MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

PIKNIK PINTAR KE TAMAN PINTAR, JOGJAKARTA

PIKNIK PINTAR KE TAMAN PINTAR, JOGJAKARTA
Add Comments
Selasa, 27 Desember 2022

Salah satu hal yang aku syukuri kala itu sebelum terjebak PPKM di Jogjakarta adalah karena kita sudah sempat ke Taman Pintar, Jogjakarta. Walau sepi dan terkesan agak kurang terawat, Julio cukup senang berkeliling mengekplorasi berbagai macam zona dengan pengetahuan dan informasi yang beragam. Yup, pagi itu agenda kami adalah pergi ke Taman Pintar yang juga menjadi penghubung di antara bangun penting Jogja ; Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer, dan Gedung Agung di dekatnya.

AREA YANG KAMI DATANGI

Memang Taman Pintar ini adalah salah satu tempat yang terdampak saat Corona menyerang. Begitu kami masuk ke kawasan Taman Pintar, kami hanya melihat beberapa pengunjung saja. Julio juga bisa leluasa mengejar burung yang ada di pelataran Gedung Oval berikut air mancur yang bernama Koridor Air yang membuatnya terkesima.

Baca juga cerita traveling kami di : 

Saloka Theme Park, Petualangan Bersama Keluarga

Kampung Banyumili, Tuntang - Sensasi Piknik Keluarga di Alam Terbuka

Istana Kuliner Restaurant, Sensasi Makan di Istana Bergaya Eropa Klasik


Playground



Yup, terdapat sebuah air mancur yang ternyata bernama koridor air di area playground yang juga memiliki beberapa wahana. Let's say pipa bercerita, permainan putaran, dinding berdendang, jungkat jungkit, katrol, terowongan pohon, air menari, pembangkit listrik tenaga matahari, gong perdamaian, forum batu dan tapak prestasi.

Wah, jika dibaca beberapa wahananya memang tampak sangat seruuu dan menyenangkan ya. Seandainya semua itu berfungsi dengan baik pun jelas Julio akan riang luar biasa karena dari playground pun banyak hal yang bisa dieksplorasi dan dimainkan bersama Ibuk. Sayangnya, beberapa wahana terlihat mangkrak, beberapa ada yang rusak dan terlihat tidak terawat.

Julio hanya jalan jalan di air menari sambil mengagumi para air mancur yang ada di sini kanan dan kiri. Karena matahari juga semakin terik, akhirnya kami memutuskan untuk masuk ke Gedung yang berdiri megah di depan air menari; Gedung Oval.

Gedung Oval



Untuk bisa masuk ke gedung oval dengan seambrek zona ini, kita hanya meroogoh kocek sebanyak 20ribu saja per orang. Bahkan, Julio nggak masuk hitungan karena masih kecil. 



Yang menyenangkan di zona ini adalah kami disambut dengan akuarium raksasa yang bernama akuarium air tawar dengan beberapa ikan di dalamnya. Aquarium dibangun berbentuk setengah lingkaran sehingga pengunjung Taman Pintar dapat berjalan di lorong Aquarium dan merasakan sensasi khusus karena dikelilingi oleh ikan-ikan air tawar seperti nila patin putih, koi, silver dollar, dan lain sebagainya baik disamping maupun di atasnya. 



Setelah itu,  berlanjut di zona kehidupan purba. Yups, Dinosaurs! Betapa bahagianya Julio.  Sontak dia minta berfoto di depan salah satu patung Dinosaurus. Dengan teknologi robotic alat peraga ini dapat bergerak pada leher dan kepala dengan gerak putar 30 derajat sembari mulut membuka dan menutup dan mengeluarkan suara. Rangkaian gerakan ini secara otomatis akan berulang setiap 2 menit sekali.Yang seru lagi, akan ada layar besar berikut kamera yang akan mensyuting kita berikut dengan dinosaurus 3D seakan kita sedang berinteraksi dengan mereka. Tak lupa Ibu mengabadikan momen bersama.



Salah satu zona favorit Ibuk di tempat ini adalah Dome Area. Dome Area ini dikelilingi oleh beberapa alat peraga berikut dengan penjelasannya yang berkaitan dengan hukum fisika dan sejenisnya. Salah satunya adalah Whimshurst Machine. Ini adalah mesin pembangkit listrik statis yang menggunakan induksi elektrostatis untuk melipatgandakan secara terus menerus. Alat iini bisa dioperasikan dengan tangan tanpa perlu daya listrik.


