MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

SEBUAH CERITA TENTANG MISS MEYKKE'S CLASS

SEBUAH CERITA TENTANG MISS MEYKKE'S CLASS
Add Comments
Senin, 21 November 2022

MasyaAllah Tabarakallah adalah kalimat yang terus teruntai jika mengingat dua tahun perjalananku menjadi guru online Bahasa Inggris ini. Dari yang semula 2 murid saja di kali pertama buka, hingga kini bisa mempunyai murid aktif lebih dari 50. Dari yang semula hanya coba coba karena toh kala itu aku pun juga sedang belajar lagi setelah 2 tahun hiatus mengajar karena resign dari pekerjaan dan melahirkan plus menjadi Ibu Rumah Tangga 100% hingga sekarang kemampuanku makin terasah. Alhamdulillah.

Ya, terakhir mengajar saat itu adalah di bulan Juni 2018. Dengan kondisi hamil besar 7 bulan, aku masih aktif mengajar di Sekolah Al Jannah, Cibubur dan mengambil part time mengajar di Steps2Success, Cibubur walau kala itu aku sudah nggak mengambil kelas private di malam hari. Malam hari aku pakai untuk leyeh leyeh dan membacakan buku untuk Julio yang selalu aktif di dalam perut.

Singkat cerita, aku merelakan karierku di Jakarta dan pulang kampung guna melahirkan di sini. Selagi Pace ngerjain test semester program Magister di Australia di bulan September 2018, aku berbaring di meja operasi di Rumah Sakit Mutiara Bunda Salatiga guna perutnya dibuka sedemikian rupa dan Julio lahir di dunia. Sebagai kenang kenangan, aku juga menulis perjuangan di hari hari itu di sini. Kelak, saat Julio sudah mahir membaca akan aku suruh baca diary online Ibunya, betapa hidup memang tak mudah, tapi segala hal yang tak mudah itu layak untuk diperjuangkan. Karena Allah telah menyiapkan segala anugerah yang maha indah.


Baca juga :

Pengalaman Melahirkan secara Caesar

Lika liku Miss Meykke's Class dari pertama kali ada sampai sekarang memang membawa peran yang sangat sentimental untukku. Perjalanan berharga. Penemuan kembali hidupku sebagai seorang individu. Titik balik hidupku dari fase baby blues hingga merasa kembali berharga. Karena aku tahu, melalui Miss Meykke's Class ini aku berguna.

Miss Meykke's Class telah memberiku banyak. Nggak hanya soal uang yang juga benar benar di luar ekspektasiku, tetapi juga banyak pembelajaran di dalamnya. Lalu, bagaimana Miss Meykke's Class ini bermula?

ASAL USUL MISS MEYKKE'S CLASS

"Miss, Miss buka les lagi dong buat Khayra, Miss...Biar Khayra les lagi sama Miss."

"Miss, bisa kasih les lagi nggak ke Shasi? Karena sekarang semuanya online, jadi online saja Miss lesnya.."

Bisa bisanya Mom Khayra dan Mom Shasi mengirim WA di saat yang hampir bersamaan. Di pertengahan 2020, saat Covid mulai menginvasi dengan begitu ganas, segala aplikasi meeting online pun mengambil peran penting, terutama dalam pembelajaran dan pekerjaan. Segalanya online, hingga mulai bermunculan kelas online, meeting online dan seminar seminar online. 

"Pace, ada yang mau les online ini, Pace. Apa aku ambil aja ya? Tapi aku udah lama nggak ngajar. Bisa nggak ya Pace? Apalagi ini ngajarnya online. Khan beda.."

"Bisa, coba aja dulu Mace. InsyaAllah bisa. Pakai saja itu I-Pad buat ngajar."

"Iya ya, bisa dicoba dulu ya Pace. Nanti enaknya pakai platform apa ya?"

Juni 2020, aku mulai membuka kelas online Bahasa Inggris. Ku namailah dia Miss Meykke's Class karena aku juga punya akun instagram bernama @missmeykke yang dulu aku pakai untuk sharing foto foto saat aku mengajar di Cibubur. Karena di rumah tempatnya saat itu kurang kondusif, pertama kali ngelesin, aku harus ngungsi dulu ke rumah nenek di sebelah, di ruang musholanya. 


