Thursday, 18 June 2015

The Most Unforgettable Birthday EVER!!


Bagi banyak orang, momen ulang tahun adalah salah satu momen berharga dalam hidup. Bagi gue, momen ulang tahun adalah momen dimana gue harus senang dan sedih. Senang karena gue masih bisa melihat mentari mengangkasa di tengah tengah arakan kapas raksasa. Gue senang karena gue masih diberi nafas sampai gue mampu melewati hari peringatan kelahiran gue banyak kali. Gue juga senang dengan apa yang gue punya, gue lalui dan gue dapatkan. Tapi, gue juga sedih karena ulang tahun berarti umur gue bertambah dan masa kontrak gue berkurang. Gue sedih karena gue kok udah gede, udah harus memikirkan apa yang harus dipikirkan oleh manusia seumuran gue. Tapi bagi gue, tiap tiap pergantian tahun hidup gue selalu membawa kejutan dan makna tersendiri.

1. THE FIRST PHOTO IN STUDIO! 1 y.o





22 Mei 1992. Hari itu tante gue ngajakin gue ke studio.

“Ke, ayo kita ke studio!”

“Nyanyanyaaa....”

“Lahhh...Kamu khan ulang tahun, kita foto di studio yuk!!”

“Nyanyanyaaaa...”

“Iyaaaa, kamu suka yaaa??? Ayo kita ganti bajuuu...”

“Nyaaaaa...”

“Aduuuh, jangan mainan ilerrr, nanti kalo udah ganti baju jangan ngiler yaa..”

“Nyaaa!!!”

"Ahh, nih anak diajak ngomong jawabnya cuman nya doang!"

"KHAN AKU BELUM BISA NGOMONG, BULEEEEK!!"

"BUSETT!!"

Akhirnya, gue dan tante gue pergi ke studio untuk berfoto tepat di ulang tahun pertama gue. Dan kalau gue pikir pikir, foto di studio adalah kado paling pertama yang gue terima seumur umur. Itu mengapa gue berkembang menjadi sosok yang suka sekali berfoto dan mengabadikan momen. Berarti ini semua karena tante! Gue udah diajakin narsis di usia yang masih terlalu dini. OH NOOO!!!



2. THE ONLY BIRTHDAY PARTY! 5 y.o

Seumur umur, ini adalah kali pertama dan satu satunya ulang tahun gue dirayain, pas saat gue berumur 5 tahun. Gue masih inget banget pagi pagi nenek gue beserta keluarga gue mulai merapikan ruang keluarga dan mempersiapkan segala sesuatunya. 

Sepupu sepupu gue, Mbak Ega dan Mas Dicky juga datang dan kita berjoget bersama. Hari itu, teman teman desa gue juga datang. Kita makan bareng, nyanyi bareng dan dari dulu gue emang suka joget walau pun kadang orang suka bingung, ini joget apa kerasukan setan???

Yang jelas, hari itu gue bahagia bangettt!! 



3. NECKLACE AND FLOWERS FOR THE BIRTHDAY GIRL!! 11 y.o



Ulang tahun gue jaman SD juga jelas nggak bisa gue lupain begitu saja. Saat itu siang hari. Bu Kartini, guru wali kelas gue sedang nyuruh kita anak kelas 5 buat membuat lingkaran besar. Hari itu adalah Jumat, saanya PRAMUKA!! Laaah, pas lagi bikin lingkaran itu, tiba tiba teman gue bernama Joko bilang ke bu Kartini.

"Bu, ada yang ulang tahun sekaraaaang!!!"

"Siapaa??"

"Ike Bu..IKEEE NOOOHH..IKE BUUUUK...IKEEEEEE!!' Seketika teman teman gue gaduh. Nih perasaan gue ketahuan ulang tahun apa ketahuan nyolong ayam sampe nyebutin nama gue gitu amat. Untung gue nggak digebukin massa.

"IKEEEE NOH YANG NYOLONG ANAK AYAM IKE BUUUUK..IKEEEE!!" Nggak ada bedanya. Tak gue sangka, setelah neriakin gue, teman teman gue nyanyi Selamat Ulang Tahun pake tepuk  Pramuka. Yang bikin gue nggak habis pikir lagi adalah ternyata teman teman gue udah bikin kalung buat gue kayak begini.

Kalung dari bekas sedotan SUSU SEKOLAH gratisan dulu. Inget nggak susunya??
Joko lalu mengalungkannya ke leher gue. Gue girang. Gue berasa kayak dikalungin jalinan bunga yang biasanya untuk sambutan selamat datang. Gue bahagia banget tuh. Temen gue yang ngeliat kita berdua langsung tepuk tangan. Bu Kartini menyela.

