area makan semi outdoor dan outdoor dengan icon berupa kapal kecil yang bertulisan Acala Ayu Resort. Kita bisa makan sambil kongkow di puncak tebing, duduk di kursi kayu lengkap dengan meja kayu memanjang sambil melihat pemandangan atau makan di area semi outdoor dengan atap yang tetap bisa sambil melihat pemandangan laut. Untuk tamu penginapan, kita juga akan mendapatkan sarapan gratis setiap pagi, yaitu Sego Gandhul Khas Gunung Kidul. Teman teman yang membawa sanak saudara ke sini juga bisa lho request barbeque time di sini malam malam. Khan seru banget tuh...

Resto outdoor dan semi outdoor di Acala Ayu Resort Jogjakarta

Untuk melihat sunrise, teman teman bisa mencoba di spot sebelah kiri yang langsung menghadap ke perbukitan sampingnya dimana matahari menyembul. Kita bisa duduk duduk di kursi malas atau sekedar duduk di tepi kolam renang sambil melihat sunrise yang MasyaAllah indahnya.

Melihat sunrise di Acala Ayu Resort Jogjakarta

SPOT SPOT MENARIK DI SEKITAR ACALA AYU RESORT

Spot spot menarik di Acala Ayu resort, Jogjakarta

Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Kiranya peribahasa itu cocok sekali disematkan untuk para pengunjung Acala Ayu. Why? Karena saat kita menginap di sini, kita nggak hanya bisa ke 1 pantai saja, tetapi ke banyak pantai hanya dengan berjalan kaki saja. Iyes, cuma turun dan pilih mau ke kanan, ke kiri atau lurus. Setiap pantai juga menyuguhkan pesona yang beragam. Dan karena kami bertiga pecinta pantai sejati, pastilah di dua hari itu kami selalu mantai dari satu pantai ke pantai yang lain. 

1. Pantai Mbuluk

Pantai Mbuluk Jogjakarta

Nah, pantai ini ada tepat di bawah atau di depan Acala Ayu. Kita tinggal menuruni anak tangga saja, lalu lurus. Ada dua bagian pantai di sini, di kanan karang bergazebo atau sebelah kiri karang bergazebo. Kalau di sebelah kiri, kita bisa nih foto foto di pintu guanya atau bisa uji nyali dengan masuk ke gua bawah karang. Di sini kita benar benar bisa melihat dari dekat ombak menabrak karang dan pecah. Serem tapi.

Agak ngeri sih, tapi seruuu..

Kalau di sebelah kanannya, kita bisa duduk duduk di batu sambil main air dan menantang ombak. Seru sih karena ombaknya kenceng gaes jadi bisa terpelanting kalau nggak pegangan. Tapi mandi mandi di sini nggak bakalan kepanasan karena matahari tertutup karang di samping kirinya kan. Jadi, aman deh nggak gosong gosong amat.

2. Pantai Baru

Pantai baru Jogjakarta

Untuk bisa ke pantai Baru, setelah menuruni tangga Acala Ayu kita bisa mengarah ke sebelah kanan dan meniti jembatan yang melewati pantai Mbuluk tadi. Setelah itu, teman teman bisa mendaki bukit sedikit. Nah, di balik bukit itulah pantai Baru berada. Berbeda dengan pantai Kukup yang memang banyak pengunjungnya, pantai ini serasa milik pribadi karena sepi sekali. Walau bibir pantainya pendek, tetapi tetap seru untuk foto, terlebih di sore hari.

3. Jembatan Melingkari Karang dan Pantai Tersembunyi di Bawahnya

Wisata seru di Acala Ayu Resort Jogjakarta

Entah memang nggak ada namanya atau aku saja yang lupa namanya apa. Spot ini salah satu spot favorit aku. Karena apa?? Kita bisa memutari karang dengan berjalan di jembatan. Dan jembatan itu langsung menghadap ke laut. Di ujung jembatannya juga kita bisa bersantai di atas karang karena difasilitasi dengan kursi kayu juga di tepi karangnya. View dari sini benar benar gokil sih karena kita bisa melihat laut dari dekat juga dari atas. 

Setelah puas menyaksikan panorama dari atas, kita bisa turun ke bawah dengan kembali meniti jembatan kayu dan violaaa...kita menemukan pantai tersembunyi di bawahnya!

Pantai ini berada di antara dua karang besar tetapi cantiiiiik dan pasirnya juga kuning dan halus. Di pantai ini ombak tidak terlalu kencang seperti di pantai Mbuluk karena sudah terpecah di karang depan sebelum menyentuh pantai. Hanya saja, jika ingin ke pantai ini, jangan sampai setelah jam 5 sore karena air laut akan naik dan pantainya akan menghilang. 

