23 Ide Aktivitas di Rumah Aja



"Ah, bosen di rumah terus!"

"Duh banget! Nggak bisa nongki cantik di mall, atau beli starbak gitu sambil ngeblog, shopping atau sekedar window shopping."

"Nggak bisa playdate juga sama temen temen sambil momong anak berjamaah ya."

Jelas, covod-19 ini telah mengubah hampir seluruh aspek kehidupan ya, man. Nggak cuma perekonomian dan kesehatan masyarakat yang paling banyak kena imbas, tetapi juga gaya hidup seluruh umat di dunia. Yang tadinya jadi social butterfly pun harus menahan diri dan tetap stay di rumah aja. Salah duanya adalah kami berdua, suami dan aku. Kami yang sama sama kaum ekstrovert dan senang berinteraksi dengan orang banyak pun harus puas hanya berinteraksi satu sama lain dan orang rumah saja.

Etapi, jika kita bisa sedikit menggeser kacamata kita, kita bisa juga kok melihat banyak sisi positif dari imbas covid 19 ini. Contohnya kami, karena Pace belum bisa berangkat lagi, kami jadi punya banyak waktu bersama di rumah, menyelami karakter satu sama lain karena tak dapat dipungkiri selama meenikah kami lebih banyak tinggal terpisah. Julio pun makin bahagia karena bisa bobok siang bareng Ayah Ibunya, baca buku bareng Ayah Ibunya, nonton tipi bareng ayah Ibunya, uyel uyelan bareng ayah Ibunya dan tentu saja, nonton Super Jojo bareng ayah Ibunya. Dengan terus bersama, kami bisa membangun bonding yang jauh lebih kuat lagi.

Toh jika bisa eksplorasi lagi, banyak kegiatan yang bisa kami lakukan di rumah selama ini. Thus, we wanna share all the activities to you, dears.

Baca juga yuk!



1. Writing journals


Walau kelihatan sepele, menulis journals/diary selama Pandemi seperti ini bisa sangat membantu membuang energi energi negatif, dears. Ada banyak journal yang bisa kita tulis, seperti daily journal, gratitude journal/jurnal untuk mengungkapkan rasa bersyukurnya kita hari ini.

Jadi, kita bisa menulis misalnya tiga hal yang kita syukuri di hari itu.

"Alhamdulillah sekali, hari ini aku masih bisa diberi nafas untuk melakukan kegiatan yang berguna. Senangnya lagi karena aku masih bisa berkumpul dengan anak anak di rumah plus ayahnya yang masih WFH. Selain itu, ada tiga hal yang juga harus aku syukuri yang terjadi hari ini.
  • Tadi dapat pengumuman kalau aku jadi salah satu pemenang lomba blog. MasyaAllah, padahal nggak pernah aku ikutan lomba sebelumnya dan nggak pernah juga belajar tentang tips memenangkan lomba. Aku cuma nulis lomba sesuai dengan pengalaman aja, plus emang aku suka temanya jadi bisa menulis sepenuh hati. Alhamdulillah, hasilnnya bisa jadi salah satu pemenangnya..."
Ya begitu kira kira. Jadi, lusa saat kita merasa stress, merasa menjadi orang paling nggak beruntung, kita bisa nih baca baca lagi gratitude journal kita dan lihat betapa beruntungnya kita, betapa banyak hal indah yang terjadi dalam hidup kita. Gratitude journal bisa menjadi terapi bagi diri sendiri dan reminder untuk terus bersyukur.

Aku pribadi sampai pesan custom book dengan nama sendiri terpampang di sampul biar makin semangat ngisinya. Hehehe

2. Belajar memasak menu baru

Beberapa waktu lalu aku open q n a di Instagram tentang kegiatan apa saja yang teman teman bisa eksplor/lakukan saat di rumah aja seperti sekarang. And yes, kebanyakan Ibu Ibu pasti menjawab kalau mereka jadi punya banyak waktu buat memasak plus eksplorasi menu menu baru.

Toh sekarang untuk bisa belajar masak pun tinggal buka aplikasi bernama Cookpad dari HP masing masing, search saja makanan yang ingin dimasak dan viola, teman teman bisa mendapatkan resepnya, bahkan dari banyak orang. Mudah sekali jika dibandingkan jaman dulu. Dulu, Ibuku harus beli buku resep makanan nusantara biar bisa masak rendang.

