5 Cara Ampuh Menghilangkan Noda di Baju

5 Cara Ampuh Menghilangkan Noda di Baju


Para Moms pasti pernah ya pusing tujuh keliling pas cuci baju anak atau keluarga saat baju terkena noda. Mau diilangin kok susah banget, mau dibiarin kok bikin jelek. Eh, disikat sikat malah bikin serat baju rusak. Apalagi baju Julio nih. Tiap dia makan makanan gitu juga pasti bajunya jadi ternoda. Untungnya habis cari cari tips tentang cara menghilangkan noda di baju, ternyata banyak sekali cara yang bisa kita pakai, antara lain cara menghilangkan oli di baju. Dan pastinya, AMPUH. Lalu, apa saja sih caranya?

Etapi kita juga harus tau noda apa dulu ya, karena masing masing sumber noda tentunya harus ditangani dengan cara yang berbeda. Yuk, cari tahu apa saja cara untuk menghilangkan noda tertentu di baju!

CARA MENGHILANGKAN NODA PADA PAKAIAN


1. Cara menghilangkan noda kopi

Yup, nomor satu adalah noda kopi. Sebagai penggemar kopi, jelas pernah suatu ketika numpahin kopi di baju karena nggak sengaja. Lalu, bingung deh gimana ngebersihinnya. Dan ternyata caranya adalah pertama, kita basahi saja bagian belakang noda dengan air mengalir. Kita gosok dengan pelan hingga noda menghilang. Namun, jika masih belum berhasil, kita bisa menggunakan sabun cuci piring dan air dingin. Tuangkan sabun pada noda, lalu gosok perlahan. Diamkan dulu setengah jam setelahnya, lalu bilas dengan air dingin dan cuci dengan air biasa setelahnya.

2. Cara menghilangkan noda keringat pada ketiak

Nah, ini nih yang sering banget dialami oleh orang orang. Pasti di bagian ketiak bagian dalam, kain menjadi kuning. Lalu, bagaimana cara menghilangkannya?

Taruh baju baju yang terkena noda di dalam wadah. Lalu, rendam dengan satu cup cuka dan dua cup air hangat selama 3o menit saja. Selagi menunggu, pada wadah air yang lain campurkan setengah cup soda kue, satu sendok teh garam, dan satu sendok teh hidrogen peroksida. Campur bahan tersebut hingga menjadi seperti pasta. Keluarkan baju dari rendaman cuka dan taruh di atas handuk. Lalu, oleskan campuran pasta tersebut ke atas noda baju. Diamkan selama 25 menit setelahnya.

Bilas dan cuci dengan mesin cuci setelahnya.

3. Cara menghilangkan noda saus

Nah, siapa yang nggak bisa makan kalau nggak pakai saus? Pasti pernah dong bajunya kena cipratan saus dan jadi kemerahan gitu. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Pertama, kerik sisa saus yang masih menempel pada baju dengan pisau. Setelah bersih, tutup noda dengan sabun cuci bersih, lalu tutup lagi dengan cuka putih. Terakhir, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air mengalir hingga noda menghilang.

4. Cara menghilangkan noda tinta

Ini nih para anak kuliah yang sering banget pegang pulpen. Pasti ada saatnya pulpennya mleber ke baju. Tapi tenang, karena ada kok cara mudah hilangin noda. Pertama, semprot dulu noda tinta dengan hairspray. Kemudian diamkan selama 10 menit. Serap noda dengan handuk atau kain lalu cuci dengan air seperti biasa.

5. Cara menghilangkan noda minyak

Ini bisa terjadi oleh siapa saja, terlebih ibu rumah tangga. Pas enak enak makan gorengan atau goreng makanan, eh minyaknya bleber ke baju. Baju jadi bernoda deh. Untung ada caranya. Pertama, bersihkan noda minyak dengan menggunakan tissue. Taburkan bedak bayi atau tepung di atas noda dan diamkan selama satu jam hingga minyak terserap. Bersihkan tepung atau bedak itu, oleskan sedikit sabun cuci lalu kasih air sedikit saja. Gosok baju perlahan dan cuci dengan air biasa setelahnya.

Yup! Ada 5 tips tadi yang bisa banget Moms lakukan saat baju terkena noda.

1 komentar

  1. Noda membandel itu bikin kesle emang, apalagi klo abis mainan tanaman hias. :D
    tipsnya bermanfaat banget mbak

    BalasHapus

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)