Jelas saja, Pace dan Julio mencoba hampir semua alat peraga yang berjejer di zona ini; spektrum warna, rel udara, dan lain sebagainya.

Berlanjut ke zona berikutnya adalah zona cuaca, iklum dan gempa bumi. Bahkan, ada juga simulator gempa yang sudah terkomputerisasi sehingga dapat menghadirkan guncangan gempa bumi dengan tingkatan skaala menyerupai aslinya. Sayangnya, saat kami ingin mencoba, entah alatnya emang rusak atau kaminya yang nggak bisa, kami selalu gagal untuk memulai simulasi gempa. Ya sudah, saatnya move on..

Zona tata surya juga menjadi salah satu zona yang diminati Julio karena memang dia suka everything about solar system. Zona Tata Surya adalah tempat dimana para pengunjung dapat melihat dan belajar tentang tata surya. Display tentang planet dan semesta tertempel pada zona yang terletak di lantai 2 ini. Zona ini juga telah dilengkapi dengan ICT sehingga pengunjung dapat “berpetualang” ke sebuah planet dalam sistem tata surya dan menggali pengetahuan tentang planet yang dikunjungi. Selain itu, kami juga mengunjungi zona fisika, zona gennerator van de graaf dan zona lainnya yang sarat pengetahuan.

Gedung Kotak



Ternyata oh ternyata, gedung oval itu langsung tembus ke gedung kotak, teman teman. Dan di gedung ini juga mempunyai banyak sekali alat peraga dan benda benda yang memperkaya ilmu budaya, biologi, dan segala ilmu lainnya. Saat menjelajahi gedung ini, kami bertiga mengunjungi banyak zona. Let's say zona teknologi populer, zona tepi TV, zona sahabat pemberani KPK, zona Memorabilia, Zona Indonesiaku, Zona Galeri Pusaka, Zona Olahraga, Zona Nuklir, Zona SNI, Zona KPU, Zona Panas Bumi Geothermal, Zona Air untuk Kebaikan Hidup. Selain itu, masih banyak lagi zona yang ada di gedung ini dan teman teman bisa akses infonya langsung di situs resmi Taman Pintar ini.


Yang paling menyenangkan menurut Pace adalah zona teknologi populer dengan virtual realitynya dimana kita bisa injak injak bunga 3D lalu bermain game dengan teknologi 3D juga. Julio juga terlihat gembira berada di zona Galeri Pusaka karena dia bisa memegang beberapa patung dengan baju tradisional plus bermain gamelan bersama Ayahnya. Mereka berdua juga sempat bermain semacam game di Zona Olahraga. 


Di exit doornya, kami langsung dihadapkan pada jembatan berikut semacam sungai kecil serupa ini. Sekaligus sebagai zona terakhir kami menjelajahi Taman Pintar. Tak lupa begitu melihat kucing, jiwa penyayang kucing mereka langsung meronta ronta. Kami sematkanlah sesi mengelus elus kucing terlebih dulu. Ibuk yang bertugas mengabadikan momen langsung sibuk memotret. Ibuk Julio tahu betul jika momen momen serupa ini sangat berharga, tak bisa selalu dilakukan, tak selamanya berkesempatan untuk mengalaminya bersama. 


Nanti, saat Julio sudah beranjak besar, dia bisa membuka catatan Ibuk ini dan menyicipi kembali masa kecilnya yang penuh warna, penuh kegembiraan dan petualangan. 

Petualangan kami hari ini berakhir di sebuah restoran di Plaza Ambarukmo, Jogjakarta. 


GALERI PERJALANAN









Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

  1. Ulasan yang sangat-sangat lengkap. Jadi pengen berkunjung lagi ke Taman Pintar. Dulu ramai banget, khususnya waktu liburan. Semoga semua destinasi wisata bangkit lagi paska Corona.

