MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

Resto Kalibatur, Salatiga; Makan Sambil Main Air di Sungai Seru Sekali!

Resto Kalibatur, Salatiga; Makan Sambil Main Air di Sungai Seru Sekali!
Add Comments
Minggu, 29 Januari 2023


Teman teman pernah nggak kuliner ria di  resto gitu yang menawarkan fasillitas main air di sungai? Belum ada khan? Nah, coba deh kunjungi resto bertema alam dan super aman menyenangkan sejuk mempesona di Resto Kalibatur, Salatiga ini. Di sini, kita bisa banget menyantap berbagai menu khas Nusantara sembari basah basahan di sungai kecil nan dangkal, bersih dan jernih. Kita juga bisa berlari larian di antara pohon pohon yang menjulang tinggi macam film India. Tak hanya itu, kita juga bisa bersantai di antara para pohon menggunakan hammock yang beberapa sudah siap tergantung. Bahkan, yang mau main kemah kemahan juga bisa memilih spot makan berbentuk lesehan di depan semacam kemah. 

Di sini, mata dan perut benar benar disuguhkan oleh hidangan enak dan pemandangan mempesona di segala penjuru. Epic pokoknya!

Piknik bersama keluarga lainnya :

Banyak Tahu Dunia Penerbangan di Museum Mandala Dirgantara, Jogja

Bumi Kayom, Salatiga. Ngopi di Bangunan Industrial Modern yang Super Bersih dan Alami

Rummi Kopi Lan Tresna - Kampoeng Banyumili. Sensasi Ngopi di Tengah Taman


PERJALANAN MENUJU KALIBATUR SALATIGA

Sebenarnya spot ini nggak ada dalam daftar destinasi kami kali ini. Awalnya kami hanya ingin pergi bersama keluarga ke salah satu cafe yang sedang ngehits di Salatiga. Sayangnya, saat sampai di sana ternyata cafenya super duper rame.

Jadilah sopir yang mengantar kami harus memutar otak, mencari tempat yang cocok untuk keluarga biar semua bahagia. Dan dari Google lah akhirnya pak Nur menemukan hidden gems ini. 

Memang jalan menuju ke sini lumayan jauh, gengs. Kayak harus nanjak dan turun gitu tetapi begitu sampai, vibe sejuknya udah ngawe awe, aka melambai lambai. Udara segaarrr kayak di rumah, pemandangan sekitar juga super adem karena banyak pohon rimbun.

Yuk masuk! Eits, masuknya gratis ya..

FASILITAS KALIBATUR, SALATIGA



Fasilitas di tempat ngehits yang memang baru buka di tahun 2020 ini juga awesome, gengs. Kita bisa melakukan beberapa kegiatan seperti berikut.

1. Mainan air di sungai dangkal



Kayaknya sih ini bukan kayak yang benar benar sungai gitu tapi macam parit/selokan besar gitu ya, tapi super bersih. Arusnya masih aman karena nggak kencang dan juga dangkal. Jadi, anak anak macam Julio dan Maesya pun sangat aman bermain di sungainya, tentu dalam genggaman orang tua. Mungkin yang perlu diwaspadai adalah ular yang tersesat di sana ya. 

2. Berkuliner di samping sungai/di area hutan



Jadi, di sini itu kayak ada dua area gitu. Yang satu adalah area sungai, dimana selain bermain air kita juga bisa makan di pinggir sepanjang sungainya. Di sini, kursi kursinya memang lebih estetik gitu plus lebih enak sih karena kita bisa makan sambil ngeliatin anak anak bermain air. Namun, karena kami mengajar Akung yang susah jika harus jalan sampai sana jadi kami memutuskan untuk makan di area macam hutan.

Nah, area di samping sungainya adalah area macam hutan gitu karena kita makannya di sela sela pohon pohon tinggi yang menjulang. Selain makan di kursi, kita juga bisa makan di gazebo, bahkan di macam tenda gitu. Seru deh!



Nggak lengkap rasanya kalau kesini cuman basah basahan tapi nggak makan. Tenang, harganya pun juga masih standard kok gaes. Bisalah habis gajian ke sini dengan mengajak keluarga ke sini buat quality time bersama.

Pelayanannya pun juga bisa dibilang ramah. Bahkan saat hujan pun pelayannya dengan siap sedia menyediakan payung dan membantu kami untuk berteduh. Hanya saja memang pelayannya agak lama. Mungkin karena pelayannya yang masih terbatas dibandingkan dengan jumlah pengunjung yang terus membludak.

3. Berfoto!



Tempatnya yang naturalis juga bisa banget dipakai untuk berfoto foto.  Tinggal pilih, mau berfoto di jembatan kecil yang melintas di atas sungai, di sela sela pohon menjulang tinggi macam film India, atau duduk di kursi estetik di samping sungainya? 

