MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

Mentorship Pekan Kedua Tahap Kupu-Kupu Kelas Bunda Cekatan Batch 3

Mentorship Pekan Kedua Tahap Kupu-Kupu Kelas Bunda Cekatan Batch 3
Add Comments
Minggu, 05 Juni 2022

Assalamualaikum...

Alhamdulillah aku sudah ada di Minggu kedua Mentorship bersama Mba Okta, seorang blogger sebagai Mentee ku dan Mbak Dinda, seorang peneliti sebagai Mentorku. Ini juga kali pertama kami bertemu secara online dan membawa kesan tersendiri untukku. Namun, sebelumnya, aku juga harus membuat RENCANAKU yang berisikan rencana jangka pendek, menengah dan panjang terkait dengan bidang apa yang ingin pelajari.

As what I told you before, ini adalah kesempatan emasku untuk bisa mengawali karir sebagai seorang researcher. Entah bagaimana hasilnya nanti, kalau belum dicoba mana aku bisa tahu ya, man teman. Dan Allah benar benar memberiku jalan melalui program Mentorship ini, dimana aku dipertemukan oleh seorang researcher yang menurutku sudah benar benar profesional di bidangnya, Mba Dinda.

Tulisan sebelumnya : 

Mentorship Pekan Pertama


ZOOM MEETING PERTAMA DENGAN MENTORKU


Minggu, 5 Juni 2022 adalah pertama kali aku dan Mentorku bertemu secara online. Sebelumnya, aku udah memberikan kepada beliau rencana atau langkah langkah yang aku ambil untuk bisa akhirnya menyelesaikan penelitianku. Tetapi, sebagai latihan, di bulan ini aku ingin bisa melakukan tahap tahap penelitian kecil kecilan sebagai trial sebelum nanti aku bisa benar benar melakukan penelitian dengan sample lebih banyak.

Ini dia rencanaku yang kemudian kami diskusikan bersama, khusus di rencana jangka pendek terlebih dahulu.




Nah, tulisan hitam adalah rencana awalku, yang kemudian kami diskusikan bersama dan ada beberapa rencana yang kemudian ditambahkan ke situ. Sebenarnya, rencana awal di jangka pendek, aku hanya ingin mengerti tahap tahap dan teknik melakukan research saja. Namun, mbak Dinda menyarankan untuk melakukan penelitian trial/latihan penelitian. Wah, menantang ya. Bismillah, semoga Allah mampukan :)

Setelah kami diskusikan bersama, akhirnya kami bisa menyusun semacam run-down atau langkah langkah per minggu sampai nanti awal Juli.

Minggu ke-2 : Aku akan mempelajari secara mendalam teknik teknik apa saja yang bisa dipakai dalam penelitian.

Minggu ke-3 : Menemukan literature review yang sesuai dengan pembahasan yang ingin aku angkat, kemudian menemukan topik yang sesuai sebagai modal utama melakukan sebuah penelitian.

Minggu ke-4 :  Menemukan instrumen penelitian, baik dengan survey ataupun in-depth interview.

Minggu ke-5 : Mengolah dan menganalisa data sampai menyajikan data yang didapat.

Minggu ke-6 : Mampu mengambil kesimpulan dari penelitian yang aku lakukan dan menjadi suatu produk.

Alhamdulillah, rencana sudah dibuat, tinggal melaksanakan sesuai dengan target yang sudah disusun. Semangat! 

ZOOM MEETING PERTAMA DENGAN MENTEEKU



Wah, senang sekali juga bertemu dengan Ibu Muda yang energik dan penuh semangat seperti Mba Okta. Di pertemuan pertama, mbak Okta menjelaskan rencana rencananya yang berkaitan dengan pengajaran bahasa untuk anak yang nantinya akan berhubungan dengan perkembangan anaknya. Mbak Okta berencana membuat jurnal perkembangan anak, menu bermain, dan sebagainya sehingga dia bisa memberikan pengajaran untuk anaknya dengan lebih terstruktur.

Aku juga memberikan beberapa tips cara mengajarkan anak Bahasa Inggris di rumah dengan menyenangkan dan asyik. Tentunya, sebelum mengajar Bahasa Inggris, modal pertama yang harus dikuasai Ibu adalah bisa berbahasa Inggris, bukan? Nah, akhirnya Mbak Okta bergabung di ATM English Club, sebuah English Club yang memang kebanyakan didominasi oleh kalangan Ibu Ibu Muda. bahkan, Mentorku pun juga ikut ke dalam club ya sama. MasyaAllah, semoga English Club ini memang bisa memberikan manfaat untuk teman teman semua :)

Baiklah, minggu kedua ini telah dilalui dan semoga semangat tetap berkobar sampai nanti kita bisa selebrasi bersama, bahkan sampai tulisan ilmiahku bisa rampung, bahkan bisa dipublish. Aamiin ya Rabb.

Yuk semangattttttt!!!




Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)