    BalasHapus
  2. Ini sih tempat wisata yang gak hanya menghibur, menyenangkan, tapi juga ada mengedukasi ya. Pankapan ke Jogja mau juga mampir

    BalasHapus
  3. Keren banget ya Taman Pintar?
    Saya juga akan mengajak ke sini kalo kebetulan ke Jogja bareng keponakan
    Karena pernah ke sini dalam rangka Danone Blogger Academy
    dan ngerasa sayang, kok gak bareng krucil2 keponakanku ya? ^^

    BalasHapus
  4. MashaAllah. Tempatnya luas dan bersih banget ya Mbak. Banyak sudut edukasi yang pastinya cocok untuk anak-anak berwisata sekaligus mendapatkan atau menambah ilmu pengetahuan. Bagus banget untuk field education trip.

    BalasHapus
  5. Sy sangat suka banget dg virtual reality dan game 3D. Sangat menghibur....

    BalasHapus
  6. Taman Pintar ini salah satu wisata menarik di Kota Yogya ya, Mbak. Saya pun happi pas ke sana bareng krucil. Kami sempat juga masuk ke ruang planet atau apa ya namanya saya lupa. Jadi kita duduk nonton planet dan tata surya. Saya juga suka pas ke serba terbalik. Pulangnya naik becak muter ke Malioboro.

    BalasHapus
  7. Anakku dulu juga seneng banget berjalan di koridor air tu mbak, Seneng karena di antara air yang mancur, tapi dia nggak basah.

    Semoga setelah PPKM ini resmi di cabut, taman pintar kembali terawat kondisinya ya. Sayang kalau wahana yang sarat edukasi begini terbengkalai pengelolaannya

    BalasHapus
  8. Iyaya...
    Aku jadi gak kebayang Taman Pintar saat pandemi yang sepi pengunjung karena aturan PPKM namun tetap harus dalam perawatan agar tetap apik dan berkesan.

    Seru banget main ke Taman Pintar Yogyakarta dan gak nyangka kalau seluas ini sehingga explore berbagai macam hal dari mulai nature sampai modern.

    BalasHapus
  9. Eeh seru banget liburan ke Taman Pintar Jogjakarta, banyak sekali spot foto yang Instagramable banget. Tempatnya juga bagus, next kalau ke Jogjakarta mau kesini juga deh

    BalasHapus
  10. Seru banget ya kayaknya. Meski di luar banyak yang nggak bisa dinikmati. Tapi begitu masuk gedung oval dan gedung kotak, semua jadi serba menarik ya, Kak.

    BalasHapus
  11. Jogjakarta istimewa, lembaga pendisikan terkenal juga tempat wisatanya. Wisata ini menjadi esukasi anak bersama keluarga.

    BalasHapus
  12. Super fun main di Taman Pintar ini yaaaa
    Bikin makin pinter jugak.
    Aku jg udah k sana ama kluarga.

    BalasHapus
  13. Edukatif ya Taman Pintar Jogjakarta...Senangnya bisa quality time bareng keluarga, o Taman Pintar, mungkin sepi dan terkesan agak kurang terawat karena efek pandemi ya, lengkap juga nih aneka macam zona dengan pengetahuan dan informasi yang beragam.

    BalasHapus
  14. waah serunya di Taman Pintar banyak obyek edukasi wisata anak anak yaaa
    pasti anak anak happy datang ke sini

    BalasHapus
  15. Aku udah lama ga ke taman pintar. Terakhir kapan ya. Kayaknya dah bertahun2 yang lalu. Seruu banget liat banyak permainan dan wahana edukasi di sana. Hehe

    BalasHapus
  16. Taman pintar sudah banyak berubah dari ketika saya terakhir kesana... heheh.. bener-bener wahana edukasi banget buat anak-anak ya mba Meykke

    BalasHapus
  17. Asyiknyaaaaaaaaa, Jogja. Ada taman pintar yang ada playgroundnya. Sungguh surga ini buat emak-emak seperti kita. Seru banget berada di zona kehidupan purba. Luas juga ya. Tiket masuk 20 ribu untuk menikmati ini semua worth it banget menurutku.

    BalasHapus
  18. Seneng ya pikinik sederhana hiburan banget buat anak walaupun dekat2 next kalo ke Jogja aku juga mampir ke Taman pintar ini

    BalasHapus
  19. masya Allah seru banget, aku pengen juga ke Yogya nih, kalau maen ke sini pasti bakalan happy ya

    BalasHapus
  20. Seru ya tempatnya. Jadi pengen ngajak anak anak ke sana juga. Wahananya banyak

    BalasHapus