Menjelajahi Monumen Kapsul Waktu, Merauke - Papua



“Bangunan apa ini? Kok kayak nggak biasa gini.” 

“Ini avengers kak.”

“Kok Avengers?”

“Iya. Ini monumen kapsul waktu kak. Desainnya mirip logo raksasa Avengers gitu.”

“Isinya apa?”

“Mimpi mimpi anak Indonesia” 

"Waaaah...... Kapan kita ke sini pace?" 

Dan hari ini akhirnya aku bersama dengan Pace, Julio dan para keponakan bisa menjelajahi monumen super keren ini; Monumen Kapsul Waktu di alun alun Merauke, Papua!

Baca juga:




Begitu kami memparkirkan mobil, kami disambut oleh seorang mama Papua dengan beberapa anak Papua yang memang menjaga akses masuk di ruang terbuka publik itu. Kami pikir kami harus bayar, tetapi ternyata gratis, saudara saudara.


Jalan menuju ke monumen 


Jalan kurang lebih beberapa meter dengan pemandangan lapangan luas berlatar belakang kantor Bupati Merauke, akhirnya kami sampai di samping puncak Monumen Kapsul Waktu. Tapi, kami mengurungkan niat untuk langsung naik ke puncaknya dan memilih untuk mengitari area depan puncak monumen. Di area depan itu memang ada jalan naik berbentuk lingkaran dimana kita bisa berfoto dengan latar belakang puncak Monumen Kapsul plus kantor Bupati yang ada di seberang jalan.

Bagi para pemburu foto, santuyyy. Banyak spot instagramable macam ini. 

Indahnya lagi, karena kami ke sana menjelang maghrib, kami juga bisa menikmati sunset yang tenggelam persis di balik kantor bupati. It’s breathtakingly awesome!


Pemandangan puncak Monumen berlatar belakang kantor Bupati Merauke 

Pengunjung bisa sampai di puncak Monumen dengan menaiki tangga tangga di sana. 

Tempatnya pun masih relatif bersih dengan bangunan yang juga masih terlihat baru karena memang baru diresmikan Pak Jokowi pada 16 November 2018 lalu. 

FYI, Dalam unggahan di akun resmi Facebook-nya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa di Monumen Kapsul Waktu, tujuh mimpi besar anak-anak Indonesia ditanam dalam kapsul-kapsul, disimpan permanen, dan baru akan dibuka pada 2085. Jadi, ada tujuh mimpi anak-anak muda Indonesia itu dikumpulkan lewat Ekspedisi Kapsul Waktu sejak 22 September 2015. 
Ekspedisi tersebut digelar di 43 kota di 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke. Di setiap provinsi, anak-anak muda menuliskan keinginannya dalam 70 tahun ke depan, yang kemudian disimpan permanen di monumen dan akan dibuka lagi tahun 2085 mendatang.
Nah, kenapa disebut Avengers? Karena ternyata jika dilihat dari atas, monumen ini berbentuk menyerupai markas Avengers, teman teman. 
Source : traveling yuk.com

Bahkan dilansir dari BBC.com, pak Jokowi menyebut bahwa monumen ini memiliki semangat dan jiwa yang sama seperti para Avengers. Keren banget khan!
Walaupun kami berkunjung ke sana di Sabtu sore, tetapi monumen ini nggak begitu ramai jadi kami bisa berfoto foto dengan leluasa di beberapa titik monumen. Untuk teman teman yang gemar jalan kaki pun, tempat ini sangat bisa dijadikan sarana olahraga jalan santuy bersama dengan keluarga. 


Bersama kk Kirei, kk Kinnara dan kk Kirani
Ada juga beberapa ruko yang masih belum dibuka yang katanya akan digunakan sebagai area kantin dan beberapa taman. 
Untuk teman teman yang akan berkunjung ke sini, monumen ini dibuka secara gratis dan umum pada akhir pekan/weekend. 
Sayangnya kami nggak sempat naik menuju puncak Monumen dimana di puncak itulah ditanam tujuh mimpi besar anak Indonesia yang disimpan dalam kapsul kapsul dan dilindungi cangkang besar. Tapi kami sudah puas berkeliling monumen dan mengabadikan momen bersama di sini. Apalagi udara nggak terlalu panas dan angin berhembus sepoi sepoi. 



Akhirnya, kami bisa jalan tipis tipis nih di kampung halaman Pace. Kemana lagi habis ini ya?

Galeri Perjalanan Kami











25 komentar

  1. Hai Meykke apa kabar? Lama ga berjumpa di dunia maya nih ahahahaha'
    Aku tahu monumen kapsul ini saat presiden Jokowi resmiin beberapa waktu lalu. Semoga aja mimpi-mimpi yang ditanam bisa membuat Indonesia lebih baik.
    Oh ya, udah di Jayapura berarti kamu?

    BalasHapus
  2. Eh tapi buka kapsulnya lama sekali mba 2085, Mungkin cucuku nanti menyaksikan kapsul itu dibuka. Pemandangan dan tempatnya indah dan bersih ya.

