BANGGA BERBAGI ILMU SEBAGAI NARABLOG




“Manusia boleh mati, tapi tulisaannya akan abadi.” Widihhh, begitu saya mendengar kata kata bijak dari seorang teman, bulu kuduk saya langsung merinding. Dan sejak saat itu, kata kata sakti itu terus nancep dalam relung hati.

Well said, indeed! Semua manusia itu memang suatu saat mati, tapi ternyata kita bisa lho mewariskan peninggalan untuk bisa dinikmati oleh semua orang. Kita bisa meninggalkan kenang kenangan untuk orang orang tercinta, bahkan saat kita sudah tidak ada di mana mana. Berawal dari kata kata bijak itu juga saya mulai menekuni hobi saya sebagai seorang narablog.

Saya ingin mengabadikan tiap tiap momen yang ada, karena toh tiap momen nggak akan terjadi dua kali. Eh tapi, ‘manis’nya masih bisa tiap kali kita rasakan lewat tulisan yang bercerita. Saya ingin bisa berbagi ilmu sebagai guru di era digital ini untuk sesama, tidak terbatas jarak dan waktu, terus menerus, dan untuk siapa saja. Lalu, bagaimana caranya?

Menjadi narablog! Saya sudah menemukan caranya.


BERBAGI ILMU MENGAJAR DAN MATERI BAHASA INGGRIS SEBAGAI NARABLOG

Saat menjadi guru Bahasa Inggris

Yes, sejak lima tahun yang lalu sampai sebelum saya melahirkan, saya adalah seorang guru full time di salah satu sekolah swasta di Jakarta, plus guru part timer di salah satu lembaga Les Bahasa Inggris plus guru private yang datang ke rumah rumah muridnya setiap malam. Bila ditotal, saya full mengajar dari pukul 7 pagi hingga 8 malam. Capek? Memang. Tapi saya teramat bahagia melaluinya karena mengajar adalah passion saya.

Berangkat dari mengajar di sekolah, di tempat les dan di rumah murid itulah saya menemukan banyak pengalaman mengajar yang berharga. Tak berhenti sampai di situ, saya bersama teman teman  juga melahirkan banyak sekali games/permainan dalam belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan, edukatif, dan interaktif. Sampai sini sudah tahu apa yang akan saya lakukan saat itu?

Saya mulai menulis ide ide mengajar dan jenis jenis permainan yang pernah saya coba berikut cara bermain, tips bermain dan reaksi anak anak saat bermain di blog saya. Saya lengkapi juga dengan gambar situasi bermain supaya pembaca/guru guru lain lebih mudah memahami konsepnya. Tak berhenti sampai di situ, saya juga membagikan artikel saya di beberapa group para guru di FB. Sejak saat itu juga saya mendeklarasikan niche blog saya; EDUCATION.  




Salah satu video yang saya buat saat menjelaskan tentang game Hit The Target

Dan yang membuat saya bangga adalah respon dari teman teman guru yang merasa terbantu. Mereka lebih punya banyak ide untuk mengajar Bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Bahkan, banyak teman teman guru di sekolah yang juga terinspirasi dengan ide ide mengajar yang saya tulis.


Beberapa komentar positif yang bikin semangat meletup letup.

Setelah menikah, suami memberikan saya satu ide cemerlang! Selain tulisan tulisan tentang ide mengajar dan cerita seputar dunia mengajar, blog Meykke Santoso juga melahirkan rubrik baru, yaitu English Grammar Session. Rubrik ini berisi tentang materi materi grammar yang saya rangkum dengan bahasa yang mudah dipahami berikut contoh contohnya dan ada latihan soal plus kunci jawabannya di akhir artikel. Tambah dong, saya semangat ngeblog karena selalu merasa riang gembira begitu bisa membagikan materi grammar di blog.



Hasilnya, banyak teman teman guru di group FB atau pun teman teman guru di sekolah atau teman teman di jagad digital yang bisa memanfaatkan blog saya untuk belajar bahasa Inggris. Sudah mudah, bisa diakses dari mana saja plus disertai latihan soal untuk menguji pemahamannya. Beberapa memberikan komen positif sekaligus sebagai pemacu semangat untuk bisa menulis lebih. Memang ya, komentar para blogwalker itu teramat manjur untuk memantik letupan semangat penulisnya. Dan bagi saya, momen berbagi ilmu seperti ini adalah momen terdahsyat yang membuat saya bangga menjadi narablog. Ingat, manusia boleh mati, tapi tulisannya akan abadi.

Ah, saya jadi ingat pula kata guru ngaji saya;

Kita tidak membawa mati semua harta, tapi hanya tiga perkara; amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak soleh solehah.

Sudah bisa mengerti arah tulisan saya? Yessss, dari menjadi narablog kita sangat bisa menabung ilmu yang bermanfaat sekaligus memberikan manfaat untuk banyak orang. Lagi lagi, saya teringat guru ngaji saya pernah berkata,

“Sebaik baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk sesama.”