Setelah mencoba platform meeting online serupa Webex, Google Meet dan Zoom,  akhirnya aku menjatuhkan pilihanku pada Zoom gratisan. Saat itu, mulai dari 2 murid, berkembang menjadi 5 yaitu Dira, Lita, Djena, Shasi dan Keyra. Di bulan bulan berikutnya juga mulai berdatangan murid murid lain hasil dari mulut ke mulut alias rekomendasi orang tua murid.

Dan di bulan Februari 2021, aku mulai mempromosikan kelas onlineku di instagram @missmeykke dan dari situlah bulan bulan berikutnya selalu ada yang mendaftar, walau pasti ada beberapa juga yang tidak lanjut les karena berbagai alasan mulai dari masuk pesantren atau boarding school, hingga karena mulai sibuk dengan kegiatan di sekolah. Alhamdulillah..

SUPPORT SYSTEM MISS MEYKKE'S CLASS

Selain Allah SWT yang Maha Baik, memberikan otak yang lumayan encer dengan berbagai kesempatan yang ada dan kebaikan kebaikan lainnya, Pace adalah orang yang berperan penting dari mulai terbentuknya kelas ini. Pace yang pertama kali memberikan ridhonya, lengkap dengan memberikan fasilitas yang ada seperti Ipad yang memang sangat berguna untuk belajar online, Iphone dan laptop. Semua tools yang bisa menunjang kelas online kita pernah aku tulis di sini.

Kiat dan Persiapan Mengajar Online untuk Guru Pemula

Pace juga yang gantian menjaga anak saat kami tinggal di Jogja, dulu saat pandemi masih begitu merebak dan PPKM menutup akses kemana mana. Kami terjebak di Jogja dan tinggal di sebuah kost. Setiap hari saat ada jadwal mengajar, Pace yang menjaga Julio, mengajaknya ke Alfamart dan bermain dengan Julio di kamar selagi aku ngemper di depan kamar kost, di sebuah sofa yang langsung menghadap ke jendela.

Suka bangettt sama vibe di sini pas ngajar online walau harus ngemper.

Tak hanya itu, Pace juga sering membuatkan aku dalgona coffee yang kala itu lagi booming, atau memesankanku es durian yang sangat aku suka, atau memesankanku Starbuck rasa caramel latte yang enak sekali. Pace selalu mendukungku untuk bisa berkembang sesuai dengan passion yang aku suka, selagi nggak melupakan kewajibanku sebagai istri dan Ibu untuk Julio.

Selain Pace, Ibuku dan adikku adalah support system yang sangat sangat membantuku. Mereka yang selama ini menjaga Julio, mulai dari memandikan, menyuapi dan menemaninya bermain saat aku mengajar online, baik di kamar atau di luar. Nah, pada akhirnya Pace juga beli meja dan Julio semakin besar sehingga memungkinkan untuk bisa ngajar online di rumah saja. Dan ini adalah meja kerjaku setiap harinya yang bikin makin semangat ngajar!


Hanya pada mereka aku bisa mempercayakan Julio dan dukungan mereka selama ini sangat luar biasa. Seperti sekarang ini, saat Pace harus hidup di benua seberang, setiap kali aku butuh keluar rumah untuk entah ngeblog, refreshing atau mengajar dengan view, merekalah yang menjaga Julio di rumah. Bersyukur sekali bisa diberikan kesempatan untuk bisa tinggal dengan keluarga saat suami jauh seperti sekarang. Benar kata Pace,

"Syukuri apa yang ada, Mace. Bersyukur masih bisa tinggal bersama orang tua untuk sekarang."

Dan hobi kami adalah jalan jalan, entah hanya sekedar mencari angin dengan putar putar kota naik motor, makan di cafe atau restoran dan piknik sesekali waktu.

ARTI MISS MEYKKE'S CLASS UNTUKKU

Banyak sekali. Miss Meykke's Class memberiku pendapatan ( pendapatan per November 2022 ) yang bahkan lebih dari total gajiku saat aku tinggal di Jakarta dan mengajar di sekolah, tempat les dan private dengan jam kerja sebanyak 13 jam mulai dari jam 7 malam sampai 8.30 malam kala itu. 

Bertemu dengan anak anak dengan karakteristik masing masing melatih ku untuk bisa menemukan metode mengajar yang fun, problem solving skill dan kreativity. 

"Belajar dengan menyenangkan" adalah kunci yang selalu aku pegang untuk bisa mengembangkan Miss Meykke's Class ini. Walau online, aku ingin mereka bisa mempunyai pengalaman belajar yang menyenangkan, meaningful, dan tak terlupakan. That's why aku selalu berusaha mencari ide ide mengajar online dan website website untuk mengajar secara interaktif.

