5 Website Gratis untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Online Part. 2

5 website gratis untuk pembelajaran Bahasa Inggris online part 2


Holla, Miss dan Misteeer. Siapa yang masih penasaran atau lagi nyari nyari website seru buat ngajar online? Sekarang aku datang lagi dengan lima website gratis untuk mengajar Bahasa Inggris secara online. Iyes, betul! Ini gratis! Tapi nggak sekedar gratis aja karena ini juga berkualitas lho. Dan pastinya amat sangat membantu kita untuk bisa memberikan pembelajaran yang menarik, seru dan sesuai dengan kebutuhan dan minat para murid.

Baca juga lainnya yuk!

5 Website untuk Mengajar Bahasa Inggris Secara Online

Kiat dan Persiapan Mengajar Online Untuk Guru Pemula

Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris #28 : Find The Category


1. baamboozle.com

5 website gratis untuk pembelajaran Bahasa Inggris online part 2 Baamboozle.com

Aduh, entah apa yang harus aku katakan kepada pencipta website ini karena memang benar benar membantu ku dalam mengajar speaking, vocabulary, review grammar, bahkan sampai listening juga. Yang bikin senang dan menarik karena semua review diberikan dalam bentuk serupa game. Bahkan ada sekitar 500.000 game yang sudah dibuat oleh para guru dari berbagai negara.

Untuk versi gratis, kita bisa mengakses semua game dengan banyak kategori. Kita bisa search aja di boxnya seperti 'phrasal verb', 'speaking for beginner', atau topik apapun, lalu nanti akan muncul berbagai pilihan game.

Begitu klik satu tema/judul gamenya, kita bisa pilih nih mau ada berapa tim dan mau ada berapa pilihan nomor. Untuk yang versi gratis, nomor yang bisa dipilih hanya 16 saja dengan jumlah 2 tim pemain. Tapi, untuk kelas kecil seperti online private class, ini udah cukup banget sih.

Atau kalau muridnya ada 3, aku catat sendiri scorenya jadi 3 tim sesuai dengan score yang mereka dapatkan di tiap soal/nomornya.

Anak anak pun juga pasti suka game ini. Entah untuk warm-up activity sebelum belajar dari modul biar mereka panas dulu, atau memang untuk speaking session karena banyak sekali jenis game untuk speaking dari yang beginner hingga advanced macam pertanyaan IELTS dan TOEFL Speaking, sampai untuk review materi yang sedang kita pelajari; biasanya di ujung waktu les.

Untuk speaking session sendiri, biasanya aku gabungin dengan timer online dan menyuruh murid untuk menjawab pertanyaan dan terus berbicara setidaknya dalam 1 menit. 

Nah, untuk teman teman guru yang ingin nyobain, sok atuh ke sini aja https://www.baamboozle.com/games

2. elllo.org ( English Listening Lesson Library Online )

5 website gratis untuk pembelajaran Bahasa Inggris online part 2

Ingat ya, Miss. jumlah l nya ada tiga. Selaras dengan kepanjangannya, website ini khusus untuk pembelajaran listening dengan berbagai macam jenis recording.

FYI, elllo ini menyediakan 3.000 aktivitas mendengarkan yang bisa diakses secara gratis oleh siapapun. Berbeda dengan baamboozle yang memberikan akses dan fitur lebih untuk pengguna premium, website ini menyediakan semua recording gratis.

Fitur/Jenis recordingnya pun beragam!

- Views : lebih dari 1500 pelajaran mendengarkan berupa dialog oleh native speaker.

- One Minute English : 700 video oleh para native speaker dari berbagai negara menjawab pertanyaan tertentu. Di setiap videonya pasti disertai dengan skrip dan kuis untuk mengecek pemahaman siswa.

- Mixer : Ada 6 native speaker dari berbagai negara mengemukakan pendapat mereka tentang topik tertentu yang sama. Setiap recording disertai dengan video, audio, skrip, media, quiz, dan pelajaran vocabulary.

- Grammar : Menekankan pada grammar yang ada di dialog dengan berbagai level

- News Center : Mendengarkan 6 berita/topik dalam Bahasa Inggris dan sangat bagus untuk belajar Academic English.

- Idioms : Sesuai dengan judulnya, teman teman yang ingin belajar idioms untuk listening, ada beberapa dialog pendek yang dilengkapi dengan penjelasannya, quiz, audio dan videonya.

- STEP ( Standardized Exam practice )

Nah, kalau jenis yang ini cocok untuk murid yang memang sedang belajar untuk persiapan reading dan listening TOEFL dan IELTS. Jadi topiknya pun juga agak berat gitu ya. Setiap lesson dilengkapi dengan audio, skrip dan interactive quiz untuk mengetes pemahaman murid setelah mendengarkan.

Aku pribadi paling sering menggunakan Mixer dan Views. Di Mixer, aku biasanya menyuruh murid untuk mendengarkan dan mencatat beberapa hal penting yang mereka dengarkan. Misalkan tempo hari kami mendengarkan tentang Favorite Gadget. Ada 6 native speaker yang menjelaskan tentan favorite gadget masing masing. Nah, setelah mencatat nama dan asal negara, aku menyuruh mereka untuk mencatat favorite gadget dari masing masing speaker beserta alasannya. Setelah itu baru menjawab quiz yang disediakan di websitenya.