4. Pantai Mesra

Pantai Mesra Jogjakarta

Mau pantai dengan bibir yang lebih panjang dengan fasilitas yang lebih mumpuni serupa warung warung dan taman tepi pantai? Teman teman bisa jalan ke pantai Mesra. Nah, pantai ini ada di sebelah kiri Acala. Kita perlu jalan sedikit melewati jalan resort lain sekitar 5 menitan dan violaaa...sampai deh di pantai Mesra.

Pantai ini sudah lebih ramai sih, tapi tetap indah kok apalagi kalau ke sananya pagi hari macam kami. FYI, kami ke sana jam setengah delapan pagi dan benar benar pemandangan indah, segaaaarrr. Pasir masih bagus karena belum banyak cap kaki manusia, dan karena matahari masih di ufuk timur, untuk foto pun sangat perfect! Tak mau menyia nyiakan kesempatan, kami langsung menggunakan jasa foto keliling dengan harga 5k/foto yang nanti ditransfer ke device kita ( Hanya bisa android ). Mas fotonya juga menyenangkan karena nggak hanya asal foto, tapi kami juga diarahkan dengan berbagai pose layaknya seorang model. Hahaha..


Pantai Mesra Jogjakarta

Dan jadilah foto foto kami ini. Kapan lagi kan jadi model di tepi pantai.

Setelah berfoto, kami juga sempat minum es kopi di salah satu lapak penjualnya sambil transaksi foto. Lapak lapak disusun sedemikian rupa dan terlihat cantik karena ada taman beserta kursi tamannya di tengahnya juga.

Selain itu, di hari ketiga, aku juga sempat kembali ke pantai ini lagi untuk mengambil kerang dan pasir untuk dibawa pulang demi mainan sensory Julio. FYI, memang pasirnya kayak ketumbar berwarna kuning cantik gitu dengan kerang kerang yang lucu lucu.  

5. Pantai Kukup 

Pantai Kukup Jogjakarta

Dari semua pantai yang aku sebutkan tadi, pantai inilah yang paling ramai dan memang paling terkenal. Pantai ini dilengkapi dengan parkiran untuk wisata, jajaran tenda/lapak penjual yang beraneka ragam, mulai dari makanan dan minuman sampai mainan untuk anak anak. 

Ombaknya pun nggak kencang karena sudah terpecah oleh karang di depannya. Ada juga spot di depan karang yang terlihat serupa gua yang teduh dengan ombak landai; sangat cocok untuk anak anak yang ingin bermain di tepi pantai. 

Spot anak anak bisa bermain pasir dan ombak landai

Selain itu, ada juga karang besar beserta jembatannya. Ada beberapa pengunjung juga yang menikmati pemandangan dari atas karang itu. Memang bibir pantai Kukup ini panjang dan nyambung dengan pantai Mesra di sebelah kanannya. 

Kami juga sempat makan mie dan bakso di lapak ujung paling dekat dengan pantai. Penjualnya ramah kali. Saking ramahnya sampai minjemin motornya buat beli pembalut di Indomaret terdekat yang ada di pertigaan sebelum pantai. 

Kelima pantai itu sudah lebih dari cukuuuup untuk bisa dieksplorasi satu satu dalam waktu tiga hari dua malam. Semuanya unik, semuanya cantik, dan kami sangat bahagiaaaa. Bener bener deh piknik kali ini menyenangkaaaaan.

TIPE KAMAR, HARGA DAN MENU MAKANAN


Kembali ke Acala Ayu, aku sempat ngobrol ngobrol dengan penjaga Acala Ayu. Untuk sekarang, kamar yang tersedia dia Acala Ayu adalah 6 Couple Room dan 2 Family Room. 

Nah, berikut harga dan fasilitas yang ditawarkan.

1. Couple Room

Kapasitas untuk dua orang, maksimal tiga orang. 

Harga weekday 400k, sedangkan weekend 500k/malam.

Fasilitasnya adalah sarapan gratis, peralatan mandi dan gratis memakai kolam renang.

2. Small Family Room

Kapasitas untuk empat orang dewasa dengan dua tempat tidur

Harga weekday 600k, sedangkan weekend 800k/malam

Fasilitasnya sama dengan Couple Room

3. Big Family Room

Kapasitas untuk 6 orang, maksimal 8 orang dengan tiga tempat tidur. Satu tempat tidurnya berada di loteng. 

Harga weekday 800k, sedangkan weekend 1 jutaan.

Fasilitasnya sarapan gratis, peralatan mandi untuk 4 orang, kitchen mini dan bebas menggunakan kolam renang. 

Aku sendiri kemarin memilih couple room untuk bertiga dan dapat harga 440k/malam. Biar puas, kami pesan untuk dua malam sekalian. Makanya begitu sampai sana kami langsung memesan makanan karena saat itu sudah sore dan kami mulai oleng karena nggak makan siang. 

