5 Manfaat Blogwalking, Kamu Wajib Tahu!



5 Manfaat Blogwalking, Kamu Wajib Tahu! - Tiap kali ide saya mampet, atau tiap kali semangat ngeblog lagi nge-drop saya selalu menyempatkan diri untuk blogwalking. Bagi saya, blogwalking layaknya jajan ide secara gratis. Dari situ saya bisa mencari informasi, hal hal yang sedang hangat diperbincangkan sampai cerita cerita yang dari sana saya bisa mengunduh pelajaran hidup yang lagi lagi secara gratis. Bonus plus plusnya bisa menambah teman dan menjaga silaturahmi antar blogger. Ya, dari mengunjungi blog yang lain, membacanya dan meninggalkan komentar ternyata memang sangat berfaedah. Lalu, apa saja arti blogwalking untuk para blogger macam kita ya?


MENGGALI IDE DAN INFORMASI

Bagi saya sebagai blogger, kalau ide saya mampet, obatnya adalah blogwalking. Saya suka membaca cerita teman teman, pendapat mereka tentang suatu hal, atau solusi yang mereka sodorkan. Dari sana saya bisa menggali ide tulisan selanjutnya atau mendapatkan informasi misalkan tentang kompetisi blog, giveaway ataupun informasi umum. Inget, membaca adalah jendela dunia, termasuk membaca blog orang lain.

MEMBANGUN KONEKSI

Blogwalking jelas bisa menjadi salah satu jalan untuk bisa membangun koneksi dengan blogger lainnya. Biasanya saya akan berkunjung ke blogger yang berkomentar di blog saya. Dan blogger lainnya pun pasti begitu. Nah, dari sana kita bisa membangun koneksi dan berteman dengan teman teman dunia maya tak terkendala jarak. Cihuyyy kali!

MENJALIN SILATURAHMI

Nah, kalau koneksi sudah ada sekarang saatnya menjalin silaturahmi supaya ‘pertemanan’ yang ada nggak cepat pudar. Halah, bahasanya! Tapi emang iya kan, gaes? Kalau kita Cuma blogwalking satu dua kali saja ya kita hanya dikenal sekilas saja. Beda cerita kalau kita rutin saling blogwalking , meninggalkan komen, kita bisa tahu lebih dalam bahkan bisa temenan beneran. Duluuu, saya ada di komunitas Blogger Energy; blogger kaum muda dan sangat rame pada masanya dulu. Di komunitas itu, kami bisa jadi teman sampai tahu kisah satu per satu anggotanya, apa kesibukannya, apa masalahnya, lalu kita saling berbagi dukungan dan solusi. Sampai saya pernah didatangi oleh salah satu anggotanya. Kita ngemall dan tidur bareng! Sedekeeeetttt ituuuu.

MEMBERI DUKUNGAN

Bagi saya, komentar dari teman teman di blog pribadi saya itu lebih dari sekedar rangkaian kata kata. Widiiihhh...bahasanya. Lebih daari itu, komentar yang diberikan teman teman blogger itu bisa jadi dukungan, rasa empati, dan solusi. Kadang saat saya menulis puisi atau curhatan lalu membaca komentar positif yang ada, saya jadi bersemangat kembali dan merasa lebih baik. Berangkat dari pengalaman itu, saya juga selalu berusaha memberi dukungan dari cerita cerita yang lain, menyemangati atau sekedar memberikan semangat. Because the words may mean a lot!

MENAIKKAN TRAFFIC BLOG

Saya juga baru tahu akhir akhir ini saat teman teman lainnya menceritakan bagaimana blogalking berdampak besar untuk trafik blog mereka. Teman saya bahkan bisa menaikkan trafik blog sebanyak 60% selama sebulan dengan cara blogwalking ini. Nahh, bisa banget nih dicoba demi DA dan PA yang terus meroket. Bisa jadi kita mematok jumlah blog untuk blogwalking, misalnya 10 sampai 20 blog per hari. Tapi komennya juga yang berfaedah ya,nggak cuman ‘nice post’ doang.

Nah, selama 16 hari ini saya juga menyempatkan diri walau kadang nggak sempat karena Julio buru buru bangun, huhuhu. Dan inilah daftar 10 blog ketje yang gemar saya kunjungi. Yang saya suka dari blog blog ketje ini adalah cerita cerita mereka, atau informasi bermanfaat yang dibagikan, templatenya yang unik dan clean, atau gambar gambarnya yang lucu dan menjadi hiburan tersendiri. Pokoknya, KETJE!


Yuk, blogwalking! Jangan lupa tinggalkan pesan yaaa...







8 comments

  1. Berasa banget manfaat blog walking ini mba,s elain itu menemukan teman baru yang sama passionnya :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyaaak mbak Meykke.. ❤️❤️❤️❤️ jadi rajin Blogwalking kita.. hahha.. bulan ini lagi hectic banget ini. Semoga pas kejar- kejaran sama postingan. Hahaha...

    ReplyDelete
  3. Menurut saya, manfaat blogwalking yang paling besar adalah menambah informasi dan pengetahuan. Kalau meningkatkan traffic, itu efek samping yang menguntungkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan itu efek samping yg juga sya tunggu tunggu mbaaaaak hihi

      Delete
  4. Thanks mbak...saya jadi semangat untuk blog walking nih...

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)