MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

BAHASA INGGRIS SERU BINGITS! EPISODE : "TIC TAC TOE"

BAHASA INGGRIS SERU BINGITS! EPISODE : "TIC TAC TOE"
Add Comments
Jumat, 04 Agustus 2017


Assalamualaikum wr wb, Pak Guru dan Bu Guru yang tak pernah lelah mencerdaskan kehidupan bangsa!

Kali ini saya datang dengan game yang belum mainstream dan semoga bisa menambah referensi bapak dan Ibu guru dalam mengajar vocabulary plus writing.

TIC TAC TOE

Permainan macam apakah ini?

Nah, TIC TAC TOE ini adalah permainan yang sepertinya mengadopsi aturan main bingo. Tahu kan bingo, kotak kotak yang untuk memenangkannya harus mencocokkan dan menggaris kotakan baik vertikal, horizontal ataupun miring. Ini juga sama, bu. Hanya saja konsep permainan ini adalah siapa yang lebih banyak menyebutkan kata dengan huruf depan yang sudah ditentukan, maka mereka berhak menguasai satu kotak. Dan bila kotak kekuasaan mereka bisa saling bergabung baik dalam arah vertikal, horizontal atau miring, merekalah yang menjadi pemenangnya. Nah, kelompok yang lain tugasnya adalah memblok daerah kekuasaan lawan. Begitu sebaliknya.

Bagaimana memainkannya??

1. Kelompokkan anak menjadi dua kelompok. Ini dia!! Jumlah kelompok yang ideal untuk bermain permainan ini adalah dua kelompok saja. Satu kelompok bisa terdiri dari 2-3 anak saja. Ya, maksimal 4 lah ya, Bu. Jadi game ini lebih cocoknya untuk kelas yang jumlahnya kecil. Tapi bisa juga kok satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok bermain. Jadi bermainnya sendiri sendiri aja. Dan suruh mereka menentukan nama team mereka. Ambil contoh nama kelompoknya adalah TIM TAM dengan tanda 0 dan TIN TIN bertanda X. 

TIM TAM GROUP

TIN TIN GROUP


2. Lalu, sang guru akan menggambar 9 kotak serupa ini dengan satu huruf di masing masing kotak. Mereka bisa menentukan huruf apa saja yang dipakai terlebih dulu. Atau, guru saja yang menentukan juga bisa. Nah, jangan semua pakai huruf yang mudah ya, Bu. Bisa jadi 3 di antaranya menggunakan huruf yang susah serupa Z, Q, atau U. Biar mereka bisa lebih kaya kosa kata.



3. Round pertama dimulai!! Guru akan menyebutkan salah satu huruf yang ada di kotak. 

"Now, write words as many as you can with the beginning letter O!"

Nah, tugas masing masing kelompok adalah saling bahu membahu menulis kata sebanyak banyaknya yang berawalan dengan huruf O.

"You have 3 minutes!"

Jangan lupa juga harus ada batas waktunya agar memacu mereka untuk berpikir cepat. Nanti akan ada satu anggota yang bertugas mencatat, sedangkan sisanya mikir.

No automatic alt text available.
word list yang mereka buat contohnya serupa ini, Bu. Ada yang awalan O, A, dan F.

4. Waktu sudah habis, sekarang kedua kertas dikumpulkan dan dihitung oleh gurunya. Itu mengapa lebih enak kalau satu kelas ada lebih dari satu guru saat memainkan ini. Itung itung bisa saling membagi tugas. Nah, semisal TIM TAM bisa menulis lebih banyak, maka kotak dengan huruf O dikuasai oleh TIM TAM dengan tanda 0. (lihat gambar papan tulis di atas)

5. Begitu seterusnya sampai akhirnya siapa yang bisa memadukan tiga kotak berjejeran dengan tanda yang sama, merekalah yang menang!! BINGO!!

Ini juga bisa dimainkan beberapa round, lho Bu..

Setiap kali mereka bisa menggaris tiga kotak alias bingo begitu, mereka akan mendapat 1 poin ya, Bu.


Tuh khan, mudah dan murah kan, pak. Bapak hanya butuh papan tulis beserta marker, dan ide serta keinginan yang kuat untuk bisa terus berinovasi. 

Bagaimana? Berminatkah??

Sampai ketemu di ide mengajar lainnya ya, Bu.


            Wassalam.





Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

  1. Wih, nambah lagi nih referensi games buat pelajaran. Menurutku games ini bukan hanya buat Bahasa Inggris aja ya, buat semua pelajaran juga bisa. Misalnya nih pelajaran kimia, bagian unsur contohnya. Bisa tuh misalnya unsur nomor unsur berapa sampai berapa, hehe. Eh kok aku malah ngomongin kimia ya xD

    BalasHapus
  2. Wah... permainan yang simple dan gak butuh bahan banyak yaaak. Belajar sambil bermain memang mengasyikkan bagi anak2. Biasanya sih anak2 memang lebih cepat nangkep klu belajarnya sambil bermain. Jadi cerdas2nya guru untuk bisa bikin pembelajaran yang menarik perhatian, kayak belajar dengan permainan tik tak tou di atas. Selain seru, anak2 jg dilatih untuk bisa menguasai banyak kosa kata english.

    BalasHapus
  3. Wihiw ada referensi games baru yang mudah dan mendidik.
    aku suka yg huruf awalnya bukan huruf-huruf yang mudah jadi bisa buat nambah kata buat anak-anaknya.
    btw gamesnya seru kak, terimakasih referensi barunya hehe

    BalasHapus
  4. Game bahasa Inggris lagi ini. Kayaknya lebih gampang yang ini deh daripada yang happy family itu.

    Ada yang aku masih bingung kak. Kalo huruf pertama sudah ditentukan sama guru, huruf kedua dan seterusnya guru lagi yang menentukan? Trus kenapa huruf A sama F udah dicari duluan? Kan perintahnya masih O dulu, berarti curi start dong namanya :3

    BalasHapus