Wisata Budaya di Saung Angklung Udjo, Bandung


Berwisata sambil mengenal budaya Indonesia? Wisata seru sembari belajar alat musik asli Indonesia? Wisata asik sambil melestarikan budaya leluhur bangsa kita? Emang bisa? Bisa banget!

Di tempat ini kita bisa wisata sambil menonton anak anak menyanyikan lagu tradisional, menonton pertunjukan angklung mulai dari lagu tradisional, dangdut sampai jazz,  bermain angklung berjamaah, nyanyi bareng lagu khas Sunda sampai menari bersama di tengah balai pertunjukan. Pulangnya kita juga bisa shopping kerajinan khas Sunda. Menghibur dan menambah wawasan akan Indonesia yang kaya akan budaya. Bangga dan seneng banget nih bisa ke Saung Angklung Udjo, Bandung.

Baca cerita traveling lainnya :
Mengarungi Jeram di Situ Cileunca, Bandung.
Menukik Meliuk Maksimal di Trans Studio, Bandung
Jalan Jalan Wisata Alam, Dusun Bambu Bandung



Beberapa waktu yang lalu (read udah lama tauuu. Hehe) aku diajak Bulek dan Lita mengunjungi salah satu tempat wisata budaya bernama Saung Angklung Udjo, Bandung. Well, aku udah pernah ke sana dua kali dan masih selalu amazed dengan penampilan penampilan angklung dan cerita cerita yang disuguhkan di atas panggungnya.

Begitu keluar dari mobil dan saat akan masuk ke pintu masuk Saung Udjo ini kita akan disambut oleh jalan dengan dinding bambu gitu. Begitu masuk dan bayar, kita juga diberi kalung dengan bandol sebuah angklung super mini.


Pertunjukan di sini digelar beberapa kali dalam sehari, genks. Nah, selagi menunggu waktu pertunjukan, kita bisa banget memilih milih souvenir atau kerajinan bambu untuk dibawa pulang. Lucu lucu pulak! Mulai dari aksesoris, tas, lampu tidur, dan lain sebagainya.


Para pengunjung juga dapat deskripsi rangkaian pertunjukannya macam ini nih.


PERTUNJUKAN DI SAUNG ANGKLUNG UDJO

Begitu resepsionis memberitahu kalau pertunjukan akan segera dimulai, kita lalu bergegas untuk menuju ke balai pertunjukan dan memilih tempat duduk yang strategis. Lalu, apa saja sih yang bisa kita saksikan selama pertunjukan? Banyak!

1.Wayang Golek

Jadi, sebagai pembuka serangkaian pertunjukan, kita akan disuguhi penampilan wayang golek dengan durasi sekitar 10 sampai 20 menitan gitu. Biasanya cerita wayang ini mengandung unsur moral atau life lessonnya, genks. Plus disisipin dialog dialog lucu yang mengundang tawa.
Pembuka yang gurih!

2. Helaran


Dua kali menikmati pertunjukan di Saung Angklung Udjo, ini adalah salah satu sesi pertunjukan yang paling aku suka. Akan ada banyak anak anak yang bermain angklung, bermain kuda lumping, membawa bendera dan berlari lari, menari dan menyanyi bersama di sini. Nggak Cuma satu atau dua lagu, tapi berlagu lagu. Anaknya pun mulai dari yang kecil imut imut sampai yang sudah remaja beranjak dewasa. Akhir dari sesi ini adalah semua anak dikeluarkan lagi dan mereka bernyanyi lagu tradisional Sunda. Lucu pisan euy!

Oiya, Helaran memiliki tujuan untuk menghibur dan mengungkapkan syukur, maka musik pada helaran biasanya bersifat riang dan semangat. Teman teman nanti kalau pas ke sini dan menonton pertunjukan ini pasti ngerasa banget vibe riang gembiranya di pertunjukan ini. Kek pingin lama lama lihat mereka beraksi di panggung. It was a blast!

