5 Tips Sehat untuk Ibu Hamil dan Menyusui

5 tips sehat untuk ibu hamil dan menyusui

5 Tips Sehat untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Siapa sih yang nggak mau sehat? Pasti semua orang ingin hidup sehat, terutama untuk ibu hamil dan menyusui. Sehat itu nomor satu! Toh punya uang banyak atau kepintaran mumpuni kalau tidak diimbangi dengan badan sehat semua akan serba percuma. Tapi,tidak semua orang berkomitmen untuk menjalani gaya hidup sehat. Padahal ingin sehat tapi nggak mau menjalani gaya hidup sehat kan kayak pingin makan nasi goreng tapi nggak mau bikin atau pesan go-food. Mau sampai kapan juga nggak kenyang kenyang.

Tapi sebenarnya menjalani gaya hidup sehat juga nggak susah kok. Yang penting terus konsisten dan berkesinambungan. Lha wong buat kebaikan diri sendiri dan si buah hati untuk bumil dan busui. Dan sesungguhnya kalimat barusan juga ditujukan buat saya yang suka moody kali. Terus, gaya hidup macam apa sih yang saya yakini bisa bikin badan terus sehat?


  1. BE HAPPY

Mind is the key. Buat saya, untuk bisa mempunyai badan yang sehat, kita harus punya pikiran yang sehat terlebih dahulu. Apa iya bisa sehat seutuhnya kalau kita stress walaupuuuun tiap hari olahraga?NO WAY. Jadi, untuk bisa sehat, saya harus bahagia dulu. Kalau lagi nggak bahagia? Ya caranya bahagiain diri sendiri. Banyak kok caranya; take a deep breath dan mencoba menghitung apa apa yang bisa kita syukuri, menekuni hobi, bertemu teman lama, traveling, baca buku perkembangan diri dan lain sebagainya.

Bahkan, saat saya sakit pun kalau pikiran saya tetap happy, badan saya akan sembuh lebih cepat. Saya yakin kalau kekuatan pikiran itu nyata, gaes. Apalagi busui macam saya ini pikiran happy teramat penting. Saya selalu mengamati, tiap kali saya happy maka ASI yang saya produksi banyak. Tapi, jika sedang ada masalah atau sedang mengalami mood swing, aduh produksi ASI jadi menurun! Bumil pun harus tetap bahagia. Karena dengan begitu, baby pun kan ikut bahagia dan pertumbuhan janin jadi optimal.  So, if you wanna be healthy, be happy first!

  1. MAKAN MAKANAN DENGAN GIZI SEIMBANG

You are what you eat! Saya pribadi jelas sangat berhati hati dalam memilih makanan karena saya sedang menyusui. Apa yang saya makan juga akan dimakan oleh Julio, si buah hati. Dan apa yang dia makan akan menjadi sumber energi dan mempengaruhi pertumbuhan tubuh dan otaknya. Saya harus banyak banyak makan sumber protein, kalsium, zat besi dan zat zat yang diperlukan tubuh lainnya. Syukurnya saya suka sekali makan sayur dan buah. Duluuu, saya hanya mau olahan daging ayam dan sapi pun kini mulai dan harus suka berbagai jenis ikan juga. Bumil dan Busui harus makan makanan yang bervariasi supaya si buah hati bergizi lengkap.

Supaya kuantitas dan kualitas ASI terus terjaga, saya juga harus minum air putih yang cukup dan saya tambah dengan minum susu untuk pemenuhan kalsium dalam tubuh.

Tapi, tidak hanya bumil dan busui, kalian pun wajib mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan minum air putih yang cukup. Ingat, badan kita nggak ada suku cadangnya. Dikira spare part motor kali ah!