"Anak anak, karena sekarang PRAMUKA. Kalian nggak boleh tepuk tangan sembarangan!!" Lalu, kita semua tepuk Pramuka. Prok prok prok ... Ciyeee....prok prok prok...prok prok prok prok prok prok prooookkk CIYEEEEEEEHHHH!!! Nggak cuman itu, gue juga dikasih seikat bunga keningkir yang dipetik di halaman sekolah. Gue berasa kayak pemenang Miss Indonesia. Udah dikasih kalung jalinan bunga, gue juga dikasih bunga seikat. Gue bahagia bangetttt hari itu. Semua berkat teman teman SD gue!! Dan, ulang tahun gue saat itu menjadi ulang tahun yang tak terlupakan.

Bunga yang tetep gue simpan walau sudah lebih dari sekedar layu.


4. SO MANY LETTERS!! 15 y.o



Adalah Umami, sahabat gue yang paling deket sama gue sampe sekarang. Saat itu gue masih kelas 3 SMP. Dia adalah teman sebangku gue. Yang bikin ulang tahun gue begitu special adalah karena itu kali pertama gue dapat surat berlembar lembar. Gue lupa dia ngasih apa -.-. Tapi, yang bikin gue nggak bisa lupa adalah isi suratnya.

Gue rasa dia nulis sampe ga tidur 7 hari 7 malam. Gue sampe bingung. Ini surat apa skripsi?



Kalo diliat dari surat ini kayaknya gue dulu udah judes, pemarah lagi.
Nggak ada baik baiknya dah ah.




Sumpah, beneran gue dulu suka gunting gunting buku temen gue sendiri???
Mana suka nyubitin juga?? OMG!

Udah kayak Lebaran aja minta maap segalaaa...

Jadi, buat nemuin kado di dalamnya, gue harus buka lapis demi lapis bungkus kadonya
terlebih dahulu. Dan setiap lapis, gue akan menemukan surat surat ini. Duh, nih sahabat gue so sweet abis dah!!

Ada puisinya pulak!!


Dulu jaman SMP, gue sama Uma punya barang kembar yang kita beli bareng, kayak cincin dan bros berbentuk huruf M.
Ahh, kangeeeennn!!!


Tiap kali gue baca surat dari Umami, gue suka senyum senyum sendiri sambil ngerasa geli. Kayaknya dulu gue ababil maksi dan rawan galau. Maklum, masa pencarian jati diri. 

5. THE FIRST DAY I CHOSE HIJAB!! 19 y.o

Gimana gue bis lupa ulang tahun ini? 22 Mei 2010 adalah hari bersejarah buat gue. Gue masih inget banget hari itu adalah hari Sabtu. Gue datang ke kampus untuk pertama kalinya dengan memakai jilbab langsungan warna merah sedada. Begitu gue sampai di kampus untuk mengikuti ekstrakulikuler Debate dalam Bahasa Inggris, teman teman gue tercengang.

“Waaaah, selamat ya Meyy....kamu pakai jilbab sekarang??”

“Iya mbak...” Kita cipika cipiki.

“Ihhh, makin cantik pake jilbab kamu..Selamat yaaa...”

“Makasih mbaaak...” Kita cipika cipiki.

“Iya lho, kamu cantikan pake jilbab...Keren banget kamuuu...”

Gue sampe benerin jilbab gue karena tiba tiba jilbab gue kekecilan. Saat gue cek keadaan kepala gue di toilet, gue kaget.

“BUSEEETT!!”

Kepala gue tiba tiba segede durian montong.

“TERNYATA GUE BESAR KEPALA!”

Siangnya, gue ditungguin dulu-gue-punya pacar di depan kampus. Dan ini adalah kali pertama pacar gue melihat perubahan gue. Gue udah senyum sambil nyemilin gula jawa biar manis, terus gue deketin dia.

“Waah, alhamdulillah pacarku udah solehah...Manis bangeeeeet....”

“Ihhhh, kamu bisa ajaaaa....I love you.”

“I love you more.”

“I love you much more”

“I love you more than more.”

“I love you much more than more..”

Sejam kemudian...

“I love you much much much much 45x more than more than all moreeee...”

“Lho Mey, kok kamu masih di sini?”

“Ahh, iya mbak...orang kalo lagi jatuh cinta emang kadang suka lupa waktu..hehehe..” Mbak angkatan gue muntah darah.

--

“Yank, kok nglamun?” Pacar gue ngangetin.

“Ehh iya...hihi. Nih aku udah pake jilbab...”

