MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

Mengisi kelas Blogging bersama Ambarawaid dalam Dies Natalis SMP N 2 Ambarawa Ke-41

Mengisi kelas Blogging bersama Ambarawaid dalam Dies Natalis SMP N 2 Ambarawa Ke-41
Add Comments
Sabtu, 29 Oktober 2022

Salam Blogger Indonesia!

Masih dalam nuansa hari Blogger Nasional 2022, kali ini aku mau berbagi pengalaman tak terlupakan, yaitu mengisi kelas blogging sebagai bagian dalam rangkaian acara DIES NATALIS SMP Negeri 2 Ambarawa yang ke-41. Acara yang diadakan pada Sabtu 22 Oktober 2022 ini adalah acara offline pertamaku setelah melahirkan, bertatap muka dengan orang banyak dan bahkan memberikan semacam workshop. Jelas jiwa ekstroverku melonjak girang karena pada dasarnya anaknya suka keramaian. Haha  

It's all about connection. Thanks to Mba Wahyu, partner workshopku kali ini yang udah mau ngajakin buat datang dan mengisi workshop hari ini, plus @ambarawaid, yaitu Mas Habib dan Mas Puguh sebagai pihak yang diajak bekerjasama oleh SMP Negeri 2 Ambarawa dan menjadi perantara kami. So, atas nama @ambarawaid kami sharing mulai dari apa itu blog, kenapa harus ngeblog, bagaimana caranya ngeblog, gimana caranya dapat ide untuk konten blog sampai tips supaya bisa konsisten ngeblog.

Secara bergiliran, aku dan Mbak Wahyu menjelaskan semua tentang blogging.


Ngeblog ala Mbak Wahyu


Sebagai giliran pertama, Mbah Wahyu yang juga penulis blog awanhero.com berbagi tentang bagaimana sih cara kita bisa mendapatkan ide? Owh, bisa dari keresahan hati, pengalaman tak terduga hingga memalukan, ataupun segala hal yang kita lihat di sekitar kita. 

Mbak Wahyu juga menjelaskan tips bagaimana sih, menjadi blogger yang konsisten, yang bisa aktif ngeblog terus, yang semangatnya nggak pernah putus dan ide bisa mengalir terus. Mantaplah Mbak Wahyu yang memang sudah pernah beberapa menjadi juara kompetisi blog dengan berbagai topik. Nggak hanya itu, banyak tulisannya yang sudah dimuat baik di website online, buku cetak dan lain sebagainya.

Ngeblog ala Meykke


Nah, giliranku adalah lebih ke alasan kenapa sih harus ngeblog? Well, hal pertama duluuuuu yang ada dalam benakku saat aku mulai ngeblog adalah, aku pingin kelak saat punya anak dan cucu, mereka masih bisa merasakan kehadiran kehadiranku lewat tulisanku. Lewat segala momen indah yang kita lewati bersama, atau lewat tulisan betapa aku mencintai mereka dan berterimakasih akan kehadiran mereka. 



Kelak, saat aku udah nggak eksis lagi di dunia ini, orang orang masih bisa merasakan kebermanfaatanku, lewat tips tips yang aku tulis, lewat cerita cerita kehidupan sarat makna yang aku torehkan lewat tulisan.

"Manusia boleh mati, tapi tulisannya akan abadi." adalah semacam kalimat magis yang aku amini penuh penuh maknanya. Ya, menulislah dan kau akan abadi. Bukan ragamu, tapi segala ide ide dan pengalaman hidup yang selamanya ada dalam tulisan.

Pun lewat tulisan kita bisa mengamalkan "Sebaik baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk sesama". Itupun sebuah kalimat penuh arti yang aku resapi dalam dalam setiap arti katanya. Siapa sih yang nggak mau bermanfaat hidup di dunia ini? Nah, salah satu jalan yang bisa aku tempuh adalah dengan menulis.

Aku juga dengan sigap membuat slide dengan harapan adek adek SMP bisa mengerti dan bisa membuat mereka bergairah untuk setidaknya bisa mencoba menulis di platform online.

Acara yang bagiku tidak terlupakan ini juga berkat Ambarawaid yang sudah memboyongku dan mbak Wahyu ke sekolah SMP kami dulu, SMP Negeri 2 Ambarawa yang beralamat di Jalan Kartini 1A, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lalu, apa itu ambarawaid?

Apa itu Ambarawaid?



FYI, Ambarawaid adalah media informasi kota Ambarawa terkini. Dilansir dari website ambarawaid, Berawal dari  hasil dari pemikiran sederhana tentang bagaimana caranya menggerakkan ekonomi kreatif di kota tua Ambarawa detengah perhelatan pembangunan infrastruktur jalan tol yang sangat massive di Jawa Tengah. Disatu sisi jalan tol sangat penting bagi pembangunan negara ini, karena mobilitas dan ekonomi menjadi semakin cepat, tapi  dalam kajian kami ternyata ada dampak "negatif" nya juga, terutama bagi kota-kota yang dahulunya menjadi satu satunya jalan untuk dilewati ketika bepergian trans propinsi, sekarang dengan adanya jalan tol tersebut sangat mungkin masyarakat tidak akan lagi melewati kota-kota tersebut jika tidak ada hal-hal khusus yang menarik dan layak untuk dikunjungi.

