MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

Mentorship Pekan Pertama Tahap Kupu-Kupu Kelas Bunda Cekatan Batch 3

Mentorship Pekan Pertama Tahap Kupu-Kupu Kelas Bunda Cekatan Batch 3
Add Comments
Sabtu, 28 Mei 2022

Baru kali pertama ini aku menulis jurnal di blog pribadi karena biasanya aku hanya mengupload semua jurnal di instagram khusus pengembangan diri bernama @meykkealvia (https://www.instagram.com/meykkealvia/ ) dan jurnal di Kepompong yang aku tulis dan simpan di G-Drive karena menurutku isinya lebih private.

Dan kali ini rasanya aku harus menuliskannya di sini  sebagai bukti perjalananku menemukan teman teman produktif yang MasyaAllah kereeen. Dan aku bisa mendapatkannya di Institut Ibu Professional ini. Yup, di kelas Kupu Kupu ini kita harus menjadi seorang mentor dan mencari mentor juga atau berperan sebagai mentee. Seru yah!



PERJALANAN MENDAPATKAN MENTEE



Hal pertama yang harus kita lakukan untuk bisa mendapatkan mentee yang sesuai dengan apa yang kita kuasai adalah dengan membuat CV dan mengirimkannya di Album Facebook Hutan Kupu Kupu Cekatan #3.

Nah, di hari Kamis, 19 Mei 2022 aku segera membuat CV dengan personal branding sebagai guru Bahasa Inggris Online dan founder @atm_englishclub. Aku ingin bisa memberikan guidance tentang bagaimana Ibu Ibu tetap dengan mudah belajar Bahasa Inggris dari rumah dan bagaimana mereka bisa mengajarkan Bahasa Inggris untuk anak anak di rumah. As we know, English is totally important nowadays. 

Namun, sampai pendaftaran mentorship gelombang pertama ditutup, aku tak kunjung mendapatkan mentee. Sedih kan yaa...

Untungnya, saat itu yang belum mendapatkan mentee disuruh untuk nge-list di grup 16 dan di saat itulah ternyata teman satu grup berminat untuk menjadi menteeku. Beliau lalu menghubungiku secara langsung dan mengutarakan keinginannya. Walaupun memang melenceng dari peta belajar yang beliau punya, tetapi beliau juga mempunyai hasrat untuk bisa belajar Bahasa Inggris lebih lagi plus bisa mengajarkan Bahasa Inggris ke anaknya yang berusia 2 tahun. Wah, hampir sama dengan Julio khan ya, masih balita. Dan memang tujuannya pas banget dengan apa yang ingin aku bagikan.

Cuss lah, begitu gelombang pemilihan mentor dibuka, Mbak Okta langsung mengisi form dan berhasil. Alhamdulillah, akhirnya aku punya mentee juga. Mentee yang penuh energi, penuh semangattt. Bahkan kami juga sama sama seorang blogger. Wah, insyaAllah bisa seruuu. Mana ternyata rumahnya deketan lagi masih sama sama di Kabupaten Semarang. Semoga suatu saat bisa bertemu ya Mba..

PERJALANAN MENDAPATKAN MENTOR

Selasa, 24 Mei adalah saatnya kita mendapatkan mentor. Namun, di jam pembukaan yaitu jam 10 pagi saya harus mengajar online dan jelas tidak bisa segera mengakses form yang sudah disediakan. Baru tengah hari aku membuka beberapa album di FB Hutan Kupu Kupu dan memilih beberapa yang menurutku, aku membutuhkan ilmu yang mereka punya.

Sayang, yang aku pilih sudah sold out. Hingga tiba saatnya aku memilih di album Lain Lain karena aku memang ingin belajar hal baru dan melihat CV milih Mbak Dinda. Wah, researcher! Aku lalu ingat tentang obrolanku dengan suami tentang melakukan riset dan menulis karya ilmiah dari kelas kelas online yang aku punya dan english club juga. Pas banget nih dengan spesialis Mbak Dinda.

Alhamdulillah, aku isi form dan nama Mbak Dinda masih ada di sini. Dengan 1 klik, mbak Dinda satu tahap berhasil menjadi mentorku. Namun, aku nggak segera menghubungi Mbak Dinda karena di jam berikutnya aku harus mengajar lagi.

Malamnya, justru Mbak Dinda yang add pertemanan FBku dan memberikan nomor WAnya. Lalu, segera aku hubungi beliau via WA dan langsung deh chit chat tentang peta belajarku yang memang nggak sesuai tetapi memang aku memilih Mba Dinda karena ini adalah hal yang paling ingin aku pelajari untuk sekarang. Terlebih aku ingin sekali bisa mendapatkan beasiswa S2 dan melanjutkan sekolah lagi. Yuk bantu aminin ya teman temaaaan...

Dan dari situlah akhirnya Mba Dinda menerimaku sebagai mentor. Ah, bahagianya hatiku. Kayak berasa Allah sedikit sedikit ngasih jalan buatku, untuk bisa lebih mengasah kemampuanku di bidang akademik dengan cara membuat riset dan menulis tulisan ilmiah.

TENTANG PORTFOLIO




Dan, inilah portfolio atau tahapan belajar sekaligus hasil yang bisa aku rasakan sampai sekarang. Bersyukur banget sih bisa ikut serta dalam petualangan di hutan Kupu Kupu ini bersama teman teman yang MasyaAllah sangat inspiratif dan selalu memberi motivasi.

Hutan Kupu Kupu beserta isinya benar benar mempunyai peran yang besar dalam perjalanan mentalku dan perjalananku sebagai seorang pribadi, istri dan Ibu. Semoga aku bisa terus memperbaiki diri dan mengembangak minat bakatku juga. Bisa menjadi pribadi yang produktif dan berguna untuk banyak orang. Well, yuk kita tunggu tugas apa yang bisa kita lakukan minggu depan. Can't wait to see that!



Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)