3. Tari Topeng

Selesai dengan pertunjukan anak anak tadi, pertunjukan kembali berlanjut dengan masuknya tiga wanita penari berbaju merah sambil mengibas ngibaskan selendang merah juga. Nah, ternyata inilah tari topeng yang dengan apik disuguhkan oleh mbak mbak wanita ini.

FYI, Kisah tari topeng berawal dari seorang pembawa berita dari Majapahit yang sedang menyelidiki situasi Kerajaan Blambangan.

Dalam tarian tersebut, seorang penari berperan sebagai pembawa berita yang menyamar menggunakan topeng. Topeng tersebut digunakan agar sang penari terlihat seperti seorang pria yang gagah guna melawan Prabu Menakjingga.

4. Angklung Orkestra


Ini juga salah satu pertunjukan yang menjadi favoritku karena perpaduan antara permainan angklung dengan alat musik tradisional maupun alat musik macam gitar dan drum plus tarian Jawa Barat yang luwes membuat pertunjukan tradisonal ini jadi rasa internasional. Keren banget lah pokoknya.

Lagu yang dimainkanpun bermacam macam, mulai dari lagu daerah, Twinkle Twinkle Little Star, sampai lagu dangdut bahkan jazz berhasil dibawakan denga sangat apik dan super menarik.


5. Bermain Angklung Bersama


Oiya, di sela sela setiap sesi itu ada pemandu/MC nya begitu. Dan kerennya lagi MC yang memandu kita ini bisa bilingual. Yang satu berbahasa Indonesia dan yang lainnya menerjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Why?? Karena memang pertunjukan ini juga mampu menarik minat para bule bule untuk menontonnya. Terbukti saat aku ke sana juga ada sekelompok bule ikutan nonton. Kurang keren apa coba?

Nah, di sesi ini kita semua masing masing akan diberi satu angklung dengan nama pulau. Ada yang dapat angklung Jawa, Sumatera, Bali dan lain sebagainya yang kayaknya setiap pulau itu adalah setiap kunci yang akan kita mainkan. Setelah itu, kita disuruh menghafal kode jari yang mereka mainkan dengan kapan kita harus membunyikan angklung yang kita pegang.

Pas itu aku bawa angklung pulau Jawa, genks. Jadi tiap kali pemandu mengkodekan suatu kode yang sudah disepakati sebelumnya itu Jawa, aku harus membunyikan angklungku. Lalu kode kode itu akan digabung dan jadilah sebuah lagu yang dimainkan oleh kami semua. Saat itu lagu yang kami mainkan adalah ‘Bunda’ Seru khan! Seru bangetttt!

Oiya, Sebelum bermain angklung bersama, pengunjung akan diajarkan dahulu bagaimana cara membunyikan angklung yang benar.

6. Menari Bersama

Pentas ini akan ditutup dengan menari bersama di center balainya. Para anak anak yang tadi pentas akan jalan berkeliling balai pertunjukan dan menarik satu pengunjung untuk dibawa ke tengah untuk menari bersama. Nah, pas kunjungan kami yang kedua, aku nih yang disuruh maju ke depan untuk menari. Senang banget dah aku menari bersama. Nanti akan dinyanyikan sebuah lagu, lalu kita disurug goyang kananlah, goyang kirilah, putar putar, gandengan dan lain sebagainya. Sayang, fotonya entah udah hilang kemana.


JADWAL DAN HARGA TIKET SAUNG ANGKLUNG UDJO

Nah, walaupun aku ke sananya udah agak lama nih, tapi aku kasih jadwal dan harga tiket ter-update dari Saung Angklung Udjo. Dan dengan harga 70 ribuan/orang sih menurutku sangat worth-paying banget karena kita benar  benar akan dihipnotis oleh pertunjukan sarat budaya Sunda ini. Kapan lagi orang Jawa macam aku ini belajar budaya Sunda, yekaaan?


