Aplikasi Audiobook Storytel, Cara Baca Buku Masa Kini

Menggunakan aplikasi Storytel sambil menulis blog


“Aku dulu waktu single, suka banget baca buku malam malam habis pulang kerja sambil minum kopi di balkon kost.”

“Dulu, aku bisa baca 5 buku dalam 1 bulan saja.”

“Tapi sekarang, ah….sudahlah.”

Hmm…siapa yang punya problematika hidup yang sama, bestie? Dulu saat lajang mah mau ngapain aja hayuuuk. Sekarang? Kayak hidup itu hectic kali karena banyak yang harus dilakuin. Boro boro baca buku, tidur cukup aja sudah syukur alhamdulillah. Tapi, semua masalah ada solusinya. Percaya deh. Dan, solusi dari nggak punya waktu buat baca buku itu adalah...

Traraaaaa….. Aplikasi Storytel!

Dengan Aplikasi Audiobook Storytel ini, mau 'baca' Novel Fiksi sambil nyetrika? Bisa. Mau Baca Buku Online sambil nyusuin anak? Bisa. Mau dapat banyak Rekomendasi Buku genre apa saja? Bisa. Mau baca buku untuk self-development? Ah, banyak. Karena sesuai dengan nama aplikasinya, kita nggak literally lagi 'baca' buku melainkan mendengarkan buku. Wih, mantap. Jadi, cem mana ini konsepnya?

Kita bisa mengikuti jaman dengan tren mendengarkan buku yang semakin populer, bestie.

Apa itu Aplikasi Audiobook Storytel?

Salah satu Audiobook favorit di aplikasi Storytel


Selamat datang ke dalam dunia audiobook Indonesia, ebook dan bentuk cerita lain yang tak terbatas dan luar biasa. Well, Storytel adalah salah satu layanan streaming buku audio dan e-book berlangganan terbesar di dunia dan menawarkan mendengarkan dan membaca lebih dari 500.000 judul dalam skala global.

Bahkan visi dari Storytel ini adalah menjadikan dunia tempat yang lebih berempati dan kreatif dengan kisah-kisah hebat untuk dibagikan dan dinikmati oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

Bisnis streaming Storytel dilakukan di bawah merek Storytel dan Mofibo. Bisnis penerbitan Storytel dilakukan melalui penerbit buku audio StorySide dan penerbit Nordik yang terkenal seperti Norstedts, People's Press, dan Gummerus.

Storytel beroperasi di lebih dari 20 pasar di seluruh dunia dan berkantor pusat di Stockholm, Swedia. Keren ya, jadi sudah mendunia dan nggak perlu diragukan lagi.

Jadi teman teman, sekarang kita bisa banget ‘baca’ buku yang kita suka dengan mendengarkannya. Nggak ada lagi alasan nggak ada waktu buat membaca karena orang lain akan membacakannya untuk kita, kita tinggal mendengarkan saja.

Apa Sih Keunggulan Aplikasi Audiobook Storytel?

1. Ratusan Ribu Audiobook dalam Genggaman Tanganmu

Keren memang ya bestiii. Jangan takut e-book dan audiobook yang kita inginkan nggak tersedia. Karena memang pilihannya sungguh banyak sampai ratusan ribu. Dengan lebih dari 150.000 judul seperti Game of Thrones, mulai dari buku bestseller lokal seperti Mariposa sampai internasional, ada banyak cerita hebat yang menunggumu!

Nah, senangnya lagi saat aku pertama kali instan dan mendaftar aplikasi ini, kita disuruh memilih genre apa saja yang kita sukai dan nanti akan banyak rekomendasi buku yang bisa kita coba dengarkan sesuai dengan ketertarikan kita. 

2. Narator Berkualitas

Nah, namanya saja audiobook, pasti ada kan narator yang membacakan buku kita. Jangan takut kalau naratornya ngebosenin, karena di sini mulai dari narator berpengalaman hingga public figure ternama yang dapat membawakan cerita dan imajinasimu lebih jauh. Let's say, Dian Sastrowardoyo, yang merupakan salah satu narator di aplikasi ini.

Siapa coba yang nggak mau dibacain buku sama Dian Sastro?