Dan semuaaaaaaaaaaa yang dikatakan oleh guru ngaji saya, saya bisa dapatkan dari menjadi seorang narablog. Guru ngaji saya ini memang mantafff!

Sekarang, saya sudah resign menjadi guru sejak saya hamil tujuh bulan, enam bulan yang lalu. Saya tinggalkan semua aktivitas mengajar saya dan sedang fokus penuh untuk mengasuh si buah hati, Julio. But passion is passion. Kecintaan saya akan dunia mengajar masih tetap tertancap kuat, walau saya sedang tidak bisa mengajar. Eits, tapi ternyata saya masih bisa ‘mengajar’! Bahkan, kegiatan mengajar saya ini tidak terbatas waktu dan tempat, muridnya bisa siapa saja dan tidak berbayar.

Menjadi narablog memberikan saya kepuasaan akan dahaga mengajar.

“Ah, saya masih bisa mengajar kok. Ide ide mengajar saya yang belum ter-publish juga masih banyak di draft. Materi grammar juga masih sangat buanyaaak untuk bisa dikupas satu per satu.” Saya menghibur diri sendiri. Dan memang benar, menjadi narablog memberikan kebanggaan tersendiri.

APA PROJECT SELANJUTNYA DI TAHUN 2019 SEBAGAI NARABLOG?


Rubrik Edukasi adalah rubrik yang ingin saya kembangkan di tahun 2019 ini. Walau pun saya sedang tidak mengajar, tetapi saya masih ingin terus berbagi ilmu untuk teman teman di dunia digital. Ada project yang juga ingin saya lakukan, yaitu :

MEMBUAT FANPAGE KHUSUS TENTANG BELAJAR BAHASA INGGRIS


Thanks God, ini juga ide dari suami saya; support system nomero uno saya. Suami yang selalu memberikan dukungan untuk terus berkarya walaupun dari dalam rumah. Tahun ini saya ingin membuat satu fanpage yang isinya khusus untuk membagikan ide ide mengajar dan materi grammar. Saya ingin fokus menjadwal tulisan tulisan yang saya publish di blog supaya para pembaca/learners bisa rutin belajar bahasa Inggris lewat blog saya. Ide Mengajar akan terbit setiap hari Senin dan Grammar Session akan hadir tiap hari Rabu. Bismillah ya, semoga dengan niat yang kuat bisa selalu disiplin mengerjakannya walau pun harus terus berjuang jadi ibu newbie untuk Julio.

Tapi saya masih memikirkan tentang nama fanpage FB saya nih, semisal berjudul : FUN ENGLISH WITH MISS MEYKKE atau ENGLISH ON THE WAY BY MEYKKE, bisa jadi ALL ENGLISH BY MISS MEYKKE. Untuk nama masih saya godog bersama dengan suami. Saya ingin nantinya semua orang bisa melek berbahasa Inggris dan menyadari bahwa Bahasa Inggris di era millenial ini teramat penting.

Doakan ya teman teman...

See? Menjadi narablog jelas kita harus bangga karena kita bisa berbuat banyak dan lebih untuk orang lain lewat tulisan tulisan kita. Bagi saya, berbagi ilmu melalui blog adalah kebanggaan tersendiri baik sebagai narablog atau sebagai guru. Guru jaman now, di era digital ini tidak hanya terbatas mengajar di dalam kelas tetapi juga mengajar di blog untuk nantinya bisa dinikmati oleh buanyak orang, tak terbatas ruang dan waktu.

Jadi, kamu bangga nggak jadi narablog?



12 comments

  1. Waahh keren mba Meyke saya juga pengen punya blog berniche suatu saat nanti. Semoga rencana dan harapan kita dikabulkan ya mba.. salam sukses!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Bu Bety iya pasti bisa Bu..Amiin..Semangattt ya Bu!

      Delete
  2. Kereeeen , aku suka baca nya. Aku juga guru dan blogger . Kunjungi blog ku ya bloggernyani2k.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Semangat bu Meykke, saya senang dengan semangatnya.
    Sukses

    ReplyDelete
  4. semoga bisa selalu terus berkarya ya kak sbg narablog

    ReplyDelete
  5. Salam kenal Mbak Meykke..Trimakasih sdh berbagi pengalaman manisnya.. Sangat inspiratif... Pengen bisa berbagi, tp ibu merasa tidak ada yg istimewa untuk dibagikan... Setelah membaca tulisan mbak Meykke ibu jd pengen mncoba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Bu Octavia, semoga berguna dan selamat mencoba ya, pasti bisa. Semangat Bu!

      Delete
  6. Masya Allah iya bener banget kak, menjadi narablog bs mengajar siapa saja dan dimana saja yah, smg rubriknya segera terealisasi kak :)

    ReplyDelete
  7. keren dan menginspirasi. lanjutkan!

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)