“Iyaaa...kan kemarin udah bilaaang...”

“Gimana?”

“Bagus....kerudungnya.” Gue muntah darah. Gue lalu diantar pulang sehabis makan siang dan dikasih sebuah kado. Dan pada akhirnya, gue adalah personil paling akhir di genk gue, PINQUEENZ yang memakai jilbab. Umami udah make jilbab semenjak SMA, Dany memakai jilbab semenjak SMA kelas 2, Ellena memakai jilbab semenjak KULIAH, dan akhirnya gue memakai jilbab semenjak KULIAH semester 3!



 Hari itu adalah ulang tahun gue yang nggak akan gue lupain karena itu hari perubahan gue yang jelas saja memberikan efek di segala sisi kehidupan gue sampai sekarang. That day was so magic!

6. THE MOST ABSURD BIRTHDAY SURPRISE EVER!! 21 y.o

Walau pun telat sehari, teman teman kuliah gue yang absurd ternyata sudah merencanakan kejutan ulang tahun yang nggak akan gue lupain seumur hidup gue. Mentang mentang kata Nike Ardilla ‘Hidup Adalah Panggung Sandiwara’, mereka semua bersekongkol dan bersandiwara di depan gue pake sok sok berantem terus minta didamaiin, eh ternyata...gue dilemparin dawet tepung!! Bahkan, gue sempat menulisnya di SINI.



Begitu mereka puas nglemparin gue pake tepung dan air, mereka ngasih gue 4 cupcake dengan 4 lilin di masing masing cupcake. Mereka juga ngasih gue mug bergambar muka muka unyu kita. Jelas saja ulang tahun gue saat itu sangat berkesan karena walopun kita sering berantem pas ngejain tugas atau pas milih mau makan siang pake apa, tapi ternyata mereka perhatian dan sayang gue. I love youuuuhh!!

7. THE FIRST BIRTHDAY IN TANAH RANTAU!23 y.o

Ulang tahun ini adalah ulang tahun gue pertama kali tanpa Ayah dan Ibu gue. Selama gue hidup di dunia, gue nggak pernah jauh dari orang tahu sebelumnya. Lalu, gue memutuskan untuk melalang buana dan menjadi guru di salah satu les Bahasa Inggris di Cibubur.

Gue sempat galau di pagi hari. Gue bangun tidur. Lalu, gue sadar kalau gue ulang tahun. Biasanya, Ibu gue masuk kamar dan ngasih ucapan beserta do’a do’a nya, disusul oleh Ayah dan adik adik gue. Walau pun mereka nggak ngasih gue kado, at least Ibu gue akan ngasih gue uang jajan lebih. Tapi, pagi itu nggak ada Ibu, nggak ada Bapak, nggak ada uang jajan lebih. Gue sedih.

Tiba tiba telpon gue bunyi.

“Udah bangun nduk??”

“Nih baru aja Bu...”

“Selamat ulang tahun yaaa...semoga panjang umur, sehat selaluuu, bahagiaaaa, cepat dapat jodoh...rejeki lancar...”

“AAMIIN...Buk?”

“Iya nduk??”

“Uang jajan??”

“Laaah, uang jajan dari Hongkong?? Orang udah bisa cari sendiri..”

“Yaaah...” Gue sedih tapi juga senang. Sedih karena nggak dapat uang jajan lebih dan senang karena ibarat kata gue udah naik level dari yang semula cuman minta minta, sekarang gue udah bisa cari duit sendiri. Tahun itu juga ulang tahun pertama gue sebagai seorang guru.

Siangnya, gue bahagia karena boss gue ternyata beliin gue kue ulang tahun dan berfoto bersama seperti ini.


“Terimakasih Miss Sylvia and friends!”

Lalu, kejutan macam apa yang gue dapatkan di ulang tahun gue yang ke-24 tahun ini selain kejutan oleh kenyataan kalo ternyata gue semakin tuir???

Apakah gue dimandiin pake tepung lagi??

Atau gue dikasih kalung dari sedotan WC? 

Atauu...

Ahh, sama seperti kejutan ulang tahun gue yang tak terlupakan, kejutan kali ini juga sangat manisss dan bikin gue semakin mensyukuri berkah dalam hidup gue yang bukan selalu berkadar rupiah, tetapi keluarga dan sahabat, pelengkap rejeki paling hakiki.

-to be continued-


14 comments:

  1. The most unforgettable birthday mbak mey, keren juga.
    Dari kecil udah diajak foto di studio. Lah aku pas masih kecil dan ualng tahun diajak pergi, pergi kemana ya. Entar2 aku mikir dulu. Ah aku lupa

    Tapi dari semua yang keren, yang paling keren itu ketika mbak mey milih berhijab. itu bagus!