3. Mencoba membuat beraneka ragam kue.

Salah satu kue buatan Ayah Julio 
This is my husband's favorite activity! Yup! Pace senang sekali membuat kue. Yang kue zebra kukus, kue alpuka panggang, pudding caramel mustard dan kue yang tinggal di-blend terus dipanggang saja. Bahkan kami sempat belanja keperluan membuat roti seperti margarin, SP, berbagai pasta aneka rasa, baking soda, maizena dan lain sebagainya.

Biasanya setelah kue jadi, kami sekeluarga besar akan berkumpul dan menikmati kue yang masih hangat hangat kuku bersama. Pace juga kerap mempraktekkan resep resep kue yang bertebaran di Facebook, lengkap dengan resep dan cara membuatnya. 

4. Merajut


Well, this is not my activity at home, but it came up in my instagram Q and A. Ada salah satu temanku yang mengatakan kalau sekarang dia juga sedang belajar merajut untuk bisa membunuh waktu dengan kegiatan yang berguna. And it's true!

Apalagi temanku ini tinggal di sebuah desa dengan udara yang dikenal dingin di sana. Merajut sesuatu sambil duduk di kasur plus minum kopi/teh hangat pasti sangat menyenangkan dan calming. Merajut pun juga bisa melatih kesabaran dan mendapatkan ketenangan. Juts give it a try, dears!

5. Memulai bisnis online


That's me! Walaupun nggak ada pandemi ini pun aku juga tetap di rumah aja karena selama ini aku Ibu Rumah Tangga, tapi aku juga baru saja memulai bisnis online di instagramku, @maysz.id.

Aku mulai berpikir untuk bisa mendapatkan uang dengan berjualan online. Kali ini aku menjual produk produk The Body Shop yang banjir diskon. Hasilnya, banyak teman temanku yang memang sudah langganan produk ini jadi pesan di aku karena memang mereka nggak bisa belanja di Mall. Nah, udah tinggal pillih produk, pesan dan transfer, produk sudah langsung dikirim ke rumah. Mana diskonan lagi walau bukan produk rusak, KW ataupun out of date. 

Nah, teman teman juga bisa memulai untuk berbisnis online. Beberapa temanku juga mulai jualan kue Lebaran, aneka makanan, jilbab, sampai home dress/baju di rumah yang laku keras.

6. Berkebun.



Ini juga menjadi salah satu kegiatan baru kami berdua. Mumpung ada lahan tepat di depan rumah plus kebun di belakang rumah, kami mulai mencari bibit di beberapa toko bibit di sekitar rumah. Ditambah lagi karena daerah kami bertanah subur dengan cuaca yang mendukung untuk pertumbuhan optimal tanaman, jadilah banyak sekali penjual tanaman di daerah kami. Tinggal pilih mau tanam apa, beli bibitnya dan tanam deh.

Kami baru saja menanam pohon mangga, alpukat, cabe, mint, kangkung dan bayam. Ada kepuasan tersendiri saat tanaman tanaman itu tumbuh subur lho, dears. Berkebun pun juga bisa bikin tubuh jadi bergerak plus pikiran jadi tenang. Again, give it a try!

7. Blogging


Writing is a therapy. Selain menulis jurnal, menulis di blog juga bisa menjadi salah satu cara membuang energi negatif plus bisa memberikan inspirasi untuk para pembaca blog. Bonusnya, jika kita makin aktif ngeblog selama pandemi ini, job dari blog pun bisa terus berdatangan. Nambah nambah rejeki lagi, deh.

Atau teman teman yang ingin ngeblog tapi belum kesampaian, inilah saat yang tepat buat bikin blog baru. Nanti, kalian juga bisa banget bergabung di banyak komunitas blogger yang bisa nambahin koneksi, ilmu dan pengalaman luar biasa. 

8. Nonton drakor

Ah, siapa yang nggak suka kegiatan ini? Ibu ibu pun suka banget. Apalagi sekarang ada yang lagi booming, The World of The Married. Hmmm, walaupun aku juga nggak nonton sih, tapi ini rame banget di lini masa. Nah, bisa juga kita bersantai atau me-time sejenak dengan nonton drama Korea.