Dan aku juga menulis beberapa postingan di sini in case ada guru guru online lain juga membutuhkannya. 

5 Website Keren untuk Mengajar Online Bahasa Inggris

Dengan Miss Meykke's Class, kebutuhanku untuk bersosialisasi dengan orang lain tercukupi. Setiap hari aku bisa bertemu dengan anak anak dan orang dewasa yang berbeda dan kami bisa saling bertukar cerita, inspirasi, insight dan gagasan tentang apapun, sesuai topik yang sedang kami bicarakan. Jiwa ekstrovertku terpenuhi.

Let's say di kelas setiap Selasa bersama dengan Miss Anin, Resti, Menu dan Fitria. Banyak sekali insight dan pembelajaran hidup yang bisa kami ambil dari kelas ini. Bahkan tak jarang dalam satu jam itu, kami hanya saling curhat, tetapi dalam Bahasa Inggris.

Atau di kelas Khayra dan Dena, kami bisa berbagi cerita ala anak remaja dengan beberapa tips yang bisa aku berikan untuk mereka. Banyak sekali kelas kelas yang berkesan untukku, baik kelas untuk anak anak, remaja atau dewasa.

Ada juga kala kala dimana seorang murid yang tak jarang menangis saat les berlangsung, sekarang menyambutku dengan senyum sumringah saat kelas dimulai. Atau seorang murid yang dulu saat pertama kali datang ke kelas, membacanya masih terbata bata dan sekarang sudah mulai membaca dengan lancar dan cepat. Saat aku tanya tentang bagaimana nilai Bahasa Inggris di sekolah, Mamanya bilang bahwa nilai Bahasa Inggrisnyalah yang paling tinggi.

Beberapa laporan dari Mamanya tentang progress anak anaknya di mata pelajaran Bahasa Inggris benar benar menjadi penyemangat tersendiri untukku. Dan semua ini berkat campur tangan Allah yang memberikan kemudahan kami untuk belajar, anak anak yang masyaAllah excitednya dan segala kesempatan yang diberikan. 

Miss Meykke's Class sangat berperan untuk diriku sendiri sebagai seorang individu. Tak bisa dipungkiri, aku merasa lebih berguna dan berdaya saat bisa menghasilkan uang sendiri. Aku merasa lebih percaya diri dan hidup menjadi lebih berwarna karena aku punya target target yang harus aku penuhi, punya 'jam kerja' walau hanya di rumah, dan target target itu bisa mendorongku untuk bisa mempunyai target yang lebih besar di masa depan.

Saat target/impian ini aku sampaikan ke Pace, Pace pun juga mendukung. Dengan target di masa depan, aku merasa lebih semangat menjalani hidup dan tahu apa yang harus aku kerjakan sekarang.

WHAT'S NEXT?

Pernah ku membaca bahwa ada beberapa hal yang tak perlu kita ungkapkan secara publik, seperti aib diri, kesedihan, dan juga rencana rencana kita ke depan. Ada beberapa rencana ke depan yang sekarang sedang aku usahakan dan terus aku rapal dalam doa.

InsyaAllah saat aku bisa mencapainya nanti, aku tulislah di sini sebagai kenang kenangan dan siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk sesama. 

Dan sebagai kenang kenangan nanti atau kelak saat aku sudah nggak ngajar online lagi, inilah teman teman Miss Meykke yang sudah menghidupkan hari hari Miss, yang bersedia belajar bersama, cerita bersama, main game bersama, dan tentunya tjurhat bersama per NOVEMBER 2022




























Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

  1. Bertemu dengan anak anak yang memiliki karakteristik berbeda emang perlu banget menemukan metode mengajar yang fun, problem solving skill dan kreativity. Biara anak-anak bisa belajar dengan menyenangkan dan materi bisa diterima dengan baik. YA, walaupun sejujurnya cukup berat. hehehe.. pernah ngalaminya dulu semasa jadi guru sekolah dan kursus. Sekarang pun masih mengalaminya, bedanya muridku cuma 3 di rumah. Semangat selalu miss meykke

    BalasHapus
  2. Keren sekali miss meykkes class ini, Mbak. Berawal dari 2 murid, sampai akhirnya 50 murid. Sebuah proses yang pastinya menambah semangat ya, Mbak.
    Apalagi dibalik kesuksesan mace, ada pace yang mendukung hehehe.

