Wednesday, 9 March 2011

agar rambut tetap sehat meski berjilbab




Buat para jilbaber yang pasti ingin menjaga rambutnya agar tidak rusak karena factor kelembapan, atau dikucir yang terlalu ketat, berbekal dari sebuah sumber, aku punya tips untuk menjaga rambut yang berjilbab agar tetap sehat dan indah menawan. 
This is it!!

1. Sebelum memakai jilbab, pastikan rambut kalian benar benar kering. Karena tau sendiri kalau belum kering sudah dipakaiin jilbab, udah rasanya pasti lembab nggak karuan, rambut pun akan berbau tidak sedap. Jadi, usahakan keramas sekitar 2 jam sebelum memakai jilbab ya… jangan lupa pakai pelembab rambut tanpa dibilas untuk memberi extra nutrisi pada rambut. Dan rambut pun akan terjaga keindahannya….

2. Pilihlah kerudung dan baju muslim yg terbuat dari bahan katun atau kaos, sehingga menyerap keringat waktu kalian beraktivitas. Selain itu, bahan katun/kaos memiliki pori-pori yg besar sehingga memudahkan sirkulasi udara dalam kerudung Anda. Kenyamanan adalah hal yang pertama bukan??:)

3. Hindari model kerudung yg berlapis dan kencang, untuk memudahkan rambut kalian untuk bernafas. Bila sirkulasi udara lancar di dalam jilbab, maka rambut pun akan mendapat asupan udara yang seimbang. Lagian, model jilbab yang berlapis da kencang juga akan mengganggu kenyaman dan pasti rasanya akan panas atau gerah.

4. Pilih warna kerudung yg tepat sesuai dgn waktu dan tempat kalian beraktivitas. Jika pagi hari lebih baik mengenakan kerudung berwarna putih atau terang dan berbahan lembut, seperti kuning, biru, soft pink, karena kalian akan semakin terlihat cerah dan mood pun akan terdongkrak naek dengan warna warna cerah (pengalaman pribadi). Hindari warna hitam karena akan menyerap sinar matahari.

5. Jika kalian berambut panjang, hindari menggunakan ikatan yg kencang agar rambut kalian tdk patah. Ikatan yang kencang juga bisa menimbulkan sakit kepala lho, jadi yang sedang sedang saja mengikatnya.:)

6. Biarkan rambut kalian terurai saat tdk mengenakan jilbab. Biarkan rambut kalian istirahat dulu. Saat di rumah, biarkan rambut kalian tergerai yaa….jangan diikat mulu, rambut ternyata juga butuh istirahat. Sayang khan kalau jilbab udah cantik, begitu dibuka, rambutnya rusak tak tertolong.:)

7. Keramaslah menggunakan bahan yg alami dgn frekuensi yg teratur. Tiap orang mungkin akan bervariasi namun yg penting adalah keteraturan. Intinya walau pun berjilbab, keramaslah setiap 2 hari sekali untuk menjaga rambut dari kerusakan dan berminyak. Jangan biarkan ketombe menghinggapi mahkotamu itu.

8. Gunakan sisir dgn gigi yg jarang untuk menghindarkan kerontokan. Usahakan menyisir dgn halus ke kulit kepala karena ini sama saja dgn memberikan pemijatan refleksi ke kepala kalian yg efeknya bisa membantu kesuburan rambut kalian.

9. Bagi kalian yg memiliki waktu luang, usahakan creambath dan spa di salon untuk menjaga kecantikan rambut kalian. Jangan lupa lho, pilih salon muslimah yg stafnya wanita semua.

Mudah bukan menjaga kecantikan rambut kita… jadi walau pun memang sekarang aku tidak bisa pamer rambut, setidaknya rambut harus tetap terjaga kesehatan, kesuburan, dan keindahannya.
Tips di atas akan sangat bermanfaat untukku, dan juga kamu para jilbaber yang insyaAllah dimulyakan ALLAH.
Terus mantapkan hati untuk berjilbab, dan tetap berjalan di jalan ALLAH.
Semoga ALLAH SWT memberkahi setiap jalan yang kita tempuh. Amien…

09032011..07:01 AM Beloved bed…

No comments:

Post a Comment