MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

6 Tips Mengatasi Bau Mulut

6 Tips Mengatasi Bau Mulut
Add Comments
Senin, 07 September 2020
6 tips mengatasi bau mulut dan menjaga kesehatan gigi

Risih dan mengganggu banget nggak sih saat kita lagi ngobrol sama orang dan orang yang kita ajak ngobrol ternyata bau mulut? Atau justru kita yang kurang pede karena ngerasa bau mulut. Mau ngomong sama orang dari jarak dekat pun malas banget jadinya.

Pasti teman teman pernah ngalamin pengalaman pengalaman ini ya. Dan emang bau mulut ini bagi aku pribadi sangat menganggu kegiatan kita dalam bersosialisasi plus bikin mood juga nggak bagus. Nah, sebelum minder melanda, ada baiknya kita menggunakan tips tips berikut supaya bau mulut sirna.

Baca juga yuk!

5 Tips untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mengenal Diet Keto dan Manfaatnya


1. Sikat gigi dengan rutin, baik, dan benar

Ini nih yang paling penting untuk memelihara kesehatan gigi sekaligus gusi. Sikatlah gigi dengan rutin sehari dua kali menggunakan pasta gigi yang menggunakan flouride. Lebih baik lagi jika kita bisa menggosok gigi 15-20 menit setelah makan supaya kotoran yang menyelip di antara gigi bisa segera diangkat. Pilihlah pasta gigi yang berkualitas baik supaya gigi bisa bersih secara optimal.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan kebersihan sikat gigi yang kita pakai. Gantilah sikat gigi minimal tiga bulan sekali untuk menghindari kuman kuman yang menumpuk pada sikat gigi. 

2.Periksa kesehatan gigi dan membersihkan karang gigi secara rutin

Karang gigi dan plak bisa jadi salah satu penyebab bau mulut. Nah, supaya gigi tetap bersih, kita harus rajin periksa ke dokter gigi minimal enam bulan sekali. Kita juga bisa konsultasi terkait kesehatan gigi supaya gigi tetap sehat, terhindar dari gigi berlubang dan nafas pun jadi wangi deh.

3. Minum air putih cukup

Selain menghidrasi tubuh, minum air putih ini juga ternyata sangat bermanfaat untuk mengurangi bau mulut. Kok bisa? Karena air putih mampu meningkatkan produksi air liur di dalam mulut kita? Lancarnya produksi air liur pun bisa membantu mulut agar tetap bersih sepanjang hari. Jadi, ingat untuk minum air putih minimal satu liter atau setara dengan delapan gelas per hari. Banyak banget ya manfaat dari minum air putih ini.

4. Konsumsi Keju dan probiotik

Selain air putih, kita juga harus banyak mengonsumsi buah dan sayur untuk kesehatan tubuh termasuk gigi dan mulut. Nah, selain itu juga kita bisa mencoba untuk mengkonsumsi keju dan probiotik untuk mengurangi bau mulut.

Kok bisa? Keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat  dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi. Sedangkan mengonsumsi probiotik seperti yoghurt dapat memelihara kesehatan pencernaan dan menghambat bau mulut. Simpel namun berdampak besar, bukan?

5. Menggunakan obat kumur non alkohol

Pasti semua orang juga sudah tahu bahwa menggunakan obat kumur bisa menghambat bau mulut. Bahkan, obat kumur ini bisa sangat ampuh untuk mengurangi bau mulut. Tapi, pastikan untuk memilih yang non alkohol ya, dears.

Lalu, bagaimana kalau kita nggak punya mouthwash? Sebagai gantinya, kita bisa kok mengunyah buah penghilang bau mulut, seperti kulit jeruk atau lemon. Nah, kulit jeruk dan lemon sangat efektif karena begitu dikunyah, buah ini akan memicu keluarnya air liur di mulut. Dengan begitu, mulut kita terhindar dari bau nggak sedap deh. 

6. Menghindari makanan berbau menyengat

Jika ingin nafas nggak berbau, maka jangan mengkonsumsi makanan dengan bau menyengat seperti petai dan jengkol. Why? Sudah jelas alasannya. Makanan dengan bau menyengat juga pasti akan memberikan bau mulut yang menyengat setelah kita memakannya.

Hmm, simpel tetapi wajib banget dilakukan demi mengusir bau mulut ya! Jadi, mana aja nih yang udah pernah dicoba, dears?




Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)