6 Ide Me-Time Demi Menjadi Ibu yang Tetap Waras


Jadi Ibu Ibu itu kayaknya kerjaannya gitu gitu doang ya, mom. 'Cuma' mandiin bayi, masak, ngasih makan bayi, kasih nenen bayi, nyuci baju bayi, cuci piring, bersih bersih rumah, kelon bayi, main sama bayi, gendong bayi. Duh sampai kadang mau mpup dengan santuy aja susah, jangan harap bisa luluran.

Makanya kalau ada yang bilang 'cuma di rumah aja, cuma jagain bayi', rasanya pingin ku cocol sambel tapi takut dosa. Daripada dosa dan gila, mendingan kita me-time aja ya bu ibu.

Kali ini aku mau ngasih 5 ide me-time ala Bujo alias Ibu Julio demi menjaga kewarasan kita sebagai bu ibu dan nggak berakhir di rumah sakit jiwa terdekat. Ah, serem amat. Tapi emang melewati masa jadi Ibu gini sering kayak mau gila ya. Jadi harus pintar pintar cari waktu buat me-time supaya pikiran tetap waras demi anak yang juga riang gembira.

Baca juga :
5 Alasan Ibu Harus Bahagia Demi Kecerdasan Anak
5 Anti Baper Ala Ibu Muda
5 Caraku Terhindar dari Baby Blues



1. Nulis


Hal pertama yang ada di benakku tiap kali dengar kata me-time ya nulis, bu ibu. Karena tiap kali aku jengkel, sebal, merasa marah tapi mau marah sama siapa, merasa down, merasa senang sekali pun selain sholat dan berdoa, hal pertama yang melegakan ya nulis.

Writing is a therapy memang benar adanya buatku. Dan blogging bener bener membantu ku melegakan paru paru yang sesak, hati yang kebumpetan melon, dan otak yang rasanya hampir meledak. Sekaligus bisa jadi me-time yang produktif. Toh bisa jadi tulisan dan syukur syukur bisa jadi inspirasi orang lain.


2. Nonton 


Dulu saat masih di Jakarta, tiap kali mau me-time, tinggal jalan kaki aja ke mall terdekat bisa nonton bayar 25ribu. Berhubung sekarang tinggal di desa, bisa nonton di HP juga udah alhamdulillah.

Tapi yang penting bisa menghibur diri nonton film yang kita suka. Kalau aku pribadi suka sama film horror, komedi atau romance gitu. Habis nonton bisa jadi punya ide baru atau insight baru dan menyegarkan pikiran kembali yang isinya kadang semrawut, amburadul dan teman temannya. 

Nah, kalau sekarang aku Juga suka nonton YouTube macam Diari Misteri Sarah, Teman Tidur Ussy dan Andika, Ted Talk sampai belajar Bahasa Inggris online sekalian belajar biar apa yang aku pelajari mati mati an dulu nggak menguap begitu aja. 

3. Ikuti kulwap


Karena punya hati yang mudah ambyar, aku harus menguatkan diri sendiri dengan banyak banyak ikutan kulwap/kuliah WhatsApp tentang mental health, self-improvement, parenting, sampai marriage life.

Buatku materi materi yang ada di kulwap berguna banget buat dapat insight baru, pengetahuan baru tentang pernikahan dan parenting khususnya, plus bisa sharing dengan orang orang satu frekuensi yang bisa berbagi inspirasi, motivasi dan semangat. 

Aku juga ikutan Komunitas parenting macam Ibu Profesional. Setelah ikutan Komunitas itu bawaannya semangat terus untuk terus mengisi ilmu dan belajar bagaimana menjadi Ibu yang baik untuk Julio. 

4. Pijat


Ngebayanginnya aja udah enak banget ya, moms. Sekitar dua bulan sekali gitu aku berusaha pijat. Jadi ada tetangga yang memang bisa pijat datang ke rumah. Enak bangettttt rasanya dipijat dari ujung ke ujung. Badan langsung ringan dan mood juga bisa bagusan.

Kalau Julio ada yang jagain juga kadang ke salon buat facial atau creambath. Pokoknya memanjakan diri sendiri demi tetap waras. Kalau bukan kita yang usaha in, siapa lagi ya kan? 


5. Shopping


Ibu ibu yang cuma berkutat aja kayak aku ini cuma beli diaper di indomar* aja udah bahagiaaaa. Makanya acara belanja bulanan kayak diapers, sabun, snack Julio, bahkan belanja sayuran di pasar pagi udah jadi me-time sendiri. 

Nah, kadang juga ngasih rewards buat diri sendiri dengan beli sesuatu di online yang kita pingin, kayak baju menyusui, jilbab, atau sekedar mainan edukasi buat Julio atau buku buku buat Julio. 

6. Tidur


Yes. Tidur. Itu udah me-time yang haqiqi. Biasanya kalau udah stress banget aku bisa ikutan Julio tidur malam dari jam 7 sampai pagi sebangunnya dia. Nanti pas pagi hari Julio tidur, ku juga ikutan tidur. Pokoknya intinya udah tidur terus aja biar nggak mikirin apa apa. Hahaha

Karena biasanya otak lelah, mood jelek juga karena kurang istirahat. Jadi ya udah tidur aja sampai stress berkurang. Kalau bosen di rumah, ya tidur. Kalau lagi BT, ya tidur. Kalau lelah jiwa raga juga tidur. Tapi tetap sholat dan berdoa minta kekuatan ya moms. 

Soalnya kalau kita sakit, lah yang ada makin stress nanti jadinya. Badan makin kurus, muka makin jelek. Udah cuma dasteran, di rumah mulu nggak ada teman. Aduh, jangan di bayangin moms. Tinggal dilakonin aja. 

Makanya, me-time ini ada supaya Ibu ibu kayak aku ini bisa tetap waras dan bahagia. Dan jangan lupa juga rajin berdoa biar hati bisa tenang dan menerima keadaan dengan lapang. Plus bersyukur dengan hidup yang Allah kasih, anak yang Allah titipkan yang menjadi semangat yang luar biasa buat terus berjuang. 

Nah,kalau teman teman me-timenya ngapain nih?


2 comments

  1. Setuju. Sesibuk apapun kita, tetap harus menjaga kesehatan fisik dan juga mental kita. Me-time itu penting, supaya kita tetap waras, haha.

    ReplyDelete
  2. Setuju. Sesibuk apapun kita, kesehatan fisik dan mental itu tetep no 1. Dan me-time itu penting, if you want to stay sane, hahaha.

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)