Friday, 4 August 2017

BAHASA INGGRIS SERU BINGITS! EPISODE : "TIC TAC TOE"



Assalamualaikum wr wb, Pak Guru dan Bu Guru yang tak pernah lelah mencerdaskan kehidupan bangsa!

Kali ini saya datang dengan game yang belum mainstream dan semoga bisa menambah referensi bapak dan Ibu guru dalam mengajar vocabulary plus writing.

TIC TAC TOE

Permainan macam apakah ini?

Nah, TIC TAC TOE ini adalah permainan yang sepertinya mengadopsi aturan main bingo. Tahu kan bingo, kotak kotak yang untuk memenangkannya harus mencocokkan dan menggaris kotakan baik vertikal, horizontal ataupun miring. Ini juga sama, bu. Hanya saja konsep permainan ini adalah siapa yang lebih banyak menyebutkan kata dengan huruf depan yang sudah ditentukan, maka mereka berhak menguasai satu kotak. Dan bila kotak kekuasaan mereka bisa saling bergabung baik dalam arah vertikal, horizontal atau miring, merekalah yang menjadi pemenangnya. Nah, kelompok yang lain tugasnya adalah memblok daerah kekuasaan lawan. Begitu sebaliknya.

Bagaimana memainkannya??

1. Kelompokkan anak menjadi dua kelompok. Ini dia!! Jumlah kelompok yang ideal untuk bermain permainan ini adalah dua kelompok saja. Satu kelompok bisa terdiri dari 2-3 anak saja. Ya, maksimal 4 lah ya, Bu. Jadi game ini lebih cocoknya untuk kelas yang jumlahnya kecil. Tapi bisa juga kok satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok bermain. Jadi bermainnya sendiri sendiri aja. Dan suruh mereka menentukan nama team mereka. Ambil contoh nama kelompoknya adalah TIM TAM dengan tanda 0 dan TIN TIN bertanda X. 

TIM TAM GROUP

TIN TIN GROUP


2. Lalu, sang guru akan menggambar 9 kotak serupa ini dengan satu huruf di masing masing kotak. Mereka bisa menentukan huruf apa saja yang dipakai terlebih dulu. Atau, guru saja yang menentukan juga bisa. Nah, jangan semua pakai huruf yang mudah ya, Bu. Bisa jadi 3 di antaranya menggunakan huruf yang susah serupa Z, Q, atau U. Biar mereka bisa lebih kaya kosa kata.



3. Round pertama dimulai!! Guru akan menyebutkan salah satu huruf yang ada di kotak. 

"Now, write words as many as you can with the beginning letter O!"

Nah, tugas masing masing kelompok adalah saling bahu membahu menulis kata sebanyak banyaknya yang berawalan dengan huruf O.

"You have 3 minutes!"

Jangan lupa juga harus ada batas waktunya agar memacu mereka untuk berpikir cepat. Nanti akan ada satu anggota yang bertugas mencatat, sedangkan sisanya mikir.

No automatic alt text available.
word list yang mereka buat contohnya serupa ini, Bu. Ada yang awalan O, A, dan F.

4. Waktu sudah habis, sekarang kedua kertas dikumpulkan dan dihitung oleh gurunya. Itu mengapa lebih enak kalau satu kelas ada lebih dari satu guru saat memainkan ini. Itung itung bisa saling membagi tugas. Nah, semisal TIM TAM bisa menulis lebih banyak, maka kotak dengan huruf O dikuasai oleh TIM TAM dengan tanda 0. (lihat gambar papan tulis di atas)

5. Begitu seterusnya sampai akhirnya siapa yang bisa memadukan tiga kotak berjejeran dengan tanda yang sama, merekalah yang menang!! BINGO!!

Ini juga bisa dimainkan beberapa round, lho Bu..

Setiap kali mereka bisa menggaris tiga kotak alias bingo begitu, mereka akan mendapat 1 poin ya, Bu.


Tuh khan, mudah dan murah kan, pak. Bapak hanya butuh papan tulis beserta marker, dan ide serta keinginan yang kuat untuk bisa terus berinovasi. 

Bagaimana? Berminatkah??

Sampai ketemu di ide mengajar lainnya ya, Bu.


            Wassalam.





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...