MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

Tips dan Trik Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi yang Berkerak

Tips dan Trik Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi yang Berkerak
Add Comments
Rabu, 26 Mei 2021
Tips dan Trik Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi yang Berkerak

Maaaak, di sini siapa yang paling sebel kalau kamar mandinya kotor dan berkerak? Atau karena terlalu mager buat bersihin jadi makin kotor dan berkerak? Padahal nggak ada asisten rumah tangga yang bisa bantuin bersihin. Waaah, masalah kamar mandi aja bikin pusing ya, Mak. Padahal kebersihan kamar mandi itu super penting ya. Banyak kuman penyebab penyakit bersumber dari kamar mandi. Salah satunya yang paling umum adalah bacteroidaceae. Terus gimana ya cara membersihkan lantai kamar mandi yang berkerak?

Santay. Sekarang banyak cara untuk bisa mendapatkan kamar mandi kembali bersih dan bebas kerak kok. Kita tinggal selalu sedia alat alat ini dan lakukan langkah langkah berikut ini. Bisa dilakukan sambil mandi lho. Nggak perlu buang waktu.


Alat alat yang harus disediakan :

  • sikat toilet
  • kain pel
  • pembersih toilet dan bak mandi
  • kertas tisu
  • tisu disinfektan
  • spons
  • pembersih kaca

Cara praktis membersihkan toilet :

1. Semprot Bak Mandi


Setelah masuk kamar mandi, langkah pertama adalah semprot bak mandi dengan cairan pembersih setelah sebelumnya mengosongkan bak mandi. Biarkan sejenak sambil melakukan langkah berikutnya sembari menunggu cairan pembersih meresap.

2. Semprot Lubang Toilet

Sembari menunggu cairan pembersih di bak meresap, kita bisa menyemprot lubang toilet dengan merk apa saja yang ada di pasaran. Jangan lupa menyemprot melingkari lubang toilet dan biarkan sejekan. Jangan lupa lap bagian laurnya dengan tissue disinfektan.

3. Lap dan bilas bak mandi

Setelah itu, sikat bak mandi atau lap dan bilas dengan air. Gosok juga permukaan bak mandi bagian luar. Setelah selesai, jangan lupa mengisi kembali air di bak mandi, ya.

4. Sikat toilet

Nah, sekarang pasti cairan pembersih toiletnya sudah bekerja, Mak. Tinggal sikat dengan bagian cekungannya itu sampai bersih dan mengkilat. 

5. Bersihkan cermin

Next step, kita bisa membersihkan cermin di kamar mandi dengan menyemprot cairan pembersih kaca terlebih dahulu. Lalu, lap dengan tissue hingga cermin bersih dan mengkilat.

6. Bersihkan wastafel

Setelah cermin beres, kita juga bisa membersihkan wastafel dengan menyemprot cairan pembersih, menyikatnya jika perlu dan mengelapnya dengan tissue atau lap sampai kering.

7. Sikat lantai toilet

Sebelum kita meninggalkan kamar mandi, jangan lupa sikat lantainya terlebih dahulu dengan sikat toilet yang besar dan cairan pembersih toilet. Pastikan semua kerak membandel bisa terangkat dan lantai menjadi bersih dan kesat ya.

Fiuuuh, akhirnya kamar mandi bisa kinclong dan bikin kita jadi rajin mandi ya. Namun, ada nggak sih trik trik tertentu biar kerak yang membandel bisa dihilangkan dengan mudah dan pekerjaan bisa lebih cepat? Oh, tentu ada. 

Trik Khusus Membersihkan Kamar Mandi

1. Gunakan Garam untuk Menghilangkan Lumut Membandel

Lumut yang membandel dan mengerak di lantai kamar mandi jelas sangat mengganggu bahkan bisa membuat kita tergelincir karena bikin licin. Dan, alih alih menyikatnya dengan sekuat tenaga, kita bisa menggunakan 3 sendok garam yang dituangkan ke dalam 2 liter air. Lalu, rebus hingga air mendidih. Dalam keadaan masih panas, kita tuangkan secara merata ke lantai kamar mandi. Setelahnya, kita bisa mulai menyikat lantai kamar mandi dan membilasnya dengan air. Violaaa, bye bye lumut. Kini lantai kamar mandi jadi kesat dan bersih.

2. Menggunakan Baking Soda untuk Membersihkan Keramik Kamar Mandi

Jika jamur membuat lantai licin, maka kerak kamar mandi membuat kamar mandi menjadi terlihat sangat kotor dan menjijikkan. Nah, bagaimana menyulap lantai kamar mandi menjadi bersih dan kesat? Kita hanya perlu menaburkan baking soda secara merata ke lantai dan dinding yang berbahan keramik. Lalu, percikkan air panas setelah sedikit dan tunggua hingga satu jam. Setelah satu jam, mulailah menyikat lantai dan dinding keramik menggunakan sikat atau kawat kasar hingga bersih. Bilas setelah selesai.

Well, itu tadi tips dan trik membersihkan kamar mandi dan toilet dengan mudah ya, Mak. Semoga berguna dan kamar mandi bisa selalu bersih, wangi dan nyaman digunakan untuk seluruh anggota keluarga. Selamat bertugas!



Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)