Monday, 29 May 2017

BAHASA INGGRIS SERU BINGITS! EDISI : "TREASURE HUNT GAME"

Assalamualaikum, teachers!!

Nah, kali ini saya akan memberikan ide mengajar Bahasa Inggris yang lebih complicated tapi juga lebih menyenangkan karena kami sudah berhasil mempraktekannya ya.

Game yang sarat vocabulary drill, reading dan speaking ini digagas oleh dua guru Steps2Success. Yang satu spesialis mengajar anak anak playgroup (she is just totally creative) yang sedang merambah ke kelas Conversation untuk Ibu Ibu; Miss Ivy dan satunya memang gudangnya game game berbau edukatif, mr T.

mr. T

Miss Ivy
So, game macam apakah itu???

TREASURE HUNT GAME


Tapi, game ini tidak sembarang treasure hunt game biasa, walau pada dasarnya cara bermainnya cari cari harta karun di sekitar Steps2Success. Lalu, apa bedanya??

Tidak hanya mencari tulisan, murid murid juga harus memecahkan dua kode sekaligus. Kode yang pertama berasal dari sebuah gambar yang menjadi clue untuk mengisi satu kata yang rumpang di cerita yang sebelumnya sudah dibagikan untuk mereka serupa ini.

Ceritanya bisa dibikin sendiri sesuai dengan kebutuhan dan skill anak didik ya, bu!
Lalu, clue yang kedua adalah berupa kalimat yang akan mengantarkan mereka ke tempat rahasia selanjutnya. Karena di cerita itu ada 7 kata rumpang plus satu judul yang juga harus dicari jawabannya di akhir game, itu artinya mereka harus melewati 7 pos rahasia plus 1 pos akhir untuk bisa melengkapi semua kata yang rumpang dan menjadi pemenang. 

Lalu, kode yang kedua itu seperti apa, bu Meykke??

Serupa ini lho, pak.

 Nah, satu gambar itu untuk menjawab kata rumpang no. 1 di cerita yaitu gambar ini menggambarkan 'freezing', sedangkan clue di sebelahnya berbunyi "It's barking huf...huf...huf.....It is a shoe, it's hidden there.." Dimanakah itu?? Eh ternyata yang dimaksutkan adalah di bawah poster anjing, di balik poster yang bertuliskan "Please take off your shoes".. See?? 


Inilah dia tempat rahasia yang kedua. Dan begitu seterusnya sampai pos ketujuh!!
Miss, untuk bermain ini alangkah bagusnya bila dilakukan per group dengan anggota 3-5. Sesuai dengan pengalaman, semakin banyak siswa yang ikut serta (semakin bervariasi clue dan area bermainnya juga), maka akan semakin seru dan memotivasi mereka untuk berkompetisi memecahkan clue demi clue yang mereka dapatkan. Dan juga untuk bisa melatih speaking mereka, we have to give one extra rule!

IT'S A MUST TO SPEAK IN ENGLISH DURING THE GAME!

Dan tiap kali ada peraturan/rule hendaknya dibarengin dengan punishment dan reward ya, mister. Bisa jadi punismennya adalah pengurangan poin yang didapat. Misalnya, nanti untuk setiap kata rumpang yang benar akan mendapatkan poin utuh 5, tapi bila ada salah satu anggota yang kedapatan berbicara menggunakan bahasa Indonesia, bisa jadi mendapat pengurangan poin sebesar 2. Nah, dan untuk seluruh anggota yang konsisten berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris selama permainan, akan mendapatkan ekstra poin dan kesempatan untuk menjadi pemenang terbuka lebar. Yeaaaayyyyyy!!!!

Lalu, bagaimanakah keseruan anak anak Steps2Success bermain Treasure Hunt ini??

Duh, jangan ditanya lagi, pak! They were totally excited!!!

semakin tersembunyi dan semakin rumit clue yang diberikan, akan semakin seru lho, miss!

Tuh, ricuh kan, pak!

Untuk clue yang terakhir dibuat agak ekstrim, yaitu di balik komputer di ruang teacher.

Cari sampai dapat ya, gaes...
Intinya, belajar itu tidak melulu mantengin buku sampai mata minus sebelah, bapak ibu guru. Karena di sekolah mereka pasti berkutat dengan buku dan pensil, maka kami menawarkan cara belajar yang lebih fun, lebih berwarna, lebih ceria dan pastinya lebih edukatif dan mudah dipahami. 

Nah, terakhir jangan lupa TAHAP PENENTUAN pemenang ya, Miss...

Miss Ivy sedang mengoreksi dan menghitung poin.
ANDDDDD.....THE WINNER GOES TOOOOOOOO......

Fidel, Sishi, and Kayla
Nah, mungkin di benak miss mister bertanya, Itu kok anak anaknya umurnya jeglek banget gitu?

Biar makin rame dan makin bervariatif, saat bermain begini kami menggabungkan beberapa kelas. Jadi, mereka bisa saling membantu dan belajar deh....

Sssssttt....ini dia cerita yang sudah jadi ya, pak..

Alangkah baiknya kalau kita bisa menulis ceritanya sendiri ya, pak biar sesuai dengan kebutuhan anak anak.

Bagaimana miss and mister?? Mudah untuk diaplikasikan kan??

Yang paling penting untuk guru masa kini adalah inovasi dan kreativitas yang harus bisa dikembangkan. Supaya apa? Supaya bisa melahirkan anak anak yang juga kreatif dan inovatif. Proses belajar yang mobiling dan variatif juga dituntut untuk memberikan sensasi belajar yang berbeda dan lebih mengena. 

So, Be Creative Teacher and Teach Whole-heartedly!


                 With love,





1 comment:

  1. Aku sering denger nih soal Step2Success. Ternyata cara mengajarnya juga bagus, permainan yg begini justru lebih gampang dicerna buat anak-anak seumuran mereka. Apalagi yang tadi diharuskan berbahasa inggris terus, bisa melatih supaya lancar speakingnya. Seandainya di sekolah-sekolah diterapkan seperti ini pasti bagus banget.

    ReplyDelete