Senengnya lagi semua jenis lesson di atas dikategorikan sesuai dengan levelnya. Jadi, jika anaknya masih beginner bisa cobain level 1 dengan kosakata di recording yang lebih mudah untuk dipahami, disusul dengan recording lain dengan level berbeda. Tinggal disesuaikan saja dengan murid kita ya, teachers!

Sungguh website yang sangat bisa diandalkan untuk mengajar atau pun belajar listening. Check this out! https://elllo.org/

3. learnenglishteens.britishcouncil.org

5 Website Gratis untuk Pembelajaran bahasa Inggris Online yaitu learnenglishteens.britishcouncil.org

Dibandingkan dengan baamboozle yang lebih ke game dan elllo yang lebih ke listening saja, website gratis ini LENGKAP. Mau skill apa saja ada! Dan yang pastinya GRATIS!

Let's say mau mengajar 4 skill utama seperti speaking, listening, reading, writing ADA. Setelah memilih skill pun kita bisa memilih level; beginner A1, Elementary A2, Intermediate B1 sampai Upper Intermediate B2. Misalkan untuk speaking, setelah memilih level dan satu topik, kita bisa belaajr speaking lewat sebuah video. Kegiatan pertama adalah watch and read, dan yang kedua kita akan menjadi salah satu speaker di dialog tersebut. Dijami seru banget lah buat speaking. Bisa banget jadi opsi setelah pakai baamboozle atau wordwall. Jadi ini lebih ke speaking dengan skrip yang sudah tersedia.

Mau mengajar atau belajar grammar juga bisa banget. Tinggal pilih dulu antara Beginner atau Intermediate Grammar. Setelah memilih levelnya kita bisa memilih salah satu topik. Atau, kita juga bisa search di kolom pencarian topik yang kita butuhkan. Begitu juga dengan Vocabulary.

Selain itu, di Exams, kita akan mendapatkan tips cara mengerjakan Test Bahasa Inggris dalam berbagai skill yang ada. Selebihnya kita bisa membaca Majalah dengan berbagai topik menarik, dan game yang bikin belajar jadi lebih menyenangkan!

Kalau aku sendiri biasanya memakai website ini untuk mengajar grammar karena pembelajarannya komplit banget dari video, tanya jawab sesuai topi sampai kuiz untuk mengecek pemahaman siswa. Jadi udah all in ada di satu page itu. Atau biasanya aku main game "What Is It?"

Jadi akan ditunjukkan sebuah bagian dari barang, kayak di zoom gitu dan kita harus menebak keseluruhan barangnya itu. Seruu buat warm-up activity juga lho.

Silahkan mecoba, https://learnenglishteens.britishcouncil.org/

4. reader.letsreadasia.org

5 Website gratis untuk pembelajaran bahasa Inggris online yaitu reader.letsreadasia.org


Sama dengan website sebelumnya, website ini juga menyediakan berbagai buku cerita dari berbagai negara dan bahasa. Salah satunya, English. Kita bisa mencari cerita sesuai dengan level. Bahkan kita juga bisa mengunduh atau share ke media sosial yang kita punya.

Makin semangat membaca nyaring khan di sini, https://reader.letsreadasia.org/

5. literacycloud.org

https://reader.letsreadasia.org/

Siapa yang suka read aloud bersama muridnya? Jika iya, website ini cocok banget! Ada buanyaaaak cerita dari berbagai negara dan disajikan dalam berbagai bahasa juga. Salah satunya, Bahasa Inggris. Kita bisa memilih level setiap cerita, tergantung dari kemampuan membaca anak. Tersedia mulai level 1 sampai 6.

Ceritanya pun seru seru dan mengandung life-lesson. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui deh jadinya. Aku dan murid muridku mulai dari kelas 2 sampai 4 SD biasanya memilih cerita di level 2 atau 3. Setelah read aloud, kita bisa meminta anak untuk bercerita kembali atau menjawab pertanyaan yang biasanya ada di lembar terakhir buku cerita untuk mengecek pemahaman murid. Kita juga bisa bertanya apakah ada kata yang sulit di sepanjang cerita dan diskusikan bersama.

Serunya lagi, kita juga bisa lihat versi video read-aloudnya. Jadi, di video itu kita menonton orang membaca nyaring untuk kita. Jadi murid juga bisa punya referensi cara membaca nyaring langsung dari native speaker. Eits, ada video ceritanya juga. Jadi, jangan lupa sign up lalu log in ya.

Yuk bacakan buku cerita mulai dari sekarang, https://literacycloud.org/

Semakin kita mengerti betapa banyak website pembelajaran Bahasa Inggris yang bisa kita gunakan, makin seru dan makin bervariasi pula cara mengajar kita di kelas online ya, teachers. Kita juga bisa memberikan banyak resources supaya murid makin pintar dan makin semangat.

Jadi, yuk semangat mencerdaskan kehidupan bangsa. Dimulai dari aksi kecil yang kita bisa. Salah satunya menulis artikel ini. Aku berharap teman teman teachers bisa mendapatkan banyak insight dan ilmu baru di sini yang siap diaplikasikan di dalam kelas. 





Tidak ada komentar

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)