Source : https://travelspromo.com/htm-wisata/saung-angklung-udjo-bandung/


ALAMAT SAUNG ANGKLUNG UDJO

Untuk teman teman yang berminat ke sini untuk mengisi liiburan akhir tahun, boleh banget nih set up GPS ke alamat ini.

Saung Angklung Udjo berlokasi di Jalan Padasuka No. 118, Bandung, Jawa Barat 40192. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandung. Kontak yang dapat dihubungi untuk keperluan tertentu di nomor (022)7271714 dan (022)7101736. Atau melalui email info@angklung-udjo.co.id atau Instagram di @angklungudjo.


Nah, sekarang punya referensi baru untuk menikmati liburan akhir tahun bersama keluarga, khan? Yuk habiskan momen bersama keluarga. Ingat, waktu nggak akan bisa diulang. So, cherish every single moment with our lovely family!

Galery perjalanan :

Kunjungan yang pertama kali.

Kunjungan yang kedua kali

Bersama para sponsor ; Bulek dan Lita




13 comments

  1. Bandung adalah salah satu kota yang telah saya kunjungi lebih dari tiga kali. Bahkan tahun ini saya ke Bandung itu dua kali. Sayangnya informasi ini telat saya dapat. Okelah kalau begitu, nanti kalau ke Bandung lagi, tempat ini akan saya datangi. Makasih infonya ya mbak.

    ReplyDelete
  2. Wah kayaknya seru ya Mbak berwisata di Saung Angklung Udjo, bisa bertlibur sekaligus belajar apalagi kalau ajak anak-anak pasti seneng banget, saya tu belum pernah yang namanya main angklung biasa liat pertunjukan hanya di layar kaca, semoga suatu saat nanti bisa ikut main :)

    ReplyDelete
  3. Aku sering baca artikel tentang saung angklung tapi sampai sekarang belum pernah kesana ehehehe jadi makin penasaran

    ReplyDelete
  4. Waah..seru nih, berwisata sekalian edukasi kearifan lokal di Saung angklung Udjo ya mbak..mantapp

    ReplyDelete
  5. Mbak, aku jandi pengin ke Saung Udjo baca ini hihihi
    Kemarin-kemain enggak ada niatan karena di SD anakku Suang Udjo adalah tempat kunjungan wajib field trip anak kelas 6. Jadi anak pertamaku sudah, terus anak kedua sebentar lagi ke sana. Jadi akunya mikir ah anak-anak kan ke sana sama sekolahnya ngapain ke sana lagi hihi
    tapi ternyata bagus euy...bisa nih pas ke Bandung mampir nanti

    ReplyDelete
  6. angklung... hingga saat ini saya masih belom faham cara membunyikan sebuah angklung yang baik

    ReplyDelete
  7. Tempatnya bikin betah dan menyenangkan. Angklung adalah hasil budaya Indonesia, berarti kita harus terus menjaga dan melestarikannya.

    ReplyDelete
  8. Harga masuk wisata budaya di saung angklung ini sesuai ya dengan apa yang bisa kita dapatkan karena bisa mengenal budaya lebih dalam lagi, sebagai bentuk pelestarian budaya juga

    ReplyDelete
  9. Wah, asyik ya berwisata ke saung udjo, bisa mendengarkan dan menonton anak-anak bernyanyu, menari, serta dapat praktek main angklug

    ReplyDelete
  10. Wah sering ksana yah.. Aku baru sekali tuh mba dan juga sangat berkesan

    ReplyDelete
  11. Kebetulan sekali kemarin anakku habis lomba angklung :) Dan tiap tahun mendampinginya selalu excited lihat anak-anak SD & TK main angklung dgn kekompakan yg luar biasa.

    ReplyDelete
  12. Wah seru, bisa menonton tarian dan permainan angklung juga bisa ikut main angklung dan menari dengan penari, aku belum pernah ke sana, next semoga bisa

    ReplyDelete
  13. Angklung merupakan salah satu alat musik yg saya suka <3
    Ingin sekali bisa melihat pertunjukan angklung ini secara langsung.

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)