Aku sendiri alih alih nonton The World of The Married, The King Eternal Monarch kok rasanya lebih seru karena yang main Lee Min Ho. Hehehe..Bahkan, aku nulis ini pun sambil lihat drakor ini. Jadi, sekarang temn teman lagi nonton drakor apa nih?

Oiya, nonton drakor pun bisa dari aplikasi, web, telegram atau pun facebook lho. Tinggal teman teman lebih suka nonton via apa. Aku pribadi sekarang lebih suka nonton via Telegram karena nggak harus download dan langkahnya pun lebih simple. Tinggal buka telegram, search aja "Drakor" di kolom pencarian dan teman teman akan dialihkan ke beberapa channel yang upload drakor secara kontinyu. Pilihan judulnya pun buanyaak plus udah ada subtitle Bahasa Inggrisnya. Cobain  deh!

9. Bikin mainan edukasi buat anak



Sekarang ini, banyak sekali ibu ibu kreatif yang alih alih beli mainan buat anaknya, mereka bikin mainan sendiri dari barang barang yang mudah ditemukan di rumah. Iya, mainan mainan sederhana yang bahkan bisa mengasah kemampuan sensorik dan motorik. Montessori inspired at home. Dengan metode ini, bisa banget kita mencari inspirasi mainan anak plus membuatnya di rumah untuk anak anak kita, mumpung kita menghabiskan banyak waktu di rumah.

Julio pun hampir selalu suka dengan semua mainan yang aku buat. Entah itu mainan super sederhana 'memindahkan bola', 'meluncurkan bola','menempelkan bola', memasangkan tutup dengan botolnya, memasukkan kancing ke dalam lubang, memasukkan sedotan ke dalam lubang, dan banyak mainan lainnya. Kita juga bisa melatih kreativitas kita, man. 

10. Membaca buku

Kegiatan simpel, bermanfaat dan jadi gizi untuk otak, tapi kadang kita terlalu sibuk untuk sedikit meluangkan waktu. Nah, mumpung kita di rumah aja, bisa banget mulai kebiasan baik dengan membacca buku. Kalau males beli buku fisik, bisa banget kita beli e-book atau bahkan membacca e-book gratis dari banyak aplikasi di HP yang tersedia. Sebut saja Kindle, playbooks, Gramedia Digital, sampai Perpustakaan online. Tinggal pilih nih, kita mau baca buku gratisan atau yang berbayar. 

Aku pribadi lebih suka mebaca buku via Kindle karena Kindle memberikan sensasi membaca buku seperti saat kita membaca buku fisik. Kita juga bisa dengan mudah menandai kata kata dengan highlight, menandai halaman terakhir, bahkan membuat quotes dari kalimat di buku yang kita baca. Ada buku/novel yang gratisan, ada juga yang berbayar. Aku sendiri lebih memilih buku imported/berbahasa Inggris karena sekalian memperkaya kosakata.

11. Ikut kuliah whatsapp/kulwap dan Instagram LIVE


Saat WFH atau PSBB seperti sekarang, agenda kulwap dan Instagram LIVE semakin menjamur ya. Dari sekian banyak tema yang ditawarkan, kita tinggal pilih saja informasi/ilmu mana yang kita butuhkan dan ikuti deh. Bisa membunuh waktu plus mendatangkan ilmu. So perfect!

Aku sendiri selalu mengikuti kulwap yang diadakan oleh Institut Ibu Profesional karena biasanya IIP ini membahas tentang dunia parenting. Dan aku butuh banget ilmu seputar itu. Banyak juga Instagram LIVE dan Youtube LIVE yang bisa teman teman pantengin ya.

12. Mendaftar dan Mengikuti Kelas Online


Berbeda  dengan kulwap dan semacamnya yang biasanya diadakan di sosial media, kelas online ini diadakan di platform khusus seperti Udemi, FutureLearns, Coursera, Itunes U, Ruang Guru, dan lain sebagainya. Kita bisa memilih topik yang kita butuhkan di sana. Pilihan kelasnya pun beragam, baik yang gratis dan berbayar. Untuk yang berbayar, bahkan kita bisa mendapatkan sertifikat begitu kita menyelesaikan seluruh kelasnya.