    ReplyDelete
  2. ke foto studionya di tahun 92. itu berarti aku belum lahir. wakwawak. udah tua ya ternyata. eh enggak ding. tua banget!

    kalo cewek so sweet gitu ya kirim2an surat ucapan selamat ulang tahun. lah kalo cowok, ah sudahlah... mana itu yg namanya emansipasi. perempuan minta emansipasi tapi laki-laki sama sekali ga diemansipasiin. *lhoh

    ReplyDelete
  3. Gokil, kertas binder men... Mengingatkan gue waktu zaman penjajahan Belanda dulu. Itu foto pas SD kok rada serem ya... ah, sudahlah.

    Gue aja udah lupa hadiah-hadiah apa saja yang gue pernah dapat dari kecil sampe sekarang. Bukan karena sering dikasih tapi karena jarang dan langka aja ada yang mau ngasih hadiah. :p

    Semoga kejutan ulang tahun berikutnya dikasih cincin kawin. #eaaa

    ReplyDelete
  4. terkadang nyanyian lagu selamat ulang tahun dan kue berlilin angka adalah sebuah panggilan hati dan kepribadian seseorang menuju kedewasaan, widih berat tuh wkwk
    kalau gue sih jarang di kasi kejutan-kejutan seperti itu, karena orang tua gue nggak pernah ngerayainnya.
    tapi ceritanya keren banget dah, apalagi ada gambar surat berlembar-lembar ucapan selamat ulang tahun dari sahabat.

    ReplyDelete
  5. Dari semua cerita diatas, gue paling suka sama ulang tahun yang ke-11. Itu cerita nik dan so sweet banget. Antara Joko dan Kak Mey, kayak kisah cinta anak SD zaman dulu banget ya. Beda sama anak SD zaman sekarang yang udah "mamah-papah'an". Walaupun kalung cuma dari sedotan dan bunga hasil metik, tapi yang penting kan kenangannya, ya nggak ? Yoi. Bunganya udah layu kayak gitu, udah disimpen berapa belas tahun tuh? :D

    ReplyDelete
  6. Nyaa nyaaa nyaa bahasa bayi umur setahun.

    Sejak umur setahun udah ada photoshootnya ya, keren. Aku aja umur segitu difoto di rumah-rumah aja. Gokil juga ulang tahunnya diucapin pas pramuka. Emang berasa miss indonesia kurang dikasih selempangnya.

    Tapi ulang tahun yang ke 19 paling berkesan ya, memutuskan untuk memakai hijab itu berat dan kak meyke berhasil menjalankannya..

    ReplyDelete
  7. itu beneran masih di simpet mbak bunga sama pipetnya. Disimpen dimana mbak. kok bisa awet gitu nggak hilang juga bunganya.

    btw, waktu itu lagi jaman banget yya kertas binder gitu.

    dan itu, bayi atau anak kucing...pake nyyaa... jawabnya.


    AH, saya kayaknya hanya punya satu momen ulang tahun itupun pas 18 tahun.
    cuma itu yang dirayain, oleh bos tempat kerja

    ReplyDelete
  8. wah banyak banget ya momen ulang tahunnya. Itu momen ulang tahun bareng pacar gak ada ya ahahahaha

    Btw si Umami bakal sedih deh kalo baca tulisan dia masa SMP wkwk

    ReplyDelete
  9. Waw.. keren-keren loh .. dari tahun ketahun ngerayain ultah bareng orang-orang yang disayang.. memang bener hadiah yang paling indah pas memilih pakai hijab

    ReplyDelete
  10. adeuuh, so suit, momen ultahnya masih nempel ya sampe sekarang, yang zaman sd rajin banget masih disimpen, walau cuma kalung sedotan, ahahah
    keren loh sobatnya ngasih kado yang niat gitu sampe nulis di kertas 7 lembar, hahah dulu gue juga suka sih curhat-curhatan di kertas binder gitu, tukeran sama temen masa smp, XD
    eh, yang sama pacalnya mana? hahaha

    ReplyDelete
  11. sangat berkesan sekali mba ualang tahunnya

    ReplyDelete
  12. Kak mey di tahun 92 aja, udah foto di studio. Gue tahun itu..... masih entah di mana tempatnya. Hahahah

    Gue seneng pas kalung dari ikat susu itu. True Story banget kak. Gue malah pake kalung dari bunga santan gitu. Kan cucokkan.. :D

    Jadi kangen moment ulang tahun sendiri. kek apa, ya?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...