Misi ambarawaid adalah bagaimana membawa Ambarawa tetap eksis dan dikenal oleh maysarakat Indonesia melalui media sosial, melalui branding brand lokal Ambarawa,  melalui event-event mengenai Ambarawa serta budaya. Karena faktanya adalah Ambarawa adalah kota yang penuh dengan sejarah panjang, kota yang menjadi destinasi wisata penopang bagi wisata besar di Jawa Tengah seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Menjadi kota pesimpangan antara kota Semarang, Surakarta dan Yogjakarta. Wisata Ambarawa dan sekitarnya juga sangat menarik dan wajib untuk dikunjungi dan dinikmati. Oleh karena itu, ambarawaid melayani segala produk dan jasa yang berkaitan dengan Event Organizer - Tour & Travel - Web Design & Development – Branding - Architect - Merchandising - Ticketing - Portal & News.

Ambarawaid

Perum Sanggrahan, Blok B6

Jl. Sanggrahan No. 31b

Ambarawa 50611 - Jawa Tengah

INDONESIA

Rewards Setelah Bertugas



Yup, kayaknya sebuah keharusan yah kita memberikan awards untuk diri sendiri setelah berhasil menuntaskan suatu misi. Jadilah aku dan Mbak Wahyu mampir ke perhelatan RCTI yang kebetulan letaknya ada di samping SMP 2 Ambarawa, yaitu di Lapangan Jendral Sudirman, Ambarawa.

Berjejer rapi para pelaku UMKM yang menjajakan produk produknya mulai dari makanan, minuman, baju, dan produk jasa lainnya. Pokoknya gayeng! Dan di malam hari berikutnya, aku juga nonton konser I Love RCTI yang disiarkan langsung di Lapangan itu secara LIVE. Aku rela nonton karena ada D'Massive yang jelas lagu lagunya melemparkan ingatanku ke banyak tahun yang lalu saat masih kuliah. Lagu lagu D'Massive benar benar menemani setiap fase percintaanku di kala muda. Hahaha.. Jadinya nonton sambil nostalgia ceritanya. 

Alhamdulillah, pengalaman kali ini benar benar menjadi salah satu milestoneku sebagai seorang blogger. Dari sini, aku mulai bebenah diri lagi untuk bisa lebih semangat ngeblog, mengisi blog dengan hal hal yang berguna, inspiratif dan bisa berkontribusi untuk orang banyak. Aamiin..

Dan aku menunggu kesempatan kesempatan lainnya yang insyaAllah di masa depan akan senantiasa datang, selagi kita mau mencoba hal hal baru. Yok bisa yok!

Berfoto sebelum memberikan pelatihan

Berfoto setelah acara pelatihan bersama Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Ambarawa dan Ketua Acara Dies Natalies yang ke-41



Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

  1. Blogger bisa menjalankan apa saja. Melalui berbagai aktivitas dan kegiatan. Menularkan semangat ngeblog itu mudah, yang sulit itu menularkan konsistennya. Semoga blogger dimanapun berada semakin subur makmur...

    BalasHapus
  2. Pengalaman menarik dan seru sebagai blogger Kak. Mengisi kelas blogging dan pastinya lelah, finally bisa sekalian jalan-jalan ke acara yg gelar festival UMKM. Sekalian jajan deh hehe

    BalasHapus
  3. Menjadi inspirasi dan berguna buat orang lain mbak, tetap semangat ya mbak

    BalasHapus
  4. MasyaAllah keren banget kak Meykee, semangat menebar kebaikan dan manfaat kayak gini tuh selalu bikin kita happy yaa...

    BalasHapus
  5. MasyaAllah
    Mbak Meykee emang keren
    Prestasi dan pengalaman menulisnya nggak kaleng-kaleng
    Emang pas buat menginspirasi adik adik di sekolah

    BalasHapus
  6. Benar kak Meykke, meski kitanya sudah tidak ada lagi, tapi melalui tulisan bisa tetap memberikan manfaat buat orang lain. Siapa tahu bisa menjadi amal jariyah yang tak terputus kan, aamiin

    BalasHapus
  7. aihhhh asik banget ya sekarang, anak-anak sekolah udh terpapar informasi dan teknologi bisa berkarya lebih nih, dengan edukasi yg tepat! Bisa auto jadi content creator sejak muda yaa

    BalasHapus
  8. Asyik banget bisa bagi cerita dan pengalamannya ya kak, semangaat terus semoga lewat cerita nya Mba Meykee banyak bermunculan blogger-blogger muda yang inspiratif

    BalasHapus
  9. wah keren nih, menularkan ilmu yang luar biasa semoga bermanfaat buat adik-adik yaa biar makin banyak para blogger :)

    BalasHapus
  10. AAAAAK menyenangkan sekali kak, pasti jadi tambah segar dan nambah api motivasi dalam perbloggingan. Semoga banyak adik2 yg terinspirasi membuat blog di tengah gempuran platform digital, soalnya menulis panjang tuh manfaatnya banyaaak :D

    BalasHapus
  11. hai kak salam kenal. aku juga dulu awal ngeblog karena ingin ada kenangan buat anak-anakku eh tapi sekarang kalau nulis tentang anak musti hati2 takut anak ga berkenan karena anakku ada yg udah muali remaja

    BalasHapus
  12. Saya sangat mendukung acara-acara seperti ini, memberikan ilmu tentang blogging kepada para siswa di sekolahan. Selain bisa menyalurkan minat bakat, ngeblog juga tentunya bisa ngasilin cuan. Saya sedikit kecewa dengan diri sendiri karena dulu masa SMP lebih banyak dihabisin di warnet buat main game dan bukan untuk ngeblog. Semoga materi yang disampaikan para speaker bisa memotivasi para siswa.

    BalasHapus
  13. seru banget mbak bisa berbagi dunia blogging dengan adik adik sekolah
    semoga makin banyak juga yang tertarik untuk bikin blog
    dulu waktu aku SMP masih belum ngert dunia blog, apalagi sepertinya sekarang banyak anak sekolahan juga yang sudah punya blog, keren

    BalasHapus