    BalasHapus
  3. Wah serunya, berarti sekarang profesi kk guru dan blogger ya? Jadi pengen juga nih fasih ngomong biar bisa jadi guru yang keren seperti kakak.. Ajari akuuuu

    BalasHapus
  4. Keren lho miss meykes class ini. Semoga semakin berkembang kak.

    BalasHapus
  5. Ruangan Miss Meykke's Class ketika belajar daring apik menurut daku, karena pencahayaannya oke. Semangat terus Miss memberikan ilmu yang bermanfaat kepada peserta didik.

    BalasHapus
  6. Mbak Meykke kereeen! Bisa terus produktif meski diam di rumah aja itu sesuatu yang patut diapresiasi.
    Dan memang, segala sesuatu itu bisa lancar dan dimudahkan kalau dapat dukungan dari keluarga, terutama ridho suami ya...

    BalasHapus
  7. MasyaAllah miss Meykke kereeen! Aku jg mau dong anakku ikutan kursusnya Miss Meyke hehe.. semoga terus bisa produktif yaa Miss

    BalasHapus
  8. Seruuu sekali mbaak...meskipun anakku masih kecil..si kk sudah SMP sih sejak kecil.suka bhs english sampai skrg. Kk adik active speakingnya nah membaca ini aq jadi kepikiran buat kedepannya bekel anak2 cari uang tambahan di saat kuliah atau ketika berkeluarga.

    Bahasa english memang dibutuhkan sekali yaa....

    Btw selamat ya atas kelahiran babynya...rejeki anak itu ada ya mbaa buktinya meski di salatiga tapi hslnya melebihi ketika bekerja

    BalasHapus
  9. Ih keren banget sih Mbaa.. aku juga buguru nih. Kagum banget sama rekan seprofesi yang kece-kece gini. Makasih ya link website belajar onlinenya dah aku kunjungi buat tambahan ilmu ngajar nih. Lope banget pokoknya ❤️

    BalasHapus
  10. Perjalanan yang luar biasa, Mbak. Suami juga dukung dan saling membantu. Terus, Mba Meykke semangatnya keren. Dari murid cuma 2, terus bertambah lagi dan lagi. Sukses terus, yaa..

    BalasHapus
  11. Mbakk.. ihh mendadak kepikiran pengen belajar sama Mbak Meykke karena udah lupa bahasa Inggris. Gak ada channel Telegram-kah, Mbak? Kalau ada, pengen gabung.

    BalasHapus
  12. Keren banget mba, super duper creative and produktif dan bisa bermanfaat juga untuk orang lain. Saya jadi ketularan semangatnya Mba Meykke nih

    BalasHapus
  13. Wah kereeeeen. Aku malah jadi ikutan tertarik gabung di Miss Meykke's Class nih
    Kalau pengajarnya kayak begini, pasti menyenangkan deh belajarnya
    Masih terima murid baru gak, miss?

    BalasHapus
  14. Wah, keren mbak Meykke
    Merintis kelas bahasa Inggris itu tidak mudah ya mbak
    Tapi kalo terus berusaha, hasilnya juga akan membahagiakan
    Sukses terus ya mbak

    BalasHapus
  15. Miss Meykke's Class adalah kelas yang sangat dicintai anak-anak.
    Kalau gurunya menyenangkan, maka pelajaran seperti apapun sulitnya, bisa segera mudah dipahami.

    BalasHapus
  16. Produktif sekali kakak satu ini, pernah juga aku kan ikutan kursusnya. masih plegak pleguk ini bahasa inggris.

    BalasHapus
  17. Akhirnya jadi tahu cerita tentang Miss Meykke's Class dari awalnya dan support systemnya. Semoga sukses untuk kelasnya ya, Kak. Mana lagi emang bagus sih kelasnya.

    BalasHapus
  18. Seru banget ya mba.. saya juga dulu ngajar les bahasa prancis.. tapi ngga saya lanjutkan karena kondisi punya anak bayi sampai sekarang.. agaknya karena karakter sy jg semi2 introvert jadinya agak tersendat juga karir ngajar online.. jd lebih nyaman menulis aja mba.. padahal pengen sih bisa ngajar les lagi..

    BalasHapus
  19. Masyallah keren. Semoga sukses terus ya mbak buat miss meyke's class nya. Moga makin maju dan berkembang. Aamiinn

    BalasHapus