3. Mendengarkan dan Membaca Buku Secara Offline

"Yah, kalau aku nggak punya kuota, bisa nggak aku tetap dengerin Dian Sastro baca buku?"

Oh tentu bisa karena di aplikasi ini terdapat mode Offline. Simpan audiobook bestie misalnya audiobook Dilan secara offline supaya bestie bisa mendengarkan di manapun, bahkan tanpa koneksi internet. 

Tips dariku biar tetap hemat kuota, misal besti lagi ngopi di cafe yang ber-wifi nih. Download deh tu e-book dan audiobook banyak banyak supaya saat sudah di rumah, kita tinggal mendengarkan atau membaca saja tanpa harus mengurangi kuota kita. Kan sekarang harga paket data juga lagi naik, tuh. 

Cara untuk bisa mendownload e-book dan audiobooknya juga muda nih, bestie.

Pertama-tama, simpan audiobook yang ingin kita download ke rak buku kita, seperti Hunger Games dan audiobook dari Buku Best Seller lainnya.

Lalu, klik ikon lingkaran dengan 3 titik di dalamnya (terdapat di sebelah judul buku pada rak buku, atau di laman detail buku) dan klik Simpan offline.

Kita juga dapat mendownload buku langsung pada player, dengan mengklik 3 titik pada pojok kanan atas dan pilih Simpan secara offline.

Download akan segera dimulai. Jangan melakukan apapun di aplikasi atau keluar dari aplikasi hingga download selesai.

Saat sudah selesai didownload, audiobook misalnya Selamat Tinggal akan ditandai dengan warna hijau pada rak buku. Kita juga dapat melihat seluruh audiobook yang telah kita simpan secara offline dengan cara, pada app, klik Profil -> Buku offline dan lihat di paling bawah halaman.

Kita juga dapat menghapus buku dari mode offline dengan mengklik lingkaran dengan 3 titik pada rak buku, laman detail buku, atau dengan mengklik ikon tempat sampah pada pojok kanan Player.

Mudah, khan?

Nah, lalu bagaimana jika kita ingin menyimpan e-book e-book yang ingin kita baca?

Pertama-tama, simpan ebook ke rak buku, seperti Divortiare dan lain sebagainya. 

Pertama kali kita mengklik Baca untuk mulai membaca, e-book akan otomatis terdownload dan download akan selesai setelah semua halaman berhasil dimuat. Oleh karena hal ini, tidak ada opsi untuk mendownload ebook.

Ebook akan disimpan secara offline selama kita tidak menghapusnya dari rak buku atau keluar dari akun kita.

Catatan: Jika kita keluar dari akun di aplikasi, buku-buku kita tidak akan lagi tersimpan secara offline dan perlu didownload ulang.

4. Tenang Membersamai Anak Membaca dengan Mode Anak

Jika teman teman juga ingin anak kita menggunakan aplikasi Audiobook Storytel ini, jangan khawatir. Teman teman bisa aktifkan mode anak. Nah, perangkat dengan Mode Anak yang sudah dinyalakan hanya bisa mengakses buku-buku di kategori anak. Perangkat tersebut dapat mengakses rak buku kita tapi tidak akan bisa melihat buku-buku yang tidak masuk di kategori anak. 

Lalu, bagaimana cara untuk bisa mengaktifkan mode Anak?

Masuk dengan akun kita di perangkat yang akan digunakan anak

Pelanggan yang perlu akses ke semua buku di Storytel perlu membuat akun. Jika kita ingin anak bisa menggunakan Storytel dari perangkat yang mereka gunakan, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Download aplikasi Storytel di perangkat anak

2. Masuk ke akun kita

3. Ke Profil dan nyalakan Mode Anak. Kita akan diminta untuk memasukkan PIN.

Nggak perlu khawatir lagi deh karena anak hanya akan bisa membaca atau menengarkan buku yang sesuai dengan umur mereka. Plus kita bisa melestarikan budaya membaca dan budaya literasi untuk generasi muda penerus bangsa. 