4. Bersantai di hammock



Teman teman yang mau healing di sini juga bisa lho rebahan di hammock yang tersedia di beberapa spot di area hutannya. Bisa gitu sambil rebahan, melihat pucuk pucuk pohon di atas sana sambil memikirkan arah hidup selanjutnya, enaknya hidup ini mau dibawa kemana, gitu. Memang healing itu perlu ya. Untuk semacam kontemplasi, apa saja yang sudah kita perbuat, lalu dan rencana apa saja yang sekiranya bisa kita lakukan untuk hidup yang lebih baik.

5. Mancing di kolam ikan

Nah, sebelum hujan datang itu Pace sempat naik ke bagian atas dan di sana ternyata ada semacam kolam ikan gitu, macam tambak mungkin ya. Dan banyak ikan di sana. Bisa jadi ikan ikan di sini untuk menu makan di resto karena memang menu special di sini adalah hidangan ikan. Sayangnya, belum sampai ke sana sudah hujan deras dan akhirnya kami harus berteduh.

Ternyata, kita juga bisa mancing di sana dan hasil mancingnya juga bisa langsung dimasak dan disantap di sana.

Aku pribadi menempatkan prioritas untuk jalan jalan bersama/traveling dengan keluarga di bawah prioritas bisa beli kebutuhan pokok, bisa nabung untuk dana darurat dan nabung investasi dan sedekah, alias di atas shopping. Jadi, jika punya uang dan dissuruh pilih untuk shopping dulu atau jalan jalan insyAllah pilihan pertama jatuh di jalan jalan. Karena menurut aku, nanti anak anak saat tumbuh itu yang akan dia kenang lebih adalah kebersamaan bersama kita. 

KULINER DI KALIBATUR, SALATIGA


As I said before, kalau kuliner di sini nggak bakalan bikin kantong kempes kok bu ibu pak bapak. Harga terjangkau dan menu pun bervariasi. Most of the menu sih masakan nusantara, especially jawa yang mana pas kali dengan lidah kami ini.

Ada buanyak menu nih gengs di sini. Let's say untuk menu ikan ada ikan gurami, nila, dan lele yang dibandrol mulai dari 30k sampai 135k. Menu lainnya adalah kutuk, ayam dan berbagai sambal dari harga 5k ( untuk macam macam sambal ) sampai 45k untuk olahan bebek.

Selain itu ada berbagai menu seafood seperti udang, cumi cumi, dan kerang dari harga 30k sampai 55k. Sedangkan chinese food ada berbagai macam nasi goreng, kwetiaw, sapo tahu, segala ca, mie, capcay dan lain lain dari mulai harga 15k sampai 35k. 

Kalau lidah teman teman lebih suka yang western, oh tenang. Ada juga berbagai menu western mulai dari spaghetti, steak dari hargga 30k sampai 40k. Snack pun rupa rupa warnanya. Ada bakwan sayur, singkong, mendoan, tahu isi, pisang, kentang goreng, roti bakar, dan lain sebagainya dengan harga 15k sampai 20 k saja. Olahan daging pun tersedia lho.

Untuk minumannya sendiri tak kalah bervariasinya. Let's say berbagai minuman hangat dari teh, teh tarik, jeruk sampai yang es seperti susu, jeruk, kelapa muda, dan jus. Ada juga berbagai soda/squash, minuman coklat dan kopi. Ada juga berbagai varian kopi yang ber-brand Kopitrang Salatiga. Semua minuman dibandrol mulai dari harga 5k sampai 25k saja. 

Buat penggemar kopi pun bisa banget rebahan di hammock sambil nyeruput kopi di sini. Variasi yang ditawarkan pun beragam. Kurang apalagi coba?

Oiya, mungkin kurangnya adalah pda saat itu karena kami kan nggak persiapan buat main basah basahan jadi kami hanya membawa baju tanpa handuk. Nah, pasti dong kami butuh handuk. Pas kami ingin beli, ternyata produknya nggak ada. Saat kami ingin beli shampo dan sabun cair pun juga nggak tersedia. Yang ada hanya sabun batangan gitu.

LOKASI DAN JAM OPERASIONAL



Dilansir dari website mytrip123.com, lokasi Resto Kalibatur adalah di Desa Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah. Untuk dapat sampai kesana, teman teman harus melakukan perjalanan yang tidak terlalu jauh dari jalan raya serta kondisi juga mudah dilalui.

Dari pusat kota Salatiga jaraknya hanyalah 4,9 km dan hanya membutuhkan waktu 12 menit. Jika teman teman memulai perjalanan dari tol keluar Salatiga, maka hanya membutuhkan waktu satu setengah jam untuk tiba di Resto Kalibatur.

Untuk lebih mudahnya, teman teman dapat menggunakan aplikasi Google Maps ataupun bertanya pada warga setempat terkait rute perjalanannnya.

Jam operasionalnya adalah setiap hari Selasa sampai Minggu, mulai jam 8.30 pagi sampai jam 21.00 malam. 

Siapa yang mau ke sanaaa??

GALERI PERJALANAN


Yuk main air yuuuk!

Quality time with Ayah

Mainan air seru sekali

Jalan jalan ke hutan

Julio dan Ibuk

Bersama Uti

Difotoin Ayah



Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)