Monday, 16 October 2017

Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris Edisi 14 : "WORD MAP"

Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris Edisi 14 : "WORD MAP"

"Ahh, hari ini anak anak harus ngapain ya?"

"Perut sakit, kepala pening, mood jelek tapi hari ini harus ngajar. Blank maksimal!"

"Ahh, tanggal tua begini aku harus ngajar bagaimana ya?"

I feel what you feel, Teachers. Kadang ada saatnya kita malas banget ngajar tapi kita mau tidak mau, suka tidak suka juga harus tetap mengajar karena itu adalah tanggung jawab kita. Atau saat saya PMS dan hanya ingin berbaring manjaaah begitu, tapi kenyataan mengharuskan saya pergi ke sekolah dan mengajar.

Tapi, saya juga nggak mau dong kalau gurunya lagi bad mood ehh nular ke muridnya karena kitaperlihatkan bentuk bentuk tak bersahabat dan ngajar asal asalan.

Lalu, bagaimana cara mengajar asik yang cuma butuh papan tulis dan marker saja, nggak butuh materi mengajar tapi anak anak tetap excited dan mendapatkan ilmu pada akhirnya??

AHA!! Berkat Mr. T, saya dan teman teman di Steps2Success menemukan ide game yang sederhana tapi seru maksimal!! Tapi, siapakah Mr. T itu?





Hanya ada tiga hal yang Teachers bisa siapkan di sini, yaitu :
  1. papan tulis
  2. marker
  3. clue
Sisanya mari kita serahkan ke murid murid.


Kita bagi mereka menjadi dua group saja, lalu kita bagi juga satu papan tulis dua bagian. Masing masing bagian kita tulis satu clue. Untuk clue sendiri kita nggak perlu memeras otak, Teachers. Beri saja clue yang general dan mudah. misalnya untuk group 1 cluenya adalah "RED", dan group 2 cluenya adalah "BLUE"

"Well, now Miss Meykke will give you 30 minutes and you have to make mind mapping based on the clue written there."

Jadi, tugas mereka adalah :

Membuat mind mapping yang berkaitan dengan clue di atas, lalu dari clue itu mereka akan membentuk kata baru khan, nah dari kata baru itu juga mereka harus membentuk kata baru lagi yang saling berhubungan. 

Ini bisa dilakukan bergiliran, atau bisa juga penulisnya hanya satu sedangkan sisanya yang mengarahkan.
GROUP 1. Dari clue RED, mereka bisa mengembangkan menjadi beberapa kata serupa 'apple', 'blood', 'chili', dll. Nah kemudian dari 'blood' mereka bisa mengembangkan lagi beberapa kata yang berhubungan dengan 'blood' seperti 'sick'. Sekreatifnya mereka aja, Teachers!
GROUP  2

30 minutes later.................

Ini dia hasilnyaaaaa.... NIAT SEKALI, bukan?

Nah, khan...ibarat obat, game jenis ini termasuk golongan dalam murah meriah tapi berkhasiat. Nah, setelah itu dipilih siapa pemenangnya dengan cara menghitung berapa banyak kata yang mereka bisa tulis. Ingat ya, mereka harus menulis dengan font kecil kecil biar muat banyak yaaa...

Good job Tsaqila, Naswa, dan Qalbina

Game Word Map ini bisa memperkaya kosakata dan ingatan mereka, juga bisa meningkatkan kreativitas mereka, plus analytical thinking mereka. Karena mereka harus berpikir tentang hal hal yang berkaitan satu sama lain.

Nah, bagaimana?

Tertarik untuk mencoba?





2 comments:

  1. AH, aku pas SMP sama SMK juga diginiin juga kalo belajar. Si guru bawa spidol whiteboard nya itu macem-macem. Kek misal tulisan biasa warna hitam, kata kuncu warna ungu, banyak lagi deh. Ngeliat papan tulis pun biasanya suka ngantuk, jadi nggak karena kek liat pelangi wkwk.

    ReplyDelete
  2. membantu mengingat dengan baik, kalo ak sering lupa kek gini... terkadang kalo inget pas lagi diem dan ingert lagi kata itu, pernah juga belajar sistem kek gini tebak tebakan kalo di aku hhe

    ReplyDelete