Aku pribadi sekarang sedang mengikuti kelas tentang Blog SEO di Udemy. Oiya, untuk kelas kelas di platform Udemy, FutureLearns, Coursera dan Itunes U, materi disampaikan dalam Bahasa Inggris ya.

13. Bergabung di Komunitas


Banyak sekali komunitas bertebaran di Facebook yang bisa kita coba. Sekarang ini, aku baru saja bergabung di beberapa komunitas yang aktif membahas tentang kesehatan, empowering women dan Podcasting. Berkat Mbak Alaika, aku bisa bergabung di Voive your Voice, Fit Fam dan Shake up Your Life; komunitas yang membahas pentingnya olahraga, pola hidup sehat dan kesehatan diri, Empowered Women; Rise an Shine, dan Podcasters Little Room.

Sesuaikan saja komunitas yang ingin kita masuki dengan passion diri kita. Bisa tambah ilmu, membantu upgrade diri plus memperluas koneksi.

14. Dengerin Podcast


Ah, ini juga hal baru yang aku lakukan akhir akhir  ini. Ternyata, mendengarkan Podcast asik juga ya, man. Banyak sekali Podcast dengan beraneka ragam bahasan ada. Ada yang dalam negeri, juga luar negeri. Bahkan Raditya Dika pun juga punya podcast dengan beberapa guestnya. Di Indonesia, ternyata juga sudah menjamur ya podcasting ini.

Aku pribadi karena memang lagi boosting kemampuan Bahasa Inggris, sekarang aku lagi rajin dengerin Podcast luar negeri. Akunnya adalah The Mindful Kind, All Ears English, dan Ted Daily Talks.

15. Jadi Podcaster


Nah, jika teman teman juga punya passion di broadcasting, bisa banget nih cobain jadi podcaster, seperti salah satunya Mbak Alaika. Lha aku tertarik dunia podcasting juga dari beliau.

Walaupun memang belum pernah mulai podcasting, tapi saat nanti udah agak legaan, mau banget nyobain podcasting. Macam penyiar radio gitu. Seru pasti ya. Oiya, teman teman yang pingin nyobain jadi podcaster, bisa ddownload dan pasang aplikasi namanya Anchor. Nantinya, hasil podcasting yang sudah kita edit di situ bisa di-share ke beberapa platform lainnya.

16. Nonton Youtube


Jaman sekarang mah siapa yang nggak suka nonton Youtube ya? Bahkan Julio pun juga udah mulai suka merengek rengek minta nonton Super Jojo di Youtube. Di Youtube ini, kita memang bisa nonton apa saja, dari tutorial melakukan sesuatu, review produk, sampai vlog perjalanan dan hiburan. Beberapa film juga bisa kita tonton di sana.

Yang aku suka dari Youtube, kita juga bisa belajar Bahasa Inggris dari para Youtuber macam Naila Farhana, Speak English with Vanessa, TED Talks, Clear English Corner with Keenyn Rhodes, dan lain sebagainya. Kalau lagi pingin hiburan, aku pergi ke channel Sarah Wijayanto buat penelusuran mistisnya. hehehe.

17. Jadi Youtuber


Untung teman teman yang suka tantangan, ini juga bisa dicoba. Buat aku yang emang backgroundnya guru dan passionnya mengajar, aku jadi terinspirasi untuk bisa mengajar via Youtube Channel. Nah, bikinlah aku Youtube Channel dan Fun English with Me(y). Mostly berisi tentang pengajaran Bahasa Inggris, baik tips, grammar untuk pemula dan vocabulary.

Dari sini, aku bisa menyalurkan passionku, jadi belajar lagi tentang materi Bahasa Inggris dan aku pingin banget bisa memonetize Youtube ku suatu hari nanti. Yang terpenting, aku bisa memberikan materi edukasi dan berfaedah untuk orang orang yang ingin belajar Bahasa Inggris. 

Jangan lupa mampir ke channel ku ya, man. Dan mohon di-subscribe juga. Hehehe. Rencananya aku mau upload video secara rutin dua kali seminggu nih.

18. Berdonasi


Pandemi ini bisa banget kita manfaatkan sebagai ladang amal. Banyak sekali aku lihat organisasi seperti Intitut Ibu Profesional dan lainnya dan perseorangan yang berlomba lomba memberikan bantuan untuk sesama. Nah, kita juga bisa ambil bagian.