    BalasHapus
  3. wow gambarnya keren-keren. penasaran sama mimpi-mimpi anak muda Indonesia nih

    BalasHapus
  4. Uwaaaahhhh mbaaa, aku penasaran mimpi2 apa yg ditulis oleh anak2. Seandainya yaaa pada saat dibuka nanti aku jg masih bisa menghadiri :D. Keren sih idenya. Jd inget ada film yg seperti ini juga, nanam kapsul waktu.. tp ga sampe 70 THN di film. Umurku udh 100 an LBH kalo ini dibuka :D.

    BalasHapus
  5. Salam kenal dan thanks banget share sebuah tempat yang jarang orang tahu, saya juga baru tahu.... Iya benar, di foto udara bangunannya mirip seperti logo Avengers! Semangat Indonesia!

    BalasHapus
  6. yah kemana aja sih aku kemarin2, baru tau ternyata ada tempat se keren ini. makasih kak ulasannya. apa hanya dibuka saat akhir pekan ya ?

    BalasHapus
  7. Monumen kapsul nan elok, menjadi salah satu aset yang harus dijaga oleh saudara-saudara kita Pace, Papua. Kebayang spot yang masih belum lama diresmikan bapak presiden, jadi pingin jalan ke Papua nih

    BalasHapus
  8. Wahh bagus ya tempatnya.

    Keren ih uda bisa jalan2 kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woww.. Galfok sama sunset & awannya. Cantik kali mbak Meykke.
      Btw, aku baru tahu ada Monumen Kapsul Impian Anak Indonesia INI. Tapi lama sekali tahun 2085 baru boleh dibuka impian²nya.

      Hapus
  9. Ini dia cerita yang kutunggu-tunggu Mbak Meykke. Udah kepo banget lihat ig nya. Dan akhirnya memang super keren ya si kapsul ini Namanya saja udah bikin kepo. Mbak, aku belum jadi belajar ngeblog keren nih, pas ke perpus itu rencana mo janjian, tapi njenengan masih di Merauke...

    BalasHapus
  10. Masya allah tabarakallah, tempatnya indah banget yah duh kayaknya liburan kesana pasti menyenangkan, semoga saya bisa liburan kesana, aamiin.

    BalasHapus
  11. Masha allah bagus banget bangunan dan alamnya, terus kapsul waktu dan mau dibuka 2085? Aku di tahun itu sudah tua juga dong, semoga masih diberi kesempatan untuk melihat 2085 ke sana. Jauh, tapi pengin ke sana

    BalasHapus
  12. Boleh juga ini tempatnya mba, meskipun copy punya avengers tapi maknanya baguus.

    BalasHapus
  13. Cantik cantik sekali fotonya Mba. Apalagi pas banget ke sana di waktu senja ya. Makin indah. Happy lagi karena ke sana gratis dan monumennya nampak terawat.

    BalasHapus
  14. Wooot, akan dibuka 70 tahun kemudian? Lama benerr ya, kita saat itu masih ada gak ya?heheheh.

    Anyway tempatnya keren ya, spt markas Avengers pun ya.

    BalasHapus
  15. Waah keren banget tempatnya Kak, mirip sama tempat yang di Avengers. Semoga nanti ada kesempatan bat mampir kesana.

    BalasHapus
  16. Monumen yang sangat apik, jadi tempat yang wajib dikunjungi nih pada saat ke sini.

    BalasHapus
  17. Wahhh asyik banget yaa
    Jadi pengenn kesana jugaa.. view nya bikin ngiler😂😂

    BalasHapus
  18. Monumen kapsul ini bagus yah, pasti banyak yang ingin berkunjung kesana deh termasuk saya, semoga suatu saat nanti bisa kesana, aamiin.

    BalasHapus
  19. Semakin ke timur semakin penasaran pengen banget melihat pemandangan setiap daerah yang ada di Indonesia. kapsul waktu jadi ingat masa kecil tapi aku lupa taruh di mana. semoga nanti bisa dibuka anak cucu mengenai apa isi kapsul waktu yang yang dimasukkan ke dalamnya ya

    BalasHapus
  20. Tambah lagi satu list tempat wajib dikunjungi saat ke Papua. Noted dulu, bookmarked!!!

    BalasHapus
  21. Sumpah fotonya bikin mupeng pengen menginjakkan kaki di Tanah Papua juga keren banget sih...Papua makin cantik ya....

    BalasHapus
  22. Wah keren Julio travelingnya sudah sampai ke Papua euy, saya malah masih belum sempat ajak Zhafran ke tanah kelahiran bundanya di Papua. Btw pemandangan di Merauke keren ya Mbak. Suka liat view di monumen kapsul ini.

    BalasHapus
  23. Iya loh mbak. Dari depan emang tampak seperti logo Avengers. Apalagi ketika difoto dari atas. Persis. Keren jugw view nya pas sunset ya

    BalasHapus
  24. Hai Kak Meykke, first time nih sepertinya aku berkunjung ke blogmu ya. Salam kenal. Aku suka gaya tulisanmu yang ringan dan sekarang jadi tahu nih tentang monumen kapsul waktu di Papua ini. Keren ya bentuk monumennya dan bagus banget jadi tempat foto-foto pas senja nih

    BalasHapus

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)