5. Pilih Paket Langganan Sesuai Kebutuhanmu

Yang lebih nyenenginnya lagi nih besti, kita bisa memilih di antara dua paket langganan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Ada dua pilihan, yaitu Paket Premium untuk akses tak terbatas ke ratusan ribu buku popular baik dari dalam negeri ataupun luar negeri seperti Harry Potter Audiobook dan lain lain dan Paket Local untuk akses berbagai pilihan Audiobook populer dan Buku Bestseller dalam Bahasa Indonesia.

dua pilihan Paket untuk Aplikasi Storytel

Oiya, yang aku suka dari sistem pembayarannya, kita bisa membayar dengan banyak cara lho. Let's say via credit/debit card, ShopeePay, DANA, DOKU, GoPay, OVO, dan lainnya. Tinggal pilih deh.

Pengalaman Mendengarkan Audiobook di Aplikasi Audiobook Storytel

Banyak Audibook dan e-book pilihan di aplikasi Storytel

Sebagai guru Bahasa Inggris, tentu aku tidak berhenti belajar. Dan Aplikasi ini justru membantuku belajar listening, pronunciation, speaking bahkan vocabulary. Kok bisa?

Mulai kemarin aku mendengarkan sebuah novel bergenre Romance berjudul One True Loves yang ditulis oleh Jenkins Reid, salah satu Author of Sunday Times Bestsellers. Novel ini menceritakan tentang kisah sepasang suami istri muda bernama Emma Blaire dan Jesse. Mereka suka sekali berpetualang bersama dan melihat dunia luar. Di ulang tahun pernikahannya yang pertama, tiba tiba Jesse hilang bersama helicopter yang ditumpanginya saat melewati Samudera Pascifi. Dari situlah perjuangan Emma Blaire untuk menghimpun hatinya yang remuk redam sendirian dimulai.

Seru banget nggak tuh ceritanya. Dan sembari nyetrika baju segunung, aku sekalian bisa mendengarkan cerita seru, sekaligus belajar listening, vocabulary baru dan pronunciation. Mana naratornya ngomongnya alus pisan bikin makin mendalami peran peran di dalamnya. Oh sungguh aku suka banget sama aplikasi ini bestieeee....

Well, tunggu apalagi? Habis ini aku juga pingin dengerin Sapiens ah, kayaknya bakalan seru.

Hanya dengan membayar seharga Rp. 39.000 saja, kita bisa mendengarkan buanyak buku buku berkualitas baik dalam Bahasa Indonesia seperti Negeri Lima Menara maupun Bahasa Inggris. 

Download sekarang juga!

 Aplikasi Storytel untuk iOS

Aplikasi Storytel untuk Android

Apa buku pertama yang kalian dengarkan, bestie?





25 komentar

  1. terbantu banget buat kita kita yang nggak sempet buka bukunya untuk dibaca di waktu senggang ya mbak
    kadang pas baca mikir kerjaan lain yang belum selesai, karena paling nggak kalau bacanya nyicil pun, minimal sehari baca buku sejam

    BalasHapus
  2. Aku akhirnya install juga aplikasi ini mbaaaa, tapi lebih buat anakku sih. Soalnya kan tiap malam mereka itu selalu minta dibacain cerita, nah kadang aku tuh suka udah capek mau bacain 😅. Jadi kupikir , aplikasi begini pasti berguna banget sih. Dan bener, suara naratornya enaak bgt didenger. Jadi inget zaman2 kecil ada kaset cerita dongeng gitu kan. Aku sering beli. Reus ada juga drama2 di radio .. jadi Inget masa lalu 😄

    BalasHapus
  3. Asyik nih bukunya bisa ngomong sendiri, eh pake narator, ya. Jadi bisa disambi kegiatan lain.

    BalasHapus
  4. Sama bingits kak. Kecepatan menamatkan buku sudah menurun saat ini. Apalagi malem abis kerja itu, baru bentar baca buku, eh mata udah kinyep2. Untung ada Storytel ini, jadi tinggal dengerin aja ya

    BalasHapus
  5. Waaaw aku baru tahu kl mbak Meykke sekarang jadi bu guru bahasa Inggris. 😍
    Btw, aku juga pakai aplikasi Storytel. Seru banget bisa mendengarkan buku favorit saat nyambi berbagai pekerjaan rumah. Kl mau tidur jg sering dengerin berasa didongengin

    BalasHapus
  6. Suka banget sama aplikasi ini, karena bisa dengerin buku favorit kita. Naratornya pun berkualitas

    BalasHapus
  7. Laily Fitriani23 April 2022 13.16

    Wah, sekarang zamannya kita bisa dengerin buku ya Mbak? apalagi klo mata capek, kayaknya daku perlu baca ala aplikasi Storytell ini.