Kita bisa donasi secara online ke pengumpulan dana di TV TV, atau via organisasii yang kita percaya, bahkan berdonasi sendiri untuk tetangga sekitar. Misalnya dengan memberikan sembako atau uang untuk nenek atau kakek dan anak anak yatim piatu yang membutuhkan di sekitar tempat tinggal kita. 

Melihat para penerima senang dan bersyukur dengan pemberian kita jelas membawa kepuasan dan rasa bersyukur yang sama untuk kita ya, man. Alhamdulillah

19. Olahraga


Cuma di rumah aja nggak berarti diem diem bae dan nggak olahraga. Justru karena di rumah aja dan nggak terlalu banyak gerak, kita butuh yang namanya olahraga.

Aku pribadi paling suka sama zumba. Gampangnya lagi zumba bisa banget dilakukan di rumah. Tinggal modal tab yang terkoneksi dengan internet lalu ke Youtube cari cari video Zumba, sepatu, legging dan kaos. Siap deh!

20. Jalan jalan keliling desa


Dulu aku sebel banget waktu pindah dari kota ke desa. Ah, nggak ada kafe gaol, emol, apalagi Recheese Factory. Namun sekarang, apalagi setelah adanya pandemi ini, aku bersyukur banget tinggal di desa karena walau memang harus di rumah aja, aku masih tetap bisa jalan jalan keliling desa yang memang masih ada daerah hutan di beberapa spotnya. 

Jadinya sejuk, pemandangan bagus dan hati tenang. Bahkan, kami juga sempat jalan jalan ke persawahan yang luas dan jauh. Udah macam mau hiking gitu. Seru!

21. Online Shopping


Ini mah Ibu Ibu macam saya juga memang suka, yang penting ada yang buat belanja. Hehehe. Kita bisa online shopping via Instagram dengan berbagai penawaran produknya, marketplace macam Shopee yang biasanya jadi andalan, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya. Atau belanja produk yang dibuat teman sendiri. We choose!

Aku paling suka mantengin alat alat bermain buat Julio macam pom pom, tweezer, paket bermain motorik, dan boardbook. Etapi suka juga belanja daster biar semangat berkegiatan di rumah aja. Hehehe

22. Beribadah


It's a must! Menghabiskan waktu untuk beribadah justru yang paling utama ya, man. Apalagi ini adalah bulan Ramadan, bulan penuh keberkahan. Kita bisa menghabiskan waktu untuk sholat sunnah, membaca Al-Quran, tholabul ilmi secara online dengan ustadz favorit di berbagai platform, dan lain sebagainya.

InshaAllah seluruh ibadah yang kita jalani di bulan Ramadan ini menuai pahala berlipat ganda ya, man. Aamiin...

23. The last one, ikut komunitas Belajar Bahasa Inggris via WA Group


Emang ada? Adaaaaaa....

Sebulan yang lalu, aku bersama teman yang lain membuat suatu grup di WAG. Tujuannya adalah mengumpulkan orang orang yang tertarik dengan Bahasa Inggris, ingin aktif berbicara dalam Bahasa Inggris dan ingin menumbuhkan rasa percaya diri untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Namanya ATM English Club. Enlich Club ini sekarang berisikan 30 orang yang berasal dari berbagai latar belakang. Ada yang menjadi guru, konsultan pendidikan, traveler, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya.

Nah, kami akan menyaring anggota yang aktif dan mengganti anggota yang nggak aktif sama sekali dengan membuka pendaftaran tiap awal bulan. Untuk teman teman yang ingin bergabung, bisa banget tinggalkan alamat email/no WA di kolom komentar ya. Nantinya, kami akan menghubungi teman teman saat slot tersedia. Sounds interesting, right?

Yuk join!

Well, itu tadi 21 ide aktivitas yang bisa banget kita lakukan di rumah. Daripada terus mengeluh bosan dan malah mengurangi rasa bersyukur kita, mendingan putar otak dan lakukan kegiatan yang bisa berfaedah untuk diri sendiri, bahkan orang lain ya, man.

Tetap aman, tetap sehat, dan tetap semangat!!

1 comment

  1. mau dong mbak ikut atm english clubnya

    email saya: diah.d.arti@gmail.com

    terima kasih.

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)