  1. BEROLAHRAGA

Dulu sebelum saya hamil, saya suka sekali berolahraga. Katakanlah, jogging tiap pagi keliling kompleks, badminton bersama teman teman guru seminggu sekali, yoga, pilates dan zumba dengan bermodalkan  video Youtube setiap pagi atau berenang di akhir minggu bersama sepupu dan bulek. Saya suka berolahraga karena setiap kali habis berolahraga, badan saya jauh lebih enak, segar dan ringan.

Lalu,saat hamil saya memilih olahraga jalan santai, prenatal yoga dan berenang supaya badan tetap fit, tidak mudah sakit dan lelah.

Nah, hanya saja setelah hamil dan melahirkan lalu pindah ke kampung halaman ini, saya belum sempa berolahraga lagi. Hiks. Rencananya saya akan memulai dengan jogging keliling desa dulu. Hanya saja itu baru sebatas mimpi belaka karena begitu pagi menjelang, Julio malah minta kelon. Khan kelon sama anak jauh lebih nikmat daripada jogging ya bu ibuuu...

  1. SKINCARE

Sehat itu nggak hanya soal tubuh, tapi juga kulit. Nah, untuk menjaga kelembapan kulit biasanya saya memakai masker wajah/mask sheet Nature Republic seminggu sekali. Jangan lupa menggunakan soothing gel dengan merk yang sama setiap kali habis mandi. Sekarang saya juga sedang mencoba toner Nature Pacific. Sebenarnya pingin juga pakai Nature Pacific essence dan tonernya tapi masih menimbang nimbang karena masih menyusui juga.

Duluu, saat saya hamil, saya gemar sekali datang ke salon muslimah untuk perawatan seperti creambath, facial dan body spa. Bahkan, bersama teman saya, kami marathon mengunjungi salon Muslimah setiap bulan di tempat yang berbeda di Cibubur dan sekitarnya.


Nah,kini setelah melahirkan, saya juga lagi cari waktu banget nih buat ke salon untuk creambath, facial dan totok wajah atau body spa. Yaqiiin, bumil dan busui sangat butuh memanjakan diri biar tetap waras dan bahagia. Ingat, kalau kita bahagia, ASI berlimpah deh...

  1. MENYUSUI

Baiklah, Tidak semua wanita bisa menyusui. Hanya busui macam saya ini yang bisa. Tapi, kenapa saya masukkan ke dalam salah satu gaya hidup menyehatkan? Pertama, karena menyusui itu ternyata pilihan. Ada yang memang tidak bisa menyusui karena sedang mengonsumsi obat tertentu atau sedang terkendala sesuatu hal, tetapi ada juga yang memang memilih tidak menyusui karena tinggal berjauhan atau bahkan beranggapan supaya payudara tidak kendur. Kedua, ternyata nih menyusui itu sangat menyehatkan dan membantu ibu yang baru melahirkan mencapai kondisi badan semula; berat badan menyusut, rahim menyusut seperti sedia kala, menurunkan resiko kanker payudara dan merelease hormon prolaktin dan oksitosin. Sssst...hormon ini yang menekan hormon kesuburan dan bisa menjadi KB alami. Cihuyyy kali khan!

Alhamdulillah saya sedang menikmati hari menjadi full time mother untuk Julio dan bisa memberikan ASI ekslusif fresh from the farm tiap kali Julio geleng ke kanan ke kiri seakan berkata,

“Nyenyenin aku Ibuuu...nyenyenin akuuuuu...”

Yap! Genap lima kunci hidup sehat saat hamil dan menyusui versi saya. Semoga para bumil dan busui sehat selalu dan yang paling penting, bahagia selalu. Semangaaattt...


3 comments

  1. Paket lengkap ya mbak. Sehat raga, sehat jiwa. Mantap betul :)

    ReplyDelete
  2. Selain no.5 tips ini juga bermanfaat buat ibu-ibu lainnya yang lagi tidak hamil dan menyusui...:)

    Thank you for sharing

    ReplyDelete
  3. wow, busui. Semangat ya mbak. perjuangan banget pasti,

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)