Sore itu kami mengambil paket A seharga 140k untuk 4 porsi. Isinya ada 4 ekor ikan goreng, sayur, tempe goreng dan udang goreng. Nasi melimpah ruah sampai kami nggak habis. Rasanya enak bangettt, apalagi sambal matahnya. Pokoknya pas di lidah.

Paling enak sore sore di makan di area resto outdoor paling atas sambil ngeliatin pemandangan laut. Udah gitu alhamdulillah banget kemarin walau musim hujan, tapi begitu kami tiba, kami disambut dengan udara sejuk dan langit ceraaaaaaaaah. MasyaAllah. 

Nggak afdol ya man teman, kalau aku nggak share menu makanannya supaya teman teman juga bisa tahu nih mau pesan apa aja saat menginap di sini. Menurutku, harga makanan dan minuman tergolong lumayan muraaaaah, apalagi dengan pemandangan yang disuguhkan saat makan. Paket makanan A dan lainnya pun juga worth-it karena rasanya enak dan porsinya mantap! Tapi ingat, last order untuk makan malam adalah jam 5 sore. Jadi pastikan pesan sebelum jam itu untuk bisa makan di sini. 

Menu di Acala Ayu Jogjakarta

Oiya, untuk para tamu Acala Ayu juga mendapat sarapan gratis berupa sego gandhul khas Gunung Kidul yang isinya ada nasi, bihun/sayur, dan telur yang dibungkus daun jati. Sangat tradisional ya.

Nah, untuk penghuni Couple Room tidak diperbolehkan makan di teras kamar, apalagi di dalam kamar. Jadi makan harus di resto yang disediakan. Aku pikir karena kalau makan di dalam kamar atau teras, pasti ada makanan yang tertinggal atau bau amis yang tertinggal dan nanti tikus tikus akan berdatangan. Bisa jadi..

LOKASI ACALA AYU DAN NOMOR RESERVASI


Well, lokasi Acala Ayu ini ada di 
kawasan Pantai Mbuluk, yakni di Rejosari, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Lokasinya cukup mudah dijumpai karena terletak di antara Pantai Baron dan Pantai Kukup. Patokannya, sebelum pintu masuk Pantai Kukup, teman teman harus belok ke kanan melewati jalanan yang masih berbatu, karena belum sepenuhnya diaspal.

Waktu check in paling awal pada pukul 13.00 WIB dan check out pada pukul 12.00 WIB.

Hingga kini, Acala Ayu Jogja belum melakukan kerjasama dengan aplikasi layanan pemesanan hotel manapun. Jadi, jika teman teman ingin booking, bisa hubungi kontak WhatsApp di nomor 081-229-329-633 atau DM Instagram di @acala_ayu.

Jangan lupa juga untuk booking jauh jauh hari karena Acala Ayu selalu penuh, terutama di high season/masa liburan.

Liburan kemana lagi habis ini yaaa...

GALERY PERJALANAN KAMI


















21 komentar

  1. menyenangkan sekali bisa menikmati libura seru di Acala Ayu Resort Yogyakarta, keliatan nyaman dan pantainya juga seindah itu

    BalasHapus
  2. Mbaa, ini kameranya pakai apakah? Jernih bangeeet.
    Aku tu rencana penge nginep di Acala Ayu dari jaman awal dia mulai buka ampe sekarang belom kelakon, haha.
    Mupeng banget lihat feednya. Suma banget soalnya model penginapam tepi pantai tu.
    Bersih kan ya untuk kamar dan kamar mandinya, mbak?
    Rencanakam ah secepatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai Iphone 11 mbaa..:) Iya alhamdulillah bersih kok mbak...cuman kata temenku yang juga nginep di sana, saat dia booking kamar family, katanya banyak tikusnya. Tapi pas aku nginep di sana aman terkendali dan bersih.

      Hapus
  3. Yeayy..recharge diri bareng teman begini beneran bikin happy. Mana tempatnya se-asyik ini. Foto kalian keren berlatar view super cakep. AKu beneran bintangin artikelnya, buat keep info reservasi pengin ke Acala Ayu Resort juga.
    Btw, sepertinya ada salah ketik, buka sejak Agustus 2022, bukan tahun ini kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiiih mbak diingetin. Iya salah ituuu..semoga one day bisa staycation di sini ya Mba

      Hapus
  4. Masha Allah seneng banget liat foto fotonya. Viewnya beneran cakep banget ya. Kayanya betah kalau staycation disana sekaligus healing tipis tipis.

