MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

LODJI LONDO UNGARAN, SENSASI NGOPI DI KASTIL BELANDA

LODJI LONDO UNGARAN, SENSASI NGOPI DI KASTIL BELANDA
Add Comments
Minggu, 29 Januari 2023

Pernah nggak sih ngopi di bangunan serupa kastil Belanda begitu? Apalagi tahu latar belakang didirikannya 'kastil' ngopi ini yang merupakan perwujudan cinta seorang Ayah untuk mendiang putrinya yang dulu bermimpi ingin punya kastil sendiri? Kalau belum, yuk mari rasakan sensasi ngopi di kastil sembari melihat pemandangan sawah dan Gunung Ungaran yang berdiri megah sebagai latar belakang.

Julio yang kala itu memang sedang gemar berjalan langsung saja dia mengeksplorasi seluruh taman dari mulai depan kastil utama sampai di bangunan kedua, tepat di samping sawah yang membentang luas berikut gunung Ungaran yang menjulang. Seseru apa sih ngopi di sini? Berikut liputannya.

Kisah ngopi lainnya :

Resto Kalibatur Salatiga : Makan Sambil Main Air di Sungai Seru Sekali

Ngopi Marathon di Atas Awan ; Pondok Panorama Resto dan Mann Cafe

Naruna Co Working and Cafe, Nongkrong Ngehits di Cafe


Konsep Cafe Lodji Londo Ungaran



FYI, Menurut KBBI ‘loji’ berarti bangunan besar, kantor atau benteng kompeni masa penjajahan Belanda di Indonesia. Dilansir dari luden.id, menurut cerita dari pak Gunawan yang merupakan pemilik coffee shop ini. Konsep bangunan kastil ini untuk mengenang putrinya yang sudah meninggal pada tahun 2013 silam. Dimana putrinya mempunyai mimpi untuk punya kastil sendiri, oleh karena itu dibangunlah bangunan kastil ini.

Jadilah coffee shop dengan dua kastil yang dipisahkan oleh taman terbuka dengan menaranya yang cukup tinggi, mengarah langsung ke persawahan yang membentang di area belakang. 



Yup! Coffee shop ini terdiri dari kastil utama dimana kita bisa memesan makanan berikut kasir dan kitchennya. Walau di luar terlihat semacam kastil belanda, tetapi begitu masuk ke dalam kita bisa merasakan nuansa minimalis dengan kursi kursi kayu di beberapa spot. Pas untuk keluarga besar yang ingin berquality time bersama keluarga.



Kastil kedua berada tepat di samping sawah dengan menara yang bisa kita naiki. Nah, di sini bisa banget jadi spot yang fundamental banget untuk dilakukan. Apalagi mengarah ke kastil pertama biar backgroundnya macam keren begitu. Contohnya begini..



Nah, di sini juga kita bisa melihat dengan lebih leluasa pemandangan yang ditawarkan coffee shop ini. Perpaduan antara cade bernuansa kastil disandingkan dengan nuansa naturalis di sekitarnya bener bener bikin cafe ini unik dan beda dari yang lainnya.

Selain makan di dua kastil ini, kita juga bisa makan di area terbukanya, yaitu di taman berumput denngan pohon rindang di sekitarnya, atau di bangku tepat di bagian belakang yang bahkan ada kursi dan meja berjajaran yang langsung menghadap ke sawah. Kalau ngeblog di spot ini mah dijami ide langsung mendep ya. Yang penting jangan pas hujan aja. 

Menu Cafe Lodji Londo Ungaran



Hmm, soal makanan sih aku pribadi not bad tapi juga bukan yang wah enak banget gitu. So so. Tapi, kopinya boleh diadu sih ini. Enak dan pas!

Untuk makanan sendiri nih, mostly makanan western dengan rate harga mulai dari 15k sampai 45k per porsi. Menu mulai dari french fries ( menu wajib di segala cafe ini mah ) untuk yang paling murah, mushroom cream soup, steak, salad, BBQ, Chicken Cordon Bleu sampai Beef Stroganoff. Tapi, untuk lidah Indonesia juga ada kok menu Nusantara serupa Nasi goreng Bang Wawan, Bakmi Jawa, Sop buntut, Ayam sambal matah dan dori sambal matah. Harganya berkisar dari 23k sampai 45k/porsi.

Nah, yang lebih variatif lagi adalah minumannya, gengs. As you know kalau cafe pasti adalah berbagai macam varian kopi. Let's say minuman berbagai varian espresso based, signature black, signature white, manual brew, milk series, sampai signature mocktail buat yang pingin seger seger. Harganya mulai dari 13k sammpai 30k saja. Bersaing kan harganya.


Lokasi dan Jam Operasional



Coffee shop ini berlokasi di daerah Bergas, Kabupaten Semarang, tepatnya di Jl. Kaprawiran No. 98, Sidorejo. Bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan dari kota Semarang. Lokasinya tepatnya masuk sekitar 1 km dari jalan utama Semarang – Solo/Jogja. Untuk lebih mudahnya bisa kalian cari lewat Google Maps dengan keyword ‘lodji londo’, titik lokasinya pas.

Masih dilansir dari luden.id, Lodji Londo mulai beroperasi dari tahun 2018, tagline di IGnya pun cukup unik, #NgopiDemiInstastory. Waktu operasional buka dari jam 11.00 – 21.00, dimana setiap hari Selasa libur. Dulu sebelum pandemi tiap hari Selasa, tempat ini juga kadang dipakai komunitas yang bernama Ruang Berkembang. Merupakan wadah untuk diskusi, musik, screening film, dll.

Jadi, kapan nih mau ngopi bak putri?? Yuk mariii...

GALERI PERJALANAN

Julio di depas kastil kedua

Sekeluarga berpose di depan sawahnya

Julio di depan kastil pertama

Minum kopi duluuu

With my sisters

Suasana di kastil pertama

Di lantai dua kastil kedua nih. Tjakep ya pemandangannya.

Spot foto yang wajib banget dicoba.

Mau pulang foto duluuu



Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)