    BalasHapus
  8. Asik ya bisa disambil ngapain aja. Seru nih. Boleh dicoba.

    BalasHapus
  9. Aku pun sukaaa banget sama Storytel ini, secara sekarang mata udah plus, gak kuat baca lama-lama. Solusinya ya dengerin audiobook, Mbak.

    Btw, buku yg pertama kudengerin itu bukunya Paulo Cheloe, lanjut ke Negeri 5 Menara, Dunia Sophie, dan banyak lagi.

    BalasHapus
  10. Ikutan imdonlot Storytel. Jadi praktis baca buku dimana aja nih dan bisa disambi sambi

    BalasHapus
  11. Aku sekarang udah jarang banget baca buku. Sampe beberapa buku gak selesai-selesai. Tapi, Aku gak bisa dengerin yang bahasa inggrisnya karena emang gak paham. Hehe...
    Storytel ini Audiobook ynag asyik buat dengerin buku-buku favorite ya, Mba.

    BalasHapus
  12. Buku pertama yang kudengarkan di Storytel itu Dunia Sophie, Mbak.
    Niatnya nostalgia bacaan jaman SMA dulu, baru kemudian nanti dengerin judul-judul buku terbaru di Storytel.
    Setuju banget ini, Storytel memang membantu banget buat ibu2 yang gak punya banyak waktu untuk membaca buku, lebih baik mendengarkan buku.

    BalasHapus
  13. Kalau ada ini sih, "baca" buku bisa dilakukan di mana aja. Bisa sambil masak atau setrika.

    BalasHapus
  14. wah aku tertarik banget sama aplikasi ini, bisa buat ngedongingin anak2 juga yaa

    BalasHapus
  15. Menarik sekali storytel ini. pengen nyoba ah.

    BalasHapus
  16. Beneran cara masa kini ya ini, karena dengan ponsel, tinggal bobo cantik atau duduk santai dengerin buku kesayangan dibacain. Tapi sebenarnya ini mengingatkan sama sandiwara di radio ya mb, cuma ini bisa beragam ceritanya dari novel dll

    BalasHapus
  17. Di audiobook ini memang naratornya bagus semua. Aku juga suka. Jadi solusi banget buat kita. Aku juga udh download.

    BalasHapus
  18. Storytel hadir sebagai solusi banget ya Mba.

    Iya lho, setelah menikah tuh, rasanya hidup makin hectic tanpa ujung. Beneran bisa tidur nyaman saja itu sudah jadi hal mewah. Kebiasaan membaca buku pun jadi banyak bergeser. Eh sejak kenalan sama Storytel, tinggal ambil earphone sambil rebahan dalam gelap nemenin anak kicik terlelap. Mana naratornya pada kece kece lagi bacain ceritanya.

    BalasHapus
  19. Seru ya, bisa 'dengar' buku sambil ngerjain hal lainnya. Emak2 relate banget dah ini. Apalagi bisa sambil offline

    BalasHapus
  20. saya juga menggunakan aplikasi audiobook untuk membaca buku, sangat membantu jadi kalau traveling ga usha lagi bawa-bawa buku

    BalasHapus
  21. Ah mau ikutan download story tell juga, jadi penasaran sensasi mendengarkan cerita yang udah best seller

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru, Mba. Kaya lagi dengerin dongeng gitu.

      Hapus
  22. Baca buku jadi lebih menyenangkan ya jadinya. Eh ini bukan baca, lebih tepatnya mendengarkan buku yang dibaca oleh seseorang wkwk

    BalasHapus
  23. Aku uda pakai juga dong aplikasinyaa.. Dan kudibuat ketagihan banget niih sama aplikasi storytel. Baca buku jadi lebih seru karena cukup mendengarkan satu jam kurang lebih uda bisa selesain satu buku hehehe

    BalasHapus
  24. Buat ibu rumah tangga terbantu sekkai ni dengan storytel ini. Kan bisa disambi dengan banyak hal di rumah

    BalasHapus

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)