    BalasHapus
  5. Wah, keren2 semua nih foto2nya mbak Meykke :D Kalau jalan2 sama bestie emang lebih leluasa foto2 dll ya, beda dengan keluarga hahaha. Coba aku pas ke JOgja nginep di sini juga kapan2 mau ah. Untuk harga per kamar per malam cukup terjangkau ya. Enaknya yang family room sih. Itu mbak masuk ke dalam air yang ombak2 kecilnya mayan terasa, serem ya tapi seru hahaah mantap.

    BalasHapus
  6. Wah mba say. Seru banget sih jalan jalannya. Apalagi tanpa suami dan anak. Aih bener bener serasa me time ya bisa hahaha hihihian ama temen. Aku liat tempatnya dari foto fotonya aja, masyAllah indah banget mba tempatnya 😍. Jadi pengen liburan juga hahaha 😂

    BalasHapus
  7. Membaca tulisan ini dari awal sampai akhir, terasa di aku kalau tulisan ini ditulis dengan tenang dan di tengah suasana hati yang bahagia. Tentu bawaan setelah liburn di Acala Ayu ya. Bisa kutandai buat jadi tempat menginap kalau suatu hari ke sana. Pasir ketumbarnya mirip yang di Lombok, ingatanku jadi melayang ke sana, hampir 10 thn yang lalu. Ohiya "Resort yang beroperasi sejak Agustus 2022", sepertinya salah tulis tahun ya? :D Tahun 2022 baru sampai bulan Mei, Meyke. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mba makasih sudah diingetin ya Mba Rien...yuk liburan ke sini yuk Mba

      Hapus
  8. Kok seru banget sih ini tempatnya, wak kudu dicatat dulu nih untuk liburan ke Yogyakarta berikutnya. Apalagi lihat foto mak Meyke duduk dengan latar belakang sunrise yang indah itu jadi pengen juga foto gitu.

    BalasHapus
  9. Acala Ayu Resort tempatnya asyik banget ya. Mana mau ke pantai juga mudah dan banyak pula pilihannya. Jadi pengen juga. Catet tempatnya buat reservasi. Udah longgar ini buat jalan-jalan

    BalasHapus
  10. Beneran masih virgin gitu yaa..
    Ya suasananya, ya resortnya.. Semua masih mengandalkan informasi dari mulut ke mulut?
    Keren sekali Acala Ayu Resort Jogja.
    Aku pikir awalnya typo loo.. Hihii..abisnya namanya unik dan kiyut sekali. Acala Ayu.

    Dan ternyata..memang cantik dan memuaskan sekali berlibur di resort yang menyatu dengan alam. Aku jadi inget setting salah satu bukunya Tere Liye.

    BalasHapus
  11. cantik banget pantainya bisa biru dengan cantiknya batu karang. kalau di sini juga serba laut cuma ga ada batu karang terjal gitu kayak private beach ya jatuhnya ternyata

    BalasHapus
  12. Wah keren keren banget fotonya mbak
    Asik ya bisa jalan jalan ke pantai
    Someday kalau ke Yogyakarta lagi, mau mampir ke Acala ayu

    BalasHapus
  13. Duh Jogja udah lama banget pengen kesana dan sudah bikin itinerary jalan berdua keliling Joga bareng suamj. Semoga bisa tercapai impian keliling Jogja tahun ini

    BalasHapus
  14. mantab banget liburan ditempat yang dikelilingi pantai yang Indah, apa namanya Acala Ayu resort ya.. kudu nabung nih buat bisa nikmatin keindahan alam plus liburan menyenangkan ke Jogja nanti, serius pengen nginep disana ^^

    BalasHapus
  15. Pengen liburan ke Jogja nginepnya di deket pantai gini. Mana tinggal jalan lagi, sarapannya hadap ke laut 😍

    Lihat kamarnya emang ngga seberapa besar ya bednya. Cukup buat 2 orang gitu. Kalau ngajak anak-anak mungkin harus pilih kamar yang family.
    Masukin list nih Acala Ayu🤩

    BalasHapus
  16. wah baru tahu aku mbak ada resort secantik ini di yogya. trus tadi kupikir harga kamarnya jutaan ternyata 500an yaa. duh kapan nih daku bisa ke yogya biar bisa mampir ke sini juga?

    BalasHapus
  17. Masyaallah bagus banget mbak pantainya. Bener2 bikin aku rindu sama pantai dan tentu saja Jogja. Rindu juga sama sahabat2ku. Kapan ya bisa kayak gini. Wkkka ngarep bisa nginep tanpa anak dan suami.

    BalasHapus
  18. Masya Allah pemandangannya cantik amat ya yang pernah kukunjungi hanya Pantai Kukup, memang pantai di Gunungkidul cantik dan pasirnya putih ya...harga resortnya pun tidak terlalu mahal..apalagi hari biasa

    BalasHapus

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)